carisinyal web banner retina

7 Perbedaan realme C55 NFC dan realme 10, Mana yang Lebih Unggul?

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

realme tidak pernah berhenti memberikan yang terbaik untuk produk terbarunya. Pada Maret 2023, realme kembali meluncurkan HP terbarunya untuk seri C yaitu realme C55 NFC. HP ini cukup menarik banyak perhatian berkat fitur dan spesifikasinya. Salah satunya adalah fitur Mini Capsule yang pertama kali hadir di HP Android.

Tren positif ini juga sempat didapatkan oleh realme ketika meluncurkan realme 10. HP ini dirilis di Tiongkok pada November 2022. Namun, di Indonesia hadir pada Januari 2023.

realme 10 ini hadir dengan desain yang lebih kekinian dengan kombinasi warna menarik. Selain itu, HP ini juga memiliki performa yang cukup unggul di kelasnya. Hal itu membuat HP ini cocok untuk dijadikan HP gaming di harga terjangkau.

Soal harga, realme C55 NFC dan realme 10 ini tidak terpaut jauh. Keduanya memiliki harga yang cukup murah yaitu berada di angka Rp2 jutaan. Meski murah, keduanya memiliki keunggulannya masing-masing dengan fitur menarik. Nah, kira-kira, mana yang lebih cocok untuk dibeli, apakah realme C55 NFC atau realme 10?

Spesifikasi realme C55 NFC

realme C55
Layar IPS LCD 6.72 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (monochrome)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi realme 10

realme 10
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 4 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan realme C55 NFC dan realme 10

Mengingat harganya yang tidak jauh berbeda, kedua HP ini memiliki keunggulannya masing-masing. Kira-kira, apa keunggulan yang dimiliki oleh kedua HP ini? Untuk lebih jelasnya, silakan simak perbedaan realme C55 NFC dan realme 10 berikut ini.

1. Desain Kekinian yang Menarik

realme 10

Salah satu hal yang cukup menarik dari kedua HP ini adalah tampilan desainnya. Baik realme C55 NFC atau realme 10, keduanya dibekali desain yang lebih kekinian dan menarik. Salah satu hal yang paling terlihat adalah keberadaan modul kameranya.

Berbeda dari seri-seri sebelumnya, kedua HP ini sudah tidak menggunakan modul kamera yang menonjol. Apalagi realme 10 yang hanya menempatkan dua kameranya langsung di atas bodi. Sementara realme C55 NFC ini masih memiliki modul tetapi tidak menonjol, hanya desain berbentuk persegi panjang saja.

Soal warna, keduanya mampu menampilkan kombinasi beberapa warna yang cantik. Varian Sunshower milik realme C55 NFC ini memiliki kemampuan untuk berubah warna. Bukan hanya satu atau dua, tetapi tiga warna sekaligus. Hal ini disebabkan karena adanya proses Glitter Sand yang digabungkan dengan tekstur ganda canggih.

Sama halnya dengan realme 10, HP ini pun memiliki kombinasi beberapa warna yang cantik. Bodinya didesain menggunakan Light Particle yang bisa menampilkan warna berbeda di setiap sudutnya.

Desain cantik dari kedua HP ini dilengkapi dengan ukuran bodinya yang tipis serta enteng. Untuk bodi realme C55 NFC ini hanya memiliki ketebalan 7,9 mm dengan bobot sekitar 189,5 gram saja. Sementara itu, realme 10 memiliki ketebalan bodi 8 mm dengan bobot lebih ringan yaitu 178 gram.

Di bagian depannya juga terdapat sedikit perbedaan yang cukup menarik. Keduanya sama-sama menggunakan desain punch hole untuk tempat kamera selfie. Namun, realme C55 NFC menyimpan kamera selfie tersebut tepat di bagian tengah atas. Sedangkan realme 10 menyimpannya di sebelah kiri atas

2. Layar IPS LCD vs Super AMOLED

realme 10

Kedua HP ini memang sama-sama dibekali layar berukuran lebar. realme C55 NFC memiliki layar berukuran hingga 6,72 inci, sedangkan layar realme 10 berukuran 6,4 inci. Meski begitu, kedua HP ini dibekali panel layar berbeda dengan kemampuan yang juga berbeda.

realme C55 NFC hadir dengan panel IPS LCD yang terkenal akan ketahanannya. Kecerahan layar yang dimilikinya hanya mencapai angka 680 nit saja. Ukuran bezel yang mengelilinginya juga terbilang tipis yaitu dengan rasio layar mencapai 86,7 persen. Selain itu, layar ini juga mampu menghasilkan warna hingga 16,7 M.

Sementara itu, bisa dibilang bahwa realme 10 memiliki layar yang lebih mumpuni berkat panel Super AMOLED-nya. Kecerahan layar yang dimilikinya juga lebih tinggi yaitu mencapai 1000 nit. Untuk desain bezel-nya, HP ini tidak ingin kalah dengan memiliki rasio layar hingga 84,4 persen.

Menariknya lagi, kemampuan layar dari realme 10 ini tidak hanya sampai di situ saja. Masih banyak fitur-fitur pendukung lain seperti kedalaman warna hingga 16,7 juta warna, gamut warna hingga 98 persen NTSC, serta perlindungan dari Gorilla Glass 5.

Meski begitu, kedua HP memiliki kecepatan layar yang sama yaitu 90 Hz. Angka ini sudah cukup baik untuk menemani aktivitas harian Anda, bahkan bermain game. Apalagi, resolusi keduanya ini sudah mencapai Full HD Plus atau 1080 x 2400 piksel.

3. MediaTek Helio G88 vs Helio G99

realme 10

Beralih ke sektor dapur pacu, seperti yang sudah dibayangkan, realme 10 ini sedikit lebih unggul soal performa. Hal ini disebabkan chipset yang disematkannya yaitu MediaTek Helio G99. Chipset dengan fabrikasi 6 nm ini memiliki performa cukup unggul dan tangguh di kelasnya.

Chipset ini ditenagai oleh prosesor octa-core dengan dua core Cortex A76 (2,2 GHz) dan enam core Cortex A55 (2,0 GHz). Chipset tersebut kemudian didukung oleh kartu pengolah grafis Mali G57 MC2. Dengan spesifikasi tersebut, realme 10 ini siap diajak beraktivitas intens setiap harinya, termasuk bermain game.

Di sisi lain, realme C50 NFC ini hadir dengan chipset dari MediaTek yaitu Helio G88. Chipset dengan fabrikasi 12 nm ini memang sedikit berada di bawah Helio G99. Chipset ini ditenagai prosesor octa-core yang terdiri dari dua core Cortex A75 (2,0 GHz) dan enam core Cortex A55 (1,8 GHz). Untuk kartu pengolah grafisnya menggunakan Mali G52 MC2.

Lantas, bagaimana dengan pengujian sintetis yang dilakukan terhadap kedua chipset ini? Merujuk pada pengujian yang dilakukan oleh Nanoreview, Chipset Helio G99 ini memang berada jauh di atas Helio G88. Bahkan, selisih skornya mencapai 66 persen untuk pengujian di AnTuTu 9.

Skor AnTuTu 9 yang didapat oleh realme 10 dengan Helio G99 mencapai 384.572. Sedangkan realme C55 NFC yang ditenagai oleh Helio G88 hanya mencapai skor 232.336.

Sementara untuk pengujian menggunakan Geekbench 5, realme 10 jelas lebih unggul. Untuk skor single-core dan multi-core yang didapatnya yaitu 563 dan 1.760. Sedangkan skor single-core dan multi-core dari realme C55 NFC adalah 377 dan 1.452.

Hasil performa yang ditampilkan oleh kedua HP ini tidak hanya berdasarkan chipset yang digunakan. Salah satu faktor lain yang juga ikut memengaruhi performa adalah kapasitas memori. realme C55 NFC ini memang terkenal akan memorinya yang luas. Bahkan, HP ini menawarkan RAM mulai dari 6 GB dan 8 GB dengan internal 128 GB dan 256 GB.

Sementara itu, realme 10 menawarkan kapasitas RAM mulai dari angka 4 GB dan 8 GB dengan internal 128 GB dan 256 GB. Meski begitu, keduanya sudah dibekali fitur ekspansi baik untuk RAM dengan teknologi DRE, hingga internal dengan microSD.

Untuk mendukung performanya, kedua HP ini juga sudah dibekali kapasitas baterai yang cukup besar. Kapasitasnya mencapai 5000 mAh. Selain itu, ada fitur fast charging yang sudah disematkan hingga 33 W. Kedua HP ini mampu mengisi daya hingga 50 persen dalam waktu sekitar 28 menit saja.

4. Android 13 realme UI 4.0 vs Android 12 realme UI 3.0

realme c55 nfc

Salah satu perbedaan lain dari kedua HP ini ada di OS yang digunakannya. Ketika peluncurannya, realme 10 yang diluncurkan lebih dulu masih menggunakan sistem operasi Android 12. Sedangkan realme C55 NFC sudah dibekali sistem operasi Android 13.

Hal ini tentu menjadi salah satu keunggulan untuk realme C55 NFC. Sebab, sistem operasi Android 13 pastinya memiliki berbagai peningkatan baik itu dari segi tampilan hingga fitur. Misalnya, terdapat fitur themed icon yang mampu menyesuaikan tampilan ikon di halaman utama dengan tema yang digunakan.

Banyak fitur-fitur lain yang mengalami peningkatan, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk adanya fitur baru.

Selain itu, realme 10 juga masih menggunakan antarmuka realme UI 3.0 ketika peluncurannya. Sedangkan realme C55 NFC sudah menggunakan antarmuka realme UI 4.0. realme UI 4.0 ini juga mengalami sejumlah peningkatan menarik di dalamnya. Salah satunya adalah dari segi tampilan yang lebih menarik, hingga keamanan yang ditingkatkan.

5. Kelengkapan Fitur, Sensor, dan Konektivitas

realme c55 mini capsule

Salah satu hal yang cukup menarik perhatian dari realme C55 NFC ini adalah fitur Mini Capsule-nya. Bisa dibilang, fitur ini mirip dengan Dynamic Island dari iPhone seri 14 Pro. Menariknya lagi, realme C55 NFC ini jadi HP Android pertama yang menggunakan fitur ini.

Mini Capsule ini disimpan di dalam sebuah notch kamera depan berbentuk punch hole. Nantinya, punch hole tersebut seakan melebar atau memanjang sesuai aktivitas pengguna. Menurut klaimnya, fitur ini akan aktif ketika HP sedang dalam proses pengisian daya, peringatan baterai lemah, penggunaan data, dan jarak langkah kaki.

Meski hanya sedikit, pihak realme menegaskan bahwa fitur ini akan aktif untuk aktivitas lain yang lebih beragam. Dengan kata lain, fitur ini masih dalam tahap pengembangan.

Soal kelengkapan sensor, kedua HP ini memiliki kelengkapan yang cukup baik. Keduanya sudah dibekali sensor Fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, hingga compass. Hanya saja, realme 10 memiliki satu sensor tambahan yang tidak dimiliki oleh realme C55 NFC yaitu gyro.

Keberadaan sensor gyroscope ini tentu menjadi hal penting bagi realme 10. Sebab, HP ini memang memiliki kemampuan gaming yang cukup baik di kelasnya. Maka dari itu, sensor gyro ini dibutuhkan agar pengalaman bermain game menjadi lebih nyaman dan menarik. Contohnya untuk bermain PUBG Mobile yang tentunya

Sesuai dengan namanya, realme C55 NFC ini sudah dibekali koneksi NFC. Hal ini cukup menarik, sebab realme 10 masih belum dibekali fitur tersebut. 

6. Spesifikasi Kamera Unggul di Kelasnya

realme c55 nfc

Salah satu sektor lain yang cukup diandalkan dari keduanya adalah kamera. Dalam hal ini, realme C55 NFC memiliki resolusi kamera utama lebih besar yaitu 64 MP. Tidak heran kamera ini dinamakan camera champion atau juaranya kamera di kelasnya. Selain kamera utama, di belakangnya juga dilengkapi dengan kamera depth 2 MP .

Berkat resolusinya yang tinggi tersebut, HP ini mampu menghasilkan rekaman kamera yang baik. Resolusi yang berhasil dicapainya adalah 1080p dengan 60 fps. Kemudian di bagian depan terdapat kamera selfie berukuran 8 MP.

Sementara itu, realme 10 ini dibekali kamera utama 50 MP, sedikit di bawah jika hanya melihat angka resolusinya. Kemudian dilengkapi oleh kamera depth yang juga 2 MP. Untuk perekaman videonya, HP ini hanya mampu mencapai resolusi 1080p dengan 30 fps saja.

Meski tidak lebih unggul di bagian belakang, beda cerita untuk bagian depan. Pasalnya, realme 10 dibekali kamera depan atau selfie 16 MP. Dengan begitu, Anda bisa menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih baik.

7. Harga dan Ketersediaan

realme c55

Ketika artikel ini dibuat, kedua HP realme ini sudah secara resmi diluncurkan di pasar Indonesia. Jadi, Anda bisa langsung membelinya di halaman web resmi realme atau toko-toko resmi lain.

realme C55 NFC ini tersedia dalam dua varian warna yaitu Sunshower dan Rainy Night. Untuk harganya, HP ini dijual dengan harga Rp2.499.000 untuk varian RAM 6 GB dengan internal 128 GB. Sedangkan untuk varian RAM 8 GB dengan internal 256 GB dijual dengan harga Rp2.999.000.

Sementara itu, realme 10 juga hadir dengan dua varian warna yaitu Clash White dan Rush Black. Untuk harganya, HP ini dijual sekitar Rp2.799.000 untuk varian RAM 4 GB dengan internal 128GB. Sedangkan untuk varian RAM 8 GB dengan internal 128 GB dijual dengan harga Rp3.199.000.

Ada satu varian lagi sebagai varian tertinggi yaitu RAM 8 GB dengan internal 256 GB. Harga yang dibanderolkan adalah sekitar Rp3.599.000.

Simpulan

Berada di harga yang sama yaitu Rp2 jutaan, kedua HP ini benar-benar menarik. Baik realme C55 NFC atau realme 10, keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Meski kedua HP ini berada di harga yang sama, keduanya ini memiliki fokus pasar yang sedikit berbeda.

realme C55 NFC ini cocok untuk penggunaan sehari-hari. Hal itu terlihat dari spesifikasi kamera champion yang dimilikinya, fitur Mini Capsule, hingga baterai 5000 mAh dengan fast charging 33 W. Sayangnya, HP ini memiliki performa yang tidak lebih baik dari realme 10.

Benar, realme 10 ini memang diluncurkan sebagai HP gaming murah tetapi tetap unggul. Hal itu bisa dilihat dari chipset yang digunakan yaitu Helio G99. Bahkan, layarnya juga sudah menggunakan panel Super AMOLED 90 Hz dengan fitur menarik lainnya. HP ini juga dilengkapi baterai 5000 mAh dengan fast charging 3 W.

Nah, agar tidak lagi kebingungan ketika memilih, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Apakah performa untuk bermain game lebih penting atau tidak. Dengan begitu, Anda bisa memutuskan pilihan dengan lebih mudah.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram