carisinyal web banner retina

Inilah 6 Perbedaan realme C55 NFC dan Samsung Galaxy A14 LTE

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Tahun 2023 ini menjadi tahun yang tepat untuk meluncurkan HP baru bagi beberapa produsen. Salah satunya adalah realme dan Samsung. Kedua produsen ini meluncurkan HP terbarunya di waktu yang cukup berdekatan yaitu awal bulan Maret 2023. Kedua HP tersebut adalah realme C55 NFC dan Samsung Galaxy A14 LTE atau Samsung Galaxy A14 4G.

Menariknya, kedua HP ini juga berada di kelas harga yang sama yaitu Rp2 jutaan saja. Oleh sebab itu, tidak jarang kedua HP ini sering dibanding-bandingkan. Tujuannya tidak lain adalah mencari mana yang lebih cocok untuk dibeli di awal 2023 ini.

Nah, jika Anda menjadi salah satu yang bingung dalam menentukan pilihan antara dua HP ini, tak perlu khawatir. Sebab, tim Carisinyal sudah menyiapkan beberapa perbedaan dari realme C55 NFC dan Samsung Galaxy A14 4G. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam menentukan pilihan. Silakan simak artikel ini sampai habis, ya.

Spesifikasi realme C55 NFC

realme C55
Layar IPS LCD 6.72 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (monochrome)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Samsung Galaxy A14 4G

Samsung Gakaxy A14
Layar PLS LCD 6.6 inci
Chipset Exynos 850
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan realme C55 NFC dan Samsung Galaxy A14 4G

Setelah melihat spesifikasi masing-masing dari kedua HP tersebut. Sedikit terlihat beberapa perbedaan yang ada seperti desain, layar, chipset, hingga kamera. Nah, jika Anda ingin tahu lebih lanjut perbedaan kedua HP Rp2 jutaan ini, silakan simak lengkapnya di bawah ini.

1. Tampilan Desain Kekinian

realme c55 nfc

Berbicara soal tampilan desain, kedua HP ini unggul di bidang yang berbeda. Maksudnya, realme C55 NFC ini bisa dibilang lebih unggul soal kecantikan dan. Pasalnya, bodi bagian belakangnya ini memiliki kombinasi warna yang cantik, bahkan bisa berubah warna ketika terkena cahaya.

Hal ini terjadi karena adanya proses Glitter Sand yang digabung dengan tekstur ganda canggih. Dengan begitu, tampilannya ini akan memberikan efek tiga dimensi sesuai dengan sudut pencahayaan. Namun, desain kekinian ini hanya ada pada varian warna Sunshower saja.

Sedangkan Samsung Galaxy A14 4G ini cukup tangguh soal ketahanannya. Di bagian belakangnya ini terdapat sebuah tekstur khusus berbentuk garis vertikal yang cukup rapat. Hal ini membuatnya terasa lebih kesat dan tidak licin ketika digenggam.

Menariknya, berkat finishing matte pada bodinya tersebut, HP ini jadi tidak mudah dekil atau kotor. Bahkan, ketika tangan dalam keadaan berminyak sekalipun, bodi ini bisa menyamarkan noda tersebut.

Sayangnya, bodi dari Samsung Galaxy A14 4G ini termasuk tebal tetapi tidak terlalu berat. Dimensi yang dimiliki HP ini adalah 167,7 x 78 x 9,1 mm dengan bobot 201 gram. Bobot tersebut masih belum bisa dikatakan berat karena masih nyaman ketika digenggam lama.

Sementara itu, realme C55 NFC ini menjadi salah satu HP dengan bodi paling tipis di kelasnya. Ketebalan dalam dimensinya yaitu hanya 166,6 x 75,8 x 7,8 mm saja. Tidak hanya itu, bobotnya juga ternyata tidak terlalu berat yaitu hanya sekitar 189,5 gram saja.

Tampilan modul kamera kedua HP ini juga benar-benar terlihat berbeda. realme C55 NFC menyimpan dua kamera tersebut ke dalam modul yang tidak timbul. Bentuk kameranya juga lebih besar. Sedangkan Samsung Galaxy A14 4G menyimpan ketiga kameranya langsung di atas bodi. Ketiga kamera tersebut juga berukuran lebih kecil dan disusun secara vertikal.

2. Panel IPS LCD 90 Hz vs 60 Hz

layar-realme-c55-nfc_

Beralih ke bagian depan atau bagian layarnya, kedua HP ini menggunakan panel IPS LCD. Panel ini memang terkenal akan ketahanannya. Namun, realme C55 NFC ini dibekali dengan fitur pendukung yang lebih banyak. Salah satunya adalah refresh rate 90 Hz dengan touch sampling rate 180 Hz yang menarik di kelas harganya.

Selain itu, layar berukuran 6,72 inci ini juga memiliki resolusi mencapai Full HD Plus atau 1080 x 2400 piksel, serta tingkat kecerahan mencapai 680 nit. Selain itu, tampilan layarnya ini semakin terlihat luas berkat desain bezelnya yang tipis. Bahkan, rasio layar ke bodinya mencapai 86,7 persen.

Sementara itu, Samsung Galaxy A14 4G memiliki ukuran layar 6,6 inci dengan resolusi sama yaitu Full HD Plus. Namun, layarnya ini hanya memiliki refresh rate 60 Hz saja. Hal ini tentu menjadi hal yang cukup disayangkan.

Meski memiliki ukuran layar yang tidak jauh berbeda, desain bezel yang dimilikinya ini cukup tebal. Bahkan, rasio layar ke bodinya hanya mencapai 80,2 persen saja.

Hal menarik yang dimiliki oleh realme C55 NFC pada bagian layar ini adalah fitur Mini Capsule-nya. Fitur ini menjadi salah satu hal yang mendapatkan banyak perhatian. Pasalnya, realme C55 NFC ini menjadi HP pertama yang dibekali fitur Mini Capsule ini.

Bisa dibilang, sistem kerja Mini Capsule ini mirip dengan Dynamic Island dari iPhone seri 14 Pro. Mini Capsule yang bersembunyi di balik punch hole ini nantinya bisa berubah bentuk dengan memanjang atau melebar. Perubahan tersebut menyesuaikan aktivitas HP, misalnya mengisi daya, peringatan baterai lemah, penggunaan data, dan sebagainya.

3. MediaTek Helio G88 vs Exynos 850

realme c55 nfc

realme C55 NFC ini mengandalkan chipset MediaTek Helio G88 untuk performanya. Chipset dengan fabrikasi 12 nm ini memiliki performa yang cukup baik untuk penggunaan sehari-hari. Ia ditenagai oleh prosesor octa-core yang terdiri dari dua core Cortex A75 (2,0 GHz) dan enam core Cortex A55 (1,8 GHz).

Jika melihat dari tingkat clock speed yang dimilikinya, chipset ini sudah lumayan untuk di kelas harganya. Soal grafis, chipset ini didukung oleh kartu pengolah grafis GPU Mali-G52 MC2 (1 GHz).

Sementara itu, Samsung Galaxy A14 4G ini masih mengandalkan chipset dari Exynos yaitu Exynos 850. Sebagai HP entry-level, wajar jika HP ini menggunakan chipset ini. Chipset buatan Samsung ini sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Bahkan, chipset dengan fabrikasi 8 nm ini memiliki tingkat efisiensi baterai yang baik. Hal itu terlihat dari prosesor yang digunakannya yaitu octa-core yang semuanya menggunakan core Cortex A55 (2,0 GHz). Sedangkan untuk kartu pengolah grafisnya adalah Mali-G52 MP1 (820 MHz).

Jika merujuk pada pengujian yang dilakukan oleh Nano Review, Helio G88 ini memiliki skor AnTuTu 9 hingga 58 persen lebih tinggi. Skor yang dimilikinya mencapai 230.280, sedangkan Exynos 850 hanya mencapai skor 145.553.

Selain itu, ia juga menguji kedua chipset ini pada Geekbench, baik untuk single-core maupun multi-core. Dalam pengujian ini, Helio G88 masih lebih unggul yaitu 365 dan 1.262 untuk skor single-core dan multi-core-nya. Sedangkan Exynos 850 hanya mencapai skor 161 dan 938 saja.

Performa dari sebuah HP ini tidak hanya dipengaruhi oleh chipset yang digunakan. Kapasitas memori juga tentu saja berpengaruh. Nah, realme C55 NFC ini diklaim memiliki kapasitas memori yang paling luas untuk kelas harganya. HP ini menawarkan kapasitas RAM mulai dari 6 GB dan 8 GB. Bahkan, terdapat fitur DRE untuk memperluas kapasitas RAM-nya.

Selain itu, terdapat memori internal yang ditawarkan yaitu berkapasitas 128 GB dan 256 GB. Tidak hanya itu, HP ini juga menawarkan slot untuk microSD agar bisa lebih luas lagi.

Sedangkan Samsung Galaxy A14 4G hanya menawarkan RAM 4 GB dan 6 GB saja. Bahkan, memori internalnya pun hanya 128 GB saja. Namun, Anda bisa memperluasnya menggunakan slot microSD yang telah disediakan.

4. Konfigurasi Kamera Unggulan

samsung galaxy a14 5g_

Beralih ke sektor kamera, bisa dibilang bahwa kedua HP ini saling mengungguli. Misalnya, realme C55 NFC ini lebih unggul dengan kamera utamanya yang mencapai 64 MP (f/1.79). Sedangkan Samsung Galaxy A14 4G hanya dibekali kamera utama 50 MP (f/1.8) saja.

Sementara itu, Samsung Galaxy A14 4G ini memiliki keunggulan dalam hal kelengkapan lensa. Pasalnya, ia telah dibekali kamera ultrawide 5 MP (f/2.2) dan kamera makro 2 MP (f/2.4) sebagai pelengkapnya. Sedangkan realme C55 NFC hanya memiliki kamera depth 2 MP (f/2.4).

Dengan adanya lensa ultrawide, Anda bisa memotret dengan sudut pandang yang lebih luas. Anda bisa memanfaatkan lensa tersebut untuk memotret banyak orang sekaligus. Anda juga bisa menggunakannya untuk memotret pemandangan agar terlihat lebih luas. Sedangkan kamera makro bisa Anda gunakan untuk memotret detail-detail kecil yang ada.

Untuk videografinya, realme C55 NFC ini sedikit lebih unggul. Berkat resolusi kamera utamanya, kualitas yang berhasil dicapainya adalah 1080p dengan 60 fps. Sedangkan Samsung Galaxy A14 4G hanya mencapai kualitas 1080p dengan 30 fps saja.

Beralih ke bagian depan, realme C55 NFC ini dibekali kamera selfie 8 MP (f/2.2). Sedangkan Samsung Galaxy A14 4G memiliki resolusi kamera yang sedikit lebih tinggi yaitu 13 MP (f/2.0). Samsung Galaxy A14 4G ini bisa menghasilkan foto yang tampak lebih nyata.

5. Baterai dan Fast Charging

realme c55 nfc

Sebelumnya sempat disebut bahwa Samsung Galaxy A14 4G ini memiliki ketahanan daya yang lebih baik. Hal itu dipengaruhi oleh chipset yang digunakan. Pasalnya, kedua HP ini sebenarnya dibekali kapasitas baterai yang sama yaitu 5000 mAh.

Perbedaan yang dimiliki keduanya berada pada fitur fast charging-nya. realme C55 NFC ini hadir dengan fast charging lebih cepat yaitu 33 W. Waktu pengisian yang dibutuhkan untuk mencapai 100 persen hanya sekitar 63 menit saja.

Berbeda dengan Samsung Galaxy A14 4G yang hanya dibekali fast charging 15 W saja. Untuk mengisi hingga 100 persen, HP ini membutuhkan waktu sekitar 78 menit.

6. Harga dan Ketersediaan

Samsung Galaxy A14 5G

Ketika artikel ini dibuat, kedua HP ini yaitu realme C55 NFC dan Samsung Galaxy A14 4G sudah secara resmi hadir di pasar Indonesia. Jadi, Anda bisa langsung membelinya di halaman web resmi realme dan Samsung atau toko-toko resmi lainnya.

realme C55 NFC ini tersedia dalam dua varian warna yaitu Sunshower dan Rainy Night. Untuk harganya, HP ini dijual dengan harga Rp2.499.000 untuk varian RAM 6 GB dengan internal 128 GB. Sedangkan untuk varian RAM 8 GB dengan internal 256 GB dijual dengan harga Rp2.999.000.

Sementara itu, Samsung Galaxy A14 4G hadir dengan tiga varian warna yaitu Dark Red, Black, dan Silver. Untuk harganya, HP ini dijual dengan harga Rp2.399.000 untuk varian RAM 4 GB dengan internal 128 GB. Sedangkan untuk varian RAM 6 GB dengan internal 128 GB dijual dengan harga Rp2.699.000.

Simpulan

Ketika HP dirilis dalam waktu yang hampir sama, apalagi berada di harga yang sama, kedua HP tersebut tentu akan dibandingkan. Nah, itulah yang dialami oleh realme C55 NFC dan Samsung Galaxy A14 4G ini. Meski keduanya berasal dari produsen yang berbeda, keduanya tetap akan dibandingkan.

Dan benar saja, kedua HP ini memiliki spesifikasi dan kemampuan yang saling mengungguli. Seperti yang kita ketahui, realme hadir dengan fitur Mini Capsule yang benar-benar membuat banyak orang tertarik. Tidak hanya itu, HP ini juga memiliki spesifikasi kamera utama yang unggul di kelasnya dengan 64 MP.

Chipset MediaTek Helio G88 yang digunakannya juga cukup menarik. Apalagi dipadukan dengan kapasitas memori yang luas di kelasnya. Anda juga tentu tidak lupa dengan fast charging 33 W yang dimilikinya.

Di sisi lain, Samsung Galaxy A14 4G ini tidak mau kalah, terutama di sektor kamera. Meski kamera utamanya tidak lebih unggul dari realme C55 NFC, Galaxy A14 4G memiliki lensa yang lebih lengkap. Salah satunya adalah lensa ultrawide yang berguna untuk menangkap gambar lebih luas. Berkat chipset yang dimilikinya, HP ini juga memiliki baterai yang lebih awet.

Bisa dibilang, realme C55 NFC dan Samsung Galaxy A14 4G ini layak bersaing di kelasnya. Anda hanya tinggal menentukan mana kira-kira yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam menentukan pilihan.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram