carisinyal web banner retina

7 Perbedaan realme 10 Pro dan realme 10 Pro+ yang Perlu Anda Tahu

Ditulis oleh Aris Wibowo

Pertengahan November 2022, realme merilis dua produk yang cukup menarik yakni realme 10 Pro dan realme 10 Pro+ di Tiongkok. Kedua produk ini melengkapi keluarga realme 10 series. Pasalnya, realme juga rilis realme 10 4G dan realme 10 5G di waktu yang berdekatan. 

Tentu menarik untuk membandingkan kedua HP Android realme 10 Pro series ini. Apalagi, keduanya memang ditujukan untuk pasar mid-range yang nyaman untuk harian dan fotografi.

Nah, pembahasan dalam artikel ini akan menjawab pertanyaan mengenai apa saja perbedaan realme 10 Pro dan realme 10 Pro+. Simak spesifikasi utama kedua ponsel seperti berikut ini sebagai pembukaan.

Spesifikasi realme 10 Pro

realme 10 Pro 5G
Layar IPS LCD 6.72 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi realme 10 Pro+

realme 10 Pro Plus_
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 920
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan realme 10 Pro dan realme 10 Pro+

realme 10 Pro series ini dipersiapkan cukup serius guna menarik konsumen. realme bahkan sudah menggunakan sistem Android 13 dengan realme UI. Tentu akan menarik melihat perbedaan kedua HP. Simak ulasannya dibawah ini.

1. Desain Bodi Elegan yang Mirip 

desain realme 10 pro

realme menghadirkan desain yang cukup segar dalam kedua HP ini guna memberikan nuansa berbeda di tengah desain ponsel yang itu-itu saja. Menengok bodi belakang, keduanya menggunakan desain bodi belakang bernama Light Particle. Bodi belakangnya nampak cantik dan elegan dengan finishing yang mengkilat. Menariknya, ketika digenggam sidik jari tidak terlalu membekas di permukaan bodi ini.

Membahas tata letak kamera, baik realme 10 Pro dan 10 Pro+ tidak lagi memakai modul kamera. Kedua ponsel menggunakan kamera yang menyatu bodi sehingga terlihat lebih sederhana.  Untuk kamera depan pun, keduanya masih memakai konsep kamera depan jenis punch hole. Tata letak kamera depan dan belakang ini cukup proporsional dan memperkuat kesan elegan.

Keunikan dari kedua HP realme ini justru pada bagian sisi samping. Meski keduanya menggunakan material bodi dan rangka polikarbonat, HP ini tampak kokoh. Untuk realme 10 Pro hadir dengan sisi samping datar. Sementara realme 10 Pro+ hadir dengan bodi samping melengkung. 

Bagaimana dengan dimensinya? realme 10 Pro memiliki ukuran bodi 163,7 x 74,2 x 8,1 mm dan berat 190 gram. Sedangkan realme 10 Pro+ memiliki ukuran bodi yang sedikit berbeda yakni 161,5 x 73,9 x 7,8 mm dengan berat 173 gram. Dari data ini jelas, realme 10 Pro+ lebih tipis dan lebih ringan sehingga akan nyaman digunakan berlama-lama.

Menurut beberapa reviewer, desain realme 10 Pro+ memang nampak mewah lebih mewah dibanding realme 10 Pro. Layar melengkungnya membuat aura ponsel ini tampak bukan ponsel mid-range. Sayangnya, desain ini dirasa akan mudah rusak. Apalagi di bagian kamera juga nampak menonjol sehingga lensa kamera ditakutkan mudah menonjol. 

2. Layar 120 Hz Minim Ubahan

realme 10 pro layar

realme 10 Pro dan realme 10 Pro+ memang dipersiapkan untuk berbagai kegiatan termasuk untuk browsing media sosial hingga bermain game. Maka dari itu, realme membekali kedua layar HP dengan sejumlah teknologi unggulan termasuk adanya dukungan DCI P3, refresh rate tinggi 120 Hz dan pelindung anti gores Gorilla Glass 5..

Untuk detail lebih lengkapnya, realme 10 Pro dibekali layar berukuran 6,72 inci. Layar IPS ini sudah menggunakan resolusi Full HD+. Menariknya, HP ini memiliki bezel samping layar ultra tipis 1 mm. Spesifikasi tersebut memberikan pengalaman visual yang mengagumkan.

Sementara itu, realme 10 Pro+ mengusung layar berspesifikasi premium dengan desain tepian melengkung. Layar AMOLED berukuran 6,7 inci ini sudah menggunakan resolusi full HD+. Ini menjadi salah satu layar ponsel melengkung terbaik dengan refresh rate 120 Hz dengan PWM 2160Hz. 

Lebih lanjut lagi, perbedaan tampak di kecerahan layar.dimana realme 10 Pro+ ternyata memiliki kecerahan yang lebih tinggi yakni 800 nits. Sementara realme 10 Pro hanya memiliki kecerahan 600 nits. Tentu untuk penggunaan luar ruangan, seri 10 Pro+ hadir lebih jelas dibanding 10 Pro.

Selain itu, realme 10 Pro+ sudah dibekali Ultra Sensing Image Quality Engine. Teknologi ini membuat layar mampu menampilkan kualitas HDR yang lebih tinggi. Tentu ini kian membuat layar nyaman digunakan untuk menonton video hingga bermain game.

3. Snapdragon 695 5G VS Dimensity 1080

dimensity 1080

Menyasar pasar ponsel kelas menengah, realme tidak sembarangan menggunakan chipset untuk mengisi dapur pacu realme 10 Pro dan realme 10 Pro+. Maka dari itu, realme 10 Pro dibekali chipset Snapdragon 695 5G dan realme 10 Pro+ memakai Mediatek Dimensity 1080. Diharapkan kedua chipset memberikan performa yang kencang untuk harian, multitasking dan bermain gim ringan. 

Untuk lebih jelasnya, mari kita bedah lebih dalam spesifikasi dapur pacu kedua HP realme ini. realme 10 Pro menggunakan chipset Snapdragon 695 5G. Chipset ini dirilis pada 2021 ini dibuat dengan fabrikasi 6 nm. Dalam chipset ini terpasang prosesor octa-core yang terdiri dari dua core Kryo 660 Gold 2,2 Ghz dan enam core Kryo 660 Silver 1,8 Ghz.

dapur pacu realme 9 pro

Memang chipset yang digunakan bukan chipset generasi baru. Chipset ini malah sudah digunakan di realme 9 Pro.

Namun, performa HP ini untuk bermain game masih enak dan lancar, asalkan bukan game berat yang dimainkan. Apalagi, HP ini sudah memakai RAM 8 GB atau 12 GB, memori internal 256 GB serta GPU Adreno 619.

Lalu, bagaimana performanya? Merujuk data di Nanoreview, Snapdragon 695 memperoleh skor AnTuTu 403.679. Skor ini sudah cukup baik untuk kelas HP mid-range. Beberapa game seperti PUBG Mobile hingga Genshin Impact bisa dimainkan dengan lancar di HP ini.

Selanjutnya, Anda juga dapat menikmati kinerja chipset yang lebih baik dalam realme 10 Pro+. Hal ini disebabkan karena HP ini menjadi salah satu smartphone awal yang memakai chipset baru Mediatek yakni Dimensity 1080. 

SoC ini merupakan chipset kelas menengah ke atas yang dibangun dengan fabrikasi 6 nm. Performa chipset ini cukup baik untuk penggunaan harian dan terkenal irit baterai.

Dalam chipset ini terdapat prosesor octa-core yang terdiri dari dual core Cortex A78 berkecepatan 2,6 Ghz dan enam core Cortex A55 berkecepatan 2,0 Ghz sebagai penghemat daya. 

Selain CPU, komponen lain yang dikandung antara lain GPU Mali G68 MC4 dan teknologi Game Engine. 

realme 10 Pro+ punya RAM 8 GB atau 12 GB tipe LPDDR4X dan memori internal 128 GB atau 256 GB UFS 2.2.

Kini saatnya membahas performa si ponsel, dimulai dari beberapa uji benchmark sintetis. Kami pun merujuk pengujian yang dilakukan oleh laman Youtube Techie Street. Untuk skor AnTuTu, realme 10 Pro+ mencetak skor 521.860 Skor tersebut tentu lumayan tinggi dibanding ponsel mid-range lainnya yang menggunakan RAM tinggi. 

Dalam pengujian di kondisi nyata, penguji mengaku terkesan dengan performa realme 10 Pro+. Ponsel ini disebut mampu melahap seluruh tugas harian dengan mulus lancar. Multitasking, browsing, streaming, mengedit gambar, dan bermain game.

Kala digunakan bermain game Mobile Legend, HP ini mampu memainkan pengaturan grafis tertinggi tanpa masalah. Kala digunakan bermain game Genshin Impact pun, HP ini dapat memainkan dengan cukup stabil tanpa ada penurunan FPS maupun lag.

4. Konfigurasi Kamera Yang Berbeda

realme 10 pro

Menengok sektor kamera, sekilas kedua HP memiliki dua kamera belakang berukuran besar. Namun kalau diperhatikan lebih lanjut, kedua HP memiliki konfigurasi kamera yang berbeda. Untuk realme 10 Pro hanya menggunakan dua kamera dan realme 10 Pro+ menggunakan tiga kamera. 

Lebih detail dalam HP realme 10 Pro ini sudah dilengkapi dengan kamera utama dengan resolusi 108 MP bukaan f/1.8 dan teknologi PDAF. Untuk kamera kedua menggunakan kamera depth 2 MP bukaan f/2.4.

Sedangkan dalam realme 10 Pro+ juga sudah menggunakan kamera utama yang sama yakni resolusi 108 MP bukaan f/1.8 dan teknologi PDAF. Yang berbeda, dalam varian ini terpasang kamera ultrawide 8 MP 112 derajat f/2.2 dan kamera macor 2 MP f2.4. 

Menengok bagian depan, kedua ponsel mid-range ini sudah dilengkapi kamera depan yang sama yakni 16 MP bukaan f/2.5. Sama seperti kamera belakang, kamera ini juga dibekali berbagai fitur untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satunya adalah filter bokeh, panorama, dan AI Beauty. 

Perihal perekaman video, resolusi FHD 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama realme 10 Pro. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi HD 30 fps. 

Sedikit berbeda, perekaman video pada kamera utama realme 10 Pro+ bisa menghasilkan video 4K 30 fps. Perekaman videonya cukup stabil karena disokong teknologi Gyro-EIS. 

Selain itu, realme juga sudah menghadirkan teknologi Hypershot Image Arshitectur dan Image Algoritm. Teknologi ini diklaim mampu meningkatkan kecepatan pemrosesan gambar dan ketajaman gambar di malam hari. Hal ini diperkuat dengan fitur Smart ISO Pro yang mampu mengatur ISO kamera dengan lebih baik.

Menurut Youtube Techie Street, Sensor HM6 yang digunakan pada HP realme 10 Pro+ ini membuat hasil foto cukup detail dan jelas. Teknik digital zoom yang dihadirkan juga menggunakan algoritma baru sehingga hasil foto Zoom tidak pecah. 

5. Perbedaan Konektivitas

realme 10 pro layar desain

Jenis konektivitas yang didukung kedua ponsel mirip-mirip saja. Jaringan seluler 5G, Bluetooth 5.2 , dan WiFi 6 sudah didukung. Yang membedakan ialah dalam realme 10 Pro+ sudah ada fitur NFC. Sedangkan realme 10 Pro tidak memiliki.

Fitur NFC sendiri bisa membantu pengguna smartphone untuk melakukan pembayaran non tunai, mentransfer data ke perangkat lain dengan lebih mudah dan cepat serta fungsi lainnya yang membantu dalam kehidupan modern saat ini.

6. Sistem Keamanan Berbeda

realme 10 pro fingerprint

Sebagai versi upgrade, realme 10 Pro+ akhirnya memiliki sensor sidik jari di bawah layar. Menariknya, realme memakai teknologi optical terbaru yang membuat proses pemindaian jadi kian cepat dan akurat. 

Sedangkan realme 10 Pro hanya dilengkapi sistem keamanan sidik jari yang masih menyatu dengan tombol power di sisi samping. Meski tidak semewah saudaranya, sensor ini juga sudah cukup cepat dan mudah digunakan.

7. Beda di Kemampuan Fast Charging

realme gt master fast charging

Membahas bagian baterai, realme ingin setiap produknya bisa digunakan tahan lama dan lebih cepat ketika diisi daya. Maka dari itu, dalam realme 10 Pro dan 10 Pro+ terpasang baterai berkapasitas 5000 mAh. Meski mengusung kapasitas yang sama, teknologi pengisian cepat yang dihadirkan berbeda.

Untuk realme 10 Pro hanya menggunakan fitur fast charging 33W. Fitur ini dirasa standar untuk ponsel kelas menengah saat ini. Dalam prakteknya, realme 10 Pro hanya membutuhkan waktu 29 menit saja untuk mengisi baterai sebesar 50%.

Sedangkan realme 10 Pro+ hanya membutuhkan waktu 17 menit saja untuk mengisi baterai sebesar 50%. Hal ini lebih cepat karena ponsel ini memakai fitur fast charging 67W yang lebih kencang. 

Menurut saya, hadirnya kapasitas baterai 5000 mAh yang standar sudah cukup baik. Pasalnya, kedua HP memiliki fitur pengisian cepat yang kencang di kelasnya. Anda pun tidak perlu lama menunggu untuk bisa menggunakan HP kembali di tengah kegiatan yang padat. 

Simpulan

realme 10 series memang menghadirkan cukup banyak ubahan dibanding realme 9 series sebelumnya. Apalagi untuk varian 10 Pro dan 10 Pro+. Kedua HP ini menawarkan spesifikasi yang lebih kuat di sektor layar, mesin dan kamera.

Untuk realme 10 Pro hadir dengan desain yang solid disokong mesin Qualcomm yang cukup bertenaga. Sedikit disayangkan, layar HP ini masih menggunakan panel IPS. Selain itu, kamera yang dihadirkan juga terasa kurang optimal karena tanpa kamera ultrawide. 

Berbeda dengan realme 10 Pro+. Sebagai varian tertinggi dalam jajaran produk realme 10 series, ponsel Android ini hadir dengan desain layar dan bodi ala HP Flagship. Dukungan panel AMOLED membuat tampilan yang dihasilkan cukup jernih dan kaya warna.

Di bagian mesin pun, HP ini sudah menggendong chipset Mediatek seri Dimensity 1080 yang berperforma kencang. Tidak lupa sektor kamera yang dihadirkan cukup lengkap dengan kemampuan rekam yang lebih stabil.

Bagaimanapun realme 10 Pro dan 10 Pro+ merupakan salah satu opsi menarik di kelas ponsel mid-range yang punya kemampuan baik untuk main game hingga fotografi. Sayangnya kedua HP ini masih dipasarkan di pasar Cina saja.

Untuk harga, realme 10 Pro varian RAM 8 GB dan memori 256GB dipasarkan dengan harga 1.599 Yuan atau 3,5 juta rupiah. Sementara realme 10 Pro+ varian RAM 8 GB dan memori 128 GB dipasarkan 1699 Yuan atau 3,7 juta.

 Bagaimana menurut Anda, lebih suka dengan realme 10 Pro atau 10 Pro+?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram