Ini 10 Kelebihan dan Kekurangan Flagship Kompak Xiaomi 12

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Xiaomi 12 meluncur sebagai salah satu smartphone andalan Xiaomi pada 2022. Secara iterasi, orang akan menyebut bahwa HP ini adalah kelanjutan dari Xiaomi Mi 11. Namun, Xiaomi 12 ternyata ditujukan buat segmen yang berbeda.

Adalah segmen flagship kompak pasar yang disasar HP ini. Segmen tersebut sempat hilang dari jajaran ponsel Xiaomi. Pada 2021, mereka memang punya Xiaomi Mi 11 Lite. Namun, ponsel itu bukan flagship melainkan HP kelas menengah premium.

Kali terakhir mereka punya HP flagship dengan bentuk kompak terjadi pada 2018. Waktu itu, Xiaomi merilis Xiaomi Mi 8 yang punya bentang layar 6,21 inci. Kembalinya Xiaomi ke segmen flagship kompak mengindikasikan bahwa sebenarnya masih ada konsumen yang menginginkan HP kelas premium, tapi tidak besar-besar amat.

Kekompakan bentuk tentu menjadi daya tarik tersendiri dari ponsel yang satu ini. Akan tetapi, keunggulan Xiaomi 12 bukan cuma itu. Masih ada hal-hal menarik lain yang dimiliki si ponsel. Semuanya akan coba kami paparkan dalam artikel kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 ini!

Spesifikasi Xiaomi 12

Xiaomi 12
Layar Super AMOLED 6.28 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (telephoto macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan Xiaomi 12

Setiap produk diciptakan dengan sejumlah kelebihan. Berikut ini beberapa kelebihan Xiaomi Mi 12, baik yang sifatnya khas (tak dimiliki ponsel lain) dan umum sebagaimana ponsel flagship.

1. Desain

desain 2 xiaomi 12

Xiaomi 12 memiliki hal elemen yang membuatnya tampil beda dari Xiaomi Mi 11. Ketiga elemen itu adalah modul kamera belakang, posisi kamera depan, dan bentuk layar. Soal modul kamera belakang, kini Xiaomi 12 punya bentuk persegi panjang.

Modul tersebut punya warna yang selalu senada dengan penutup belakang. Sementara itu, modul kamera belakang punya Xiaomi Mi 11 berbentuk elips, dengan dua kelir: hitam dan warna senada penutup belakang.

Selanjutnya, kamera depan Xiaomi 12 digeser ke sisi tengah atas. Xiaomi Mi 11 punya lubang kamera depan di pojok kiri atas. Nah, soal bentuk layar, kini Xiaomi tak lagi menerapkan lengkung di empat sisi seperti Mi 11. Praktis lengkung layar Xiaomi 12 hanya ada di tepi kiri dan kanan.

Setelah Anda tahu apa perbedaan desain HP ini dengan Xiaomi Mi 11, mari melangkah lebih dalam. Dua penguji, yakni Chris G. dari kanal YouTube Tech Tablets dan kanal YouTube Lim Reviews terkesima dengan desain HP ini, khususnya karena bentuknya yang kompak.

desain 1 xiaomi 12

Mereka merasa bahwa Xiaomi 12 benar-benar nyaman digenggam. Tidak hanya karena ukurannya, tapi juga karena build quality dan finishing-nya yang bagus.

Unit yang diuji Chris G. adalah Xiaomi 12 varian penutup belakang kaca. Sedangkan yang diuji Lim Reviews adalah varian dengan penutup belakang kulit sintetis (Hijau). Dua-duanya mampu menangkal berkas sidik jari karena memiliki polesan matte.

Akan tetapi, yang memakai material kulit sintetis jelas terlihat lebih eksklusif. Plus varian ini mampu menambah daya cengkeram karena tidak licin (kesat) saat digenggam.

Soal penempatan tombol, port, dan komponen penyerta, tidak berbeda seperti di Xiaomi Mi 11. Sisi kanan rangka aluminium HP ini jadi tempat bertengger tombol volume dan power.

Sisi bawah ada port USB C, speaker utama, mikrofon, dan slot dual SIM tanpa microSD. Sementara itu sisi kiri kosong. Sisi atas ditempati grill speaker sekunder, infrared, dan mikrofon kedua.

Dimensi HP ini adalah 152.7 x 69.9 x 8.16 mm dengan bobot 180 g untuk varian penutup belakang kaca. Sementara varian kulit sintetis punya ukuran 152.7 x 69.9 x 8.66 berikut berat 179 g. Xiaomi 12 punya ukuran yang pas dan tidak berat.

2. Tampilan

layar xiaomi 12

Sektor tampilan Xiaomi 12 diperkuat oleh layar dengan bentang 6,28 inci. Panel yang dipakai adalah AMOLED dengan teknologi LTPO. Resolusi layar HP ini adalah Full HD+ (1080 x 2400 piksel) dengan kerapatan piksel 419 ppi.

Resolusi layar Xiaomi 12 memang hanya setengah dari Xiaomi Mi 11 dan Xiaomi 12 Pro yang mencapai 2K (Quad HD+). Hanya, menurut Chris G., nyaris tidak ada perbedaan kualitas pada keduanya. Tampilannya sama-sama tajam.

Malah, layar Xiaomi 12 mampu menampilkan warna dengan tingkat kedalaman 12 bit. Xiaomi Mi 11 baru mencapai 10 bit. Maka tak heran bila layar HP ini tembus standar warna DCI-P3 dan mendapat nilai A+ dari DisplayMate.

Selanjutnya, layar Xiaomi 12 mendukung refresh rate adaptif 120 Hz dengan touch sampling rate hingga 480 Hz. Layar ini pun mampu meraih tingkat kecerahan 1100 saat ponsel dipakai untuk menyetel video berformat HDR. Rasio kontras layar ini 5.000.000:1.

Penguji lain, Ashwin Ganesh dalam kanal YouTube C4ETech English menyatakan bahwa layar Xiaomi 12 sangat cerah dan sangat mulus. Meski sangat mulus, Anda tidak perlu khawatir baterainya cepat habis.

Pasalnya, Xiaomi 12 dibekali dua opsi mode yang bisa Anda pilih. Pertama, otomatis, yang menyesuaikan setelan refresh rate berdasarkan aktivitas. Kedua, custom, yang mengizinkan Anda untuk memilih setelan 60 Hz atau 120 saja di seluruh aktivitas.

Beberapa fitur juga juga disertakan demi meningkatkan pengalaman pengguna saat menatap layar Xiaomi 12. Beberapa di antaranya adalah sensor cahaya 360° (untuk autobrightness), anti-flicker, sensor deteksi detak jantung, sensor pemindai sidik jari, dan Always-on display.

Khusus anti-flicker, fitur ini dimiliki Xiaomi 12, tapi tidak ada di Xiaomi 12 Pro. Fitur ini penting untuk mengurangi gejala kedipan layar (flicker) berlebih. Gejala ini biasanya muncul saat layar disetel di level kecerahan terendah dan tertinggi.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram