carisinyal web banner retina

7 Perbedaan Smartphone realme 10 dan realme 11

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

realme 11 4G atau mari sebut realme 11 saja dirilis di Indonesia sebagai pelengkap dari realme 11 Pro series (Pro dan Pro+) yang duluan rilis pada Juli 2023. realme 11 juga bertindak sebagai suksesor dari realme 10 yang meluncur pada November 2022.

Antusiasme warga Tanah Air saat menyambut realme 10 versi 4G sungguh besar. Bahkan tergolong laris manis karena berhasil meraup penjualan sebanyak 9.000 unit dalam waktu tiga hari saat awal perilisannya.

Lalu, apa saja peningkatan yang dibawakan realme 11? Anda perlu tahu sebelum memutuskan meng-upgrade realme 10 Anda ke generasi yang baru. Simak ulasan perbedaan realme 10 dan realme 11 berikut ini.

Spesifikasi realme 10

realme 10
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 4 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi realme 11

realme 11
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan realme 10 dan realme 11

Punya niatan membeli realme 11 setelah puas dengan realme 10? Tunggu dulu. Sebaiknya cari tahu dahulu perbedaan keduanya sebelum memutuskan upgrade, yakni sebagai berikut.

1. Tampilan Desain Back Cover

realme 10 4g vs realme 11 4g
realme 10 4G (kiri), realme 11 4G (kanan)

realme 10 memiliki desain bodi belakang yang terbilang cukup mainstream. Ponsel menampilkan modul kamera dalam bentuk dua lingkaran besar terpisah yang disusun secara vertikal. Desain ini tergolong umum dibandingkan dengan realme 11 yang tampilkan satu bulatan modul kamera raksasa untuk menampung keseluruhan lensanya.

Walau menurut saya terlihat agak mainstream, namun realme 10 tetap mampu terlihat mewah berkat taburan light particle yang menutupi bodi belakangnya. Ini memberikan tampilan kerlap-kerlip yang memberikan vibe kemewahan dan estetika tinggi.

Lokasi sensor sidik jarinya tentu terletak di samping, sehingga menyisakan ruang yang luas dan lega pada bodi belakang tanpa perlihatkan adanya indentation.

Sedangkan pada realme 11, saya awalnya berharap ia bawakan desain yang sama dengan realme 11 5G. Pada realme 11 5G, perusahaan menggaet desainer ternama Matteo Menotto demi hasilkan desain kulit imitasi dengan tekstur yang halus dan nyaman. Namun sayang, realme 11 mengalami semacam dumbing down, kalau boleh saya bilang.

Kini realme 11 hadirkan tampilan yang berbeda, dengan sebuah lingkaran besar yang terletak di samping pojok kiri atas. Konsep desain ini diberi nama Glory Halo Design, kamera memiliki bentuk lingkaran yang benar-benar bulat sempurna sehingga terkesan seperti bentuk jam tangan klasik.

Seperti pada realme 10, HP sang penerus ini juga menampilkan tampilan glossy dengan nuansa kerlap-kerlip yang stylish dan terlihat mewah.

Kedua HP ini diketahui memiliki dimensi bodi yang sama yaitu panjang 159,9 mm, lebar 73,3 mm, serta ketebalan 8 mm. Adapun bobot bodinya diketahui memiliki angka 178 gram yang tergolong ringan di industri smartphone.

Jadi selain bawakan desain mewah dan stylish dengan caranya masing-masing, realme 10 dan realme 11 juga punya sisi ergonomika yang mantap demi penggunaan genggam yang nyaman sehari-hari.

2. Resolusi Kamera Utama, 50 MP vs. 108 MP

realme 11

Ada perbedaan yang cukup jauh dari segi resolusi kamera utama. Sementara realme 10 hadir dengan kamera utama 50 MP (Samsung ISOCELL S5KJN1), realme 11 dikemas dengan kamera utama 108 MP (Samsung ISOCELL HM6).

Jadi, realme 10 menggunakan teknologi quad bayer yang gabungkan empat piksel berdekatan menjadi satu piksel raksasa. Hasil output gambar menjadi 12,5 MP. Pada realme 11, menggunakan teknologi nano bayer alias 9-in-1 pixel binning. Jadi alih-alih hanya empat, kini ada sembilan piksel berdekatan yang digabungkan.

Fungsinya digabungkan untuk apa? Supaya intensitas cahaya yang masuk ke lensa saat memotret jadi lebih banyak, dan ini bisa berpengaruh baik pada hasil kualitas gambar secara keseluruhan, seperti detail yang lebih kaya, pencahayaan lebih oke, serta noise lebih sedikit.

realme 10 dan realme 11 sayangnya tidak diberikan kamera pendamping yang fungsional. Kamera keduanya hanya berupa sensor kedalaman berkekuatan 2 MP.

Kedua HP ini juga tidak berbeda dalam hal kamera selfie, di mana terdapat sensor berkekuatan 16 MP yang disusun dalam bentuk punch hole.

realme 11 dapat hasilkan foto yang lebih bagus dari realme 10. Akan tetapi, keduanya tidak dibekali dengan kamera ultrawide yang bisa mengambil gambar pada sudut pandang lebih luas. Perihal perekaman videonya, realme 10 dan realme 11 mentok di 30 FPS pada resolusi 1080p, baik itu pada kamera belakang maupun depan.

3. Varian Memori

realme 11

realme 10 memiliki varian memori yang lebih beragam di saat realme 11 hadir dengan single memory configuration. Varian paling bawah realme 10 mengusung RAM 4 GB dengan storage 128 GB. Satu varian lainnya menggunakan RAM 8 GB dengan storage 128 GB.

Ini berbeda dengan realme 11 yang langsung "loncat" ke kombinasi RAM 8 GB dan storage 256 GB. Dengan demikian, pengguna langsung dapat merasakan ponsel dengan storage dua kali lipat lebih luas untuk menampung lebih banyak gim dan aplikasi.

Kedua smartphone juga menyediakan slot memori eksternal terpisah dengan kapasitas hingga 1 TB. Storage kedua ponsel realme menggunakan jenis standar UFS 2.2.

4. Fast Charging

realme 10

Kapasitas baterai pada realme 10 dan realme 11 adalah 5.000 mAh, cukup standar di industri smartphone. Yang berbeda adalah kemampuan fast charging-nya, yakni 33 W pada realme 10 dan 67 W pada realme 11.

realme 10 diklaim dapat terisi dari kosong hingga 50 persen dalam waktu 28 menit. Pada progres pengisian yang sama, realme 11 disinyalir membutuhkan waktu lebih cepat yaitu 17 menit.

realme 10 yang varian termurahnya dirilis pada rentang harga Rp2 jutaan memiliki kemampuan fast charging yang di atas rata-rata. Ini karena beberapa pesaingnya masih menggunakan daya 18 W. Begitu pun dengan daya 67 W pada realme 11 yang membuatnya worth it. Pasalnya daya 67 W lebih umum dimiliki pada smartphone kelas harga 5 jutaan ke atas.

5. Ketersediaan NFC

realme 11

Untuk diketahui, realme 11 yang rilis di Indonesia juga memiliki nama julukan lain yaitu realme 11 NFC. Jadi, cukup kentara bahwa smartphone rilisan tahun 2023 ini sudah dikemas dengan NFC, yakni fitur dengan kepanjangan nama Near Field Communication yang fungsinya untuk menunjang transaksi digital.

Tertera di laman spesifikasi realme 10 pada GSM Arena bahwa HP tersebut memiliki ketersediaan NFC yang tergantung pada wilayah pemasaran. Dan rupanya ketika masuk Indonesia, realme 10 ini tidak memiliki fitur NFC.

6. Versi Bluetooth

realme 11

Untuk pengguna yang sering menggunakan perangkat TWS pada smartphone, sebaiknya pilih realme 10 yang gunakan Bluetooth versi 5.3. Versi ini lebih modern dibanding realme 11 yang gunakan Bluetooth 5.2.

Perbandingan antara dua versi ini sebenarnya tidak begitu kentara. Namun, pada setiap pembaharuan versi Bluetooth, efisiensi daya, jangkauan, dan kecepatan transfer datanya selalu meningkat. Tidak terkecuali pada Bluetooth 5.3. Namun, pada kasus nyata, Anda bisa jadi tidak akan terlalu menyadari perbedaan versi Bluetooth antara dua HP ini.

7. Harga Rilis

realme 10 cover

Varian termurah realme 10 dibanderol dengan harga rilis Rp2.799.000 untuk varian RAM 4 GB dan storage 128 GB, dan Rp3.199.000 untuk varian RAM 8 GB dan storage 128 GB pada November 2022.

Sedangkan untuk realme 11, sang penerus ini dilepas dengan harga rilis Rp3.499.000 untuk satu-satunya varian memori yaitu RAM 8 GB dan storage 256 GB.

Simpulan

Jika ada satu perbedaan yang menurut saya paling kentara antara dua HP ini, hal itu adalah desain back cover. Mulai dari jenis SoC yang digunakan, kapasitas baterai, hingga kualitas layarnya, realme 10 dan realme 11 membawakan spesifikasi yang sama.

Lalu perbedaan lain yang cukup mencolok ada pada resolusi kamera utama yang dibawakan. Tren yang sedang berjalan di industri HP saat ini adalah resolusi kamera yang begitu besar, ini juga yang tampaknya mendorong realme untuk bawakan resolusi 108 MP pada realme 11.

Perbedaan berikutnya adalah kemampuan fast charging 33 W pada realme 10 yang meningkat jadi 67 W pada realme 11. Dengan kemampuan cas yang lebih cepat, tentu realme 11 dapat menunjang gaya hidup yang serba aktif dengan lebih optimal.

Terjadi selisih kenaikan harga rilis sebanyak Rp300 ribu antara realme 10 varian RAM 8 GB dengan realme 11. Dengan selisih yang sekecil itu, peningkatan yang dibawakan realme 11 terbilang melimpah menurut saya. Ditambah lagi, pengguna pun mendapatkan storage dua kali lipat lebih besar.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram