carisinyal web banner retina

Inilah 6 Perbedaan realme Pad dan realme Pad 2

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

realme tidak hanya fokus pada segmen HP saja, melainkan juga pada segmen tablet. Pada Juli 2023, realme meluncurkan produk tablet Android terbarunya yaitu realme Pad 2. Tablet ini diluncurkan pertama kali di pasar India. realme Pad 2 hadir sebagai penerus dari realme Pad yang diluncurkan pada September 2021.

Sebagai penerus, tentu saja realme Pad 2 hadir membawa berbagai peningkatan di beberapa sektor utama. Mulai dari kemampuan layar yang lebih imersif, performa lebih tangguh, kamera, hingga baterai dan fast charging yang lebih mumpuni.

realme Pad 2 ini cocok bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman penggunaan tablet Android dengan harga masih terjangkau. Sebagai bahan pertambingan, berikut adalah beberapa perbedaan dari realme Pad dan realme Pad 2. Silakan simak artikel berikut sampai habis, ya.

Spesifikasi realme Pad

realme Pad_
Layar IPS LCD 10.4 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 7100 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi realme Pad 2

realme pad 2
Layar IPS LCD 11.5 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 8360 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan realme Pad dan realme Pad 2

Jika melihat dari spesifikasinya, realme Pad dan realme Pad 2 terlihat menarik untuk sebuah tablet Android. Hal ini membuktikan bahwa realme memang cukup serius untuk terjun di segmen ini. Silakan simak beberapa perbedaan realme Pad dan realme Pad 2 berikut ini.

1. Layar 10,4 Inci 60 Hz vs 11,5 Inci 120 Hz

realme pad 2

Sebagai sebuah tablet, tentu layar yang dimilikinya memiliki ukuran lebih besar. Baik realme Pad dan realme Pad 2 juga sama-sama memiliki kemampuan yang cukup mumpuni di sektor ini.

Meski keduanya masih menggunakan panel IPS LCD, resolusi yang berhasil dicapainya cukup imersif yaitu WUXGA+ atau 1200 x 2000 piksel. Kemampuannya tersebut tentu saja cocok untuk penggunaan multimedia seperti menonton atau bermain game.

Sebagai penerus, tentu saja realme Pad 2 dibekali sejumlah peningkatan pada sektor ini. Mulai dari ukuran layar yang lebih luas yaitu 11,5 inci. Bahkan, tampilan layarnya makin terlihat berkat desain bezel tipis di sekelilingnya. Rasio layar ke bodinya bahkan mencapai angka 85,2 persen.

Sementara itu, realme Pad juga sebenarnya memiliki ukuran layar yang tidak terbilang standar yaitu 10,4 inci saja. Tablet ini juga dilengkapi dengan desain bezel yang cukup tipis dengan rasio layar ke bodi hingga 82,5 persen.

Salah satu perbedaan yang mungkin akan sangat terasa adalah refresh rate-nya. Jika realme Pad hadir dengan refresh rate 60 Hz, maka realme Pad 2 menawarkan dua kali lebih baik yaitu 120 Hz. Menariknya lagi, refresh rate ini memiliki fitur Smart Adaptive Refresh yang bisa mengubahnya menjadi 40 hz, 60 Hz, atau 120 Hz sesuai aktivitas yang dilakukan.

Soal kenyamanan, tentu realme Pad 2 lebih unggul dibandingkan realme Pad. Selain untuk scrolling, Anda juga bisa bermain game dengan lebih nyaman karena memiliki pergerakan yang mulus. Selain itu, refresh rate adaptif juga akan lebih menghemat daya baterai dibandingkan terus-menerus berada di angka tinggi.

Selain itu, realme Pad 2 juga dibekali berbagai fitur menarik lain di sektor layar ini. Mulai dari kemampuan menghasilkan lebih dari 1 miliar warna, DC Dimming, hingga perlindungan terhadap cahaya biru. Selain itu, tablet ini juga bisa digunakan di luar ruangan berkat kecerahan layarnya mencapai 450 nit. Sedangkan realme Pad hanya mencapai 360 nit saja.

2. MediaTek Helio G80 vs Helio G99

realme pad 2

Performa juga menjadi salah satu sektor yang cukup penting untuk sebuah tablet Android. Sama seperti sebuah HP, makin tinggi performanya, maka makin nyaman juga penggunaan tablet tersebut. Mulai dari browsing, multitasking, hingga bermain game.

Kedua tablet ini mengandalkan satu brand chipset ternama yaitu mediaTek. realme Pad mengandalkan performa dari Helio G80, sedangkan realme Pad 2 hadir dengan chipset yang lebih tangguh yaitu Helio G99. Keduanya memang sudah cukup oke di kelas harganya, tapi Helio G99 tetap lebih unggul soal performa.

Chipset Helio G88 dirancang menggunakan proses fabrikasi 12 nm dan prosesor octa-core. Prosesor tersebut terdiri dari dua core Cortex A75 (2 GHz) untuk performa dan enam core Cortex A55 (1,8 GHz) untuk efisiensi dayanya. Sedangkan kartu pengolah grafisnya mengandalkan GPU Mali G52 MP2 dengan frekuensi 950 Mhz.

Berbeda dengan realme Pad 2, chipset-nya yaitu Helio G99 dirancang menggunakan proses fabrikasi 6 nm dan prosesor octa-core. Prosesor tersebut terdiri dari dua core Cortex A76 (2,2 GHz) untuk performa dan enam core Cortex A55 (2 GHz) untuk efisiensinya. Sedangkan GPU yang digunakan adalah Mali G57 MC2 dengan frekuensi 1100 MHz.

Lantas, bagaimana dengan performanya ketika melalui berbagai pengujian? Berdasarkan database Nanoreview, helio G80 mampu meraih skor 223.297 untuk AnTuTu v9. Sedangkan untuk GeekBench 5, chipset ini meraih skor 353 (single-core) dan 1.307 (multi-core).

Sedangkan helio G99 sebagai chipset unggulan di kelas harganya, mendapat skor 375.341 untuk AnTuTu v9. Sedangkan GeekBench 5, chipset ini mendapatkan skor 560 (single-core) dan 1.829 (multi-core).

Selain itu, GSM Arena juga melakukan pengujiannya secara langsung melalui realme Pad 2. Hasilnya, Helio G99 pada tablet tersebut mampu meraih skor 226.474 untuk AnTuTu v9. Sedangkan untuk GeekBench 5, skor yang diraihnya adalah 340 (single-core) dan 1.236 (multi-core).

Dengan hasil tersebut, keduanya sebenarnya sudah bisa digunakan untuk aktivitas lumayan berat. Mulai dari multitasking dengan membuka banyak aplikasi, hingga bermain game populer. Namun, Helio G99 menawarkan pengalaman penggunaan yang lebih baik ketimbang Helio G80.

3. Kapasitas Memori Lebih Luas

realme pad 2

Selain chipset, terdapat beberapa hal yang juga ikut memengaruhi hasil performa dari sebuah tablet. Salah satunya adalah ruang kosong pada kapasitas memori yang digunakan. Makin luas kapasitas memorinya, maka makin optimal juga performa yang akan dihasilkan.

Sebagai generasi pertama, realme Pad memang masih dibekali kapasitas memori yang biasa saja. Terdapat dua varian RAM yang ditawarkan yaitu 3 GB dan 4 GB saja. RAM tersebut akan dipadukan dengan memori internal mulai dari 32 Gb dan 64 GB. Meski begitu, Anda tetap bisa memperluasnya menggunakan microSD yang berbagi tempat dengan SIM.

Sementara itu, realme Pad 2 hadir dengan menawarkan kapasitas memori jauh lebih besar. Terdapat dua varian RAM LPDDR4X yang ditawarkan yaitu 6 GB dan 8 GB. Memori internalnya juga tidak kalah besar yaitu hingga 128 GB dan 256 GB. Anda juga tetap bisa memperluasnya menggunakan microSD yang berbagi tempat dengan kartu SIM.

Dilihat dari kapasitas memorinya saja, realme Pad 2 jelas menawarkan performa yang jauh lebih optimal daripada realme Pad. Apalagi dipadukan dengan chipset Helio G99 serta layar 120 Hz. Pengalaman bermain game populer seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, bahkan hingga Genshin Impact akan jauh lebih lancar dan mulus.

4. Baterai dan Fast Charging

realme pad 2

Salah satu perbedaan lainnya dari kedua tablet ini ada pada baterainya. Sebagai sebuah tablet, ketahanan baterai menjadi hal yang cukup penting dimiliki. Terlebih lagi ukuran tablet yang lebih besar dari HP, kapasitas baterai yang disematkan tentu harus lebih besar juga dari standar HP.

Keduanya benar-benar bisa diandalkan dalam hal ini. Misalnya realme Pad yang dibekali baterai berkapasitas hingga 7.100 mAh. Bukan hal sulit bagi laptop ini untuk tetap menyala dan menemani aktivitas seharian penuh.

realme sendiri mengeklaim bahwa realme Pad ini mampu bertahan hingga 12 jam untuk menonton video. Sedangkan jika dalam keadaan standby, tablet ini mampu bertahan hingga 65 hari lamanya.

Sementara itu, realme Pad 2 hadir dengan kapasitas yang jauh lebih besar lagi. Terdapat baterai dengan kapasitas hingga 8.360 mAh yang disematkan. Kapasitas tersebut benar-benar sangat menjanjikan karena mampu bertahan seharian dalam situasi apapun.

Menurut klaimnya, realme Pad 2 ini mampu bertahan hingga 190 jam untuk mendengarkan musik, 24 jam untuk membaca, 22 jam untuk memproses dokumen, 17 jam memutar video, dan 9 jam untuk melakukan panggilan video.

Peningkatan lainnya pada sektor ini ada pada fitur pengisian dayanya. realme Pad menyediakan fitur fast charging 18 W. Namun, realme Pad 2 hadir dengan fast charging yang lebih cepat yaitu 33 W. Dengan begitu, waktu yang dibutuhkan realme Pad 2 akan jauh lebih sedikit untuk mengisi daya hingga penuh.

5. Tampilan Desain

realme pad 2

Dari segi desain, kedua tablet ini sebenarnya memiliki perbedaan yang tidak terlalu banyak. Keduanya tetap menawarkan tampilan desain mewah dan premium dengan tetap tampil minimalis di bagian belakangnya.

Terutama realme Pad yang hanya memiliki satu buah kamera di dalam lingkaran kecil. Kamera ini disimpan langsung di atas bodinya atau tanpa memiliki modul kamera apapun. Selain itu, hanya ada satu garis vertikal yang menghiasi bodi bagian belakang redmi Pad ini.

Sementara itu, realme Pad 2 hadir dengan modul berbentuk lingkaran yang sedikit lebih besar. Modul tersebut berisi dua lingkaran yang salah satunya berisi satu kamera AI 8 MP, sama seperti realme Pad. Sedangkan lingkaran lainnya hanya sebuah pajangan atau hanya untuk keindahan semata.

realme Pad 2 juga tampil lebih menarik karena dihiasi aliran linier bercahaya dengan efek pasir yang berkilauan. Desain ini memiliki warna yang tidak jauh berbeda dengan bodinya, sehingga bisa menyatu dengan mudah. Selain itu, tampilannya juga jadi lebih menarik ketika terkena cahaya.

Soal kecantikan, baik realme Pad atau realme Pad 2 memang tidak usah diragukan lagi. Namun, bodi bagian belakang realme Pad masih menggunakan bahan material aluminium. Sedangkan realme Pad 2 sudah menggunakan material Metal pada bodinya. Hal ini membuat keduanya memiliki kesan yang berbeda ketika disentuh.

Meski begitu, keduanya hadir dengan ukuran bodi yang cukup tipis. realme Pad hadir dengan ketebalan hanya 6,9 mm dan bobot 440 gram saja. Sedangkan realme Pad 2 memiliki bodi sedikit lebih tebal yaitu 7,2 mm. Ketebalan tersebut sudah sangat menarik karena mampu memberikan kenyamanan saat digunakan atau digenggam dalam waktu lama.

6. Harga dan Ketersediaan

realme pad

realme Pad diluncurkan pertama kali sebagai tablet pertama realme pada September 2021. Tablet ini menawarkan dua varian warna yaitu Gray dan Gold. Selain itu, Anda juga bisa memilih realme Pad dengan koneksi Wi-Fi atau LTE.

realme Pad dengan koneksi Wi-Fi dijual dengan harga Rp2,7 jutaan dengan varian RAM 3 GB dan internal 32 GB. Sedangkan realme Pad LTE untuk varian RAM 3 GB dan internal 3 GB dijual dengan harga Rp3 jutaan. Kemudian realme Pad LTE varian RAM 4 GB dan internal 64 GB dijual dengan harga Rp3,4 jutaan.

Sementara itu, realme Pad 2 diluncurkan secara Global di pasar India pada Juli 2023. Kabarnya, realme akan turut meluncurkan realme Pad 2 ini di pasar Indonesia dalam waktu dekat. Tablet ini menawarkan dua varian warna yaitu Mint dan Gray.

Untuk harganya, realme Pad 2 dijual mulai dari 20.000 Rupee atau sekitar Rp3,6 jutaan untuk varian RAM 6 GB dan internal 128 GB. Sedangkan untuk varian tertingginya yaitu RAM 8 GB dan internal 256 GB dijual dengan harga 23.000 Rupee atau sekitar Rp4,2 jutaan.

Simpulan

Terjun ke segmen tablet, realme tampak mulai serius dalam menawarkan kemampuan dan spesifikasi menarik pada produk tabletnya. Sebagai penerus dari realme Pad, realme Pad 2 dibekali sejumlah peningkatan di beberapa sektornya.

Mulai dari layar yang lebih imersif dengan refresh rate 120 Hz dan chipset tangguh di kelas harganya yang dipadukan dengan kapasitas memori luas. Selain itu, ketahanan baterai yang dimilikinya juga sudah makin meningkat dengan fitur fast charging 33 W yang tidak ketinggalan.

Meski begitu, realme Pad sebagai model pertama di segmen tablet juga masih cukup layak untuk dipertimbangkan. Beberapa sektor yang dimilikinya tidak jauh berbeda dengan realme Pad 2. Misaalnya panel IPS LCD dengan resolusi WUXGA+, kamera AI 8 MP di bagian depan dan belakang, hingga harga yang lebih murah.

Nah, setelah melihat beberapa poin perbedaan tersebut, kira-kira tablet mana yang lebih menarik perhatian Anda. Apakah realme Pad sebagai model pertama di segmennya, atau realme Pad 2 dengan beberapa peningkatan sebagai penyempurna pendahulunya? Tulis jawaban dan alasan Anda di kolom komentar, ya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram