carisinyal web banner retina

Inilah 6 Perbandingan realme 10 vs POCO M5, Mana Lebih Unggul?

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Pada November 2022, pasar Indonesia kedatangan dua HP yang cukup menarik dari dua brand berbeda. Kedua HP tersebut ditugasi untuk mengisi kelas mid range yaitu realme 10 dan POCO M5.

Menariknya, kedua HP ini memiliki spesifikasi yang cukup identik, padahal harganya cukup berbeda. Salah satu sektor yang mirip di antara keduanya adalah dapur pacunya. Kedua HP ini sama-sama mengandalkan chipset MediaTek Helio G99 untuk masalah performa. Bahkan, spesifikasi kamera dan kapasitas baterai keduanya juga mirip.

Meski begitu, keduanya tetap memiliki perbandingan di beberapa sektor lainnya. Bisa dibilang keduanya cukup mampu bersaing di kelasnya dan saling mengungguli. Jika dilihat dari harganya, realme 10 yang memiliki harga sedikit lebih mahal seharusnya mampu mengungguli.

Untuk mengurangi rasa penasaran, kami sudah membuat beberapa daftar perbandingan antara realme 10 dengan POCO M5. Silakan simak artikel ini sampai habis, ya.

Spesifikasi realme 10

realme 10
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 4 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi POCO M5

POCO M5
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbandingan realme 10 dengan POCO M5

Setelah melihat spesifikasi dari masing-masing HP, keduanya terlihat mampu bersaing. Lantas, siapa di antara keduanya yang lebih unggul? Apakah realme 10 atau POCO M5? Untuk mengetahui jawabannya, silakan simak daftarnya berikut ini.

1. MediaTek Helio G99 dengan Beda Performa

redmi pad helio g99_

Baik realme 10 atau POCO M5, keduanya memiliki tugas untuk meramaikan kelas HP menengah. Maka dari itu, keduanya dibekali chipset unggulan di kelasnya yaitu MediaTek Helio G99. Harus diakui bahwa chipset dengan fabrikasi 6 nm ini memang cukup unggul di kelasnya.

MediaTek Helio G99 ini ditenagai oleh prosesor atau CPU dengan delapan inti. Terdiri dari dua inti Cortex A76 (2,2 GHz) untuk performa dan enam inti Cortex A55 (2,0 GHz) untuk efisiensinya.

Tidak hanya itu, dalam mengoptimalkan performa bermain game atau penggunaan sehari-harinya. Chipset tersebut didukung oleh GPU Mali-G57 MC2.

Lantas, apakah dengan menggunakan chipset yang sama, kedua HP ini memiliki performa yang sama? Untuk menjawab hal ini, mari kita lihat hasil pengujian sintetisnya secara langsung.

Merujuk pada hasil pengujian yang dilakukan oleh Nanoreview, keduanya mendapatkan skor AnTuTu 9 yang tidak jauh berbeda. realme 10 sedikit lebih unggul dengan skornya yaitu 386.189. Sedangkan POCO M5 hanya mencapai skor 382.374.

Sementara itu, ketika diuji menggunakan Geekbench 5, keduanya saling mengungguli. Untuk single-core, realme 10 sedikit lebih unggul dengan 571 poin dibandingkan POCO M5 yang hanya 549 poin. Namun, POCO M5 ini sedikit unggul di pengujian multi-core dengan 1908 poin dibandingkan realme 10 yaitu 1768.

2. Jumlah Konfigurasi Kamera

poco m5 kamera_

Dari segi jumlah, POCO M5 ini sedikit lebih unggul karena dibekali tiga kamera. Namun, bukan kamera ultrawide yang membuatnya lebih banyak, tetapi kamera makro. Untuk kamera utamanya, keduanya sama-sama menggunakan lensa 50 MP (f/1.8). Jadi, dengan unggul di segi jumlah, belum tentu gambar yang dihasilkan lebih baik.

Malah, bagi sebagian orang lebih memilih hanya memiliki dua kamera saja jika kamera tambahannya hanya lensa makro. Beda cerita jika kamera tambahannya itu adalah ultrawide atau lensa lain yang lebih jelas fungsinya.

POCO M5 dibekali tiga kamera di bagian belakang dengan kamera utama 50 MP (f/1.8). Kamera utamanya ini sudah dibekali fitur pendukung seperti PDAF. Sementara dua kamera lainnya adalah kamera depth dan makro dengan masing-masing resolusi 2 MP (f/2.4).

Sedangkan realme 10 hanya dibekali dua kamera di bagian belakang. Dengan kamera utama sama yaitu 50 MP (f/1.8) PDAF dan kamera depth 2 MP (f/2.4). Untuk urusan videografi, keduanya sama-sama mampu mencapai kualitas 1080p dengan 30 fps. Kualitas tersebut juga berlaku bagi kamera depan.

Berbicara soal kamera depan, realme 10 ini hadir dengan kemampuan yang lebih unggul. Pasalnya, ia dibekali kamera depan beresolusi 16 MP (f/2.5), sedangkan POCO M5 hanya 5 MP (f/2.2). Kamera depan realme 10 juga sudah dibekali fitur HDR yang belum dimiliki POCO M5. Dengan begitu, gambar yang dihasilkan seharusnya lebih tajam dan jernih.

3. Layar Super AMOLED vs IPS LCD

realme 10

Sebagai HP kelas menengah untuk penggunaan sehari-hari, keduanya kompak dibekali refresh rate 90 Hz. Hanya saja, realme 10 tampil lebih memukau dengan panel layar Super AMOLED. Sedangkan POCO M5 hanya menggunakan panel layar IPS LCD saja.

Agaknya penggunaan panel layar ini cukup berpengaruh, salah satunya ke tingkat kecerahan. realme 10 ini bisa dibilang lebih unggul dan mampu jika digunakan di luar ruangan. Pasalnya, tingkat kecerahannya mampu mencapai 100 nit, sedangkan POCO M5 hanya mentok di 500 nit saja.

Untuk ukuran layarnya, realme 10 memang lebih kecil yaitu 6,4 inci saja. Namun, berkat bezelnya yang tipis, HP ini terlihat lebih luas dan lebih enak digunakan. Bahkan, rasio layar ke bodinya mencapai 84,4 persen.

Sementara itu, POCO M5 dibekali layar yang lebih luas yaitu 6,58 inci. Namun, ukuran bezel yang menyelimutinya terlihat lebih tebal. Rasio layar ke bodi yang dimilikinya hanya mencapai angka 83,6 persen. Jika Anda lebih menyukai layar kecil tetapi bezel tipis, realme 10 akan lebih cocok untuk Anda.

Anda juga akan mendapatkan perlindungan yang lebih tangguh berkat Corning Gorilla Glass 5. Sedangkan POCO M5 masih menggunakan pelindung generasi sebelumnya yaitu Corning Gorilla Glass 3.

Soal resolusi dan kejernihan konten, keduanya cukup mirip. Dengan kualitas layar mencapai Full HD Plus, keduanya mampu menampilkan konten yang jernih dan kaya akan warna. Hanya saja, perbedaan akan lebih terasa ketika digunakan di luar ruangan.

4. Kelengkapan Konektivitas dan Sensor

realme 10 - Rush Black 2_

Agaknya, POCO masih sering mengikuti kebiasaan dari Xiaomi. Salah satunya adalah dengan tetap membawa fitur infrared, salah satunya untuk POCO M5 ini. Dengan adanya fitur tersebut, POCO M5 ini bisa dijadikan sebagai remot alat elektronik yang tersedia, misalnya TV, AC, dan sebagainya.

Sedangkan realme 10 tidak dibekali dengan fitur ini. Namun, untuk sebagian orang, fitur ini cukup jarang digunakan. Jadi, keberadaan fitur ini bisa menjadi pertimangan untuk Anda atau juga tidak.

Di sisi lain, realme 10 ini justru lebih unggul soal kelengkapan sensornya. Keduanya memang sudah dilengkapi oleh pemindai sidik jari, akselerometer, proximity, dan kompas. Namun, realme 10 lebih unggul karena memiliki sensor gyro yang belum ada di POCO M5.

Sensor gyro atau gyroscope memiliki fungsi yang cukup berguna dan sering digunakan, terutama dalam bermain game. Secara umum, fungsi dari sensor ini adalah untuk menjaga arah agar tetap sesuai dalam stabilizer, navigasi, dan sebagainya.

Secara khusus, sensor ini sering digunakan dalam permainan seperti balapan atau baku tembak, misalnya PUBG Mobile, Call of Duty, Apex Legend, dan sebagainya. Dengan adanya sensor ini, pengalaman bermain tentu akan lebih menarik.

5. Baterai dan Fitur Pengisian Daya

realme 10 baterai_

Beralih ke ketahanan baterai, keduanya cukup imbang dengan kapasitas. Baik realme 10 atau POCO M5, keduanya dibekali kapasitas baterai 5000 mAh. Namun, apakah keduanya memiliki daya tahan baterai yang sama ketika diuji?

Merujuk pada pengujian yang dilakukan oleh GSM Arena, ternyata realme 10 lebih awet dibandingkan POCO M5. Secara keseluruhan, realme 10 ini mendapatkan skor endurance rating hingga 126 jam. Jika diperinci, HP ini mampu bertahan hingga 35 jam 14 menit untuk berbicara, 18 jam 36 menit untuk browsing, dan 19 jam 41 menit untuk memutar video.

Sementara itu, POCO M5 mendapatkan skor keseluruhan lebih sedikit untuk endurance rating yaitu 121 jam saja. Ketika diperinci, HP ini mampu bertahan hingga 36 jam 56 menit untuk berbicara, 18 jam 36 menit untuk browsing, dan 15 jam 6 menit untuk memutar video.

Di sisi pengisian dayanya, realme 10 juga lebih unggul dengan fast charging 33 W. Ia bisa mengisi daya hingga 50 persen dalam waktu sekitar 28 menit saja. Sedangkan POCO M5 hanya dibekali fast charging 18 W saja.

6. Harga dan Varian RAM

poco m5 thumb

Meski keduanya berada di rentang harga yang sama yaitu Rp2 jutaan, harganya tidak benar-benar sama. realme 10 hanya memiliki satu varian yang berada di angka Rp2 jutaan yaitu RAM 4 dan internal 128 GB. Untuk varian termurah tersebut dibanderol dengan harga Rp2.799.000,-.

Sedangkan untuk varian lebih tinggi yaitu RAM 8 GB dan internal 128 GB dibanderol dengan harga Rp3.199.000,-. Kemudian untuk varian tertinggi dengan RAM 8 GB dan internal 128 GB dibanderol dengan harga Rp3.599.000,-.

Berbeda dengan POCO M5 yang hanya memiliki dua varian dengan harga jauh lebih murah. Untuk varian RAM 4 GB dan internal 64 GB dibanderol dengan harga Rp2.049.000,-. Sedangkan untuk varian tertingginya yaitu RAM 4 GB dan internal 128 GB dibanderol dengan harga Rp2.249.000,-. Dengan harga tersebut, POCO M5 jelas lebih unggul dalam hal value for money

Meski begitu, kedua HP ini sudah sama-sama dibekali slot khusus microSD. Jadi, Anda bisa memperluas kapasitas penyimpanan internal hingga 1 TB.

Simpulan

Di antara dua HP tersebut, realme 10 memang memiliki performa yang lebih mumpuni. Apalagi jika digunakan untuk aktivitas berat atau bermain game. Meski keduanya dibekali chipset yang sama yaitu Helio G99, terdapat hal lain yang memengaruhi performanya. Salah satunya adalah pemilihan kapasitas RAM.

Khususnya untuk penggunaan dalam bermain game. Anda akan semakin dibuat nyaman berkat layar Super AMOLED serta sensor gyroscope yang dimilikinya. Anda juga mendapatkan resolusi kamera depan yang lebih tinggi dan mampu menghasilkan gambar lebih baik.

Namun, jika Anda mencari HP dengan lebih mengedepankan value for money, POCO M5 menjadi pilihan terbaik. Soal performa, HP ini tidak jauh berbeda dari realme 10. Dengan kata lain, POCO M5 sudah mampu digunakan untuk aktivitas berat sehari-hari. Hanya saja, pengisian dayanya yang lebih kecil menjadi pertimbangan tersendiri.

Soal fotografi tidak ada yang berbeda, keduanya memiliki kamera utama 50 MP. Bahkan, POCO M5 ini hadir dengan jumlah kamera lebih banyak dengan tambahan kamera makro di belakang.

Satu hal lagi, meski hanya dibekali panel IPS LCD, POCO M5 ini hadir dengan layar lebih luas. Cocok untuk Anda yang gemar menonton atau aktivitas lain yang butuh layar lebar.

Bisa disimpulkan bahwa keduanya ini sama-sama unggul. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Anda juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan agar tidak terlalu bingung dalam memilih.

Jadi, bagaimana? Apakah Anda lebih condong ke realme 10 untuk performa dan spesifikasi yang lebih tinggi? Atau tetap berpegang teguh pada value for money dari POCO M5? Tulis jawaban Anda di kolom komentar beserta alasannya, ya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram