carisinyal web banner retina

6 Perbedaan Redmi Note 11 dan Redmi Note 12 4G, Sama Kuatnya?

Ditulis oleh Aris Wibowo

Di tengah menjamurnya ponsel Android 5G di pasar gadget dunia, sejumlah produsen tetap mempertahankan varian 4G untuk memasok permintaan pasar akan produk ponsel dengan harga yang lebih terjangkau. Utamanya untuk daerah yang belum memenuhi sebaran jaringan 5G.

Nah, Xiaomi memiliki dua varian produk kelas menengah yang layak dipertimbangkan jika Anda mencari ponsel Android 4G. Kedua produk tersebut ialah Redmi Note 11 dan Redmi Note 12 4G.

Redmi Note 12 4G merupakan varian terendah dari Redmi Note 12 series. Walaupun demikian, ponsel ini mengusung sejumlah spesifikasi yang menarik seperti chipset Qualcomm generasi baru dan MIUI teranyar. Lantas, bagaimana jika Redmi Note 12 4G ini dibandingkan dengan Redmi Note 11. Pasalnya, Redmi Note 11 juga mengusung chipset dari Qualcomm. 

Sebelum membahas mengenai apa saja perbedaan kedua HP Xiaomi ini, simak spesifikasi utama kedua ponsel seperti berikut ini sebagai pembukaan.

Spesifikasi Redmi Note 11

redmi note 11
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Redmi Note 12 4G

Redmi Note 12 4G
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 685
RAM 4 GB, 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Redmi Note 11 dan Redmi Note 12 4G

Berikut ini poin-poin yang jadi perbedaan Redmi Note 11 4G dan Redmi Note 12 4G. Perbedaan-perbedaan ini akan menjadi nilai jual kenapa kedua ponsel layak dibeli. Langsung saja simak daftar berikut ini.

1. Desain Minimalis Beda Bodi Belakang

redmi-note-11-bobot-dan-dimensi-bodi_
Desain Redmi Note 11 4G

Sejak awal, Redmi Note series hadir dengan desain yang elegan dan nyaman. Hal ini pun terus berlanjut hingga Redmi Note 11 maupun Redmi Note 12 4G. Kedua ponsel masih membawa konsep yang sama dengan menggunakan bodi belakang polikarbonat. Walaupun demikian, kedua HP memiliki bodi belakang dan modul kamera yang berbeda. 

Menengok Redmi Note 11, smartphone 4G ini menggunakan tepian bodi datar yang nyaman digenggam dan dioperasikan satu tangan. Bodi samping dan bodi belakang datar menimbulkan kesan elegan dan tegas. Bodi belakang ini hadir dengan polesan matte, sehingga gampang meninggalkan noda.

Untuk modul kamera, XIaomi menghadirkan modul kamera persegi panjang dengan warna hitam. Modul kamera ini tampak ramping dengan sebuah kamera utama di bagian atas dan tiga kamera serta LED Flash di bagian bawah.

Bicara dimensi, menurut Jon Mundy dari Tech Advisor mengatakan bahwa HP ini enak digenggam. Apalagi dimensi HP ini memang tidak terlalu besar. Ponsel ini memiliki dimensi 159,87 x 73,87 x 8,09 mm dengan berat hanya 179 gram. Ponsel ini terbilang tipis dan ringan.

redmi note 12 4g_
Desain Redmi Note 12 4G

Sementara itu, Redmi Note 12 4G hadir dengan desain yang lebih segar di area bodi belakang. Sama-sama menggunakan bahan plastik, Xiaomi mendesain bodi belakang HP ini sedikit melengkung. Selain itu, HP Android terbaru ini menghadirkan modul kamera berbentuk persegi panjang dengan sudut yang juga punya lengkungan. Menariknya, modul ini memiliki warna yang selaras dengan warna bodinya. 

Bodi belakang ini dibuat mengkilap dengan akhiran matte yang cantik. Dengan begitu, Anda tidak perlu risau saat menggenggam ponsel akan meninggalkan noda sidik jari. Xiaomi masih menggunakan bodi samping datar yang solid dan ramping. Untuk ketebalan bodi, Redmi Note 12 5G ini cukup tipis dibanding pendahulunya. HP ini memiliki ketebalan dimensi 165,6 x 76 x 7,9 mm dengan berat hanya 183,5 gram.

Lebih lanjut lagi, dalam kedua ponsel, Xiaomi mengusung tepi layar yang tipis dengan kamera punch hole di area depan. Selain itu, Xiaomi sudah menambahkan fitur keamanan sidik jari di samping, menyatu tombol power. Keunggulan HP kian bertambah karena keduanya sudah dibekali sertifikasi IP53 yang membuat HP tahan percikan air maupun debu.

2. Layar 90 Hz vs 120 Hz

redmi-note-11-layar-90-hz_

Sebagai seri Note, Xiaomi menghadirkan sektor layar yang pastinya lebar dan nyaman digunakan untuk harian atau main game. Ini terlihat dalam Redmi Note 11 dimana memiliki layar dengan bentang 6,43 inci panel AMOLED serta resolusi Full HD+. Layar AMOLED ini dipilih karena mampu menghasilkan warna yang cemerlang serta punya response time yang singkat daripada panel IPS.

Sementara itu, Redmi Note 12 memiliki ukuran 6,67 inci menggunakan panel AMOLED. Panel ini mampu menghasilkan gambar yang lebih jernih dan ketajaman yang pas. Untuk resolusi layar, HP ini masih menggunakan resolusi Full HD+.

Lebih lanjut lagi, HP Redmi Note 11 dan Redmi Note 12 4G ini sudah mendukung refresh rate 90 Hz dan 120 Hz. Hal ini membuat pergerakan gambar pada layar Redmi Note 12 4G terlihat lebih halus. Ini 

Selain itu, kecerahan puncak yang dimiliki Redmi Note 12 4G juga sudah ditingkatkan hingga 1200 nits pada puncak. Sementara Redmi Note 11 memiliki kecerahan layar hingga 1000 nits. Walaupun berbeda kecerahan, kedua ponsel masih nyaman digunakan di kondisi luar ruangan atau dibawah sinar matahari sekalipun. Terakhir, kedua HP juga sudah dibekali lapisan kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3.

3. Qualcomm Snapdragon Beda Seri

redmi note 11

Xiaomi kembali mempercayakan dapur pacu kedua HP Redmi ini pada chipset buatan Qualcomm, tapi beda seri. Untuk Redmi Note 11 memakai Qualcomm Snapdragon 680. Ini merupakan chipset kelas menengah yang dibuat dengan fabrikasi 6nm. Hal ini membuat performa stabil dan suhunya lebih dingin.  

SoC ini memiliki delapan inti yang terdiri dari empat core Cortex A73 berkecepatan 2,4 GHz dan empat core cortex A53 berkecepatan 2.0 GHz sebagai penghemat daya. Chipset ini dilengkapi pula GPU Adreno 610, DSP Hexagon 686, ISP Spectra 346 dan modem 4G X11 LTE. Ada juga dukungan RAM LPDDR4X 4 GB atau 6 GB dan memori penyimpanan 128 GB. 

Menurut pengujian yang dilakukan Tech Radar, Redmi Note 11 menghasilkan skor 377 untuk single core dan skor 1625 untuk multicore.  Sementara itu, menurut Laptop Mag, HP ini masih nyaman digunakan bermain game Call Of Duty Mobile. Anda bisa memainkan game dengan setelah grafis dan frame rate medium.

redmi note 12 4g__1

Beralih ke Redmi Note 12 4G, ponsel Android 4G ini memakai chipset Qualcomm Snapdragon 685. Ini merupakan chipset kelas menengah versi terbaru dari Qualcomm Snapdragon 680. Sama dibuat dengan fabrikasi 6nm, membuat performa dan suhu chipset ini lebih stabil.  

SoC ini memiliki delapan inti yang terdiri dari empat core Cortex A73 berkecepatan 2,8 GHz dan empat core cortex A53 berkecepatan 1.9 GHz sebagai penghemat daya. Chipset ini dilengkapi pula GPU Adreno 610, DSP Hexagon, ISP Spectra dan modem 4G LTE. Ada juga dukungan RAM LPDDR4X 4 GB atau 6 GB dan memori penyimpanan 128 GB. 

Menurut Inquisitive Universe, performa dari chipset Qualcomm Snapdragon 685 ini tidak akan berbeda jauh dengan Snapdragon 680. Bahkan dalam hasil Benchmark 5, chipset ini mendapat skor single-core 422 dan skor multicore 1252.Ketika digunakan bermain game, menurut YouTuber Eufracio Lopez 502, HP Redmi 4G ini bisa memainkan sejumlah game seperti Genshin Impact dan COD Mobile dengan lancar meski pengaturan grafis yang dihadirkan medium. 

4. Kamera Beda Konfigurasi

redmi note 11 4g_
Kamera Redmi Note 11 4G

Konfigurasi kamera yang digunakan Redmi Note 11 dan Redmi Note 12 4G sedikit berbeda. Generasi lama memakai empat kamera belakang yang terdiri atas kamera utama, kamera ultra-wide, kamera depth, dan kamera makro. Sementara itu dalam Redmi Note 12 tidak memiliki kamera depth.

Pada Redmi Note 11, Xiaomi menghadirkan kamera utama dengan resolusi 50 MP dengan bukaan f/1.8 teknologi PDAF. Kemudian ada kamera ultra-wide 8 MP dengan bukaan f/2.4 sudut 118 derajat. Untuk kedua kamera terakhir ada kamera makro dan kamera depth yang masing-masing beresolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4.  

redmi note 12 4g__1
Kamera Redmi Note 12 4G

Sementara itu, Redmi Note 12 4G juga hadir dengan spesifikasi kamera yang hampir mirip dengan pendahulunya, Redmi Note 11. Pada kamera utama terpasang resolusi 50 MP f/1.8 PDAF. Selain kamera utama ini, ada kamera ultra-wide 8 MP dengan sudut 120 derajat dan kamera makro 2 MP f/2.4. 

Kedua kamera utama HP Redmi ini mampu menghasilkan foto yang cukup baik. Hal ini terjadi karena adanya ISP chipset Snapdragon yang mumpuni dan tidak berbeda jauh. Hasil pemotretan malam hari juga cukup baik. Warna hasil foto juga lebih natural. Untuk perekaman video, keduanya hanya bisa merekam video Full HD.

Untuk kamera selfie, baik Redmi Note 11 dan Redmi Note 12 4G menggunakan kamera depan 13 MP bukaan f/2.4 di Note 11 dan bukaan f/2.5 teknologi HDR di Note 12. Kamera depan ini mampu merekam video Full HD.

Secara keseluruhan, hasil foto yang dihadirkan kedua ponsel Redmi ini cukup baik bila cahaya memadai, gambarnya cukup tajam dengan warna natural. Untuk kondisi minim cahaya, Anda bisa memakai mode malam dengan hasil foto yang mumpuni untuk diposting di media sosial.

5. Stereo Speaker vs Single Speaker

redmi note 12 4g__2

Sebagai sebuah perangkat hiburan, Xiaomi mengadapsikan fitur speaker stereo pada Redmi Note 11. Speaker utamanya ada di bagian bawah dan speaker kedua menyatu dengan earpiece. Suara yang dihasilkan dari ponsel Android 4G ini pun cukup keras. Ketika volume atas, suaranya terdengar tipis dan eleman bass-nya sama-samar.

Sayangnya untuk Redmi Note 12 4G hanya tersedia single speaker yang terpasang di area bawah HP. Suaranya sudah cukup untuk penggunaan harian.

6. Android 11 vs Android 13

android 13_

Di bagian sistem operasi, kedua ponsel Redmi ini sudah menggunakan sistem Android yang cukup update. Bedanya, Redmi Note 11 masih menggunakan MIUI 12 dengan basis Android 11 yang bisa ditingkatkan ke MIUI 13, sedangkan Redmi Note 12 4G sudah memakai MIUI 14 dengan basis Android 13.

MIUI 14 sendiri fokus pada penyederhanaan sistem, mengurangi konsumsi sumber daya sistem. Secara garis besar, MIUI 14 akan menawarkan fitur-fitur baru yang tidak akan ditemukan di MIUI versi sebelumnya.

Simpulan

Pasar ponsel Android 4G masih menjadi primadona di sejumlah negara termasuk Indonesia. Untuk pasar ponsel kelas menengah, Xiaomi memiliki Redmi Note 11 yang menghadirkan desain kompak elegan. Performa ponsel juga cukup apik disokong chipset Qualcomm Snapdragon 680. Sayangnya, sistem operasi ponsel ini sedikit usang.

Sedangkan Redmi Note 12 4G menjadi ponsel Android 4G dengan desain yang nyaman didukung layar yang lebih lebar. Bicara performa, ponsel ini menghadirkan chipset versi terbaru, yakni Snapdragon 685. Kamera yang diusung juga cukup tajam dan jelas efek dari chipset yang lebih baik. Selain itu, MIUI yang digunakan juga sudah versi terbaru.

Di sini, jelas Redmi Note 12 4G menghadirkan peningkatan yang cukup baik dibanding Redmi Note 11. Walaupun demikian, dari sisi performa dan baterai, kedua ponsel ini masih berimbang. Bagaimana menurut Anda, lebih suka dengan versi Redmi Note 11 atau Redmi Note 12 4G?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram