carisinyal web banner retina

6 Perbedaan Redmi 12C dan Redmi 13C yang Perlu Kamu Tahu

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Redmi 13C hadir di Indonesia pada 7 Desember 2023. HP ini menjadi penerus langsung dari Redmi 12C sebagai pendahulunya yang sudah dirilis pada Maret 2023 di Indonesia. Kedua HP ini berada di kelas entry dengan harga yang cukup terjangkau.

Meski begitu, kedua HP ini menawarkan kemampuan dan spesifikasi yang cukup menarik di kelas harganya, salah satunya adalah performa. Nah, sebagai penerus, tentu Redmi 13C memiliki beberapa peningkatan dibandingkan Redmi 12C. Penasaran apa saja perbedaannya? Silakan simak daftar dan penjelasannya di bawah ini, ya.

Spesifikasi Redmi 12C

Redmi 12C
Layar IPS LCD 6.71 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Redmi 13C

Redmi 13C
Layar IPS LCD 6.74 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Redmi 12C dan Redmi 13C

Redmi 12C dan Redmi 13C menjadi dua pilihan HP kelas entry yang patut diperhatikan. Nah, agar tidak bingung untuk memilih, berikut beberapa perbedaan antara Redmi 13C dan Redmi 13C yang harus diperhatikan.

1. Tampilan Desain Baru dan Kekinian

Redmi 13C

Salah satu perbedaan yang cukup terlihat antara Redmi 13C dan Redmi 12C adalah tampilan desainnya. Sebut saja bagian modul kameranya yang sama sekali berbeda satu sama lainnya.

Redmmi 12C menggunakan modul kamera persegi yang sedikit menonjol. Modul kamera tersebut memiliki bagian berwarna hitam yang diisi oleh dua lingkaran sebagai kamera dan LED flash. Sedangkan bagian luarnya diisi oleh tulisan “Redmi” dan lingkaran untuk fingerprint.

Penempatan fingerprint di dalam modul kamera ini sebenarnya cukup menarik. Hal ini membuat bodi bagian belakangnya terlihat sedikit lebih bersih tanpa ada lingkaran fingerprint di tengah-tengah.

Sedangkan Redmi 13C hadir dengan modul kamera persegi yang rata atau tidak menonjol. Modul kamera ini juga terlihat lebih kekinian dengan garis-garis tipis ala Redmi Note 13 Pro. Di dalamnya terdapat dua lingkaran yang berisi satu kamera utama di atas dan dua kamera lainnya di lingkaran bagian bawah.

Selain itu, Redmi 13C juga sudah menyimpan fingerprint di bagian samping sehingga bodi bagian belakangnya ini terlihat bersih dan minimalis.

Hal lain yang tidak kalah menarik adalah Redmi 13C memiliki desain bodi belakang flat atau rata. Berbedad dengan Redmi 12C yang melengkung seperti HP kelas entry pada umumnya. Teksturnya juga cukup terasa murah, berbeda dengan Redmi 13C yang punya tekstur lebih halus dan nyaman disentuh.

Untuk ukurannya, keduanya tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Redmi 12C memiliki dimensi 168,8 x 76,4 x 8,8 mm, sedangkan Redmi 13C sedikit lebih tipis yaitu 168 x 78 x 8,1 mm. Sementara untuk bobotnya sama saja yaitu 192 gram.

2. Layar IPS LCD 90 Hz vs 60 Hz

Redmi 13C

Perbedaan lain yang mesti diperhatikan ada pada sektor layarnya. Sektor ini bisa dibilang menjadi salah satu peningkatan yang cukup terasa selama penggunaan nanti.

Redmi 12C dibekali layar IPS LCD berukuran cukup luas yaitu 6,71 inci. Ukurannya ini sudah cukup luas untuk aktivitas multimedia seperti menonton. Apalagi rasio layar ke bodinya sudah cukup wajar untuk kelas harganya yaitu 82,6 persen.

Sedangkan Redmi 13C memiliki ukuran layar sedikit lebih luas yaitu 6,74 inci. Sedangkan untuk rasio layar ke bodinya sedikit lebih tinggi yaitu 83,7 persen. Berarti ukuran desain bezel yang dimilikinya sedikit lebih tipis, meski tidak terlalu terlihat perbedaannya.

Perbedaan lainnya yang cukup mempengaruhi kenyamanan dalam penggunaan adalah refresh rate-nya. Sebagai HP harga terjangkau, Redmi 12C hanya dibekali refresh rate 60 Hz saja. Berbeda dengan Redmi 13C yang sudah dibekali refresh rate 90 Hz. Hal ini membuat pergerakan layarnya lebih mulus saat digunakan scrolling.

Redmi 13C juga dianggap lebih mudah dan nyaman digunakan di luar ruangan yang cerah. Hal ini berkat kemampuan kecerahan layarnya yang sedikit lebih tinggi yaitu mencapai 600 nit. Sedangkan Redmi 12C hanya mampu mencapai 500 nit saja.

Hal lain yang tidak kalah menarik untuk dibahas adalah terkait perlindungannya. Layar Redmi 13C sudah dibekali perlindungan Corning Gorilla Glass yang absen di Redmi 12C. Perlindungan itu membuatnya lebih tahan terhadap goresan atau retak.

3. Konfigurasi Kamera Lebih Banyak

Redmi 13C

Perbedaan lainnya yang dimiliki oleh kedua HP ini ada pada sektor kameranya. Redmi 12C hanya dibekali dia kamera di bagian belakang. Sedangkan Redmi 13C hadir dengan konfigurasi tiga kamera di bagian belakangnya.

Meski begitu, kedua HP ini sama-sama mengandalkan kamera utama 50 MP (f/1.8). Kamera ini merupakan hasil pixel binning yang menggabungkan piksel berdekatan menjadi satu piksel besar. Penggabungan ini membuat kemampuan kamera lebih mampu dalam mendapatkan detail dan cahaya yang dibutuhkan.

Selain itu, keduanya juga sudah dibekali fitur PDAF agar mudah mendapatkan fokus saat proses pemotretan. Kemudian, persamaan lain yang dimiliki keduanya ada pada kamera tambahan yang diberi nama auxiliary lens beresolusi 0,08 MP. Tampaknya, fungsi dari kamera ini adalah sebagai kamera depth untuk menciptakan bokeh.

Sementara itu, Redmi 13C hadir dengan konfigurasi tiga kamera di bagian belakang. HP ini memiliki tambahan kamera lainnya yaitu kamera makro 2 MP (f/2.4). Kamera ini biasanya digunakan untuk memotret objek lebih dekat dengan tanpa mengurangi kualitasnya.

Perbedaan lainnya yang ada pada sektor kamera ini adalah kamera depan atau kamera selfie. Redmi 12C hanya dibekali kamera selfie 5 MP (f/2.2), sedangkan Redmi 13C dibekali kamera 8 MP (f/2.0). Selain itu, terdapat fitur HDR untuk kamera depan Redmi 13C sehingga hasilnya bisa lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Meski begitu, beberapa perbedaan yang ada pada sektor kamera ini tidak terlalu kentara. Setidaknya, kedua HP ini sama-sama mampu merekam video hingga 1080p dengan 30 fps untuk kamera depan dan belakang.

4. USB Type-C vs MicroUSB

Redmi 13C

Penggunaan tipe USB menjadi salah satu perbedaan lain yang juga dimiliki oleh kedua HP ini. Sebagai pendahulunya, Redmi 12C masih menggunakan microUSB yang dianggap lebih lambat. Sedangkan Redmi 13C sudah menggunakan USB Type-C yang memiliki kecepatan transfer lebih oke.

Berbicara soal kecepatan, Redmi 12C juga bisa dibilang lebih lambat saat mengisi daya. Pasalnya, HP tersebut hanya dibekali fitur pengisian daya 10 W saja. Sehingga Anda harus menunggu sedikit lebih lama saat mengisi daya HP.

Sementara itu, Redmi 13C dibekali fitur pengisian daya cepat 18 W. Meski masih terbilang lambat, kemampuan pengisian dayanya sedikit lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Selain penggunaan kabel USB, kedua HP ini juga menggunakan jenis Bluetooth yang berbeda. Redmi 12C masih menggunakan Bluetooth 5.1, sedangkan Redmi 13C sudah menggunakan Bluetooth 5.3.

5. Fingerprint Side vs Rear

Redmi 13C

Perbedaan terakhir yang ada di kedua HP ini adalah posisi atau penempatan sensor fingerprint. Meski sebagai HP kelas entry dengan harga terjangkau, penempatan sensor fingerprint tetap harus diperhatikan demi nilai keindahan atau efektivitas.

Maka dari itu, Redmi 13C sebagai penerus menempatkan sensor fingerprint ini di bagian samping. Sensornya sudah terintegrasi dengan tombol power seperti HP kelas menengah lainnya.

Penempatan fingerprint di bagian samping ini memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah karena lebih mudah dijangkau oleh ibu jari saat dalam posisi menggenggam. Selain itu, tampilan bodi bagian belakang juga akan lebih bersih tanpa ada lingkaran untuk fingerprint.

Sementara itu, Redmi 12C masih menyimpan sensor fingerprint ini di bagian bodi belakang. Selain sulit dijangkau, tampilan bodinya terlihat kurang menarik dan terasa murahan. Namun, Xiaomi mengakalinya dengan menyimpan lingkaran fingerprint-nya di dalam modul kamera. Sehingga tidak mudah dilihat dan bodi belakang tetap bersih.

6. Harga dan Ketersediaan

Redmi 12C

Redmi 12C hadir lebih dulu dan dirilis pada Maret 2023 di Indonesia. HP ini hadir dengan menawarkan dua pilihan variasi warna yaitu Graphite Gray dan Ocean Blue. Sedangkan untuk kapasitas memorinya terdapat tiga varian yang bisa dipilih.

Untuk harganya, Redmi 12C dijual mulai dari Rp1 jutaan saja untuk varian memori terkecil yaitu 3/32 GB. Sedangkan varian lainnya yaitu 4/64 GB dijual dengan harga Rp1,1 jutaan. Kemudian varian tertingginya yaitu 4/128 GB dijual dengan harga Rp1,2 jutaan saja.

Redmi 13C rilis di Indonesia dengan berbagai pilihan warna yang menarik. Untuk harganya sendiri ada di bawah Rp2 juta. Untuk varian RAM 8 GB dengan storage 256 GB harganya Rp1,9 juta. Sementara untuk varian RAM 6 GB dengan storage 128 GB, harganya Rp1,7 juta.

Simpulan

Redmi 13C tampaknya akan menjadi salah satu HP Xiaomi kelas entry yang cukup menarik untuk ditunggu. Sebagai penerus dari Redmi 12C, terdapat beberapa perbedaan sebagai bentuk peningkatan yang coba ditawarkan.

Salah satu perbedaannya ada pada sektor tampilan desain. Redmi 13C hadir dengan tampilan desain yang lebih kekinian dengan bodi datar dan modul kamera keren. Selain itu, HP ini sudah menempatkan sensor fingerprint di samping bodi sehingga terlihat lebih bersih dan minimalis.

Selain itu, kemampuan layar kedua HP ini juga sedikit berbeda. Redmi 12C dibekali refresh rate 60 Hsz saja dengan kecerahan puncak mencapai 500 nit. Sedangkan Redmi 13C sudah lebih baik dan nyaman digunakan dengan refresh rate hingga 90 Hz. Kecerahannya pun 100 nit lebih tinggi sehingga lebih nyaman saat digunakan di luar ruangan.

Redmi 13C juga hadir dengan konfigurasi tiga kamera di bagian belakang. Namun, kedua HP ini tetap sama-sama mengandalkan kamera utamanya saja yang beresolusi hingga 50 MP. Redmi 13C juga memiliki kemampuan pengisian daya lebih cepat karena sudah menggunakan USB Type-C. Sedangkan Redmi 12C masih menggunakan microUSB saja.

Nah, itulah beberapa perbedaan yang dimiliki oleh Redmi 13C dan Redmi 12C. Kedua HP kelas entry dari Xiaomi ini cukup menarik dengan harga yang ditawarkannya masing-masing. Jadi, mana yang lebih menarik perhatian Anda, apakah Redmi 13C atau Redmi 12C? Tulis jawabannya di kolom komentar, ya.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram