10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 11, Apa Saja itu?

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Redmi Note 11 Series diperkenalkan Xiaomi secara global pada Januari 2022. Jumlah ponsel suksesor Redmi Note 10 Series ini ada empat. Rinciannya adalah Redmi Note 11, Redmi Note 11s, Redmi Note 11 Pro, dan Redmi Note 11 Pro 5G.

Seluruh ponsel tersebut memiliki corak yang sama, yakni rangka datar alias flat. Bentuk rangka tersebut merupakan penyegaran karena rangka yang dipakai pada generasi sebelumnya berbentuk melengkung. Selain itu, wujud modul kamera belakangnya juga sedikit berubah.

Nah, dalam kesempatan ini, Carisinyal akan membahas model paling dasar dari Redmi Note 11 Series, yaitu Redmi Note 11. Penasaran sebagus apa penerus langsung dari Redmi Note 10 ini?

Preview kelebihan kekurangan Redmi Note 11 bisa disimak pada tabel berikut ini. Sementara pembahasan detailnya bisa disimak setelah tabel dan info spesifikasi di bawah ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain dan Build Quality yang Baik
Belum 5G
Layar AMOLED 90 Hz
Low Light dan Perekaman Video Kurang Maksimal
Dapur Pacu yang Stabil
Masalah versi Software
Kemampuan Kamera Oke untuk Kelas Harganya
Speaker Stereo dan Hadirnya Audio Jack
Sensor yang Lengkap
Daya Tahan Baterai dan Pengisian Cepat yang Oke

Spesifikasi Redmi Note 11

redmi note 11-1_
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan Redmi Note 11

Redmi Note 11 membawa beragam keunggulan yang membuatnya menarik untuk mengisi segmen kelas menengah terjangkau. Apa saja keunggulan HP ini? Berikut penjabarannya.

1. Desain dan Build Quality yang Baik

redmi note 11

Seperti yang sudah disinggung pada paragraf pembuka, Redmi Note 11 memiliki rangka datar. Bentuk rangka ini menjadi corak yang dipakai oleh seluruh anggota Redmi Note 11 Series. Buat sebagian orang, rangka datar bisa menimbulkan kesan yang lebih elegan dan tegas.

Meski begitu, jika ditinjau dari sisi ergonomika, rangka datar tak senyaman rangka lengkung. Selain itu, rangka datar juga menimbulkan kesan bahwa ponsel terasa lebih tebal. Namun demikian, desain memang tidak bisa dinilai dengan angka karena sifatnya yang relatif.

Artinya, Anda boleh suka, boleh juga tidak. Tugas brand hanyalah menawarkan pembaruan agar konsumen tidak merasa bosan. Di sisi lain, tak ada penguji yang berkeluh soal desain Redmi Note 11. Sebagian dari mereka bahkan menilai bahwa desain adalah salah satu kekuatan si ponsel.

Shruti Dhapola dari The Indian Express dan Jon Mundy dari Tech Advisor sama-sama merasa bahwa HP ini enak digenggam. Wajar mereka punya impresi begitu mengingat dimensi HP ini memang tidak besar.

Redmi Note 11 punya dimensi 159.87 x 73.87 x 8.09 mm, dengan bobot hanya 179 gram. Ponsel ini terhitung cukup tipis dan ringan.

Pujian lagi soal desain HP ini datang dari Eric Zeman, penguji Android Authority. Zeman menilai bahwa build quality Redmi Note 11 bagus.

Hanya saja, Zeman menilai, penutup belakang HP ini gampang meninggalkan noda sidik jari. Padahal varian warna yang diuji Zeman adalah Graphite Gray dengan polesan matte.

Hal yang sama turut dirasakan Shruti Dhapola dengan unit pengujian varian Star Blue. Redmi Note 11 varian warna Star Blue memang paling mencolok ketimbang Graphite Gray dan Twilight Blue.

Adapun material yang dipakai bodi Redmi Note 11 adalah polikarbonat. Sementara itu, bagian depan HP ini diproteksi kaca Gorilla Glass 3. HP ini juga punya sertifikasi IP53 yang menandakan adanya ketahanan debu dan percikan air.

2. Layar AMOLED 90 Hz

redmi note 11

Redmi Note 11 melanjutkan apa yang sudah baik pada Redmi Note 11. Benar, sektor tampilan HP ini mengandalkan layar berpanel AMOLED. Bentangnya 6,43 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel; 409 ppi).

Layar berpanel AMOLED belakangan memang jadi favorit karena penampakan warnanya yang cemerlang, serta punya response time lebih singkat ketimbang IPS LCD. Yang menarik, AMOLED di Redmi Note 11 kini sudah mendukung refresh rate tinggi, yakni 90 Hz.

Pengguna pun bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat melakukan scrolling secara cepat di linimasa aplikasi media sosial. Xiaomi pun mengeklaim, touch sampling rate layar HP ini sudah cukup tinggi di 180 hz.

Tidak hanya itu, layar Redmi Note 11 juga andal dalam skenario pemakaian di luar ruangan. Pasalnya, layar HP ini bisa mencapai tingkat kecerahan 700 nit dengan mode high brightness, serta 1000 nit dengan mode kecerahan otomatis.

Mengenai warna, layar Redmi Note 11 diklaim sudah tembus rentang warna DCI-P3 yang luas. Klaim itu pun coba dibuktikan oleh Jon Mundy dengan suatu alat kalibrasi warna bernama i1Display Studio.

Hasilnya, warna yang muncul dari layar HP ini akurat dengan menembus 99,9% DCI-P3. Pada standar lain, warnanya tembus 100% sRGB dan 87.8% Adobe RGB.

Sayangnya, layar AMOLED Redmi Note 11 Note belum mendukung pemutaran konten HDR10+. Namun, sertifikasi Widevine L1 sudah tersedia, sehingga Anda bisa menonton film di Netflix pada resolusi Full HD.

3. Dapur Pacu yang Stabil

redmi note 11

Redmi Note 11 memakai SoC baru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 680. SoC ini sebetulnya sama dengan Snapdragon 662 yang dipakai Redmi 9T dan POCO M3. Namun, Snapdragon 680 dibikin dengan fabrikasi 6 nm yang jauh lebih modern.

Dampaknya dari fabrikasi 6 nm itu adalah performa yang lebih stabil dan temperatur yang lebih dingin. Nah, sebelum membahas seperti apa performa yang ditimbulkan, kami perlu membahas secara singkat profil Snapdragon 680.

SoC ini memiliki delapan inti CPU. Empat inti pertama merupakan klaster performa Kryo 265 Gold (2.4 GHz) yang berbasis Cortex-A73. Sementara itu, empat inti kedua adalah klaster efisiensi Kryo 265 Silver (1,9 Ghz) dengan arsitektur asli Cortex-A53.

Snapdragon 680 dilengkapi pula GPU Adreno 610, DSP Hexagon 686, ISP Spectra 346, dan modem 4G X11 LTE. SoC ini mendukung pemakaian RAM berjenis LPDDR4X. Untuk memori, Redmi Note 11 versi Indonesia tersedia dalam dua pilihan: RAM 4 GB plus storage 128 GB dan RAM 6 GB beserta penyimpanan 128 GB.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram