carisinyal web banner retina

10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 11, Apa Saja itu?

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Redmi Note 11 Series diperkenalkan Xiaomi secara global pada Januari 2022. Jumlah ponsel suksesor Redmi Note 10 Series ini ada empat. Rinciannya adalah Redmi Note 11, Redmi Note 11s, Redmi Note 11 Pro, dan Redmi Note 11 Pro 5G.

Seluruh ponsel tersebut memiliki corak yang sama, yakni rangka datar alias flat. Bentuk rangka tersebut merupakan penyegaran karena rangka yang dipakai pada generasi sebelumnya berbentuk melengkung. Selain itu, wujud modul kamera belakangnya juga sedikit berubah.

Nah, dalam kesempatan ini, tim Carisinyal akan membahas model paling dasar dari Redmi Note 11 Series, yaitu Redmi Note 11. Penasaran sebagus apa penerus langsung dari Redmi Note 10 ini?

Preview kelebihan kekurangan Redmi Note 11 bisa disimak pada tabel berikut ini. Sementara pembahasan detailnya bisa disimak setelah tabel dan info spesifikasi di bawah ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain dan Build Quality yang Baik
Belum 5G
Layar AMOLED 90 Hz
Low Light dan Perekaman Video Kurang Maksimal
Dapur Pacu yang Stabil
Masalah versi Software
Kemampuan Kamera Oke untuk Kelas Harganya
Speaker Stereo dan Hadirnya Audio Jack
Sensor yang Lengkap
Daya Tahan Baterai dan Pengisian Cepat yang Oke

Spesifikasi Redmi Note 11

redmi note 11-1_
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Redmi Note 11

Redmi Note 11 membawa beragam keunggulan yang membuatnya menarik untuk mengisi segmen kelas menengah terjangkau. Apa saja keunggulan HP ini? Berikut penjabarannya.

1. Desain dan Build Quality yang Baik

redmi note 11

Seperti yang sudah disinggung pada paragraf pembuka, Redmi Note 11 memiliki rangka datar. Bentuk rangka ini menjadi corak yang dipakai oleh seluruh anggota Redmi Note 11 Series. Buat sebagian orang, rangka datar bisa menimbulkan kesan yang lebih elegan dan tegas.

Meski begitu, jika ditinjau dari sisi ergonomika, rangka datar tak senyaman rangka lengkung. Selain itu, rangka datar juga menimbulkan kesan bahwa ponsel terasa lebih tebal. Namun demikian, desain memang tidak bisa dinilai dengan angka karena sifatnya yang relatif.

Artinya, Anda boleh suka, boleh juga tidak. Tugas brand hanyalah menawarkan pembaruan agar konsumen tidak merasa bosan. Di sisi lain, tak ada penguji yang berkeluh soal desain Redmi Note 11. Sebagian dari mereka bahkan menilai bahwa desain adalah salah satu kekuatan si ponsel.

Shruti Dhapola dari The Indian Express dan Jon Mundy dari Tech Advisor sama-sama merasa bahwa HP ini enak digenggam. Wajar mereka punya impresi begitu mengingat dimensi HP ini memang tidak besar.

Redmi Note 11 punya dimensi 159.87 x 73.87 x 8.09 mm, dengan bobot hanya 179 gram. Ponsel ini terhitung cukup tipis dan ringan.

Pujian lagi soal desain HP ini datang dari Eric Zeman, penguji Android Authority. Zeman menilai bahwa build quality Redmi Note 11 bagus.

Hanya saja, Zeman menilai, penutup belakang HP ini gampang meninggalkan noda sidik jari. Padahal varian warna yang diuji Zeman adalah Graphite Gray dengan polesan matte.

Hal yang sama turut dirasakan Shruti Dhapola dengan unit pengujian varian Star Blue. Redmi Note 11 varian warna Star Blue memang paling mencolok ketimbang Graphite Gray dan Twilight Blue.

Adapun material yang dipakai bodi Redmi Note 11 adalah polikarbonat. Sementara itu, bagian depan HP ini diproteksi kaca Gorilla Glass 3. HP ini juga punya sertifikasi IP53 yang menandakan adanya ketahanan debu dan percikan air.

2. Layar AMOLED 90 Hz

redmi note 11

Redmi Note 11 melanjutkan apa yang sudah baik pada Redmi Note 11. Benar, sektor tampilan HP ini mengandalkan layar berpanel AMOLED. Bentangnya 6,43 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel; 409 ppi).

Layar berpanel AMOLED belakangan memang jadi favorit karena penampakan warnanya yang cemerlang, serta punya response time lebih singkat ketimbang IPS LCD. Yang menarik, AMOLED di Redmi Note 11 kini sudah mendukung refresh rate tinggi, yakni 90 Hz.

Pengguna pun bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat melakukan scrolling secara cepat di linimasa aplikasi media sosial. Xiaomi pun mengeklaim, touch sampling rate layar HP ini sudah cukup tinggi di 180 hz.

Tidak hanya itu, layar Redmi Note 11 juga andal dalam skenario pemakaian di luar ruangan. Pasalnya, layar HP ini bisa mencapai tingkat kecerahan 700 nit dengan mode high brightness, serta 1000 nit dengan mode kecerahan otomatis.

Mengenai warna, layar Redmi Note 11 diklaim sudah tembus rentang warna DCI-P3 yang luas. Klaim itu pun coba dibuktikan oleh Jon Mundy dengan suatu alat kalibrasi warna bernama i1Display Studio.

Hasilnya, warna yang muncul dari layar HP ini akurat dengan menembus 99,9% DCI-P3. Pada standar lain, warnanya tembus 100% sRGB dan 87.8% Adobe RGB.

Sayangnya, layar AMOLED Redmi Note 11 Note belum mendukung pemutaran konten HDR10+. Namun, sertifikasi Widevine L1 sudah tersedia, sehingga Anda bisa menonton film di Netflix pada resolusi Full HD.

3. Dapur Pacu yang Stabil

redmi note 11

Redmi Note 11 memakai SoC baru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 680. SoC ini sebetulnya sama dengan Snapdragon 662 yang dipakai Redmi 9T dan POCO M3. Namun, Snapdragon 680 dibikin dengan fabrikasi 6 nm yang jauh lebih modern.

Dampaknya dari fabrikasi 6 nm itu adalah performa yang lebih stabil dan temperatur yang lebih dingin. Nah, sebelum membahas seperti apa performa yang ditimbulkan, kami perlu membahas secara singkat profil Snapdragon 680.

SoC ini memiliki delapan inti CPU. Empat inti pertama merupakan klaster performa Kryo 265 Gold (2.4 GHz) yang berbasis Cortex-A73. Sementara itu, empat inti kedua adalah klaster efisiensi Kryo 265 Silver (1,9 Ghz) dengan arsitektur asli Cortex-A53.

Snapdragon 680 dilengkapi pula GPU Adreno 610, DSP Hexagon 686, ISP Spectra 346, dan modem 4G X11 LTE. SoC ini mendukung pemakaian RAM berjenis LPDDR4X. Untuk memori, Redmi Note 11 versi Indonesia tersedia dalam dua pilihan: RAM 4 GB plus storage 128 GB dan RAM 6 GB beserta penyimpanan 128 GB.

Kini saatnya membahas performa Redmi Note 11 dengan Snapdragon 680-nya. Berdasarkan pengalaman dari para penguji, HP ini bisa menjalankan berbagai tugas harian dengan lancar.

Meski begitu, Redmi Note 11 tak menghasilkan skor benchmark sintetis yang tak terlalu mengesankan pada GeekBench 5. Skor single-core HP ini adalah 377, dengan skor multi-core 1625, menurut pengujian yang dilakukan David Nield dari Tech Radar.

Adapun skor kemampuan grafisnya adalah 377 dengan rerata frame rate per detik 2,7. Skor tersebut didapat dari pengujian pada aplikasi 3DMark Wild Life Unlimited yang dilakukan oleh Darragh Murphy dari Laptop Mag.

Menurut pengalaman Murphy, memainkan gim Call of Duty Mobile masih memungkinkan dilakukan di HP ini. Apalagi jika setelan grafis default-nya adalah "medium" dengan frame rate "medium". Namun, jangan mengharapkan kelancaran saat memainkan Genshin Impact pada setelan grafis tinggi.

4. Kemampuan Kamera Oke untuk Kelas Harganya

redmi note 11

Ada empat jenis kamera yang masuk dalam modul kamera belakang Redmi Note 11. Pertama, ada kamera utama 50 MP dengan bukaan f/1.8. Kedua, terdapat kamera ultra-wide 8 MP yang bukaannya f/2.4.

Dua kamera terakhir adalah kamera makro dan sensor kedalaman yang masing-masing beresolusi 2 MP, serta punya bukaan f/2.4. Spesifikasi kamera belakang ini mirip dengan Redmi Note 10, kecuali kamera utamanya yang meningkat 2 MP.

Adapun kamera depan Redmi Note 11 memiliki resolusi 13 MP plus bukaan f/2.4. Hasil jepretan kamera HP ini secara umum sudah cukup baik, terutama pada kondisi siang hari atau pada kondisi pencahayaan cukup.

Elemen seperti ketajaman, warna, serta rentang dinamis, sudah cukup oke untuk kelas harganya. Foto-foto jepretan kamera Redmi Note 11 pun siap untuk diunggah ke media sosial tanpa edit neko-neko. Meski begitu, menurut Shruti Dhapola, kadang-kadang warna foto tampak terlalu jenuh alias oversaturated. Berikut contoh jepretan kamera Redmi Note 11:

redmi note 11Sumber: Future/Laptop Mag
Kamera utama
redmi note 11Sumber: Future/Laptop Mag
Kamera ultra-wide
redmi note 11Sumber: Future/Tech Radar
Kamera makro

5. Speaker Stereo dan Hadirnya Audio Jack

redmi note 11

Speaker dengan konfigurasi stereo sudah mulai diadopsi HP-HP kelas menengah terjangkau. Fitur ini tak lagi eksklusif buat smartphone kelas atas. Redmi Note 11 pun punya speaker jenis ini dengan dua output suara. Speaker utama berada di bagian bawah, sedangkan speaker sekunder menyatu dengan earpiece.

Menurut Arel Ebana, penguji YugaTech, suara yang keluar dari speaker Redmi Note 11 lantang. Meski begitu, pada level volume atas, suaranya terdengar tipis dan elemen bass-nya samar-samar.

Apa yang dirasakan Ebana memang sudah lazim buat ukuran speaker stereo HP terjangkau. Namun, speaker stereo setidaknya mampu menciptakan dinamika dan suasana yang lebih hidup.

Apabila kurang puas dengan suara speaker HP ini, pengguna tentu saja bisa memakai headset kabel. Ya, Redmi Note 11 masih punya audio jack 3,5 mm yang letaknya ada di bawah. Dengan mencolokkan headset, pengguna dapat mendengar lagu-lagu dengan standar audio resolusi tinggi.

Selain masih punya audio jack, Redmi Note 11 juga punya tiga slot pada laci SIM-nya. Oleh sebab itu, pengguna bisa memasang dua kartu SIM sekaligus satu kartu microSD.

6. Sensor yang Lengkap

redmi note 11

Sensor-sensor yang dimiliki Redmi Note 11 tidak dipangkas. Ada akselerometer, proksimitas, giroskop, fingerprint (menyatu dengan tombol daya), dan kompas.

Infrared yang menjadi ciri khas HP keluarga Xiaomi pun ada, sehingga pengguna bisa memakai HP ini sebagai pengganti remote TV. Apalagi, ketika Anda hendak menonton acara favorit tapi tak dapat menemukan remote TV Anda.

HP ini juga punya sensor cahaya (ambient light). Sensor ini membuat ponsel bisa melakukan pengaturan tingkat kecerahan layar secara otomatis, berdasarkan kondisi pencahayaan sekitar.

7. Daya Tahan Baterai dan Pengisian Cepat yang Oke

redmi note 11

Sektor selanjutnya yang jadi andalan Redmi Note 11 adalah baterai. Kapasitasnya masih sama dengan pendahulunya, yakni 5000 mAh. Baterai tersebut juga didukung teknologi pengisian cepat 33W.

Seluruh penguji sepakat bilang bahwa baterai Redmi Note 11 memang sangat awet. Ketahanan baterai ini mencapai 11 jam 35 menit saat dites Jon Mundy menggunakan aplikasi PC Mark battery.

Namun, dalam kondisi nyata, HP ini bisa bertahan lebih dari satu hari saat setelan refresh rate layarnyanya 90 Hz. Begitu seperti yang dituturkan Eric Zeman. Bahkan, jika setelan refresh rate diturunkan jadi 60 Hz (konstan), nyala HP ini bisa tembus dua hari.

Adapun kecepatan pengecasan baterai HP ini masuk kategori cepat. Pasalnya, berdasarkan pengalaman Zeman, baterai kosong HP ini bisa penuh dalam tempo 1 jam pengecasan saja.

Kekurangan Redmi Note 11

Hal-hal yang akan dijelaskan di bawah ini merupakan sisi lain dari Redmi Note 11. Anda boleh menilainya sebagai sesuatu yang wajar ataupun tidak. Hanya, Anda tetap wajib untuk memberi perhatian terhadap poin-poin berikut.

1. Belum 5G

redmi note 11

SoC Snapdragon 680 yang dipakai Redmi Note 11 hanya mengandung modem X11 LTE. Itulah alasannya mengapa HP ini belum mendukung konektivitas 5G. Ketiadaan dukungan konektivitas 5G masih bisa dimaklumi untuk HP kelas menengah dengan harga terjangkau.

Di luar teknologi selular 4G, Redmi Note 11 mendukung WiFi 5 GHz dan Bluetooth 5.0. Untuk NFC, beberapa negara memperoleh Redmi Note 11 dengan fitur tersebut. Namun, ada juga yang tidak mendapatkannya seperti India.

Fitur NFC akan sangat berguna bagi sebagian dari Anda yang ingin melakukan transaksi atau memeriksa sisa saldo e-money, serta berkirim file.

2. Low Light dan Perekaman Video Kurang Maksimal

redmi note 11

Kemampuan fotografi Redmi Note 11 sudah cukup baik ketika dipakai menjepret gambar di kondisi pencahayaan cukup. Namun, kamera HP ini masih kesulitan menghasilkan foto yang bagus pada low light dan malam hari.

Dua penguji, yakni Shruti Dhapola dan Darragh Murphy, mengaku tak mendapatkan peningkatan kualitas foto kendati sudah mengaktifkan mode malam.

redmi note 11Sumber: Future/Tech Radar
Kamera utama - mode malam

Masalah selanjutnya yang terkait dengan kamera Redmi Note 11 adalah kemampuan perekaman videonya. Kamera utama HP ini ternyata hanya bisa merekam video hingga resolusi 1080p (Full HD) pada 30 fps.

Hal tersebut merupakan sebuah penurunan mengingat kamera utama Redmi Note 10 bisa merekam video hingga resolusi 4K. Xiaomi bukannya tidak mau memberi kemampuan perekaman ekstra.

Namun, yang membuat Redmi Note 11 tidak mampu merekam video 4K adalah keterbatasan kemampuan pada SoC Snapdragon 680. Adapun kamera depan HP ini bisa merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 fps.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan Pratima Adhikari, penguji GadgetByte, belum ada stabilisasi pada perekaman video di HP ini. Itu berlaku di seluruh kamera. Imbasnya, ada efek "gempa bumi" pada video yang dihasilkan si ponsel.

3. Masalah versi Software

redmi note 11

Redmi Note 11 tiba dengan antarmuka terbaru bikinan Xiaomi, yakni MIUI 13. Kata Nimish Dubey dalam 91 Mobiles, antarmuka ini bersih, tidak merepotkan, dan cukup mudah digunakan.

Bloatware atau aplikasi pra-instal yang muncul sebagian besar bisa di-uninstall. Fitur yang dimiliki MIUI 13 cukup berlimpah. Salah satunya adalah menempatkan aplikasi favorit dengan satu ketukan.

Hanya saja, yang cukup disayangkan adalah antarmuka ini masih menggunakan basis Android 11, padahal Android 12 sudah muncul.

Tak cuma itu, ponsel Redmi memang biasanya akan mendapat peningkatan versi antarmuka sebanyak dua kali. Namun, tidak dengan versi Android yang hanya satu kali. Hal ini merupakan masalah penting jika Anda adalah pengguna yang memedulikan jaminan update sistem operasi.

Simpulan

Redmi Note 11 telah menetapkan sebuah standar bagaimana seharusnya ponsel dibuat, khususnya ponsel kelas menengah terjangkau. Ponsel ini mampu mendukung berbagai skenario pemakaian berkat keunggulannya yang menyeluruh.

Mulai dari layar AMOLED yang cerah dan mulus, baterai awet, speaker lantang, hingga performa harian yang bisa diandalkan. Desain Redmi Note 11 pun cukup oke karena enak digenggam dan cukup keren untuk dipamerkan di tongkrongan.

Hanya, HP ini belum bisa diandalkan jika Anda suka mengabadikan momen dalam bentuk video. Maklum, kualitas perekamannya memiliki keterbatasan karena SoC yang dipakai. Walau begitu, kalau sekadar foto-foto, hasil jepretan Redmi Note 11 sudah layak untuk menyesaki album virtual di Instagram.

Pada akhirnya Redmi Note 11 merupakan HP all-rounder yang punya price to value bagus. HP ini pun layak dipertimbangkan untuk seluruh jenis konsumen, baik remaja, dewasa, pelajar, atau pekerja.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram