carisinyal web banner retina

6 Perbedaan Redmi Note 12 dan Redmi Note 12s, Apa Saja?

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Xiaomi resmi memperkenalkan kandidat berikutnya di kelas mid-range, yakni Redmi Note 12 dan Redmi Note 12S. Masing-masing dari keduanya merupakan lanjutan dari Redmi Note 11 dan Redmi Note 11S.

Kelebihan dari dua smartphone ini adalah fitur-fiturnya yang bagus dan menyeluruh, unggul di semua parameter secara merata (all-rounder). Dari tahun ke tahun, minat publik terhadap Redmi Note series memang selalu tinggi. Seri ini memang sudah kantongi reputasi sebagai produk dengan value for money yang tinggi di harga terjangkau.

Sebagai ponsel yang dirilis di tahun 2023, kedua HP ini bawakan sejumlah fitur modern, seperti kamera dengan resolusi tinggi, baterai tahan lama, serta kualitas layar mumpuni untuk segala aktivitas. Akan tetapi, keduanya memiliki cukup banyak perbedaan, terutama dari sisi performa, kamera, dan harganya. Simak lebih lanjut untuk ketahui perbedaannya secara lengkap.

Spesifikasi Redmi Note 12

Redmi Note 12 4G
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 685
RAM 4 GB, 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Redmi Note 12s

redmi note 12s
Layar - - inci
Chipset -
RAM
Memori Internal
Kamera
Baterai - - mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Redmi Note 12 dan Redmi Note 12s

Punya nama yang mirip, rupanya ada sejumlah perbedaan yang bisa ditemukan pada Redmi Note 12 dan Redmi Note 12s. Ada apa saja? Simak di bawah ini.

1. Layar AMOLED vs. IPS

layar redmi note 12 4g

Masih teringat di benak penulis saat kita harus memilih salah satu fitur pada ponsel terjangkau, antara refresh rate tinggi atau panel AMOLED. Nah, Redmi Note 12 sudah memiliki keduanya di harga yang bersahabat.

Memiliki panel AMOLED berukuran 6,67 inci Full HD+, salah satu ponsel besutan Xiaomi ini mengusung refresh rate 120 Hz. Jadi, selain bisa menikmati layar dengan tampilan warna menyala dan kecerahan memukau, Anda juga dapat rasakan pergerakan layar 2x lipat lebih mulus saat gaming dan scrolling.

Spesifikasi tersebut agak berbeda dengan Redmi Note 12S yang tampaknya lebih ditujukan untuk fotografi. Di layarnya, ponsel menggunakan panel IPS LCD serta refresh rate yang lebih rendah, yaitu 90 Hz. Ukurannya pun "menyusut" ke angka 6,43 inci kendati masih dengan resolusi Full HD+ yang sama.

Di sisi lain, Redmi Note 12 disebutkan mendukung tingkat kecerahan yang begitu tinggi yaitu 450 nit (tipikal) dan 1200 nit (puncak). Redmi Note 12 pun layak dinobatkan sebagai pilihan yang lebih cocok untuk aktivitas streaming film dan konsumsi konten ketimbang Redmi Note 12S.

2. Gorilla Glass 3 vs. 5

Gorilla-Glass-6

Masih soal layar, tapi kali ini bicara tentang ketahanannya. Meski lebih cerah dan berwarna, layar Redmi Note 12 rupanya "hanya" dilapisi Corning Gorilla Glass 3. Pelindung tersebut bisa menjaga ponsel dari ancaman goresan.

Versi kaca pelindung yang lebih modern bisa ditemukan pada Redmi Note 12S, menggunakan Gorilla Glass 5 yang lebih kokoh. Pada 80% kasus, ponsel dengan kaca pelindung ini bisa bertahan setelah terjatuh ke permukaan keras pada ketinggian 1,6 meter.

Kedua ponsel sama-sama dibekali ketahanan terhadap debu dan air IP53, mengurangi kemungkinan rusak setelah terkena percikan air seperti hujan dan tetesan air minum.

2. Snapdragon 685 vs. Helio G96

helio g96Sumber: realme

Redmi Note 12 dibekali dengan Snapdragon 685 yang merupakan suksesor dari Snapdragon 680. Chip besutan Qualcomm ini berjalan pada jaringan seluler 4G dan dibuat pada proses 6 nm.

Sementara, Redmi Note 12S menggunakan SoC dari kubu MediaTek yaitu Helio G96. Kedua SoC ini sama-sama punya performa tinggi untuk smartphone kelas menengah. Bedanya, Helio G96 dibangun pada proses fabrikasi yang lebih tinggi yaitu 12 nm.

Di pengaturan prosesor pada Snapdragon 685, bisa ditemukan delapan inti CPU yang mencakup empat inti Cortex A73 (2.8 GHz), empat inti Cortex A53 (1.9 GHz), serta kartu pengolah grafis Adreno 610.

Adapun pada Helio G96 menghadirkan delapan prosesor dengan rincian dua inti Cortex A76 (2.05 GHz), enam inti Cortex A55 (2 GHz), dan GPU Mali G57 MC2.

Dari ini bisa terlihat bahwa Helio G96 memiliki inti high performance yang lebih banyak (enam alih-alih empat). Jenis mikroarsitekturnya juga punya generasi lebih modern, kendati memiliki clock speed lebih rendah.

Jika dilihat dari laporan hasil benchmark di laman NanoReview, jelas Helio G96 yang lebih powerful. Ia meraih skor AnTuTu v9 sebesar 334.434 poin sedangkan Snapdragon 685 hanya meraih 281.854 poin. Perbedaan ini terpaut sekitar 19 persen.

Jadi, gim apa saja yang bisa dimainkan Redmi Note 12 dengan lancar? Sebenarnya sih cukup banyak, terlebih untuk gim-gim populer yang cukup ringan seperti Free Fire dan Mobile Legends. SoC Snapdragon 685 lebih dari cukup untuk memainkan dua gim tadi tanpa ngelag.

Sementara untuk Redmi Note 12S dengan Helio G96, pengguna sudah bisa ekspektasikan gameplay cukup lancar pada Genshin Impact kendati pada grafis rendah. Jadi, sudah tahu 'kan mana yang lebih cocok untuk gaming?

3. Kamera Utama 50 MP vs. 108 MP

redmi note 12s kamera_

Redmi Note 12 dan Redmi Note 12S rupanya dibentuk dengan besaran resolusi kamera yang berbeda. Adalah Redmi Note 12, smartphone menengah dengan resolusi utama 50 MP berbukaan f/1.8, menggunakan teknologi quad bayer untuk satukan empat piksel berdekatan jadi satu.

Redmi Note 12S lebih unggul karena menggunakan kamera utama 108 MP (f/1.8) dengan ukuran sensor 1/1.97 inci. Karena resolusinya lebih besar, ia pun menggunakan teknologi nano bayer. Alih-alih hanya empat, ia menyatukan sembilan piksel berdekatan untuk hasilkan image dengan kualitas lebih baik.

Kedua HP ditambahkan dengan dua sensor pendamping, yaitu kamera 8 MP ultrawide dan 2 MP makro. Pada Redmi Note 12, kamera ultrawide-nya mendukung FOV 120 derajat sedangkan Redmi Note 12S mendukung 118 derajat.

Kamera depan keduanya juga punya perbedaan resolusi, yakni 13 MP pada Redmi Note 12 dan 12 MP pada Redmi Note 12S. Fitur perekaman video kedua smartphone sama-sama mendukung resolusi 1080p pada frame rate 30 FPS, baik pada kamera belakang maupun depan.

Kalau dilihat dari ukuran sensor dan resolusinya, jelas Redmi Note 12S yang memenangkan pertandingan ini.

4. Mono vs. Stereo Speaker

redmi note 12s speaker_

Redmi Note 12 4G menggunakan satu speaker yang terletak di bawah bodi. Berbeda dengan Redmi Note 12S yang punya stereo speaker. Alhasil, ponsel pertama hanya bisa keluarkan suara dari bawah sedangkan ponsel kedua bisa keluarkan suara secara seimbang dari atas dan bawah.

Ini tentunya berpengaruh pada aktivitas yang membutuhkan suara, seperti menelepon menggunakan loud speaker, mendengarkan lagu, menonton film, hingga konsumsi konten di jejaring media sosial. Dalam kegiatan-kegiatan tersebut, Redmi Note 12S akan berikan pengalaman lebih nyaman.

Sebagai ponsel di kelas menengah, Redmi Note 12 dan Redmi Note 12S tentu masih menyediakan port 3.5 mm jack audio untuk menyambungkan earphone reguler.

Kedua smartphone juga cukup mirip dalam hal konektivitas lainnya, sama-sama punya sensor sidik jari di samping (side-mounted fingerprint), IR Blaster, Wi-Fi 5 dual channel, serta USB Type-C 2.0. Bedanya, Redmi Note 12 hadir dengan Bluetooth 5.2 sedangkan Redmi Note 12S menggunakan versi 5.3.

5. Desain Bodi

redmi note 12s desain_
Redmi Note 12S

Xiaomi juga menjadi salah satu brand yang cukup eksperimental dalam hal desain bodi. Tampilannya biasa selalu ikonik dari tahun ke tahun, membuat publik mudah mengenali merk HP hanya dari bodi belakangnya.

Redmi Note 12 menyelaraskan warna modul kamera dengan varian warna bodi yang dipilih. Kalau memilih warna biru, ya modul kameranya juga akan berwarna biru, contohnya. Ini cocok untuk pengguna yang ingin membuat bodi lebih terlihat seamless.

Redmi Note 12 cover featured image
Redmi Note 12 4G

Redmi Note 12 juga lebih ringan dan tipis dengan ketebalan 7,9 mm dan bobot 183,5 gram. Meski begitu, sebenarnya tidak begitu kontras dengan Redmi Note 12 yang punya ketebalan 8 mm dan bobot 188 gram.

Di Redmi Note 12S, modul kameranya terlihat lebih sophisticated dan premium. Warnanya hitam, dengan sedikit tambahan perpanjangan aksen visual ke arah kanan modul. Sekali lihat, dan Redmi Note 12S akan langsung terlihat lebih mahal dan mewah ketimbang Redmi Note 12.

6. Harga Rilis

redmi note 12 harga_

Redmi Note 12 sudah memiliki harga rilis resmi di pasar Indonesia. Harganya adalah Rp2.599.000,- untuk varian RAM 4 GB/128 GB, Rp2.799.000,- untuk varian RAM 6 GB/128 GB, dan Rp2.999.000,- untuk varian RAM 8 GB/128 GB.

Sedangkan untuk Redmi Note 12S yang per Mei 2023 hanya tersedia di pasar Eropa, memiliki harga rilis mulai dari 289 euro atau sekitar Rp4,7 jutaan. Jelas terlihat Redmi Note 12S berada di level cukup berbeda dengan saudaranya, Redmi Note 12.

Simpulan

Ya, itu tadi yang bisa dibahas mengenai perbedaan Redmi Note 12 dan Redmi Note 12S, dua ponsel 4G di kelas menengah dengan spesifikasi dan fitur yang menjanjikan.

Jika dibandingkan dengan beberapa rivalnya, Redmi Note 12 tampak kalah saing dari sisi performa chipset. ini karena ada beberapa yang pakai chipset lebih oke seperti Helio G99, atau bahkan SoC 5G seperti Dimensity 700 atau 820.

Sebenarnya kalau mencari HP 4G murah tapi cukup berkualitas, Redmi Note 12 layak dijajal. Di dalamnya ada keunggulan di sisi kamera dan juga layar. Sementara, jika bisa mengeluarkan budget lebih banyak, Redmi Note 12S akan terasa lebih worth it.

Kameranya yang punya resolusi 108 MP masih terasa fenomenal di harga Rp4 jutaan. Tapi lagi-lagi ia punya masalah yang sama dengan Redmi Note 12, yakni pemilihan chipset yang kurang bersaing.

Helio G96 itu sudah terbilang usang karena tergantikan dengan Helio G99. Lagi pula di harga Rp4 jutaan, Helio G96 sungguh teramat underperform ketimbang pesaing-pesaingnya. Terasa aneh juga sih membeli HP yang masih 4G di harga segitu.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram