carisinyal web banner retina

Membahas 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno POVA 4 Pro

Ditulis oleh Aris Wibowo

Pada oktober 2022, Tecno Mobile kembali menghadirkan sejumlah produk terbarunya di Indonesia. Salah satu produk yang cukup menarik perhatian publik ialah Tecno POVA 4 Pro. Ponsel ini digadang-gadang sebagai salah satu ponsel gaming murah dengan spesifikasi yang cukup lengkap di kelasnya.

Salah satu keunggulan yang coba ditawarkan dalam ponsel ini ialah desainnya yang futuristik dan dimensinya yang kompak. Ini menjadi nilai lebih HP ini di tengah menjamurnya ponsel-ponsel dengan layar yang terlalu lebar. Penggunaan panel AMOLED juga kian menambah kesan mewah dalam HP ini.

Selain itu, Tecno juga mengandalkan chipset MediaTek terbaru, yakni Helio G99. Dengan adanya RAM besar, Anda bisa membuka berbagai aplikasi dengan lancar lebih nyaman ditemani baterai yang juga berkapasitas besar.

Lalu apa saja beberapa catatan yang mesti Anda perhatikan pada si ponsel? Simak terlebih dulu tabel kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

KelebihanKekurangan
Desain futuristik, bodi plastik
Layar AMOLED 90Hz
Sensor keamanan cepat
Chipset MediaTek Helio G599
Pengisian cepat 45W
Konektivitas dan sensor lengkap
Bodi mudah kotor
Kamera 50 MP AI biasa saja
Tanpa koneksi 5G
Minim fitur perlindungan

Jika ingin mengetahui soal plus minus HP ini lebih dalam, Anda temukan jawabannya dalam artikel kelebihan dan kekurangan Tecno POVA 4 Pro setelah informasi spesifikasi berikut ini.

Spesifikasi Tecno POVA 4 Pro

Tecno Pova 4 Pro
Layar AMOLED 6.66 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Tecno POVA 4 Pro

Ada enam poin kelebihan yang kami temukan pada seri POVA 4 Pro ini. Enam poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel gaming ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain Futuristik, Bodi Plastik

tecno pova 4 pro_

Seperti yang telah diulas di atas, Tecno POVA 4 Pro dipasarkan untuk mengisi pasar ponsel mid-range harga terjangkau. Sebagai HP gaming, produsen menggunakan desain yang unik untuk mengesankan aura gaming-nya.

Desain bodi Tecno POVA 4 kian solid dengan dua buah kamera berjejer ke bawah tanpa modul kamera dan disampingnya ada 1 buah LED Flash. Bodi belakangnya dibuat bercorak dan bertekstur, sehingga akan nyaman digenggam untuk bermain game maupun kegiatan lainnya. 

Melihat lebih detail lagi, desain bodi belakang POVA 4 Pro ini sangat futuristik dan ternyata terinspirasi dari sebuah pola meteor luar angkasa bernama Widmanstatten. Desain bodi belakang ini kian mempertegas ketangguhan HP ini untuk digunakan bermain game.

tecno pova 4 pro camra_

Membahas sisi depan, HP Tecno POVA series ini memiliki desain bodi depan yang cukup modern. Kesan ini muncul karena HP ini memakai desain kamera depan punch hole yang terletak di tengah layar. Desain ini cukup baik karena di kelas harga yang sama, masih banyak produsen memakai desain waterdrop.

Bicara dimensi, Tecno POVA 4 Pro memiliki ukuran 164,8 x 77 x 9,2 mm. Untuk kenyamanan penggunaan dalam waktu lama tentu POVA 4 Pro lebih nyaman karena memiliki bodi bertekstur dan dimensi yang lebih kompak dibanding ponsel-ponsel mid-range lainnya.

2. Layar AMOLED 90Hz

Tecno POVA 4 Pro_

Sebagai sebuah HP gaming, Tecno memakai layar berukuran 6,6 inci pada seri POVA 4 Pro ini. Pemilihan ukuran ini dirasa pas karena mampu menampilkan gambar dan video dengan lebih jelas. Selain itu, layar yang tidak terlalu luas membuat pergerakan jari jemari Anda kala bermain juga lebih nyaman.

Resolusi layar yang digunakan cukup mumpuni di kelas HP mid-range, yakni FHD+, sehingga tampilan bisa lebih detail dan jelas. Tentu, resolusi layar yang tinggi ini akan memberikan pengalaman visual yang lebih baik untuk nonton video, browsing, hingga bermain game

Ponsel ini juga sudah dilengkapi refresh rate 90 Hz. Keunggulan layar POVA 4 Pro ini membuat pergerakan di layar tampak lebih halus. Selain itu, layar sudah memiliki tingkat kecerahan yang cukup ideal. Layar ini juga mampu menampilkan warna lebih banyak dan mempesona.

Penggunaan layar AMOLED di POVA 4 Pro memungkinkan tampilan lebih dinamis yang menangkap kecerahan dan kompleksitas warna-warna cerah. Sementara itu, panel ini juga membuat kecepatan refresh rate yang tinggi memastikan kehalusan gambar.

3. Sensor Keamanan yang Cepat

tecno pova 4 pro 12_

Untuk menambah rasa aman pengguna dalam mengoperasikan POVA 4 Pro, Maka di bagian bodi samping POVA 4 Pro dibekali sensor sidik jari yang terbilang mudah digunakan. Sensor ini menyatu dengan tombol power, sehingga mudah ditemukan dan digunakan.

Menariknya, sensor ini dapat membuka dan mengunci layar HP dengan cepat dan mudah. Anda pun bisa menggunakan sensor sidik jari yang lebih akurat dan lebih bisa diandalkan dalam situasi apa pun.

4. Chipset MediaTek Helio G99 

mediatek helio g99

Sebagai HP gaming, Tecno Mobile menghadirkan dapur pacu ala gaming dengan harga terjangkau. Maka dari itu, produsen memilih menggunakan chipset MediaTek Helio seri terbaru, G99.

Chipset MediaTek Helio G99 merupakan prosesor octa-core yang terdiri dari dua core Cortex A76 performa tinggi dengan kecepatan 2,2 GHz dan enam buah Cortex A55 berkecepatan 2.0 GHz untuk efisiensi daya.

Agar performanya kian optimal, chipset ini disokong GPU Mali G57 serta dukungan RAM LPDDR4X 8GB dan memori penyimpanan 256 GB. Tidak berbeda dengan seri POVA sebelumnya, terdapat juga Memory Fusion yang membuat RAM bisa ditambah sampai 5 GB.

Lalu, bagaimana dengan hasil pengujian AnTuTu? Kalau Anda menengok hasil skor AnTuTu Helio G99 di Nanoreview, Anda akan menemukan skor 373.074. Skor yang sangat tinggi, sehingga dipastikan performa Tecno POVA 4 Pro akan lancar dan anti lag.

Ketika digunakan bermain game Mobile Legends, HP ini cukup lancar dan tanpa kendala. Sayangnya, untuk pengaturan ultra masih terkunci.

5. Pengisian Cepat 45W 

tecno pova 4 pro baterai_

Sebagai sebuah smartphone gaming, Tecno POVA 4 Pro dilengkapi baterai berkapasitas 6000 mAh yang cukup besar. Penggunaan baterai yang besar ini diklaim membuat pengguna bisa lebih lama menggunakan HP untuk aktivitas harian maupun gaming.

Guna memberikan kemudahan pengguna dalam mengisi baterai, Tecno 4 Pro juga sudah mendukung fitur pengisian cepat 45W. Anda tidak perlu menunggu lama agar baterai HP terisi penuh. Anda hanya butuh 24 menit untuk mengisi baterai 0-50%.

Kelebihan ponsel POVA 4 Pro ini berlanjut dengan adanya mode hemat daya. Dalam keterangan resmi di website Tecno Mobile, ponsel Android ini bisa digunakan menelpon selama 12 jam, bermain game PUBG selama 3 jam atau menonton video hingga 4 jam dengan kondisi baterai 20%.

6. Konektivitas dan Sensor Lengkap

tecno pova 4 sensor gyro_

Untuk memberikan pengalaman komunikasi dan gaming yang lebih baik, Tecno Mobile menghadirkan konektivitas dan sensor yang cukup lengkap di seri ini. 

Konektivitas HP Tecno ini pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan HP lainnya. Produsen masih menghadirkan fitur jaringan 4G belum 5G. Untuk Bluetooth, POVA 4 dilengkapi Bluetooth 5.2. Untuk WiFi, HP ini masih menggunakan WiFi 5. HP Android 4G ini juga sudah dilengkapi fitur NFC dan fitur USB Type C.

Fitur NFC sendiri bisa membantu pengguna smartphone untuk melakukan pembayaran non tunai, mentransfer data ke perangkat lain dengan lebih mudah dan cepat, serta fungsi lainnya.

Guna menunjang pengalaman gaming yang lebih optimal, HP Tecno ini ternyata juga memiliki sensor yang lengkap mulai sensor sidik jari, sensor akselerometer, sensor kompas, sensor proksimitas hingga sensor gyro.

Sensor gyroscope memiliki fungsi untuk mendeteksi gerakan. Memang sensor ini lebih condong digunakan untuk bermain game, seperti PUBG Mobile. 

Kekurangan Tecno POVA 4 Pro

Di samping enam kelebihan di atas, ada empat hal lain yang mesti Anda perhatikan terhadap HP POVA 4 Pro ini. Empat hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi Anda dalam melihat ponsel ini.

1. Bodi Mudah Kotor

tecno pova 4 pro 1_

Sebagai ponsel mid-range, POVA 4 Pro dibekali dengan desain bodi yang cukup keren bahkan futuristik. Akan tetapi, kalau diperhatikan bodi belakangnya masih menggunakan bodi berbahan plastik.

Nah, dibalik desainnya yang unik ternyata menyimpan sedikit kekurangan. Pasalnya, bodi plastik yang digunakan ternyata mudah kotor dan mudah tertempel sidik jari. 

Bodi plastiknya juga terasa licin ketika tangan berkeringat. Ini bisa menjadi perhatian khusus bagi Anda yang hendak membeli HP ini. Ada baiknya, Anda langsung membungkus bodi HP Tecno ini dengan casing, sehingga bodi HP bisa lebih nyaman digenggam.

2. Kamera 50 MP AI Biasa Saja

TECNO POVA 4 PRO_

Sebagai HP gaming murah, Tecno Mobile memang tidak fokus untuk menghadirkan sektor kamera yang berkualitas di seri ini. 

Dalam Tecno POVA 4 Pro, Anda akan mendapati dua kamera belakang saja. Pada HP ini, Tecno hanya menghadirkan kamera utama 50 MP dengan bukaan f/1.8. Untuk kamera kedua, Tecno kabarnya menghadirkan kamera AI 2 MP.

Teknologi AI yang dihadirkan diklaim mampu membuat hasil foto lebih jelas meski di kondisi banyak cahaya maupun minim cahaya. Untuk penerangan, HP ini hanya mengandalkan Dual LED Flash saja.

Untuk area depan, HP Tecno POVA 4 Pro ini masih menggunakan kamera depan 8 MP dengan bukaan f/2.0 dan sudah dibekali LED Flash.

Teknologi AI Algoritmanya memang cukup membantu membuat hasil foto lebih detail. Sayangnya, bila kondisi cahaya kurang, teknologi AI ini memberikan warna yang salah pada foto. Di beberapa foto pohon dan dedaunan sering kali berwarna hitam bukan hijau dan coklat.

Anda memang tidak bisa berharap banyak di sektor ini mengingat ponsel ini fokus di sektor gaming bukan videografi maupun fotografi.

3. Tanpa Koneksi 5G 

tecno pova 4 pro spek_

Konektivitas yang dihadirkan HP ini sejatinya sudah cukup lengkap. Ada WiFi 5, Bluetooth, sensor giro, dan lain sebagainya. Sayangnya, HP ini belum dilengkapi dengan koneksi 5G, melainkan masih menggunakan jaringan 4G.

4. Minim Fitur Perlindungan

tecno pova 4 pro 2_

Ada banyak fitur yang disematkan pada HP Tecno ini. Namun, untuk kelas ponsel mid-range, fitur perlindungan yang ditawarkan produsen sangatlah minim.

Dalam paket pembelian misalnya, Tecno Mobile tidak memberikan anti gores. Padahal layar HP ini cukup lebar, sehingga rentan tergores bahkan retak atau pecah. Ditambah lagi, produsen tidak menghadirkan anti gores berkualitas macam Corning Gorilla Glass.

Tidak hanya itu, HP Android ini juga belum dibekali fitur anti air maupun fitur anti debu. Ini memang sedikit mengecewakan karena di kelas harga yang sama, beberapa smartphone sudah menggunakan fitur anti air maupun anti debu meski fiturnya level terendah.

Simpulan

Tecno Mobile percaya bahwa pasar ponsel entry-level masih terbuka lebar. Maka dari itu, produsen ini yakin Tecno POVA 4 Pro sudah sesuai dengan kebutuhan pasar.

Hadir dengan desain yang cantik dan unik, HP ini memiliki layar AMOLED dengan ukuran ideal yang nyaman digunakan. Selain itu, dapur pacu yang digunakan juga cukup baik performanya berbekal MediaTek G99. 

Tambahan sensor gyro juga semakin memperkuat kesan gaming HP ini. Apalagi, produsen sudah menggunakan baterai jumbo. Anda pun bisa memainkan berbagai game tanpa lag lebih lama.

Sayangnya, sebagai ponsel gaming murah, HP ini dibekali sektor kamera yang biasa saja. Selain itu, HP ini juga minim fitur perlindungan. Hal ini cukup mengkhawatirkan karena HP gaming rentan jatuh atau rusak.

Tampak sekali, HP Tecno POVA 4 Pro ini hadir dengan kelebihan desain khas dan performa dapur pacunya. Bagaimana menurut Anda, apakah ponsel ini cukup menarik untuk dimiliki?

Kategori:
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram