carisinyal web banner retina

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno POVA Neo 2

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Pada Oktober 2022, Tecno Mobile resmi merilis HP terbarunya yaitu Tecno POVA Neo 2. HP ini dirilis sebagai penerus dari Tecno POVA Neo yang lebih dulu rilis pada 2021. Tecno POVA Neo 2 ini memiliki tugas untuk melanjutkan kesuksesan yang sempat diraih oleh pendahulunya sebagai HP gaming murah di kelas entry-level.

HP gaming murah satu ini hadir dengan membawa sejumlah pembaruan dan kelebihan untuk menunjang pengalaman bermain game yang lebih baik. Karena itu, Tecno POVA Neo 2 ini dibekali oleh chipset yang lebih bertenaga dan didukung oleh kapasitas baterai yang besar.

Selain dari performanya, HP Tecno POVA Neo 2 ini memiliki desain dan tampilan yang cukup unik. Desain yang digunakan HP ini tidak jauh berbeda dengan seri Tecno POVA 4 karena dirilis di waktu yang bersamaan.

Namun, sebagai HP gaming di kelas harga murah, Tecno POVA Neo 2 ini masih memiliki beberapa sektor menarik lainnya sebagai kelebihan yang mesti Anda ketahui. Nah, apa saja kira-kira kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Tecno Nova Neo 2 ini? Untuk mengetahuinya, silakan simak terlebih dahulu tabel kelebihan dan kekurangan di bawah ini.

KelebihanKekurangan
Desain Energy Light ID Unik
Refresh Rate Tinggi
Kapasitas Baterai 7000 mAh
Chipset Mumpuni
Penyimpanan Memori Luas
Mesin Game Ganda
Speaker Stereo DTS
Kamera Kurang Memuaskan
Fast Charging Kurang Maksimal
Kelengkapan Sensor

Jika masih merasa penasaran dan ingin mengetahui kemampuan HP ini lebih lanjut, sila simak artikel ini sampai habis, ya.

Spesifikasi Tecno POVA Neo 2

tecno pova neo 2_
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 16 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 7000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Tecno POVA Neo 2

Menurut kami, terdapat 7 poin kelebihan yang dimiliki oleh Tecno POVA Neo 2 yang menjadi daya tarik utama HP ini. Nah, apa saja kelebihan-kelebihan tersebut, berikut ini penjelasannya.

1. Desain Energy Light ID Unik

tecno pova neo 2

Tecno POVA Neo 2 ini memiliki tampilan desain yang cukup unik. Melanjutkan desain yang digunakan oleh seri Tecno POVA 4, HP ini juga menampilkan desain yang sama yaitu dengan Desain Energy Light ID yang sangat menarik.

Desain yang digunakan pada HP ini memiliki tekstur yang lebih kuat dan berusaha menonjolkan kesan hardcore, energi, serta kinerja yang lebih bertenaga. Garis-garis yang menghiasi bagian punggung HP ini terlihat pas mengikuti bentuk modul kameranya yang unik.

Hal menarik dari bagian belakang Tecno POVA Neo 2 ini adalah bentuk modulnya yang unik. Berbeda dari HP kebanyakan yang menampilkan modul berbentuk kotak, HP ini menampilkan modul kamera dengan bentuk yang lebih unik. Modul tersebut diisi oleh dua kamera yang disusun secara vertikal serta satu LED Flash di sampingnya.

Tecno POVA Neo 2 ini hadir dengan tiga varian warna yang cukup memukau yaitu Magma Orange, Uranolith Grey, dan Cyber Blue. HP ini memiliki dimensi yang cukup tebal yaitu 170,9 x 77,8 x dan 9,6 mm.

2. Refresh Rate Tinggi

tecno pova neo 2

Sebagai HP gaming, Tecno POVA Neo 2 ini dibekali oleh layar yang cukup lebar dan pas untuk bermain game. Layarnya tersebut berukuran 6,82 inci dengan panel layar yang digunakan adalah IPS LCD.

Meskipun bukan menggunakan panel AMOLED, layar HP ini mampu menampilkan visual dengan kualitas HD+ atau 720 x 1640 piksel. Kualitas HP ini sudah cukup baik meski dengan kerapatan piksel yang ganya mencapai angka 263 ppi saja.

Bagian menarik yang dimiliki oleh layar HP ini adalah refresh rate-nya yang sudah cukup baik untuk HP dengan harga yang murah. Untuk menunjang kenyamanan dalam bermain game, HP ini memiliki refresh rate 90 Hz. Hal ini juga menjadi salah satu peningkatan yang ada jika dibandingkan dengan pendahulunya.

3. Kapasitas Baterai 7000 mAh

tecno pova neo 2

Tampaknya Tecno Mobile sudah mulai menyadari bahwa salah satu sektor penting yang dibutuhkan oleh HP gaming adalah kemampuan bertahannya yang lama. Maka dari itu, Tecno POVA Neo 2 ini dibekali kapasitas baterai yang cukup besar yaitu mencapai 7000 mAh.

Dengan kapasitas yang besar tersebut, tentu saja Tecno POVA Neo 2 mampu digunakan dalam waktu yang lama, bahkan untuk bermain game sekalipun. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas selama seharian tanpa harus khawatir kehabisan baterai.

Meskipun mengalami peningkatan di dalam kapasitasnya, Tecno Mobile harus lebih memperhatikan fitur pendukungnya. Pasalnya, HP ini masih menggunakan fitur fast charging yang sama seperti pendahulunya yaitu hanya 18 W.

4. Chipset Mumpuni

tecno pova neo 2

Sebagai penerus dari Tecno POVA Neo, Tecno POVA Neo 2 tentu saja mengalami peningkatan untuk sektor dapur pacunya. Meskipun masih sama-sama menggunakan chipset dari MediaTek, HP ini menggunakan seri yang berbeda yaitu MediaTek Helio G85.

Chipset yang dibangun dengan manufaktur 12 nm ini ditenagai oleh delapan core CPU yang terdiri dari dua core berbasis Cortex A75 (2,0 GHz) dan enam core berbasis Cortex A55 (1,8 GHz).

Untuk meningkatkan performa gaming yang lebih lancar, HP ini juga didukung oleh kartu pengolah grafis atau GPU Arm Mali-G52 MC2 yang memiliki frekuensi mencapai 1,0 GHz. Dengan kombinasi tersebut, HP ini mampu menghadirkan performa gaming yang lebih efisien.

Untuk mengetahui tingkatan performanya, kami merujuk pada pengujian yang dilakukan oleh kanal YouTube TeknoLoGue. Di dalam video tersebut disebutkan bahwa Tecno POVA Neo 2 ini menghasilkan skor AnTuTu 9 sebesar 251.859. Skor yang dicapai tersebut sudah cukup tinggi untuk HP gaming kelas entry-level.

Bahkan, Hp ini juga sudah mampu memainkan game-game populer seperti Mobile Legend dengan kualitas tertinggi, serta PUBG Mobile yang masih terlihat mulus tanpa adanya lag jika disetting dengan kualitas grafik yang pas.

5. Penyimpanan Memori Luas

tecno pova neo 2

Tecno POVA Neo 2 sudah memiliki penyimpanan memori yang cukup untuk standar HP Android masa kini. Bahkan, kapasitas yang dimilikinya tersebut bisa dibilang lebih besar jika dibandingkan dengan HP lain di kelas yang sama.

HP ini dibekali penyimpanan memori RAM 4 GB yang masih bisa diekspansi hingga 3 GB sehingga RAM yang bisa didapatkan adalah 7 GB. Sementara itu, penyimpanan memori internal HP ini cukup luas dengan pilihan 64 GB dan 128 GB.

Merasa masih kurang dengan kapasitas tersebut? Jangan khawatir, Anda masih bisa memperluas kapasitas tersebut dengan memanfaatkan slot yang telah disediakan untuk diisi oleh microSD.

Kapasitas yang luas tersebut sudah sangat cukup untuk menyimpan beberapa aplikasi atau game populer lainnya. Selain itu, Anda juga sudah pasti bisa menyimpan ribuan file atau berkas baik itu foto, video, dokumen, dan sebagainya. Namun, jika menginginkan memori internal yang lega, Anda bisa menggunakan microSD yang telah disediakan.

6. Mesin Game Ganda

tecno pova neo 2

Guna menunjang performa gaming yang maksimal, Tecno POVA Neo 2 ini dibekali oleh fitur mesin game ganda. Mesin game ganda tersebut bisa berfungsi dengan baik dengan tetap mengonsumsi daya yang rendah. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa bermain game dengan mulus tanpa lag atau tersendat-sendat.

Selain untuk meningkatkan performanya, Anda juga bisa merasakan bermain game dengan kualitas gambar yang realistis dan perasaan memasuki game yang dalam. Kedua mesin game yang dihadirkan tersebut adalah Phanter Game Engine dan Hyperengine.

HP ini juga telah menjalankan antarmuka HIOS yang memiliki fitur Game Space 2.0. Game Space 2.0 ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan performa serta grafik radar baru, mendeteksi kesehatan HP, dan cara menikmati hiburan yang lebih sehat.

7. Speaker Stereo DTS

tecno pova neo 2

Fitur lain yang tidak kalah penting dalam sebuah HP gaming adalah speaker. Untungnya, Tecno POVA Neo 2 ini memiliki kualitas speaker yang cukup baik dengan menggunakan speaker stereo.

Speaker tersebut juga mampu mengurangi kebisingan AI dan dilengkapi oleh teknologi DTS yang mampu memberikan efek suara lebih nyata ketika bermain game. Kemampuan speaker tersebut tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk bermain game, tetapi juga untuk menonton video atau bahkan film.

Kekurangan Tecno POVA Neo 2

Kelebihan-kelebihan yang telah dijelaskan tersebut memang terlihat cukup menjanjikan dan menarik hati. Namun, Tecno POVA Neo 2 juga tetap memiliki kekurangannya di beberapa sektor yang mesti diperhatikan. Berikut daftar kekurangan yang dimiliki HP ini.

1. Kamera Kurang Memuaskan

tecno pova neo 2

Rilis sebagai HP gaming dengan harga murah, HP ini seakan tidak mendapatkan perhatian lebih pada sektor kameranya. Spesifikasi yang dihadirkan pada HP ini bisa dibilang kurang memuaskan, bahkan seadanya.

Hal itu mungkin wajar karena Tecno POVA Neo 2 yang dibanderol dengan harga murah yaitu hanya 1,7 jutaan saja dan lebih fokus ke performa gaming-nya. Pada bagian belakang, HP ini memiliki dua kamera belakang dengan kamera utama hanya 16 MP saja. Sedangkan kamera depannya cukup di 8 MP.

Kemampuan perekaman video dari kamera belakangnya juga cukup biasa yaitu dengan kualitas maksimal di angka 1080p dengan 30 fps.

2. Fast Charging Kurang Maksimal

port usb tecno pova neo

Sebenarnya, langkah Tecno Mobile dalam meningkatkan kapasitas baterai sudah sangat baik dan patut diacungi jempol. Namun, Anda mungkin akan sedikit kecewa dengan fakta bahwa fitur fast charging yang dibawa justru tidak ada perubahan sama sekali.

Masih sama seperti pendahulunya, Tecno POVA Neo 2 hanya dibekali fast charging 18 W. Hal ini tentu menjadi sebuah kekurangan karena harus menunggu proses pengisian daya dalam waktu yang cukup lama. Memiliki kapasitas besar memang membuat HP ini awet, tetapi juga membutuhkan waktu yang cukup lama juga untuk mengisinya hingga penuh.

3. Kelengkapan Sensor

performa Tecno POVA Neo_

Kelengkapan sensor juga menjadi hal yang mesti Anda perhatikan dalam memilih sebuah HP. Tecno POVA Neo ini sudah cukup bagus dengan menghadirkan sensor fingerptint (side-mounted), accelerometer, proximity, dan compass.

Sebagai HP gaming, terdapat sensor yang harus absen di HP ini, yaitu gyriscope. Fitur sensor gyroscope ini bisa dibilang cukup penting untuk sebuah HP gaming. Gyroscope ini mampu mempermudah dalam mengontrol beberapa game seperti PUBG Mobile, game balap, dan sebagainya.

Anda memang masih bisa bermain game tersebut tanpa adanya fitur gyroscope, tetapi hal itu masih disayangkan jika harus absen pada sebuah HP gaming.

Simpulan

Setelah membaca beberapa kelebihan dan kekurangan di atas, tentu Anda bisa mempertimbangkan kelayakan HP gaming murah satu ini. Secara keseluruhan, Tecno POVA Neo 2 ini cukup mampu bersaing di kelasnya sebagai HP gaming berkat chipset yang dihadirkannya yaitu MediaTek Helio G85.

HP dengan harga 1,7 jutaan ini juga memiliki bodi yang cukup unik dan memiliki tampilan bodi belakang yang berbeda dari HP lain. Memiliki refresh rate yang cukup tinggi membuatnya nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari bahkan bermain game.

Jangan lupa soal kapasitas baterai yang besar di kelasnya yaitu mencapai 7000 mAh. Dengan kapasitas tersebut, Anda bisa menggunakan HP ini seharian tanpa khawatir kehabisan baterai. Namun, sayang sekali HP ini tidak diimbangi dengan fast charging yang mumpuni sehingga membutuhkan waktu cukup lama ketika proses pengisian daya.

Nah, berdasarkan pertimbangan dari kelebihan dan kekurangan tersebut, apakah HP Tecno POVA Neo 2 ini masih cocok untuk Anda miliki?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram