carisinyal web banner retina

9 Perbedaan Tecno Camon 19 Pro dan Camon 20 Pro

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Pada Juli 2023, Tecno Mobile Indonesia hadirkan tiga produk menarik. Ketiga produk tersebut yaitu Tecno Camon 20 series. Seri ini beranggotakan Tecno Camon 20 Pro, Tecno Camon 20 Pro 5G, dan Tecno Camon 20 Premier 5G

Ketiga seri tersebut merupakan penerus dari Tecno Camon 19 Pro yang rilis di Indonesia pada Desember 2022.

Sontak hal ini pun menumbuhkan rasa tanya di benak sejumlah warga, peningkatan apa yang ia bawakan ketimbang Tecno Camon 19 Pro? Soalnya, Tecno Camon 19 Pro sempat menjadi perbincangan hangat warga karena hadirkan kamera telefoto di harga yang sangat terjangkau. Selain itu, , Tecno Camon 19 Pro punya varian Mondrian yang punya desain unik.

Maka tidak heran jika Tecno Camon 20 Pro diharapkan memiliki fitur yang lebih membanggakan lagi dari sebelumnya. Apakah ia kembali menawarkan kamera telefoto seperti seri pendahulu? Untuk menjawabnya, mari simak perbedaan Tecno Camon 19 Pro dan Tecno Camon 20 Pro (versi 4G) berikut ini.

Spesifikasi Tecno Camon 19 Pro

tecno camon 19 pro mondrian
Layar IPS LCD 6.8 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 50 MP (telephoto) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Tecno Camon 20 Pro

Tecno camon 20 pro
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (depth) MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Tecno Camon 19 Pro dan Camon 20 Pro

Dirilis di tahun yang berbeda, seharusnya Tecno Camon 20 Pro membawakan sederet peningkatan dibandingkan Tecno Camon 19 Pro. Berikut ini perbedaan keduanya.

1. IPS LCD vs. AMOLED

tecno camon 19 pro nfc_

Tecno Camon 19 Pro memiliki panel IPS LCD sebagai layarnya, kontras dengan Tecno Camon 20 Pro yang sudah pakai AMOLED. Panel IPS LCD tidak sebaik AMOLED dalam hal reproduksi warna dan juga kontras rasio. Namun, ukuran layar Tecno Camon 19 Pro lebih besar dari Camon 20 Pro, yaitu 6,8 inci vs. 6,67 inci.

Kedua ponsel menggunakan layar dengan resolusi Full HD+ dan sama-sama mendukung refresh rate 120 Hz. Jika mencari smartphone dengan ukuran layar besar, sebaiknya pilih Tecno Camon 19 Pro. Di sisi lain, Tecno Camon 20 Pro menyuguhkan pengalaman menonton yang lebih sinematik karena mampu tampilkan kualitas gambar yang lebih cerah dan berwarna.

Karena gunakan AMOLED, layar pada Tecno Camon 20 Pro juga mendukung fitur always on display. Ini artinya layar bisa menampilkan informasi jam dan tanggal setiap saat, bahkan ketika kondisi layar mati. Ini disebabkan karakteristik AMOLED yang bisa mengeluarkan cahaya sendiri secara organik tanpa bantuan backlight, sehingga tidak begitu banyak mengonsumsi baterai.

Perihal desain layar, keduanya sama-sama mengusung kamera depan dalam bentuk punch hole. Namun, Tecno Camon 19 Pro memiliki rasio bodi ke layar yang lebih tinggi yaitu 88,2 persen. Sedikit berbeda dengan Tecno Camon 20 Pro dengan rasio 86,7 persen.

2. Helio G96 vs. Helio G99

mediatek helio g99

Tecno Camon 19 Pro diotaki dengan chipset MediaTek Helio G96 pada fabrikasi 12 nm. Meski punya performa kencang, tapi fabrikasinya yang cukup tinggi membuatnya boros baterai.

Itu mengapa, sebagai penerusnya, Tecno Camon 20 Pro dilengkapi dengan SoC yang lebih modern yaitu Helio G99 di fabrikasi 6 nm. Dari sisi performa sebenarnya tidak begitu beda jauh. Hanya saja, berkat fabrikasinya yang rendah, Helio G99 sanggup menjaga ponsel agar tidak cepat panas atau throttling.

Dilihat dari spesifikasi masing-masing SoC, Helio G96 dilengkapi dengan sekumpulan delapan prosesor yang terdiri atas dua inti Cortex A76 berkecepatan 2.05 GHz dan enam unit Cortex A55 berkekuatan 2.0 GHz.

Mikroarsitektur kedua klaster tadi kembali dihadirkan pada Helio G99, namun dengan besaran clock speed yang lebih tinggi yaitu 2.2 GHz untuk Cortex A76. Beralih ke unit GPU-nya, baik Helio G96 maupun G99 menggunakan Mali G57 MC2.

Dari segi konfigurasi memorinya, Tecno Camon 19 Pro hadir dengan RAM 8 GB dengan dua opsi storage 128 GB dan 256 GB. Sedangkan, Tecno Camon 20 Pro hanya memiliki satu varian yaitu RAM 8 GB dan storage 256 GB.

Dilansir dari Nano Review, Tecno Camon 19 Pro meraih skor AnTuTu v9 sebesar 347.910 poin. Ini sudah sesuai dengan perangkat lain pada umumnya dengan chipset sama. Sementara itu, skor Geekbench 5-nya mencapai angka 514 poin untuk single core dan 1748 poin untuk multi-core.

Kini beralih ke Tecno Camon 20 Pro, situs 91mobiles.com menyebutkan skor AnTuTu-nya mencapai angka 605.882 poin. Adapun untuk Geekbench 5, ponsel mencapai skor 567 poin untuk single core dan 1847 poin untuk multi-core.

Performa sintetis hanya indikator terhadap performa sesungguhnya di dunia nyata. Secara pengalaman gaming, Tecno Camon 19 Pro bisa meraih frame rate lancar untuk berbagai gim populer di Android, seperti Mobile Legends, Free Fire, dan COD Mobile.

Tecno Camon 20 Pro juga tentu bisa memainkan gim-gim tersebut lebih lancar. Namun karena cenderung terhindar dari throttling, HP ini juga bisa pertahankan frame rate lancar saat bermain Genshin Impact dalam waktu lama.

3. Lokasi Sensor Sidik Jari

tecno camon 20 pro layar_

Sebelumnya sempat disinggung kalau Tecno Camon 19 Pro dan 20 Pro punya jenis layar yang berbeda. Rupanya, hal tersebut berimbas pada lokasi sensor pemindai sidik jari (fingerprint scanner) yang berbeda pula.

Adalah Tecno Camon 19 Pro, smartphone yang dikemas dengan panel IPS LCD dan menggunakan sensor di samping (side-mounted). Sensor tersebut terletak di tombol power alias di sisi kanan bodi. Alhasil, bodi belakang pun tampak bersih dari indentation yang biasa muncul di ponsel dengan sensor di belakang (rear-mounted).

Tecno Camon 20 Pro menyediakan lokasi sensor di dalam layar atau yang biasa disebut dengan in-display fingerprint. Lokasi di layar dinilai lebih berdaya jual tinggi karena umumnya hanya dimiliki smartphone kelas atas.

Karena berada di layar, pengguna pun bisa rasakan pembukaan kunci yang lebih natural dibanding sensor pemindai di samping. Tapi, konsekuensinya, kecepatan sensor Tecno Camon 20 Pro dalam mendeteksi jari agak terhambat dibanding Tecno Camon 19 Pro.

Bagi yang ingin menggunakan tempered glass juga perlu hati-hati agar tidak mengurangi responsivitas dari sensor. Pasalnya, tidak semua jenis tempered glass cocok dipakaikan untuk layar dengan sensor pemindai sidik jari. Diperlukan protektor berjenis hydrogel, misalnya, karena punya ketebalan lebih tipis.

4. Versi Android saat Rilis

hiOS tecno

Sudah sewajarnya smartphone yang lebih awal dirilis memiliki versi Android lebih lawas. Itu mengapa Tecno Camon 19 Pro dirilis menggunakan Android 12, sementara Tecno Camon 20 Pro hadir dengan Android 13 sedari awal.

Keduanya juga dipoles dengan antarmuka Hi OS kendati dengan versi yang berbeda — Hi OS 8.6 untuk Tecno Camon 19 Pro dan Hi OS 13 untuk Tecno Camon 20 Pro.

Perbedaan sistem operasi ini dinilai cukup penting, karena kedua HP Tecno tidak dijanjikan pembaruan update OS yang langgeng oleh perusahaan. Merk Tecno memang tidak berbeda dengan Infinix dan itel dalam hal jaminan pembaruan software.

5. Desain Bodi

tecno camon 20 pro desain_
Tecno Camon 20 Pro

Bicara soal desain, Tecno Camon 19 Pro jelas menjadi juaranya. Mengapa demikian? Kendati desain itu masalah selera, tidak dipungkiri bahwa varian Mondrian di Tecno Camon 19 Pro menjadi standar baru di industri smartphone.

Tecno Camon 19 Pro Mondrian memiliki desain bodi belakang yang bisa merubah-rubah warna menjadi tiga warga, yaitu biru, ungu, dan merah muda. Desain demikian ini berkat proses pembuatan menggunakan teknologi Photoisomer, sehingga dapat mengubah warna ketika di bawah sinar ultraviolet atau terik matahari.

tecno camon 19 pro mondrian
Penampakkan Tecno Camon 19 Pro Mondrian

Warna dasar bodi sebenarnya adalah putih dengan garis-garis geometris yang tersusun secara acak, sehingga membentuk beberapa pola persegi panjang. Dua persegi di antaranya bisa berubah warna jadi biru, sementara dua persegi lainnya menjadi ungu dan merah muda.

Selain varian warna Mondrian, Tecno Camon 19 Pro juga menyediakan opsi warna yang lebih mainstream namun tetap kece, sebut saja Polar Blue dan Eco Black.

Beralih ke Tecno Camon 20 Pro, rupanya smartphone ini memiliki keunggulan dari sisi LED Flash-nya. Bukan berbentuk lingkaran biasa, lampu belakang di HP ini menyerupai ring light sehingga dapat memberikan exposure cahaya lebih baik saat pemotretan malam hari.

Tecno Camon 20 Pro juga memiliki pola desain unik karena mengandung guratan-guratan abstrak yang membuatnya mirip berlian. Hanya ada dua jenis warna pada varian Tecno Camon 20 Pro yakni Predawn Black dan Serenity Blue.

6. Kehadiran Stereo Speaker

Tecno Camon 19 Pro

Berkat kehadiran stereo speaker pada Tecno Camon 20 Pro, Anda bisa merasakan efek suara yang lebih baik dan immersive. Ponsel ini pun mampu hadirkan pengalaman sinematik yang lebih realistis karena suara keluar dari dua sumber yang berbeda.

DI sisi lain, Tecno Camon 19 Pro yang hanya suguhkan mono speaker tidak bisa berikan pengalaman serupa. Pada kenyataannya memang tidak semua ponsel kelas menengah hadir dengan stereo speaker. Alasannya bisa bermacam-macam, bisa jadi keterbatasan ruang fisik, demi mengurangi biaya produksi, atau keputusan pemasaran.

7. Ketersediaan Varian 5G di Indonesia

Tecno Camon 20 Pro

Kalau memerhatikan jenis chipset Tecno Camon 19 Pro dan 20 Pro, kita bisa mengetahui keduanya hanya mendukung jaringan 4G LTE saja. Pasalnya, chipset Helio G series memang tidak memiliki anggota yang mendukung 5G.

Tapi tahukah Anda? Tecno Camon 20 Pro juga tersedia dalam varian 5G-nya yang menggunakan chipset MediaTek Dimensity 8050. Sebenarnya Tecno Camon 19 Pro juga punya varian 5G-nya, tapi sayang tidak masuk ke pasar Indonesia.

8. Kamera

Tecno Camon 19 Pro Mondrian

Tidak selamanya generasi baru lebih baik dari generasi lama. Terkadang malah ada penurunan di satu atau beberapa aspek. Contohnya seperti Tecno Camon 20 Pro yang justru tidak sebaik Tecno Camon 19 Pro dalam hal kamera.

Tecno Camon 19 Pro memiliki konfigurasi triple camera yang terdiri atas 64 MP wide-angle yang dilengkapi OIS, kamera 50 MP telefoto, serta lensa 2 MP depth sensor.

Sementara itu, Tecno Camon 20 Pro memiliki kamera 64 MP wide-angle dengan dua kamera pendamping yang tidak penting-penting amat, yaitu sensor 2 MP depth serta kamera QVGA. Ya, Tecno menghilangkan kamera telefoto di Camon 20 Pro ini. Bukan hanya itu, Tecno Camon 20 Pro pun tidak menghadirkan stabilisasi OIS seperti pendahulunya.

9. Harga Rilis

tecno camon 20 pro 5g tanpa ultrawide_

Untuk pengguna yang concerned terhadap harga, jangan khawatir. Tecno Camon 19 Pro dan 20 Pro dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal. Tecno Camon 19 Pro dirilis dengan harga Rp3.599.000,-, sedangkan varian Mondrian memiliki harga rilis Rp3.799.000,-. Adapun pada Tecno Camon 20 Pro 4G, dipasarkan dengan harga rilis Rp3.099.000,-.

Simpulan

Demikian sejumlah perbedaan utama antara Tecno Camon 19 Pro dan Camon 20 Pro. Anda bisa mengharapkan fitur kamera yang unggul dari kedua smartphone tersebut. Tecno Camon 19 Pro lebih unggul dari segi desain bodi dan ketersediaan kamera telefoto.

Sementara itu, Tecno Camon 20 Pro lebih cocok bagi yang mencari ponsel berkinerja tinggi, punya stereo speaker, layar AMOLED, serta harga yang lebih terjangkau. Varian Camon 20 Pro juga jelas menjadi pilihan lebih menarik karena dirilis dengan versi Android yang lebih modern.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram