carisinyal web banner retina

10 HP Tecno Terbaik & Paling Bagus di Dunia (Mei 2024)

Ditulis oleh Ananda Ganesha M
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Tecno merupakan anak perusahaan dari Transsion Holdings asal Hong Kong, didirikan pada tahun 2006. Brand ini masih berada di bawah naungan yang sama dengan Infinix dan itel. Strategi pemasaran dari Tecno adalah menjamah wilayah pasar yang kompetisinya belum begitu ketat, seperti Afrika, contohnya.

Kini Tecno pun sudah merambah ke wilayah pasar lainnya seperti Asia Tenggara, Asia Selatan, dan juga Timur Tengah. Negara Indonesia pun tidak ketinggalan menjadi wilayah yang sering mendapatkan produk Tecno.

Pihak perusahaan pun mengklaim kalau sudah menembus pasar di lebih dari 60 negara berkembang di dunia. Agar menarik minat, fokus utama dari brand Tecno ini adalah performa yang menawan, inovasi teknologi terbaru, serta harga yang ramah di kantong.

Popularitas nama Tecno sungguh mencuat sejak peluncuran Tecno POVA 4 Pro di Indonesia pada tahun 2022. Produk seharga Rp2 jutaan tersebut langsung mencuri perhatian banyak penggiat gadget lantaran performanya yang berdaya saing tinggi di harga terjangkau.

Karena brand ini begitu menarik untuk dilirik, Tim Carisinyal pun telah mengumpulkan berbagai macam smartphone terbaik dari Tecno yang dirilis secara global. Beberapa di antaranya sudah masuk ke Indonesia secara resmi.

Daripada penasaran, langsung simak saja HP Tecno terbaik dan berkualitas pada tabel di bawah ini. Setelah tabel, ada penjelasan detail tiap HP-nya.

*Daftar ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya

1. Tecno Phantom V Fold

Tecno Phantom V Fold
Layar Foldable LTPO AMOLED 7.85 inci
Chipset MediaTek Dimensity 9000+
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 50 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Salah satu smartphone lipat terbaik dari Tecno tentu jatuh kepada Tecno Phantom V Fold. Ponsel ini menghadirkan form factor HP lipat yang menawarkan dual screen berukuran besar.

Kendati namanya kurang menggaung seperti brand lain, Tecno sanggup berikan inovasi HP lipat dengan teknologi lipatan yang solid. Menurut beberapa sumber, HP lipat Tecno ini tidak serentan pesaingnya dalam menampilkan jejak lipatan alias crease, memberikan tampilan layar yang selalu terlihat prima setiap saat.

Baik layar utama maupun cover display berada dalam panel LTPO AMOLED dengan refresh rate adaptif 10-120 Hz. Hal demikian ini menjadikan ponsel 20 persen lebih hemat baterai. Kedua layar juga dukung kecerahan puncak 1100 nit agar tetap terang saat berada di bawah terik matahari.

Tidak kalah dengan flagship dari brand lain, performa Tecno Phantom V Fold layak diacungi jempol. Tenaganya diserahkan pada SoC Dimensity 9000+ yang mencapai clock speed hingga 3.2 GHz. Belum lagi dengan RAM 12 GB LPDDR5X yang super ngebut, aktivitas loading di kondisi mana pun akan selesai dalam secepat kilat.

Ini jadi ponsel lipat andalan yang sangat atraktif di harga rilis 1030 euro alias Rp16 jutaan. Anda hanya perlu menerima sejumlah kekurangannya, termasuk tidak adanya mode "flexing" (menekuk layar di sudut 90 derajat), tanpa wireless charging, dan resolusi perekaman video yang mentok di 4K saja (tanpa 8K).

2. Tecno Phantom X2 Pro

Tecno Phantom X2 Pro
Layar AMOLED 6.8 inci
Chipset MediaTek Dimensity 9000
RAM 4 GB, 8 GB, 12 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 50 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 5160 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Sebagai ponsel flagship yang dicetuskan oleh Tecno pada tahun 2022, Tecno Phantom X2 Pro terbilang worth it. Pasalnya, ponsel ini suguhkan begitu banyak penawaran menarik.

HP canggih ini hadirkan kamera utama ISOCELL GNV 50 MP wide angle, sensor ultrawide 13 MP, serta kamera 50 MP telefoto (ISOCELL JN1) untuk memotret jarak jauh. Tentunya dikemas pula dengan gyro-EIS untuk stabilisasi video yang ampuh, serta pembesaran optik 2.5x.

Sistem kamera di HP ini menggunakan filter warna RGBW yang disinyalir sanggup menangkap 60% lebih banyak cahaya. Ini guna menghasilkan foto malam hari dengan exposure lebih baik sekaligus noise yang lebih minim.

Selain itu, HP ini punya desain ini berkat desain cincin di sekeliling kamera. Sensor yang dikelilingi lensa ini dapat ditarik agar terlihat maju dan mundur, guna menyesuaikan besaran diafragma demi menangkap cahaya lebih banyak.

Tidak hanya unggul di sisi fotografi, HP ini juga punya keunggulan di sisi performa. Kini mengandalkan Dimensity 9000 dengan fabrikasi 4 nm, perangkat sudah tidak perlu lagi diragukan soal kinerja gaming-nya. Semua dijamin mulus tanpa lagging yang berarti. Cocok untuk penggiat fotografi dan gaming kelas atas.

3. Tecno Phantom X2

Tecno Phantom X2
Layar AMOLED 6.8 inci
Chipset MediaTek Dimensity 9000
RAM 4 GB, 8 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5160 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Memiliki desain yang unik, Tecno Phantom X2 menjadi salah satu flagship yang berani tampil beda. Modul kamera belakangnya dibuat sedemikian rupa agar menonjolkan identitasnya sebagai HP fotografi.

Sebagai konfigurasi kameranya, terdapat sensor 64 MP wide-angle, sensor 13 MP ultrawide, dan juga sensor 2 MP depth. Menggunakan filter warna RGBW, sistem fotografi HP menjanjikan pengambilan cahaya yang meningkat dua kali lipat. Cocok sekali untuk pemotretan di malam hari, atau di kondisi minim cahaya.

Keunggulan juga tercermin pada sisi fotografi selfie, di mana ponsel mengandalkan 32 MP ultra-clear selfie demi hasil yang terhindar dari blur sekaligus detail yang kaya. Terdapat fitur-fitur unik lain seperti AI Beauty Makeup, Front Flash, AI Smart Beauty, dan lain-lain.

Di sisi dapur pacu, Tecno Phantom X2 dipersenjatai chipset MediaTek Dimensity 9000 dengan fabrikasi 4 nm dan clock speed hingga 3.05 GHz. Jadi tidak hanya berkinerja buas, melainkan begitu hemat daya sekaligus tidak gampang bikin HP panas.

Ponsel juga telah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland yang membuatnya tetap lancar meski sudah digunakan selama 36 bulan. Di dalamnya cukup banyak terpasang software berguna, seperti face to face translation, penerjemahan melalui pemotretan gambar, penerjemahan teks hasil perekaman, dan masih banyak lagi.

Tersedia pula fitur yang memungkinkan perangkat terhubung dengan laptop secara nirkabel. Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan pembagian jaringan terbalik, manajemen file, berbagi data, serta kolaborasi multi-screen.

Tecno Phantom X2 jadi opsi flagship cukup terjangkau dengan fungsi yang mengedepankan aktivitas fotografi tingkat profesional.

4. Tecno Phantom V Flip 5G

tecno phantom v flip
Layar Foldable LTPO AMOLED 6.9 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8050
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 13 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Biasanya, HP flip baru bisa Anda dapatkan di harga yang cukup tinggi. Akan tetapi, Tecno Phantom V Flip 5G menawarkan konsep HP lipat dengan harga yang cukup terjangkau.

Walau murah, fiturnya jelas tidak murahan. Ponsel ini menyajikan build quality yang kokoh serta desain bodi yang premium. Tampilan visual layar juga terlihat begitu jernih dan cerah, menyerupai HP-HP lipat di harga lebih mahal.

Selain itu, ukuran layar utama HP ini pun tampak lebih luas pada dimensi 6,9 inci. Padahal, Samsung Galaxy Z Flip5 5G yang menjadi salah satu pesaingnya cuman punya layar 6,7 inci.

Tapi memang, layar sekunder HP ini hanya berukuran 1,32 inci dan memiliki fungsi yang lebih terbatas. Meski bisa dipakai untuk tunjukkan preview kamera dan melihat pesan, Anda belum bisa membalas chat pada layar sekunder ini. Sebuah fitur yang dimiliki pada Galaxy Z Flip5.

Spesifikasi kamera pada HP Tecno ini juga layak diadu dengan sensor utama 64 MP dan kamera ultrawide 13 MP. Sensor utama belum disertai penstabil gambar OIS, namun setidaknya sudah dapat merekam video 4K di 30 FPS dan juga 1080p di 60 FPS. Jadi, sudah layak dijadikan sarana ngonten untuk IG Reels atau TikTok.

Yang cukup menarik dari HP ini adalah kapasitas baterainya yang sebesar 4.000 mAh. Ini lebih besar dari rata-rata HP flip lain. Belum lagi, fast charging-nya sudah berada di daya 45 watt, lebih ngebut dibandingkan daya 25 watt pada Samsung Galaxy Z Flip5 5G.

Jika membutuhkan HP lipat flip yang kece, compact, kaya fitur, dan ramah di dompet, Tecno Phantom V Flip 5G merupakan salah satu opsi terbaik. Anda hanya perlu memaklumi absennya sertifikasi tahan air serta tidak adanya wireless charging.

5. Tecno Camon 20 Premier

Tecno Camon 20 Premier 5G
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8050
RAM 8 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 108 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Tecno Camon 20 Premier diperkenalkan secara global pada Mei 2023. HP ini merupakan ponsel kelas menengah atas dengan penampilan keren. Garis-garis tegas pada penutup belakang Camon 20 Premier mungkin akan mengingatkan Anda pada Tecno POVA 4 Pro.

Namun, penutup belakang HP ini berbahan kulit sintetis sehingga memiliki kesan premium. Tecno Camon 20 Premier juga unggul dalam hal performa dan kemampuan kamera. Dengan bekal SoC MediaTek Dimensity 8050, pengguna siap diajak merasakan pengalaman pakai yang serba instan.

Yang unik dari HP ini adalah kamera ultrawide-nya justru memiliki resolusi lebih besar ketimbang kamera utamanya. Mungkin saja ini adalah siasat Tecno agar kualitas tangkapan kamera ultrawide bisa mengimbangi kamera utama. Kamera ultrawide tersebut bahkan sudah dibekali fitur autofokus.

Fitur OIS di kamera utama, refresh rate 120 Hz adaptif di layar AMOLED, sensor sidik jari di layar jadi kelebihan lain dari Tecno Camon 20 Premier. Sisi minus dari HP ini adalah update software yang belum jelas.

6. Tecno Camon 20 Pro 5G

Tecno Camon 20 Pro 5G
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8050
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Tecno Camon 20 Pro 5G punya nilai jual di sektor performa, berkat SoC MediaTek Dimensity 8050-nya. SoC yang satu ini memiliki kemampuan tinggi, cocok untuk main game, dan mengedit video.

Namun, kalau penggunanya hanya mau memakainya untuk keperluan multimedia, HP ini tetap bisa memberikan pelayanan terbaik. Pasalnya, layar 6,7 inci yang diusung menggunakan panel AMOLED. Warnanya tentu mampu memanjakan mata karena punya kontras tinggi.

Layar dengan dukungan refresh rate adaptif 120 Hz tersebut diduetkan dengan speaker stereo, sehingga suara yang keluar mantap. Hal lain yang jadi keunggulan Camon 20 Pro 5G adalah kamera utamanya yang punya OIS. Dengan fitur ini, tangkapan foto malam hari lebih terang dan minim blur.

Kekurangan HP ini terletak pada kamera ultrawide yang belum tersedia. Kejelasan soal update software juga jadi isu bagi brand Tecno. Jika Anda mengincar performa tinggi dan desain apik, Tecno Camon 20 Pro 5G mungkin jadi salah satu pilihan yang perlu dilirik.

7. Tecno Spark 20 Pro+

Tecno Spark 20 Pro+
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset MediaTek Helio G99 Ultimate
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Tecno Spark 20 Pro+ adalah smartphone kelas terjangkau yang membawa cip Helio G99 Ultimate yang diklaim dapat menawarkan performa gim lebih mulus serta efisiensi daya yang lebih baik lagi.

Selain itu, ponsel memiliki desain layar melengkung yang berikan kesan premium dan pengalaman genggam yang ergonomis. Dengan bezel lebih minim pula, layar akan terlihat lebih imersif.

Ponsel disenjatai dengan kamera utama beresolusi jumbo yakni 108 MP. Gambar yang dihasilkan akan memiliki detail lebih baik serta kecerahan yang oke punya. Tecno juga bekali HP ini dengan kamera selfie 32 MP yang disertai dual LED Flash untuk tingkatkan kecerahan pada pemotretan malam hari.

Tidak ketinggalan, Tecno Spark 20 Pro+ juga dilengkapi dengan fitur-fitur penting seperti stereo speaker, NFC, serta FM Radio. Bahkan smartphone juga memiliki fitur giroskop hardware untuk membidik lawan dengan presisi saat gaming.

Yang saya sukai dari HP ini adalah desain bodinya yang cantik dan juga ringan. Bobot HP hanya memiliki 179 gram yang terbilang nyaman digunakan pada pengoperasian satu tangan. Selain itu, HP juga kantongi sertifikasi IP53 agar tidak mudah rusak saat terkena percikan air.

Sayangnya, tidak ditemukan port audio 3.5 mm pada HP ini. Absennya kamera ultrawide serta minimnya dukungan perekaman video beresolusi 4K atau 60 FPS juga turut disayangkan.

8. Tecno POVA 5 Pro 5G

Tecno POVA 5 Pro 5G
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 6080
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 0.8 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Tecno POVA 5 Pro 5G merupakan ponsel gaming kaya fitur yang dijual dengan harga terjangkau. Ponsel ini bawakan performa tinggi dengan Dimensity 6080, dan menjadi alternatif yang baik bagi penggiat game yang memerlukan jaringan 5G.

Ponsel ini sudah bawakan RAM 8 GB dengan storage 256 GB yang lega. Keberadaan sensor giroskop di HP ini juga menandakan ponsel sangat cocok digunakan bermain game tembak-tembakan.

Tecno POVA 5 Pro 5G sudah disertai sistem pendingin terpadu dengan ruang uap (vapor chamber) seluas 2.820 mm persegi, serta hadirkan area peredam panas 12.979 mm persegi yang efektif menghempas panas saat bermain dalam waktu lama.

Menggunakan stereo speaker dan layar 120 Hz, ponsel dipastikan menawarkan pengalaman audiovisual yang menyenangkan untuk kelas harganya. Agar semakin nyaman digunakan untuk gaming, terdapat fitur bypass charging guna mengisi daya perangkat tanpa harus mengaliri baterai.

Dengan bypass charging, ponsel bagaikan PC yang langsung makan daya dari sumber listrik alih-alih charger. Hal ini dapat bantu mengurangi kecenderungan untuk panas saat HP dipakai gaming sambil di-charge.

Hal menarik lainnya terlihat dari desain bodi yang usung 3D Mecha serta menghadirkan light strip LED di belakangnya. Tak hanya membuat tampilan HP kian futuristik, lampu LED ini juga berfungsi sebagai penanda saat menerima notifikasi.

Yang jadi kendala soal HP ini, kualitas hasil fotonya tergolong standar di kelas harganya. Juga, absennya kamera ultrawide membuatnya tidak sanggup menghasilkan gambar pada bidang pandang lebih luas.

9. Tecno Camon 19 Pro 5G

tecno camon 19 pro mondrian
Layar IPS LCD 6.8 inci
Chipset MediaTek Dimensity 810
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kalau butuh HP Tecno terbaik yang cocok untuk fotografi tanpa bikin boncos, Tecno Camon 19 Pro 5G jadi opsi yang layak pertimbangan. Ini merupakan ponsel kelas menengah yang dibekali OIS pada kamera utamanya, menghadirkan resolusi 64 MP yang sanggup hasilkan bidikan dengan detail tekstur yang melimpah.

Ukuran layarnya yang segede gaban juga layak mencuri perhatian. Sebab, walau masih pakai IPS LCD, tapi dimensinya berupa 6,8 inci dengan refresh rate 120 Hz. Selain besar, pastinya tampilan layar jadi terasa begitu mulus saat digulir-gulir.

Tidak lupa, tersedia juga fitur sensor sidik jari di samping sekaligus NFC. Ia turut sajikan performa chipset Helio G96 dari MediaTek yang berdaya saing tinggi di kelas mid-range. Hal unik dari HP ini terletak di kameranya yang mencakup sensor telefoto, mampu meraih subjek dari kejauhan tanpa kehilangan kualitas.

Pada intinya, Tecno Camon 19 Pro 5G hadir untuk Anda yang menyukai aktivitas fotografi sekaligus gaming. Tidak adanya stereo speaker dan kamera ultrawide jadi kelemahan yang cukup fatal di harga menengah. Ditambah lagi tidak adanya sertifikasi IP Rating, membuat ponsel ini cukup rentan terhadap debu dan air.

10. Tecno Camon 20 Pro

Tecno camon 20 pro
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (depth) MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Tecno Camon 20 Pro membawa SoC fenomenal MediaTek Helio G99. Fenomenal karena SoC tersebut adalah SoC dengan jaringan 4G yang punya performa yang tinggi. Ketika diduetkan dengan RAM 8 GB, Helio G99 bisa membuat ponsel yang dinaunginya jalankan game berat.

Meski begitu, Camon 20 Pro bukanlah smartphone cuma enak buat main game. Untuk penggunaan harian seperti main medsos dan streaming juga menyenangkan. Pasalnya, layar AMOLED HP ini sudah mendukung refresh rate 120 Hz. Scrolling pun terasa mulus.

Satu fitur khas Tecno yang tak lupus dari HP ini adalah adanya lampu flash pada kamera depan. Tangkapan kamera depan Camon 29 Pro pun tetap terlihat jelas, meski berada di kondisi minim cahaya. Sensor sidik jari di layar dan sertifikasi IP53 adalah keunggulan lain dari HP ini.

Sisi minus dari Tecno Camon 20 Pro adalah tidak adanya kamera pendamping yang oke buat kamera utamanya. Ya, HP ini tak punya kamera ultrawide. Sensor kedalaman dan kamera QVGA yang ada di sisi belakang ponsel hanyalah gimmick. Soal update software juga belum ada titik terang.

Nah, demikian ponsel-ponsel terbaik dari Tecno yang bisa dijadikan referensi. Merk ini memiliki begitu banyak opsi smartphone dengan fitur-fitur menawan yang jarang dimiliki HP lain di kelasnya. Tertarik pilih yang mana?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram