carisinyal web banner retina

Sebelum Beli, Simak 6 Perbedaan Tecno POVA 4 dan POVA 5

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Tecno POVA 5 rilis resmi di Indonesia pada 1 Agustus 2023. Jika dilihat dari angka generasinya, HP ini tentu saja menjadi penerus dari Tecno POVA 4 yang diluncurkan di Indonesia pada Desember 2022. Sebagai penerus, tentu saja Tecno POVA 5 ini membawa sejumlah peningkatan di beberapa sektornya.

Misalnya sektor layar yang lebih tajam dan mulus, kapasitas memori lebih luas, hingga pengisian daya lebih cepat. Namun, meski Tecno POVA 4 ini memiliki rentang waktu peluncuran cukup jauh dari POVA 5, bukan berarti HP tersebut sudah tidak layak pilih. Pasalnya terdapat beberapa sektor yang masih mirip atau sama dari keduanya.

Lantas, mana yang lebih baik dari kedua HP tersebut? Apa saja kira-kira perbedaan dari Tecno POVA 4 dan POVA 5? Tim Carisinyal sudah membuat beberapa poin perbedaan yang bisa dipertimbangkan dari keduanya. Jika penasaran, silakan simak artikel ini sampai habis, ya.

Spesifikasi Tecno POVA 4

Tecno Pova 4
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Tecno POVA 5

Tecno POVA 5
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 0.8 MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Tecno POVA 4 dan POVA 5

Tecno POVA 4 dan POVA 5 jadi salah satu HP Tecno dengan harga terjangkau yang cukup menarik. Keduanya dibekali desain unik dengan performa gaming andalan. Nah, kira-kira apa saja perbedaan dari Tecno POVA 4 dan POVA 5 ini? Silakan simak poin-poin perbedaannya berikut ini.

1. Desain Keren yang Khas

tecno pova 5

Salah satu perbedaan yang tampak jelas terlihat adalah dari sektor tampilan desainnya. Keduanya sama-sama memiliki tampilan desain yang khas ala POVA Series. Bahkan, tampilannya ini sangat berbeda dari desain HP pada umumnya. Sehingga Anda mungkin akan bisa langsung menebak HP ini hanya dengan melihat bagian belakangnya saja.

Misalnya Tecno POVA 4, HP POVA Series pertama yang menggunakan desain dan tampilan unik. Anda bisa langsung menebak dengan hanya melihat desain modul kamera di bagian belakangnya. Pasalnya, bentuk yang digunakannya ini sangat tidak umum dan membuatnya sangat mudah dikenali.

Tecno POVA 4 menyebut desainnya sebagai ID Energy Light Ultimate. Hal ini terlihat dari pola garisnya yang terlihat menyala seperti sebuah energi yang mengalir. Tampilan desainnya ini menampilkan kesan yang keras, vitalitas, dan energi ekstrem yang memancar. Sedangkan ketika disentuh, Anda akan merasakan tekstur premium yang khas.

Sementara itu, Tecno POVA 5 hadir dengan tetap mempertahankan tampilan desain yang unik. Sepertinya Tecno cukup senang ketika salah satu produknya bisa dikenal hanya dengan melihat desainnya sekali saja.

Tecno POVA 5 hadir dengan desain yang diberi nama Turbo Mecha Design. Terinspirasi dari desain 3D mecha yang keren yang dikombinasikan dengan desain Turbo Stripes. Desainnya terlihat lebih nyata layaknya sebuah mecha dengan teknologi tinggi, dan sangat keren untuk dipamerkan.

Anda juga bisa memilih varian warna yang terlihat sangat cocok dengan desain yang digunakan. Mulai dari Mecha Black, Amber Gold, Hurricane Blue, dan Free Fire Edition. Sedangkan Tecno POVA 4 hanya menyediakan tiga varian warna saja yaitu Cryolite Blue Lava Orange, dan Uranolith Grey.

Soal kenyamanan, keduanya menawarkan gaya sentuhan atau genggaman yang berbeda. Tecno POVA 4 memiliki bingkai atau frame yang lebih bulat, sedangkan POVA 5 cukup rata di bagian sampingnya. Hal ini menjadi dua hal yang cukup bisa diperdebatkan soal kenyamanan.

Yang jelas, keduanya memiliki ukuran yang cukup pas di tangan dengan ketebalan masih cukup wajar. Tecno POVA 4 memiliki dimensi 170,6 x 77,5 x 8,7 mm. Sedangkan POVA 5 sedikit lebih tebal dengan dimensinya yaitu 168,6 x 76,6 x 9 mm. Meski begitu, keduanya masih cukup nyaman untuk digenggam dalam waktu yang lama.

2. Layar HD 90 Hz vs FHD 120 Hz

tecno pova 5

Sektor layar menjadi salah satu sektor yang ditingkatkan oleh Tecno POVA 5. Hal ini terlihat dari beberapa perbedaan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan Tecno POVA 4.

Tecno POVA 5 hadir dengan dibekali sejumlah peningkatan di sektor layarnya. Meski masih dibekali panel IPS LCD, resolusi yang berhasil dicapainya adalah Full HD atau 1080 x 2460 piksel. Hal ini membuatnya mampu menampilkan konten lebih tajam dengan kerapatan pikselnya mencapai 396 ppi.

Selain itu, yang membuat layar berukuran 6,78 inci ini lebih menarik adalah refresh rate yang dimilikinya. Tecno POVA 5 hadir dengan refresh rate mencapai 120 Hz dengan touch sampling rate 240 Hz. Angka tersebut tentu saja mampu menampilkan pergerakan animasi yang jauh lebih mulus, baik itu ketika memutar video atau bermain game.

Sektor layar dari Tecno POVA 5 ini juga sudah didukung oleh fitur kecerahan layar mencapai 580 nit. Angka tersebut sudah cukup untuk membuat layar HP tetap terlihat dan terbaca meski di luar ruangan.

Sementara itu, Tecno POVA 4 memiliki sektor layar yang masih berada di bawah dari POVA 5. Meski menggunakan panel yang sama yaitu IPS LCD, resolusi layar yang dimilikinya hanya mentok di HD saja atau 720 x 1600 piksel. Ketajamannya juga hanya didukung oleh kerapatan piksel 257 ppi.

Selain itu, refresh rate yang dimilikinya juga hanya 90 Hz saja. Namun, angka tersebut sebenarnya tidak terlalu buruk jika melihat harga serta kelas HP-nya. Apalagi, Tecno sendiri menjanjikan pengalaman streaming, bersosial media, hingga bermain game dengan mulus tanpa tersendat.

Tecno POVA 4 ini memang cukup tertinggal soal kemampuan dan spesifikasi layar. Namun, HP ini memiliki ukuran layar yang lebih luas yaitu 6,82 inci. Rasio layar ke bodinya juga cukup besar mencapai 84,9 persen. Sedangkan Tecno POVA 5 hanya memiliki luas layar 6,78 inci dengan rasio layar ke bodi 84,5 persen.

3. Kapasitas Memori dan Performa

tecno pova 4

Soal performa, sebenarnya Tecno POVA 4 dan POVA 5 ini sama-sama bisa diandalkan. Salah satu alasan utamanya adalah keduanya ini menggunakan chipset yang sama yaitu MediaTek Helio G99.

Seperti yang kita ketahui, chipset dengan fabrikasi 6 nm ini punya performa unggul di kelasnya. Terdapat delapan core atau octa-core pada prosesor sebagai sumber tenaganya. Terdiri dari dua core Cortex A76 dengan frekuensi 2,2 GHz untuk performa. Selanjutnya enam core Cortex A55 dengan frekuensi 2 GHz untuk efisiensi dayanya.

Selain itu, chipset tersebut juga didukung oleh kartu pengolah grafis atau GPU Mali G57 MC2 dengan frekuensi 1100 MHz. Berbagai game populer seperti Mobile Legends atau Free Fire bisa dijalankan dengan lancar. Game lainnya seperti Genshin Impact dan PUBG Mobile juga cukup lancar dengan menyesuaikan grafik atau setelan lainnya.

Jika merujuk pada data dari Nanoreview, kemampuan chipset ini juga bisa terlihat dari berbagai pengujiannya. Mulai dari BenchMark AnTuTu v9 yang mendapatkan skor 373.610. Sedangkan untuk GeekBench 5 mampu meraih skor 558 untuk single-core dan 1.811 untuk multi-core-nya.

Meski menggunakan chipset yang sama, nyatanya belum tentu performa yang dihasilkan juga sama. Pasalnya, masih terdapat beberapa hal yang memengaruhi performa dari sebuah HP, salah satunya adalah kapasitas memori RAM yang tersedia.

Dengan adanya aturan tersebut, maka Tecno POVA 5 bisa dibilang memiliki performa yang sedikit lebih baik dari POVA 4. Pasalnya, POVA 5 dibekali kapasitas memori yang lebih luas. Terdapat RAM 8 GB yang ditawarkan dengan memori internal 128 GB dan 256 GB. Sedangkan Tecno POVA 4 hanya menawarkan RAM 8 GB dan internal 128 GB saja.

Meski begitu, keduanya tetap menyediakan slot khusus untuk microSD agar kapasitas memori internal bisa jadi lebih luas. Keduanya juga menawarkan fitur extended RAM yang bisa menambah kapasitas RAM secara virtual hingga 8 GB.

Selain itu, Tecno POVA 5 juga sudah dibekali sistem pendingin yang lebih mumpuni. Terdapat Vapor Chamber Cooling berukuran 1399.65 mm kubik yang dikombinasikan dengan Graphene heat sink 9349.39 mm kubik. Dengan adanya sistem pembuangan panas hingga 10 lapis, suhu chip mampu berkurang hingga 5 derajar Celcius setiap reload.

Artinya, sistem pendingin dari Tecno POVA 5 ini mampu bekerja dua kali lebih baik dari POVA 4. Sistem pendingin POVA 4 menggunakan tabung grafit pendingin. Tabung grafit dengan multi lapis tersebut digunakan untuk menutupi baterai, motherboard, dan face shell agar suhu tetap berada di keadaan normal.

4. Super Charge 18W vs Smart Charge 45W

tecno pova 5

Soal ketahanan baterai, keduanya bisa dibilang cukup seimbang. Baik Tecno POVA 4 atau POVA 5, keduanya sama-sama dibekali baterai jumbo dengan kapasitas 6000 mAh. Kapasitas tersebut membuat keduanya mampu bertahan cukup lama meski digunakan secara intens.

Mengutip dari halaman web resminya, Tecno POVA 4 ini mampu bertahan bahkan setelah digunakan untuk bermain game selama 10 jam. Selain itu, dengan hanya baterai 20 persen saja, HP ini diklaim mampu melakukan telepon hingga 12 jam, bermain game PUBG Mobile hampir 3 jam, dan menonton video YouTube selama 4 jam.

Sama halnya dengan Tecno POVA 5 yang memiliki ketahanan baterai cukup sampai seharian. Menurut klaimnya, HP ini mampu bertahan selama 39 jam lebih untuk menelepon, 11 jam lebih untuk bermain game, 18 jam lebih untuk bermain FaceBook, dan 14 jam lebih untuk memutar video berulang.

Nah, hal yang membedakan dari keduanya ini adalah fitur pengisian daya yang disematkannya. Tecno POVA 4 dibekali fitur Super Charge hingga 18 W. HP ini mampu mengisi daya 20 persen dalam waktu 20 menit.

Sementara itu, Tecno POVA 5 hadir dengan fitur pengisian daya lebih cepat. HP ini dibekali Smart Charge hingga 45 W. Bahkan menurut klaimnya, HP ini mampu mengisi daya hingga 50 persen dalam waktu sekitar 21 menit saja. Tidak hanya itu, tecno POVA 5 juga dibekali fitur reverse charging dengan kekuatan hingga 10 W.

5. Kemampuan Speaker Stereo

tecno pova 5

Tecno POVA 5 memang dibekali sejumlah peningkatan di beberapa sektornya, termasuk kemampuan speaker. Demi menghasilkan suara yang lebih lantang dan terasa nyata, stereo saja belum cukup untuk mencapai hal tersebut.

Maka dari itu, Tecno POVA 5 ini menggabungkan kemampuan speaker stereonya dengan teknologi DTS & Hi-Res audio. Suara yang dihasilkan cukup imersif, pengalaman menonton atau bermain game jadi lebih nyata dan seru.

Bahkan suara yang dihasilkan memiliki resolusi cukup tinggi yaitu mencapai 24-bit/192kHz. Berbeda dengan Tecno POVA 4 yang hanya mengandalkan kualitas suaranya pada speaker stereo saja.

Hal menarik lainnya adalah peletakan dari kedua speaker tersebut. Biasanya, HP pada umumnya, termasuk Tecno POVA 4 menyimpan satu speaker di bagian bawah. Sedangkan satu speaker lainnya disimpan dan digabungkan dengan earpiece atau tempat yang biasanya ditempelkan di telinga saat menelepon.

Sementara itu, Tecno POVA 5 sedikit berbeda soal penempatannya. HP ini menyimpan satu speaker utama di bagian bawah bodi. Kemudian alih-alih menyimpan satu speaker lainnya di bagian earpiece, POVA 5 justru menyimpannya di bagian atas bodi. Hal ini cukup menarik, meski begitu tampilan bodi bagian atas menjadi tidak bersih atau polos.

6. Harga dan Ketersediaan

TECNO POVA 4 PRO

Tecno POVA 4 sudah diluncurkan terlebih dahulu yaitu pada Oktober 2022. HP ini menawarkan tiga varian warna yaitu Cryolite Blue Lava Orange, dan Uranolith Grey. Sedangkan untuk varian memorinya hanya menawarkan satu saja yaitu RAM 8 GB dan internal 128 GB.

Sementara untuk harganya, Tecno POVA 4 sudah mengalami penurunan harga beberapa kali. Ketika artikel ini dibuat, HP ini dijual dengan harga sekitar Rp2,3 jutaan saja.

Di sisi lain, Tecno POVA 5 hadir di Indonesia dengan varian warna yang lebih banyak yaitu Mecha Black, Amber Gold, dan Free Fire Edition.

Untuk varian memorinya, Tecno POVA 5 ini menawarkan varian yaitu RAM 8 GB dengan memori internal 256 GB. Sedangkan untuk harganya adalah Rp2,2 jutaan untuk pasar Indonesia.

Simpulan

Tecno POVA 4 dan POVA 5 menjadi salah satu HP terjangkau dengan kualitas menarik. Mulai dari desainnya yang unik dan berbeda dari HP lain pada umumnya. Hingga performa gaming yang ditawarkan untuk kelasnya yang sudah cukup tangguh. Bagaimana tidak, keduanya sudah dibekali chipset Helio G99 dengan baterai jumbo 6000 mAh.

Meski begitu, keduanya memiliki rentang waktu peluncuran yang cukup jauh. Jadi, tidak heran jika keduanya ini memiliki beberapa perbedaan di spesifikasi serta kemampuannya. Misalnya kemampuan layar dari Tecno POVA 5 yang sudah jauh lebih baik dengan resolusi Full HD serta refresh rate mencapai 120 Hz.

Selain itu, kapasitas memori internal yang ditawarkan Tecno POVA 5 juga lebih besar mencapai 256 GB. Beberapa sektor lainnya juga mengalami peningkatan dan menjadi pembeda dari keduanya, seperti fitur pengisian daya dan kemampuan speaker stereonya.

Nah, itulah beberapa perbedaan dari Tecno POVA 4 dan POVA 5 yang cukup menarik untuk dibahas. Selain yang sudah disebutkan, mungkin masih terdapat beberapa perbedaan kecil lain dari keduanya. Kira-kira, mana yang lebih menarik perhatian Anda? Apakah Tecno POVA 4 atau Tecno POVA 5 yang lebih baru?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram