Carisinyal / Samsung 2020 / Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M11

Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M11

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Lagi-lagi Samsung meluncurkan produk untuk seri Galaxy M, yakni Samsung Galaxy M11. Ponsel yang sudah dapat dipesan sejak Mei 2020 ini memiliki spesifikasi, fitur, serta banderol harga yang sangat ditujukan untuk kaum anak muda.

Anda sudah bisa membawah pulang Samsung Galaxy M11 dengan harga Rp2.099.000,- saja. Dengan harganya yang murah begini, apakah Galaxy M11 berhasil memenuhi ekspektasi dari konsumennya? Yang pasti, ponsel ini cukup banyak mengalami peningkatan dari Galaxy M10. Nah, daripada penasaran, yuk simak 10 kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M11 pada artikel ini!

Spesifikasi Samsung Galaxy M11

Samsung Galaxy M11
  • Rilis: Mei, 2020
  • Layar: PLS TFT, 6,4 inci
  • Chipset: Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
  • GPU: Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 5 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Samsung Galaxy M11

Apa ya kira-kira yang membuat HP ini layak dilirik? Daripada bertanya-tanya, lebih baik disimak saja penjabaran kelebihan Samsung Galaxy M11 berikut ini.

1. Baterai Tahan Seharian

baterai 5000 mah (2)

Seperti yang bisa diekspektasikan dari seri Galaxy M, baterai dari Galaxy M11 ini memiliki kapasitas yang besar, yakni 5000 mAh. Ini adalah salah satu perbedaan paling mencolok dibandingkan dengan Galaxy A11 yang hanya menghadirkan baterai 4000 mAh.

Selain tahan lama, ponsel ini juga dibekali dengan dukungan fast charging 15 W. Walaupun angka ini terbilang lebih kecil dibandingkan fast charging 18 W pada beberapa HP lain di harga yang sama, kehadiran fitur ini tetap layak diapresiasi dibandingkan waktu pengecasan standar 10 W.

2. Layar Infinity-O Display Berukuran Besar

layar galaxy m11

Samsung memang mengerti kebiasaan konsumennya. Dengan maraknya situs streaming film seperti Netflix, iflix, dan Hulu, HP dengan layar lebar memang lebih digemari.

Samsung Galaxy M11 sendiri telah menghadirkan layar dengan desain Infinity-O Display berukuran 6,4 inci sehingga aktivitas menonton pun bisa lebih immersive. Resolusi dari layar ini adalah 720 x 1560 piksel (sudah mengusung HD+) serta memiliki kerapatan piksel 268 pixels per inch.

Kehadiran “tompel” atau lubang kamera depan ini sungguh bermanfaat agar ukuran bezel pada layar bisa ditekan sekecil mungkin. Desain penempatan punch-hole ini juga sudah mengikuti tren zaman sekarang ketimbang desain poni tetesan air yang sempat marak di tahun 2019.

3. Hadir dengan Triple Camera

triple camera

Untuk membuat Generasi Z lebih tertarik lagi pada ponsel ini, Samsung Galaxy M11 sudah dihadirkan dengan konfigurasi triple camera yang kualitas gambarnya cukup terlihat oke.

Kamera-kamera ini terdiri dari lensa utama berkekuatan 13 MP, lensa ultra lebar 5 MP, dan terakhir ada sensor kedalaman 2 MP untuk mengambil gambar bokeh.

Alhasil Anda pun mampu mengambil foto dengan efek background blur menggunakan fitur Live Focus, serta mengambil foto panorama dengan sudut keluasan 115 derajat.

Selain dari fitur pengambilan gambar, perekaman video juga terbilang memuaskan dengan resolusi maksimal 1080p pada tingkatan frame rate sebesar 60 FPS.

4. Sensor Sidik Jari dan Face Recognition

galaxy m11 fingerprint and face recognition

Sudah tidak zaman lagi mengandalkan pattern atau PIN untuk membuka kunci layar. Kini fitur fingerprint scanner dan Facial Unlock sudah banyak digemari oleh masyarakat karena durasi pembukaan kunci yang lebih cepat. Samsung Galaxy M11 juga salah satu HP yang tidak mau ketinggalan memiliki kedua fitur ini.

Karena layarnya belum OLED, sensor sidik jarinya diletakkan pada bagian belakang, tepatnya di bawah kamera. Area luas sensornya juga dibuat oval agar lebih terasa natural saat meletakkan jari telunjuk. Face Unlock yang menggunakan kamera depan pada ponsel ini juga bisa menjadi cara ampuh untuk menjaga data pribadi tetap aman.

5. Masih Menghadirkan 3.5mm Jack Audio

galaxy m11 (2)

* sumber: thedesignernews.com

Siapa sih anak muda yang tidak suka mendengarkan lagu? Mendengarkan lagu kesukaan menggunakan headset sungguh menyenangkan dan bisa dilakukan setiap saat. Headset yang paling sering ditemukan memiliki tipe koneksi 3.5mm jack. Kebanyakan HP sudah menghadirkan port tersebut, tapi belakangan ini berbagai produsen HP sudah menghilangkan 3.5mm jack audio pada produknya.

Samsung Galaxy M11 untungnya masih menghadirkan port audio 3.5mm jack ini. Anda pun bisa mendengarkan lagu ataupun menonton film pakai headset sebagaimana mestinya tanpa harus repot-repot menggunakan adapter.

6. Hadir dengan Android 10

galaxy m11

* sumber: www.google.com

Sistem operasi pada HP juga tidak kalah pentingnya, lho! Pasalnya, beberapa sistem operasi senantiasa menghadirkan update-an secara berkala untuk menambahkan fitur-fitur baru pada HP. Ponsel ini sudah dihadirkan dengan One UI 2.0 yang berbasiskan Android 10 yang merupakan Android terbaru saat HP diluncurkan.


One UI 2.0 sendiri adalah “skin” milik Samsung yang memiliki beberapa keunggulan seperti navigation gesture yang sangat nyaman, fitur perekaman layar, serta menghadirkan perangkat lunak facial recognition yang bisa dikustomasi secara mendalam.

Tentu saja berbagai fitur bawaan Android 10 juga turut hadir seperti system-wide Dark Mode, Smart Reply, pengaturan notifikasi secara individual, dan masih banyak lagi.

7. Dukungan Slot MicroSD Khusus

maxresdefault-3

Beberapa HP menyediakan dukungan memori eksternal yang bisa menampung lebih banyak file. Masalahnya, seringkali pengguna disuruh memilih antara menggunakan kartu SIM kedua atau microSD. Dengan Samsung Galaxy M11, Anda sudah tidak perlu lagi memilih.

Pasalnya, ponsel Samsung yang satu ini sudah menghadirkan slot khusus untuk memori eksternal hingga kapasitas 512 GB. Anda pun bisa leluasa menggunakan keduanya (SIM Card 2 dan microSD) dalam waktu yang sama.

Kekurangan Samsung Galaxy M11

Kini, waktunya Anda mengetahui juga soal kekurangan Samsung Galaxy M11. Soalnya, tanpa mengetahui sebuah HP dari dua sisi, kemungkinan ada kekurangan dari HP ini yang tidak Anda suka.

1. Kapasitas Memori Internal dan RAM Terbatas

samsung galaxy m11 ram memori internal kecil

Ingin menginstal banyak aplikasi? Tentunya dibutuhkan HP dengan kapasitas memori internal yang besar. Semakin banyak aplikasi, Anda juga otomatis perlu RAM lebih besar supaya HP tidak mudah lemot.

Samsung Galaxy M11 yang berada di segmen harga 2 jutaan hanya menghadirkan dua varian memori internal sebesar 32 GB dan RAM 3 GB, serta 64 GB dan RAM 4 GB. Memori internalnya berjalan pada teknologi eMMC 5.1. Dengan kapasitas memori internal yang kecil, Anda pun terpaksa harus sering-sering menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan kalau ingin menambah aplikasi baru.

2. Tidak Menghadirkan NFC dan Infrared

samsung galaxy m11 no nfc

Kini fungsi ponsel sudah bukan lagi sekadar menelepon dan mengirim pesan. Contohnya seperti kehadiran fitur NFC (Near Field Communication) yang dapat membuat ponsel Anda menjadi alat transaksi digital yang praktis. Atau, seperti fitur infrared yang bisa menjadikan HP sebagai remote TV, AC, atau perangkat pintar lainnya.

Perlu disesali bahwa Samsung Galaxy M11 tidak dibekali dengan dua fitur berguna ini. Padahal beberapa HP lain di jajaran harga yang sama sudah banyak yang menghadirkan NFC, seperti ponsel-ponsel Nokia ataupun ponsel-ponsel Xiaomi yang sudah banyak memiliki fitur infrared.

3. Performa Chipset Kurang Bagus

snapdragon 450

Salah satu kebiasaan anak muda zaman sekarang adalah bermain game. Dengan dihadirkannya ponsel pintar Android dan iOS, bermain game di HP pun sudah sangat menyenangkan dengan grafis 3D dan gameplay yang beragam. Sayangnya, Samsung Galaxy M11 tidak dihadirkan dengan chipset yang bertenaga. HP ini mengandalkan Snapdragon 450 dengan fabrikasi 14 nm.

Ponsel ini dibekali dengan CPU octa core dengan delapan ARM Cortex A53, serta memiliki clock speed sebesar 1.8 GHz. Sementara untuk GPU-nya, terdapat pengolah grafis Adreno 506.

Kalau soal performa, HP ini masih kalah dengan beberapa pesaingnya di pasar 2 jutaan. Sebab, Xiaomi Redmi Note 8 dan 9 serta Realme 5s saja sudah dibekali dengan Snapdragon 665.

Tapi untuk performa saat bermain game berat, ponsel ini masih kuat mengangkat PUBG Mobile, walaupun pada pengaturan grafis terbatas dan frame rate yang tidak begitu memuaskan, seperti yang terlihat pada video yang diunggah Gizmo Times.

Simpulan

Samsung Galaxy M11 memiliki beberapa keunggulan yang sayang dilewatkan, seperti fitur sidik jari dan face recognition serta baterainya yang tahan lama. Selain itu, Anda pun bisa menikmati pengalaman menonton film berkat layarnya yang lega.

Tapi jangan harapkan performa yang gahar dari ponsel ini. Nampaknya Samsung memang tidak memfokuskan performa sebagai daya tarik dari ponsel seri Galaxy M ini.

Nah, apakah Anda sudah siap menentukan pilihan? Jika Anda memilih untuk membeli Samsung Galaxy M11, klik saja link ini. Kalau Anda masih ingin mencari tahu tentang HP-HP lain dari Samsung dengan rentang harga yang sama, silakan baca-baca mengenai Samsung Galaxy A01 dan Samsung Galaxy A11.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *