carisinyal web banner retina

Kenali 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo V25 Pro 5G

Ditulis oleh Aris Wibowo

vivo Indonesia menyegarkan jajaran produk HP mid-range miliknya dengan memperkenalkan vivo V25 dan vivo V25 Pro 5G. Kehadiran si ponsel pun sekaligus menggantikan kedudukan pendahulunya, yakni vivo V23 dan vivo V23e, yang dirilis pada awal 2022.

Pada artikel kali ini fokus pembahasan adalah vivo V25 Pro 5G. Sebuah ponsel yang punya perubahan dibandingkan seri sebelumnya.

Ubahan yang paling terlihat tentu saja desain. Dalam seri terbaru ini, vivo kembali menghadirkan sebuah kamera depan model punch hole saja. Padahal seri V23, vivo menghadirkan dual kamera depan dengan model poni mirip iPhone 12 dan 13 series.

Lebih lanjut lagi, guna memenuhi kebutuhan pengguna gadget saat ini, vivo juga melakukan peningkatan di bagian layar, chipset, kamera hingga fitur pengisian baterai. vivo bahkan cukup serius membenahi sektor-sektor tersebut agar cocok untuk pengguna dari kalangan anak muda yang aktif dalam dunia kerja maupun dunia sosial.

Nah, pertanyaannya, apa saja keunggulan yang dipunyai vivo V25 Pro 5G? Apakah daya tariknya hanya sebatas desain baru dan fitur 5G saja? Jawabannya akan segera Anda temukan dalam artikel kelebihan dan kekurangan vivo V25 Pro 5G ini. Oleh karena itu, simak pembahasannya sampai habis.

Spesifikasi vivo V25 Pro 5G

vivo v25 Pro
Layar AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1300
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4830 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan vivo V25 Pro 5G

Ada enam poin kelebihan yang kami temukan pada vivo 25 Pro 5G. Enam poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel mid-range ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain Elegan Nan Nyaman

vivo v25 pro desain

Penampilan vivo V25 Pro 5G benar-benar berubah dan nampak lebih elegan. Bodi belakangnya menampilkan warna yang cantik yang dapat berubah sesuai kondisi pencahayaan di lingkungan sekitar. Selain itu, produsen juga mendesain ulang bagian bodi belakang dan samping agar lebih ergonomis dan nyaman di tangan. 

Bodi belakangnya tampak mewah dengan modul kamera berbentuk persegi yang agak menonjol di bagian atas kiri. Sementara itu, di bagian bawah kiri ada tulisan vivo. Permukaan bodinya pun tampak halus namun tidak licin di tangan.

vivo sendiri menggunakan konsep curved glass design dengan pinggiran bodi metal yang solid. Hal ini tentu membuat HP nampak mewah di kelasnya. Apalagi, HP ini hanya memiliki tebal 8,62 mm dan berat 190 gram sehingga Anda tidak perlu khawatir merasa berat dan lelah kala membawa HP ini berkegiatan seharian. 

Sayangnya, vivo belum memberikan keterangan lengkap mengenai fitur perlindungan di HP ini. Namun, vivo mengklaim bahwa vivo V25 Pro tahan terhadap jatuh, goresan dan keringat. 

2. Layar AMOLED 120Hz

vivo v25 pro layar

Layar vivo V25 Pro 5G hadir dalam ukuran yang cukup ideal yakni 6,5 inci. Layar ini tampak mewah karena sudah menggunakan panel AMOLED  dengan resolusi Full HD+. Sejumlah peningkatan pun dihadirkan di sektor layar ini agar HP kian nyaman digunakan.

Peningkatan yang pertama ialah layarnya sudah menggunakan refresh rate 120 Hz. Ini lebih besar daripada seri V23 yang hanya 90 Hz. refresh rate yang dihadirkan juga bersifat adaptive. Layar pun dapat menyesuaikan tampilan refresh rate dari 60 Hz ke 120 Hz secara otomatis. Hal ini akan membuat baterai lebih hemat.

Dengan refresh rate yang tinggi, tampilan atau pergerakan animasi di layar akan lebih halus. Fitur ini sangat terasa ketika Anda menggunakan HP vivo untuk browsing, mengakses media sosial hingga bermain game.

Keunggulan layar yang kedua ialah kecerahan layar yang cukup tinggi yakni 1300 nits. Dengan kecerahan yang tinggi, Anda dapat menggunakan HP dalam kondisi dalam dan luar ruangan lebih nyaman.

Sebagai informasi tambahan, layar vivo X80 Pro sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1. Sehingga Anda bisa memutar film di Netflix, HBO Go, dan sejenisnya, dengan resolusi tertinggi di HP ini. Layar HP ini juga mendukung pemutaran konten HDR10+.

3. Fingerprint Under Display

vivo v25 pro 5g cover

Selain berfungsi sebagai penampil konten, layar vivo V25 Pro 5G juga memikul tugas sebagai penyedia fitur keamanan. Pasalnya, di dalam layar HP ini ditanami sensor pemindai sidik jari.

vivo masih memakai teknologi optical standar. Walaupun demikian, sensor ini terbukti cepat dan akurat membaca sidik jari. Apalagi, posisi sensor juga pas di area bawah layar yang mudah dijangkau. 

4. Dapur Pacu yang Sangat Mumpuni 

vivo v25 Pro 5G

vivo V25 Pro 5G diperkuat oleh SoC MediaTek Dimesity 1300. Diatas kertas, performa chipset ini tentu cukup kencang dan mampu untuk multitasking dan bermain game. 

Chipset ini memang bukan chipset yang populer dan umum digunakan. Chipset dengan fabrikasi 6 nm ini terdiri dari 1 buah core Cortex A78 berkecepatan 3.0 Ghz, 3 buah Cortex A78 berkecepatan 2,6 Ghz dan 4 buah core Cortex A55 berkecepatan 2.0 Ghz. 

Chipset ini juga disokong pengolah grafis Mali G77. Dengan spesifikasi ini, ponsel dapat menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar tanpa lag.

Sekilas chipset Dimensity 1300 ini memang mirip dengan Dimensity 1200. Namun, ternyata chipset ini membawa beberapa hal baru seperti teknologi HyperEngine 5.0, Teknologi ini diklaim MediaTek mampu meningkatkan performa kala bermain game dengan grafis tinggi. Selain itu, teknologi ini juga mampu mengatur mesin agar tidak panas berlebih.

Kini saatnya membahas performa si ponsel, Kami pun merujuk pengujian yang dilakukan oleh GSMArena dengan unit vivo V25 Pro 5G RAM 12 GB.

Pada AnTuTu 9, vivo V25 Pro mencetak skor 704.090. Skor tersebut sudah tinggi, walau belum setinggi vivo V23 Pro dan Google Pixel 6a. Pengetesan selanjutnya adalah mengenai kemampuan CPU pada GeekBench 5. Hasilnya impresif, skor single-core HP ini menyentuh 858, sedangkan multi-core-nya tembus 2521. 

antutu  vivo v25 pro

Dalam pengujian di kondisi nyata, GSMArena mengaku terkesan dengan performa vivo V25 Pro. Ponsel ini mampu mengerjakan tugas harian dengan mulus lancar. Multitasking, browsing, streaming, mengedit gambar, dan bermain game, semua terasa cepat.

Hal berbeda diungkap oleh Nishit Raghuwanshi Rudra dari Smartprix.com, ia juga menguji vivo V25 Pro 5G versi RAM 12 GB. Kala digunakan bermain game seperti Call Of Duty Mobile, memang tidak ditemukan masalah pada gameplay maupun grafis. Masalah muncul justru pada bodi ponsel yang terasa hangat. 

Lebih lanjut lagi, Nishit mengaku puas dengan performa HP ini apalagi ada fitur game space bawaan vivo yang membuat performa HP lebih optimal. Dalam fitur ini juga ada fitur screenshot dan pengubah suara untuk bermain game secara online.

5. Kamera Utama 64 MP dengan OIS

kamera vivo v25 pro

vivo masih mengandalkan konfigurasi kamera lama pada vivo v25 Pro 5G. HP ini tetap memiliki kamera utama, kamera ultrawide, dan kamera makro. 

Selanjutnya, mari kita bahas secara rinci spesifikasi satu per satu kamera HP ini. Untuk kamera utama, vivo memasang sensor Samsung ISOCELL GW1 dengan ukuran 1/1,72 inci. Kamera tersebut memiliki bukaan f/1.9, dilengkapi OIS, dan tentu saja autofokus PDAF.

Lalu kamera ultrawide-nya memiliki resolusi 8 MP dan didukung sensor Omnivision (1/4 inci). Kamera ini punya bukaan f/2.2, dan sudut pandang 120°. Terakhir, ada kamera makro 2 MP sensor Omnivision bukaan f/2.4.

Di bagian kamera depan, vivo menggunakan kamera resolusi 32 MP dengan sensor Samsung ISOCELL, bukaan f/2.5, dan autofokus. Sensor yang digunakan kabarnya mirip dengan sensor pada kamera depan Samsung Galaxy A52s. 

Sensor yang diusung dalam kamera depan ini mampu menghasilkan foto yang detail. Menariknya, sensor ini membuat kulit wajah tampak natural. Tambahan teknologi AI terbaru membuat warna yang dihasilkan cukup tajam.

Perihal perekaman video, resolusi 4K 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi 1080p 30 fps.

Berbagai fitur turut disematkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satunya adalah Super Night  Portrait. Fitur ini mampu menghasilkan foto di kondisi minim cahaya dengan sangat mengesankan.  

Dalam sampel yang diambil oleh GSMArena, foto jepretan kamera utama terlihat bagus di semua kondisi pencahayaan. Itu termasuk foto low light. Untuk foto zoom pun sangat rapi dan natural.

Lanjut ke hasil jepretan kamera ultrawide, fotonya cukup detail. Sayangnya tangkapan kamera ultra-wide kamera HP ini memiliki akurasi warna yang sedikit lebih lembut dibanding kamera utama.

Untuk kamera selfie, tangkapannya memiliki warna yang natural. Terutama foto pada warna kulit. Tekstur pada area muka juga tidak diperhalus alias apa adanya. 

6. Fast Charging 66W 

vivo V25 Pro 5G

vivo V25 Pro 5G dibekali baterai dengan kapasitas 4830 mAh. Kapasitas tersebut memang biasa saja bahkan terasa kecil untuk standar ponsel masa kini yang memasang baterai 5000 mAh atau 6000 mAh. 

Walaupun demikian baterai tersebut ternyata cukup untuk vivo V25 Pro 5G menyala dari pagi sampai malam. Hal ini menandakan bahwa sistem manajemen daya HP ini cukup bagus disokong teknologi dari chipset MediaTek.

Dalam pengujian pemutaran video lokal yang dilakukan GSMArena, vivo V25 Pro 5G dapat bertahan selama 18 jam 36 menit. Untuk browsing dapat bertahan 15 jam 11 menit, dan untuk menelpon dapat bertahan 27 jam 29 menit.

Adapun vivo menyematkan vivo X80 Pro dengan teknologi pengisian cepat 66W. Menariknya vivo justru menghadirkan charger 80W beserta kabelnya dalam paket penjualan.

Dengan charger bawaan itu, ponsel ini bisa mendapat waktu pengecasan sekitar 30 menit. Pengecasan dengan tempo singkat itu dilakukan untuk mengisi baterai kosong hingga 57%. Untuk terisi penuh membutuhkan waktu hingga 1 jam 7 menit.

Pembahasan berlanjut ke poin konektivitas. vivo V25 Pro 5G mendukung segudang jenis konektivitas. Mulai dari jaringan seluler 5G, WIFi 6, dan Bluetooth 5.2. 

Kekurangan vivo V25 Pro 5G

Di samping enam kelebihan di atas, ada empat hal lain yang mesti Anda perhatikan terhadap vivo V25 Pro 5G. Empat hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi Anda dalam melihat ponsel ini.

1. Tidak Ada Speaker Stereo

vivo v25 pro 5g

Dipasarkan untuk pasar HP mid-range, HP vivo ini ternyata tidak memiliki speaker stereo. vivo hanya mengandalkan satu speaker saja yang terletak di area bawah bodi dekat port pengisian baterai.

Untuk Anda yang menginginkan suara lebih, bisa menggunakan earphone atau headphone. Namun, untuk penggunaan harian, speaker bawaan vivo ini sudah cukup keras dan nyaman di telinga. 

2. Masalah Software

funtouch os 12 kamera vivo v25 pro

vivo v25 Pro dibekali sistem operasi Android 12 dengan balutan software antarmuka Funtouch OS 12. Tampilan UI ini memang bersih, minimalis dan nyaman digunakan. Ada begitu banyak fitur dimiliki antarmuka ini, baik untuk sekadar mengubah penampilan maupun optimasi performa.

Sayangnya, pengalaman layaknya ponsel premium pada software HP ini masih kurang. Penyebabnya karena ada cukup banyak bloatware (aplikasi pra-instal) dan munculnya notifikasi yang tidak diharapkan dari bloatware tersebut.

3. Bug Aplikasi Kamera Bawaan

vivo v25 Pro 5G

Sektor kamera vivo V25 Pro 5G ini memang mengesankan. Namun, ternyata masih ditemukan bug yang cukup mengganggu. Menurut GSMArena, ketika HP digunakan memotret dengan mode 64 MP muncul bug pada aplikasi kamera.

Bug tersebut berupa shutter yang tiba-tiba tidak responsive. Alhasil, Anda harus keluar aplikasi kamera dulu, kemudian membukanya lagi agar bisa memotret. Tentu hal ini sangat mengganggu dan membuat Anda kehilangan momen penting.

Untuk beberapa mode lain di aplikasi kamera bawaan vivo, juga sempat terjadi delay. Shutter baru bekerja setelah 3 atau 4 detik ditekan. Hal ini sungguh sangat disayangkan. Semoga saja akan ada update terbaru untuk membenahi bug ini.

4. Tanpa Slot MicroSD, dan Jack Audio 3,5 mm

vivo v25 pro

vivo tampak serius menghadirkan kesan mewah dan elegan pada HP vivo V series ini. Hal ini tampaknya memakan korban dengan dihilangkannya beberapa fitur termasuk tidak adanya slot microSD dan Jack Audio 3,5 mm. 

Dihilangkannya slot microSD membuat Anda tidak punya pilihan untuk memperbesar ruang penyimpanan. Memang, vivo sudah menghadirkan memori internal yang cukup besar yakni 128 GB dan 256 GB. Namun, tetap saja memori penyimpanan tambahan dibutuhkan untuk data-data tertentu.

Maka dari itu, Anda harus memilih varian memori yang tepat agar tidak menyesal di kemudian hari karena kehabisan ruang penyimpanan.

Untuk tidak adanya jack audio 3,5 mm, memang tidak berpengaruh banyak. Namun, tetap saja fitur ini berguna untuk Anda yang gemar mendengarkan musik menggunakan earphone berlama-lama.

Simpulan

vivo V25 Pro 5G merupakan sebuah ponsel mid-range yang lengkap dari sisi desain dan spesifikasinya. Mengusung layar AMOLED, chipset MediaTek Dimensity 1300, dan fast charging 66W, membuat HP ini cocok untuk digunakan harian maupun bekerja membuat konten.

Apalagi, vivo menghadirkan sektor kamera yang cukup apik baik di sisi kamera belakang dan depan. Anda pun bisa menghasilkan foto dan video dengan baik mengingat adanya fitur OIS.

Sayangnya, sektor kamera ini terasa kurang mantap dan tidak lebih baik dari seri V23 Pro. Selain itu, harga ponsel ini terbilang lebih tinggi dibanding para pesaingnya.

Bagaimana menurut Anda, apakah ponsel ini cukup menarik?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram