Yuk, Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y21s Berikut!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Memasuki awal September 2021, vivo selaku brand HP Android ternama dari Tiongkok meluncurkan varian seri Y yang murah meriah ke pasar Indonesia. Adalah vivo Y21s, ponsel 2 jutaan yang sudah tawarkan resolusi kamera tinggi dan desain bodi yang telihat premium.

Ini bisa dibilang sebuah upgrade ketimbang vivo Y21 yang duluan meluncur. Dengan varian "s" ini, pengguna akan merasakan peningkatan di beragam sektor. Mau tahu apa saja kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan vivo Y21s ini? Tanpa perlu menunggu lebih lama lagi, yuk simak ulasan singkat di bawah ini!

Spesifikasi vivo Y21s

Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan vivo Y21s

Apakah vivo Y21s sanggup bertahan di pasar entry-level? Ini sungguh tergantung dari kelebihan apa saja yang dimilikinya. Yuk, intip beberapa poin kelebihan berikut!

1. Chipset Helio G80 yang Gahar

helio g80

Jika sebelumnya vivo Y21 hanya dibekali dengan Helio P35 sebagai chipsetnya, kini vivo Y21s lebih canggih. Ya, dapur pacunya mengandalkan Helio G80 yang menawarkan proses manufaktur 12 nm FinFET dengan konfigurasi octa-core.

Inti-inti yang terintegrasi di dalamnya mencakup dua buah ARM Cortex A75 berkekuatan 2 GHz sebagai inti high performance, dan enam biji ARM Cortex A55 berkekuatan 1,8 GHz sebagai inti hemat daya.

Di dalamnya juga tersemat kartu pengolah grafis berupa ARM Mali-G52 MC2 (MP2) dengan clock speed 950 MHz. Adapun RAM yang ditawarkannya berupa LPDDR4x Dual Channel pada frekuensi 1866 MHz, memiliki kapasitas RAM 4 GB.

Helio G80 juga terintegrasi dengan modem LTE yang mendukung teknologi Cat7 (unduhan) dan Cat13 (unggahan). Melihat dari skor benchmark AnTuTu v8 yang meraih angka 201.298, membuat Helio G80 ini lebih unggul dibanding Snapdragon 665 namun masih berada di bawah Snapdragon 720G.

Ponsel ini berjalan pada antarmuka Funtouch OS 11.1 yang berbasiskan Android 11. Ia hadir dengan fitur in-game yang bisa mengatur beragam opsi jalannya permainan seperti Ultra Game Mode dan Multi-Turbo. Flash Mobile Game mengatakan bahwa ponsel ini dapat menjalankan PUBG M paling mentok di High HD.

Kendati begitu, ia menggunakan pengaturan Smooth - Ultra untuk coba mendapatkan frame rate tertinggi dari HP tersebut. Ia pun sebutkan kalau fitur gyro pada game ini berfungsi meskipun agak-agak delay. Pun pada frame rate permainannya, masih terasa ada beberapa drop namun cukup stabil.

Yang membuat kami agak terngaga, ternyata vivo Y21s masih kuat mengangkat game seberat Genshin Impact, lho! Pengaturan yang diangkatnya berupa Lowest pada 60 FPS. Meskipun masih terlihat frame drop sesekali, tapi secara umum masih terhitung playable. Sebuah performa yang mengagumkan dari HP semurah vivo Y21s.

2. 50 MP Triple Camera, Peningkatan Drastis dari Varian Reguler

Jika Anda membandingkan HP ini dengan varian regulernya (vivo Y21), maka jelas ponsel ini tergolong unggul pada sektor kamera. Tak lagi hanya menawarkan Dual Camera 13 MP (wide) dan 2 MP (makro) seperti saudaranya, kini vivo Y21s dihadirkan dengan sensor utama 50 MP Triple Camera! Bagaimana spek lengkap ketiga lensa tersebut?

Lensa utamanya menggunakan resolusi 50 MP pada fungsi wide-angle, memiliki bukaan f/1.8. Lalu berikutnya ada sensor kedalaman berkekuatan 2 MP, f/2.4, dan terakhir adalah sensor makro 2 MP, f/2.3. Pada bagian depannya, tersemat sensor selfie 8 MP dengan apertur f/2.0 yang dirancang dalam bentuk desain poni tetesan air.

Kamera ponsel ini juga mendukung fitur mode malam yang cukup layak, bahkan sampai hadirkan beragam filter unik seperti Cyberpunk, Black and Gold, Blue Ice, dan Green Orange. Pas banget bagi pengguna yang ingin membuat konten kreatif dan membagikannya di Instagram.

Belum lagi, perangkat ini juga mendukung fitur AI Eye Autofocus yang dapat mengunci fokus ke arah mata subjek. Sekalipun orang yang kita foto bergerak-gerak, fokus akan terus tertahan pada mata subjek dan menghasilkan ketajaman mengagumkan.

3. Hadirkan Extended RAM +1 GB

vivo Y21s tidak berbeda dengan vivo Y21 dalam hal konfigurasi RAM-nya, masih suguhkan tipe LPDDR4x dengan satu opsi kapasitas saja yaitu 4 GB. Seperti reguler, ponsel ini juga rupanya turut membawakan fitur Extended RAM yang dapat meningkatkan kapasitas RAM sebanyak 1 GB.

Dengan begitu, total usable RAM-nya adalah 5 GB, sedikit lebih baik dalam menjalankan atau menunjang beragam aktivitas berat. Contohnya, bermain game atau melakukan rendering pengeditan video secara ringan. Ketika membuka banyak aplikasi dalam sekali waktu, kemungkinan force close juga akan lebih sedikit berkat RAM yang lebih lega.

RAM ini akan meminjam 1 GB dari kapasitas memori internal. Itu mengapa, usahakan untuk memilih opsi memori internal yang lebih besar jika memang berniat gunakan fitur Extended RAM ini.

4. Desain yang Ramping dan Memukau

vivo Y21s membawakan bentuk desain yang sedikit berbeda dari vivo Y21. Perbedaan ini terletak pada coraknya, di mana vivo Y21s sudah tidak lagi suguhkan corak berlian yang membuatnya lebih terlihat cemerlang. Tapi jangan khawatir, bentukan desain modul kameranya tetap dibuat premium untuk memberikan kesan mahal.

Jika dibandingkan, bump kamera vivo Y21s bahkan hampir mirip seperti seri vivo V dan X. vivo pun menamai desain Y21s ini sebagai Trendy Slim Design, karena ponsel hanya memiliki ketebalan 8 mm dengan bobot 182 gram yang membuatnya enak digenggam.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram