10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Realme C17

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Sebelumnya kami telah membuat sedikit ulasan mengenai ponsel Realme C15 yang memasuki segmen ponsel murah. Sekarang, giliran kelebihan dan kekurangan Realme C17 yang dibahas, terutama karena banyak sekali peningkatan yang membuat seri lanjutan ini berbeda ketimbang generasi pendahulunya.

Segmen harga ini memang cukup menarik, terutama karena Realme memang seringkali memberikan value lebih yang membuatnya sering dianggap sebagai mid range killer. Penggunaan chipset Snapdragon pada Realme C17 juga digadangkan sebagai pembeda utama yang membuatnya istimewa, karena sebelumnya Realme C15 dibekali dengan SoC dari MediaTek.

Realme C17 juga melabeli dirinya dengan slogan "Memori Cadas, Layar Super". Nah, apakah slogan tersebut memang mencerminkan Realme C17? Ataukah hanya tagline belaka? Ketahui jawabannya pada poin-poin kelebihan dan kekurangan Realme C17 di bawah ini.

Spesifikasi Realme C17

Realme C17
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 460
RAM 6 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 13 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Realme C17

Di rentang harga Rp2 jutaan, Realme C17 tergolong ponsel yang layak dipilih. Yuk ketahui beberapa kelebihannya di bawah ini!

1. Memori Internal Besar

realme c17 memori internal

Sebuah potongan slogan dari Realme C17 berbunyi "memori cadas", dan hal ini memang tercermin dari kapasitas memori internal yang besar. Cukup menakjubkan, karena Realme C17 berhasil menjadi segelintir ponsel di Rp2 jutaan yang menghadirkan kapasitas 256 GB pada teknologi UFS 2.1. Di sisi lain, kapasitas penyimpanan ini juga disandingkan dengan RAM berukuran 6 GB LPDDR4X.

Besarnya memori internal ini memungkinkan pengguna untuk menginstal lebih banyak aplikasi pada ponselnya, terlebih karena beberapa porsi dari memori internal sudah terpakai untuk sistem operasi dan beberapa aplikasi bawaan. Jadi ya memang sungguh diapresiasi sekali sih kehadiran kapasitas 256 GB ini.

Nah, selanjutnya, untuk pengguna yang mau menyimpan file berukuran besar seperti mentahan game ataupun koleksi video beresolusi tinggi, tinggal masukkan saja microSDXC pada slot terpisah (hingga kapasitas 256 GB). Ini sungguh menjadi sorotan utama yang digadang-gadangkan Realme C17.

2. 90 Hz Ultra Smooth

realme c17 90 hz

Realme memang punya kebiasaan untuk menyematkan refesh rate 90 Hz pada produk-produknya di segmen harga menengah. Ini terjadi pada Realme 7 dan 7i dan juga pada Realme Narzo. Dan sekarang, Anda pun bisa merasakan layar Realme C17 yang terasa lebih mulus saat berpindah-pindah aplikasi ataupun sekadar melakukan scrolling pada feed Instagram.

Realme C17 tidak hanya unggul dalam segi fitur 90 Hz Ultra Smooth, tapi touch sampling rate-nya juga meningkat jadi 120 Hz. Artinya, pengguna dijamin mampu memberikan input pada layar dengan lebih cepat karena responsivitas layar yang lebih tinggi. Berminat menghancurkan lawan di PUBG Mobile dengan Realme C17?

3. Baterai Super Awet

realme c17 baterai

Ini bukan yang pertama kali Realme menghadirkan baterai besar di produknya. Bahkan, Realme C12 saja disuguhkan dengan baterai berkapasitas 6.000 mAh. Nah, bagaimana dengan Realme C17 sendiri? Sayangnya, perangkat ini sedikit lebih kecil dengan kapasitas 5.000 mAh. Tapi tetap terbilang besar di kelasnya.

Malahan, produk Realme dan OPPO terkenal memiliki fitur peranti lunak yang semakin membuat baterainya bertahan lebih lama. Fitur ini dinamakan Super Power Saving Mode, dan pengguna Realme C17 bisa menjalankan Spotify atau WhatsApp hingga berjam-jam sekalipun sisa baterai tinggal 5% lagi.

Yang lebih menakjubkannya lagi, Realme mengklaim kalau seri C17 ini bisa bertahan selama 34 hari dalam keadaan stand-by alias siaga. Ya, lebih dari sebulan!

4. Fast Charging 18 W

realme c17 fast charging

Pada ponsel yang menghadirkan kapasitas baterai sangat besar, tidak terbayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengecasnya hingga penuh. Tapi hal ini tentu berbeda dengan Realme C17, di mana perangkat sudah dibekali dengan kemampuan fast charging 18 W yang membuatnya mampu mencapai angka 100% dengan lebih cepat.

Ditambah lagi, Realme membawa peningkatan ketimbang Realme C15 dari segi port pengecasan, karena Realme C17 sudah menggunakan USB Tipe-C alih-alih microUSB 2.0 pada beberapa generasi pendahulunya.

Kemampuan pengisian daya ini cukup standar di kelas harganya, sehingga cukup wajar Realme C17 menghadirkan fast charging ini. Dari video pengujian yang dilakukan oleh whatmobile, Realme C17 ternyata mampu dicas sampai penuh dalam waktu 3 jam.

Mungkin masih terasa cukup lama, tapi mengingat segmen harganya yang berada di rentang Rp2 jutaan, durasi ini masih terbilang wajar. Oh iya, Realme C17 juga punya fitur reverse charging untuk mengecas perangkat lain, lho!

5. Quad Camera

realme c17 quad camera

Karena ini merupakan ponsel Realme di rentang harga Rp2 juta, tentu Realme C17 juga menghadirkan kombinasi empat kamera untuk menunjang kebutuhan fotografi harian. Kamera-kamera ini disusun ke dalam modul persegi panjang yang disimpan di pojok kiri atas bodi belakang, terdiri atas lensa utama berkekuatan 13 MP f/2.2 dengan ukuran sensor 1/3 inci.

Ketiga lensa lainnya adalah kamera ultra wide-angie 8 MP yang memiliki sudut keluasan 119 derajat, kamera monokrom 2 MP f/2.4, dan terakhir adalah lensa retro 2 MP f/2.4.

Fitur-fitur fotografi yang bisa didapatkan meliputi mode HDR, pendeteksian wajah, Chroma Boost, pengaturan ISO, phase detection autofocus alias PDAF, pendeteksian adegan, dan masih banyak lagi.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram