Carisinyal / Realme 2020 / Yuk, Kenali 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 7 Pro Ini

Yuk, Kenali 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 7 Pro Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bersamaan dengan peluncuran Realme C17 di pasar Indonesia pada 14 Oktober 2020, sub-brand dari OPPO ini juga merilis Realme 7 Pro yang bisa di-pre-order seharga Rp4.999.000,-. Varian Pro ini merupakan sebuah bentuk follow-up untuk Realme 7 dan 7i yang telah duluan memunculkan dirinya di segmen harga mid-range.

Karena Realme 7 Pro berada di rentang harga lebih mahal, perangkat ini memang lebih layak banding dengan Realme 6 Pro sebagai generasi pendahulunya. Nah, kira-kira apa yang menjadi sorotan pada Realme 7 Pro dan apakah varian ini lebih layak ketimbang Realme 6 Pro dan Realme 7? Berikut kami sajikan kelebihan dan kekurangan Realme 7 Pro sebagai bahan rujukan Anda.

Spesifikasi Realme 7 Pro

Realme 7 Pro
  • Rilis: Oktober 2020
  • Layar: Super AMOLED 6.4 inci
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: 4.500 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Realme 7 Pro

Penasaran dengan Realme 7 Pro yang hadir dengan segudang kelebihan? Nah, ini dia beberapa kelebihan perangkat yang mungkin akan menarik hati Anda untuk membelinya.

1. Layar Super AMOLED

realme 7 pro super amoled

Realme 7 Pro berbeda dengan Realme 7 ataupun Realme 6 Pro dari segi panel layar. Alih-alih menggunakan IPS LCD, Realme 7 Pro justru menawarkan Super AMOLED yang berkualitas dan tajam sebesar 6,4 inci.

Ini merupakan sebuah peningkatan yang jarang ditemui pada Realme seri angka, karena seri ini memang banyak didominasi oleh ponsel berpanelkan IPS LCD. Layarnya ini juga telah mengantongi resolusi Full HD Plus tentunya, sama seperti Realme 7.

Layar Realme 7 Pro juga terbilang cukup terang di kelas harganya, mencapai tingkat kecerahan maksimum sebesar 459 nits sedangkan jika disetel pada mode Auto, tingkat kecerahan maksimalnya mencapai 585 nits.

Kehadiran layar Super AMOLED ini juga menyebabkan Realme 7 Pro mampu menaruh sensor sidik jari di dalam layar. Selain itu, Realme 7 Pro juga mengusung layar yang memiliki visibilitas baik walau berada di bawah terik sinar matahari, berkat kontras rasio yang sangat luas.

2. Chipset Tangguh untuk Bermain Game

realme 7 pro snapdragon 720G

Jika Anda khawatir apakah Realme 7 Pro tidak akan sebaik pendahulunya dalam memainkan game, tidak usah takut. Pasalnya perangkat ini masih membawa chipset Snapdragon 720G, sama seperti Realme 6 Pro.

Kalau dibandingkan dengan Realme 7, penggunaan chipset ini tentu sebuah peningkatan drastis ketimbang Helio G95. Kini Anda pun bisa menjalankan beragam game berat tanpa kendala, bahkan saat di-setting pada pengaturan grafis yang HD sekalipun.

Menggabungkan chipset bertenaga dari Qualcomm dengan dukungan RAM 8 GB LPDDR4x, Realme 7 Pro juga bisa diandalkan untuk berganti-ganti aplikasi dengan cepat ataupun membuka banyak tab saat browsing.

Perangkat yang menggunakan sistem operasi Realme UI ini terbukti tangguh dalam memainkan permainan seperti PUBG Mobile. Pada game ini, sebuah video dari lctfix.net mengungkapkan bahwa pengaturan yang bisa diangkat adalah HD pada frame rate High.

Sementara saat diatur pada grafis Balanced, kecepatan frame rate bisa ditingkatkan pada opsi Ultra. Sesi permainan pun berjalan dengan begitu lancar dan nyaman, tanpa ada lag yang terasa.

3. Baterai Berkapasitas 4.500 mAh

realme 7 pro baterai

Realme 7 Pro memang tidak memiliki kapasitas baterai sebesar Realme 7 reguler, karena hanya mengantongi angka 4.500 mAh alih-alih 5.000 mAh. Tapi hal ini tentu masih wajar mengingat Realme 7 Pro mengusung panel layar Super AMOLED yang lebih awet dari segi ketahanan baterai.

Yang pasti, keberadaan kapasitas 4.500 mAh ini jelas merupakan sebuah peningkatan ketimbang Realme 6 Pro yang hanya sebesar 4.300 mAh. Padahal Realme 6 Pro yang menjadi generasi predesornya ini masih memakai panel IPS LCD.

Berdasarkan video pengujian dari lctfix.net, terlihat bahwa penggunaan Realme 7 Pro selama 23 menit saat bermain PUBG Mobile hanya mengurangi baterai dari 100% menjadi 96% saja. Menakjubkan, bukan?

4. SuperDart 65W

realme 7 pro 65w superdart

Kapasitas baterai bukan satu-satunya yang mengalami peningkatan, karena kapasitas baterai yang besar ini juga dilengkapi dengan Fast Charging 65 W yang diklaim bisa mengecas daya hingga 100% dalam waktu 34 menit. Apa klaimnya sesuai dengan kenyataan?

Nah, sebuah video YouTube yang diunggah RevAtlas juga mengonfirmasi hal ini, di mana ia mengecas Realme 7 Pro dari kondisi baterai kosong hingga 100% dalam waktu 35 menit.


Hanya meleset satu menit dari klaimnya Realme, tapi justru ini menunjukkan durasi pengisian yang luar biasa cepat. Ini tentu merupakan salah satu peningkatan yang bisa diapresiasi, mengingat Realme 6 Pro hanya mengusung Fast Charging 30 W saja.

5. Stereo Speaker yang Kencang

realme 7 pro stereo speaker

Untuk Anda yang menginginkan pengalaman mendengarkan musik yang menggelegar walau tanpa headset, Realme 7 Pro sudah tergolong ampuh karena mengandalkan dua buah speaker yang terletak di bagian bawah dan atas ponsel. Volume suara yang dihasilkan dari speaker ini terbilang sangat kencang, walaupun kualitasnya masih terdengar lebih bagus saat memakai earphone.

6. Kinerja Quad Camera yang Handal

realme 7 pro kamera

Meskipun Realme 7 Pro adalah versi lebih baik dari Realme 7, rupanya tidak ada peningkatan resolusi dari keempat kameranya. Perangkat masih menggunakan sensor Sony IMX682 sebagai lensa utama dengan resolusi 64 MP f/1.8, tidak berbeda dengan Realme 7. Persamaan ini juga terletak pada ketiga lensanya yang terdiri dari sensor ultra lebar 8 MP f/2.3, kamera 2 MP makro, dan terakhir adalah lensa 2 MP untuk mode bokeh.

Dari segi kualitas foto, Realme 7 Pro ini juga sama-sama bisa diandalkan untuk fotografi siang hari maupun malam hari. Beberapa sumber seperti GSM Arena dan Smartprix mengatakan kalau kameranya bisa memberikan rentang dinamis dan detil yang tajam untuk hasil foto siang hari.

Pengurangan kualitas tentu terlihat pada kondisi minim pencahayaan, tapi cukup terbantu dengan baik saat memakai mode malam. Tidak lupa, di Realme 7 Pro juga terdapat beberapa filter malam hari yang membuat karya foto terlihat lebih fresh dan unik. Sementara di bagian lensa depan, Realme 7 Pro kini menghadirkan resolusi dua kali lipat lebih besar dari Realme 7, yakni 32 MP.

Berikut ini kami hadirkan beberapa sampel foto dari kamera utama, makro, dan pemotretan malam hari yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

hasil fotografi realme 7 pro main camera

* sumber: www.smartprix.com

hasil fotografi realme 7 pro makro

* sumber: www.gsmarena.com

hasil fotografi realme 7 pro minim pencahayaan

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=BsRr5QcXxWA (Technolobe)

7. Kehadiran NFC Multifunctions di Pasar Indonesia

realme 7 pro nfc

Realme 7 Pro nampaknya mengikuti jejak Realme 7 dalam hal pengadaan NFC. Pasalnya, NFC pada perangkat ini hanya tersedia untuk pasar Indonesia saja, sementara model yang tersedia untuk pasar global justru tidak dilengkapi dengan fitur berguna ini.

Sebagai informasi, NFC Multifunctions di Realme 7 tidak hanya dapat digunakan untuk melakukan transaksi cashless saja, melainkan juga untuk menduplikasi kartu digital supaya bisa membuka pintu apartemen atau kantor hanya dengan menggunakan ponsel.

8. Desain Bodi yang Ergonomis

realme 7 pro desain

Kendati Realme 7 Pro adalah ponsel yang dihadirkan untuk pasar harga murah, bukan berarti desain bodinya tidak diperhatikan dengan sungguh-sungguh oleh Realme. Perangkat varian Pro ini mengikuti jejak Realme 7, menyuguhkan desain bodi belakang yang terinspirasi dari kaca.

Bahan material plastik polikarbonat miliknya juga memberikan efek halus dan enak saat digenggam. Ada sebuah bentuk garis yang menjadikan warna belakangnya memiliki dua tone, sama seperti Realme 7.

Bedanya, modul kamera pada varian Pro ini dibuat lebih pendek dan tebal. Untuk pilihan warnanya, tersedia Mirror Silver, Mirror Blue, dan ada juga versi Special Edition dengan warna Sun Kissed Leather (oranye dan putih).

Kekurangan Realme 7 Pro

Selain dari kelebihannya, Realme 7 Pro juga ternyata mempunyai beberapa kekurangan yang cukup disayangkan seperti yang bisa dilihat di bawah ini.

1. Absennya Refresh Rate 90 Hz

realme 7 pro 60 hz

Untuk pengguna yang ingin mencicipi kenikmatan refresh rate yang tinggi, mungkin harus mencari opsi lain. Soalnya, Realme 7 Pro ini memang hanya mentok di laju penyegaran 60 Hz yang konvensional.

Tentu kekurangan ini cukup wajar mengingat panelnya sudah menggunakan Super AMOLED, dan Anda pastinya akan kesulitan mencari ponsel lain di rentang harga yang sama namun menyediakan laju penyegaran 90 Hz pada panel Super AMOLED.

2. Tanpa Lensa Telefoto

realme 7 pro tanpa telefoto

Keberadaan lensa telefoto pada ponsel kini sudah menjadi hal umum. Salah satu HP Realme yang memiliki lensa telefoto adalah Realme 6 Pro. Kendati demikian, rupanya lensa telefoto ini absen dari Realme 7 Pro.

Alih-alih memberikan lensa telefoto, Realme 7 Pro malah menggantinya dengan sensor kedalaman berkekuatan 2 MP. Itu mengapa Realme 7 Pro sama sekali tidak diberikan kemampuan zoom lossless seperti pendahulunya. Untuk melakukan pemotretan jarak jauh, setidaknya Realme 7 Pro masih mampu melakukan zoom digital sebanyak 2x dan 5x.

Simpulan

Untuk bisa memuaskan pelanggan yang haus akan konsumsi konten, layar Realme 7 Pro yang merupakan Super AMOLED adalah sebuah perubahan yang sudah lama dinantikan. Terlebih dengan fast charging Super Dart 65 W yang bisa mengisi daya secepat kilat, membuat perangkat ini lebih menggiurkan ketimbang Realme 6 Pro maupun Realme 7.

Tapi pengadaan Super AMOLED ini sayangnya berdampak pada laju penyegaran yang hanya menawarkan 60 Hz saja alih-alih 90 Hz seperti varian regulernya. Ditambah lagi, tidak adanya lensa telefoto pada Realme 7 Pro juga berdampak pada berkurangnya daya tarik.

Dapatkan Realme 7 Pro dengan mengklik link ini. Atau jika berkenan, Anda pun bisa melihat kelebihan dan kekurangan Realme 7 yang ditawarkan dengan selisih harga Rp1 juta lebih murah.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *