Simak 10 Kelebihan kekurangan Samsung Galaxy A22 Ini

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Pada akhir Juni 2021, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) telah merilis produk berikutnya pada jajaran seri Galaxy A, yakni Samsung Galaxy A22 LTE. Ini adalah sebuah tindakan follow-up setelah sepekan sebelumnya mereka mengeluarkan Samsung Galaxy A22 5G.

Hadir dengan koneksi 4G saja, sudah pasti kalau harga yang ditawarkan ponsel ini jadi lebih murah yakni hanya Rp2.999.000,- (harga rilis) saja. Perbedaan harga ini hanya selisih beberapa ratus ribu dibanding varian 5G-nya yang punya harga Rp3.299.000,-.

Tapi yang akan membuat konsumen tercengang, rupanya Galaxy A22 LTE punya beberapa fitur yang lebih baik dari varian 5G, lho! Apa sajakah kelebihannya itu? Dan kira-kira kekurangan apa yang harus diketahui konsumen sebelum membeli? Yuk, simak spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan Samsung Galaxy A22 LTE berikut ini!

Spesifikasi Samsung Galaxy A22

Fix Samsung Galaxy A22
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Samsung Galaxy A22

Kalau mau cari ponsel Rp3 juta yang performa dan layarnya bagus, Samsung Galaxy A22 mungkin akan membuat Anda tergiur. Apa lagi kelebihan-kelebihan lainnya? Simak yang berikut ini.

1. Chipset Helio G80 yang Powerful

helio g80

Jika ingin rasakan pengalaman gaming tanpa buat kantong jebol, Samsung Galaxy A22 yang gunakan chipset MediaTek Helio G80 ini siap jadi andalan.

Pasalnya, Helio G80 yang memiliki fabrikasi 12 nm dan TDP 5 W ini termasuk SoC paling gahar di ranah ponsel entry-level dengan efisiensi daya yang cukup tinggi.

Chipset ini menawarkan kartu pengolah grafis Mali-G52 MP2 pada frekuensi 950 MHz dan konfigurasi octa core yang mencakup dua inti ARM Cortex A74 pada 2 GHz sebagai performance core dan enam ARM Cortex A55 berkekuatan 1,8 GHz sebagai efficiency core.

Sementara itu, RAM pada Samsung Galaxy A22 memiliki kapasitas 8 GB pada tipe LPDDR4x Double Channel berfrekuensi 1866 MHz. Pun dengan memori internalnya yang 128 GB, memungkinkan pengguna untuk memuat lebih banyak aplikasi dan game.

Sayangnya, memori internal ini masih gunakan standar eMMC yang terbilang jadul, alih-alih UFS yang punya kecepatan transfer data yang lebih baik.

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy A22 terbilang cukup apik dalam mengangkat game-game terkini. Bahkan untuk Genshin Impact yang merupakan salah satu game mobile terberat di dunia, HP ini bisa memainkannya dengan frame rate cukup baik.

Menurut lctfix.net, Galaxy A22 bisa mengangkat permainan di angka 30 FPS. Meskipun menggunakan setting-an Low. Sedangkan pada pengaturan Lowest, Genshin Impact bisa dimainkan pada frame rate rata-rata 60 FPS.

Adapun saat memainkan game battle royal semacam PUBG M, kanal YouTube TEST GAME mengungkapkan Samsung Galaxy A22 bisa menjalankan game dengan baik pada Smooth - Ultra.

Samsung Galaxy A22 memang bukanlah ponsel yang difokuskan untuk gaming, tapi jika Anda seorang gamer sungguh tidak ada salahnya menggunakan Galaxy A22. Karena, performa yang ditawarkannya cukup proper di kelas harga 2 jutaan.

2. Pilihan Warna yang Chic dan Minimalis

Sama seperti Galaxy A32, A52, dan A72, kali ini Samsung pun mengambil approach yang sama dari segi desain. Dari warna-warnanya yang terlihat chic dan bergaya anak muda, Galaxy A22 terbilang punya desain warna yang paling berani dan beda sendiri ketimbang ponsel-ponsel lain yang cenderung punya warna flashy atau bernuansakan gradient.

Untuk versi yang masuk ke Indonesia, Samsung Galaxy A22 disuguhkan dengan tiga varian warna yakni Black, Mint (hijau), dan juga Violet. Bagian belakangnya terbuat dari material plastik polikarbonat, begitu juga dengan bingkainya.

Dimensi bodi berkutat di 159.3 x 73.6 x 8.4 mm yang menurut kami tidak begitu tebal tapi juga bukan yang paling tipis. Dengan bobotnya yang 186 gram, membuat Samsung Galaxy A22 cukup enak untuk dipegang dan dioperasikan sehari-hari.

3. Layar Super AMOLED + Refresh Rate 90 Hz

Salah satu keistimewaan dari Samsung Galaxy A22 adalah penggunaan panel layar Super AMOLED. Panel ini suguhkan kontras rasio lebih luas ketimbang IPS LCD, juga menyuguhkan efisiensi daya lebih baik berkat tampilan warna hitam sesungguhnya.

Berada pada ukuran 6,4 inci pada resolusi HD+, Samsung Galaxy A22 juga punya tawaran brightness hingga 600 nit saat melihat konten HDR. Dengan refresh rate 90 Hz yang 50% lebih tinggi dari normal, pengguna bisa merasakan gerakan animasi yang lebih mulus setiap konten layar bergerak.

4. Baterai 5.000 mAh Jumbo

Sudah pasti, baterai menjadi salah satu pertimbangan saat memilih Samsung Galaxy A22. Perangkat Samsung tersebut dilepas dengan kapasitas 5.000 mAh pada tipe Li-Polymer non-removable.

Ini merupakan kapasitas yang paling sering dipilih pada ponsel seharga Rp3 juta. Yang membuatnya istimewa, Galaxy A22 menggunakan panel Super AMOLED yang awet sehingga kapasitas sebesar ini benar-benar bisa membuat ponsel bertahan lebih lama.

Sebuah video pengujian yang diunggah APS TechTV mengungkapkan seberapa lama Samsung Galaxy A22 dapat bertahan dibandingkan beberapa ponsel Samsung lainnya.

Saat digunakan untuk memutar video selama 2 jam 30 menit, Galaxy A22 menyisakan baterai yang cukup besar yakni 85%. Padahal, ponsel lain seperti Galaxy A52 menyisakan 70% dengan Galaxy A12 dan A32 menyisakan 81%.

Pada aktivitas berikutnya, Galaxy A22 dan HP Samsung lainnya diuji dengan merekam video 1080p selama 1 jam. Hasilnya, tetap Galaxy A22 yang paling baik karena menghadirkan sisa baterai paling besar yaitu 71%.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram