carisinyal web banner retina

Inilah 5 Perbedaan Samsung Galaxy A12 dan Galaxy A22

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 22 September 2021

Kesuksesan Samsung dalam merilis Galaxy A12 akhirnya berujung dengan peluncuran produk terbarunya bernama Galaxy A22. Kedua ponsel yang berada di lini A ini dipasok oleh sumber daya baterai berkapasitas sama yakni 5.000 mAh dengan dukungan teknologi pengisian cepat yang bertenaga 15W.

Keduanya juga masing membangun slot untuk audio jack 3.5 mm yang salah satu kegunaanya dapat digunakan untuk memasang earphone. Dalam urusan fitur USB, baik Galaxy A12 maupun Galaxy A22 cocok dengan pemakaian USB Type-C 2.0. Untuk mengenal lebih jauh tentang kedua perangkat ini, silakan baca spesifikasi singkatnya berikut ini:

Spesifikasi Samsung Galaxy A12

Inilah 5 Perbedaan Samsung Galaxy A12 dan Galaxy A22 1
  • Rilis: November 2020
  • Layar: 6,5 inci PLS TFT, HD+
  • Chipset: Mediatek Helio P35 Octa-core 1,8 GHz Cortex-A53
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSD, hingga 1 TB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi Samsung Galaxy A22

Fix Samsung Galaxy A22
  • Rilis: Juni 2021
  • Layar: Super AMOLED 6,4 inci
  • Chipset: MediaTek Helio G80 (12 nm)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 13 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Perbedaan Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy A22

Apakah selepas mengkaji spesifikasi Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy A22 di atas kamu menemukan perbedaan dari kedua ponsel tersebut? Kalau belum, mari kita telusuri bersama tentang perbedaan dari kedua ponsel tersebut di bawah ini:

1. Ukuran Bodi

samsung galaxy a12 tanpa 90 hz

Jika kamu berencana beli Samsung Galaxy A12 maka jangan sampai salah ambil Samsung Galaxy A22 atau mungkin sebaliknya, yah! Karena memang secara penampilan kedua ponsel dari Samsung ini terlihat percis baik depan maupun belakang. Bagian depannya yang terbuat dari gelas menerapkan konsep Water Drop, seperti ada tetesan air di layar atasnya.

Sedangkan, untuk area belakang diracik dari bahan plastik telah menghadirkan sebuah kotak kamera di sisi kiri atasnya. Lalu, pada sisi bingkainya dihiasi oleh tombol volume, power, audio jack 3.5 mm, hingga speaker. Kedua ponsel ini juga mempunyai slot untuk menaruh SIM jenis Nano-SIM dan dual stand-by.

Selisih mulai tampak pada takaran bodi dan dimensi dari kedua ponsel ini. Berbobot 205 gram, Samsung Galaxy A12 mempunyai dimensi 164 x 75.8 x 8.9 mm. Sedangkan, Samsung Galaxy A22 terlahir lebih ringan yaitu 186 gram dengan bodi sedikit mungil berdimensi 159.3 x 73.6 x 8.4 mm. Meski demikian, keduanya tetap enak dan nyaman saat digenggam.

2. Teknologi Layar

samsung galaxy a12 layar hd plus

Dalam menyuguhkan tampilan yang berkualitas pada para penggunanya, pihak Samsung senantiasa menyematkan teknologi layar pada produk-produknya. Hal tersebut tercermin pada layar milik Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy A22, meskipun keduanya punya diferensiasi.

Misalnya soal ukuran layar, Samsung Galaxy A12 muncul ke pasaran dengan 6.5 inci dan Samsung Galaxy A22 terlahir lebih kecil yaitu 6.4 inci. Namun, dalam urusan rasio layar banding bodi tampaknya Samsung Galaxy A22 ulung alias bezel-nya lebih sempit sehingga tampilan layarnya luas yaitu 84.3%, sedangkan Samsung Galaxy A12 mentok pada takaran 82.1%.

Beralih ke panel yang digunakan pada layar Samsung Galaxy A12 adalah PLS IPS, diklaim mampu menyuguhkan sudut pandang lebih luas dan mengkonsumsi daya baterai lebih irit. Berbeda dengan Samsung Galaxy A22 yang memutuskan untuk memakai Super AMOLED, layar sentuhnya lebih halus dan menghasilkan pancaran lebih baik.

Kembaran beresolusi 720 x 1600 piksel, Samsung Galaxy A22 mendapatkan kesempatan untuk membawa laju penyegaran 90Hz yang artinya saat menggulirkan konten atau aplikasi maka layar dapat beroperasi lebih mulus. Sedangkan, untuk Samsung Galaxy A12 laju penyegarannya masih dirahasiakan.

Guna menyuguhkan kualitas layar yang tajam keduanya kompakan telah dilampirkan oleh kerapatan piksel tinggi, akan tetapi seperti biasanya punya jumlah yang berbeda. Samsung Galaxy A12 membawa 271 piksel per inci, sementara Samsung Galaxy A22 berhasil mengumpulkan jumlah kerapatan piksel hingga 274 ppi.

3. Dapur Pacu

2. Android 10 vs Android 11Sumber: techawarness.com

Di dapur pacu kedua ponsel ini punya pertikaian. Di awali sistem operasi dari Samsung Galaxy A12 yang berjalan dengan Android 10 dan antaramuka One UI 3.1. Kabarnya, sistem operasi dari perangkat A12 mendapatkan kesempatan untuk naik kelas ke Android 11. Sedangkan, Samsung Galaxy A22 sudah hadir dengan Android 11 berlandaskan One UI Core 3.1.

Samsung Galaxy A12 berkolaborasi dengan perusahaan MediaTek untuk menyematkan chipset MT6765 Helio P35 yang proses fabrikasinya mencapai 12 nanometer. Perihal CPU diracik oleh Octa-core yang terbuat dari Cortex-A53 bertenaga 2.35 GHz sebanyak empat inti dan Cortex-A53 yang konfigurasinya berjumlah empat inti dengan kecepatan berdaya rendah 1.8 GHz.

Meski sama menggandeng MediaTek, Samsung Galaxy A22 justru punya chipset yang berbeda yakni Helio G80 dengan proses manufaktur 12 nanometer. Ponsel ini bermodalkan CPU Octa-core terdiri dari dua core Cortex-A75 mampu melaju hingga 2.0 GHz dan empat core Cortex yang memiliki kemampuan berlari hingga 1.8 GHz.

Kedua ponsel garapan Samsung ini pastinya mempunyai kartu grafisnya sendiri yang tujuannya sama yaitu menyajikan tampilan animasi dan visual secara optimal. Kartu grafis yang dipakai Samsung Galaxy A12 adalah PowerVR GE8320, sementara Samsung Galaxy A22 membawa prosesor pengolahan grafis dari Mali-G52 MC2.

Berbicara kapasitas ruang penyimpanan milik Samsung galaxy A12 terbilang beragam mulai dari 2/32 GB, 3/32 GB, 4/64 GB, 4/128 GB, dan 6/128 yang berteknologi eMMC 5.1. Sedangkan, Samsung Galaxy A22 punya kapasitas dalam beberapa kombinasi meliputi 4/64 GB, 4/128 GB, dan 6/128 GB. Keduanya dapat ditingkatkan kapasitas penyimpanannya lewat microSDXC.

4. Modul Kamera

samsung galaxy a12 quad camera

Baik Samsung Galaxy A12 maupun Samsung Galaxy A22 selaras mengusung Quad-camera yang disertai oleh fitur HDR, panorama, dan LED flash. Tata letak sensor pada kamera utamanya juga mirip sekali dengan LED flash tepat bersandar di bawahnya. Mereka juga terlihat senada dalam urusan videografinya yaitu dengan menggunakan resolusi [email protected]

Lalu, perbedaan kedua ponsel di aspek kamera utama mulai tampak pada konfigurasi yang dibawanya. Sensor wide yang bertugas menangkap gambar secara jelas untuk Galaxy A12 berukuran 48 MP dengan aperture f/2.0 disertai AF, sedangkan Galaxy A22 beresolusi 48 yang bukaannya f/1.8 lengkap PDAF dan IOS.

Kemudian, keduanya mengundang sensor ultrawide yang berwenang mengambil gambar secara lega. Ukuran sensor ultrawide miliki Galaxy A12 adalah 5 MP berdiafragma f/2.2, sedangkan Galaxy A22 lebih besar 8 MP dengan bukaan f/2.2.

Selanjutnya, ada sensor makro untuk membidik benda kecil sama-sama berukuran 2 MP dengan aperture-nya f/2.4. Juga tidak lupa menyediakan sensor kedalaman untuk menghasilkan efek bokeh, keduanya melampirkan ukuran 2 MP yang bukaannya f/2.4.

Pindah ke kamera selfie dari Galaxy A12 menawarkan resolusi 8 MP dengan aperture f/2.2, sementara Galaxy A22 menambahkan penambahan resolusi hingga 13 MP berdiafragma f/2.2. Jelas, kualitas jepretan milik Galaxy A22 akan lebih jelas dan mulus. Menyoal kemampuan merekam kamera depan dari kedua ponsel ini seimbang beresolusi [email protected]

5. Sensor, Warna, dan Harga

samsung galaxy a12 15 w

Adapun distingi lain dari kedua ponsel garapan Samsung ini antara lain pada aspek sensor, warna, dan penawaran harga. Untuk sensor, Galaxy A12 hadir dengan sensor sidik jari samping berfungsi untuk keamanan dan akselerometer bertugas mengukur kecepatan.

Sementara, Galaxy A22 menambahkan sensor gyro untuk mendeteksi rotasi atau orientasi posisi ponsel berguna saat bermain game. Lalu, menghadirkan juga proksimiti untuk pengamanan layar sentuh dari sentuhan yang tidak sengaja seperti ketika mengangkat panggilan telepon.

Meski keduanya senada menyuguhkan warna Black dan White, tetapi masih ada dua tambahan warna yang dibawa oleh masing-masing ponsel dari Samsung ini. Seperti Samsung Galaxy A12 yang menyuguhkan warna Blue dan Red dan Samsung Galaxy A22 yang tersedia dalam dua warna tambahan yakni Mint dan Violet.

Dalam urusan harga pastinya kedua ponsel pintar ini memiliki tarif yang berbeda. Untuk membungkus Samsung Galaxy A12 bertipe 4/128 GB sekitar Rp 2,3 jutaan per unitnya. Lain halnya pada harga yang ditawarkan Samsung Galaxy A22 melantai di pasaran pada harga Rp 2,7 jutaan per perangkatnya untuk model 4/64 GB.

Simpulan

Dari pemaparan di atas kita bisa simpulkan kalau Galaxy A12 dan Galaxy A22 punya selisih dalam beberapa aspek seperti bobot tubuh, teknologi layar yang digunakan, System-on-chips yang tersemat, penawaran kapasitas ruang penyimpanan, modul kamera, suguhan sensor, warna yang disuguhkan, hingga tarif yang dibanderol dari masing-masing perangkat.

Demikianlah pembahasan artikel dari Carisinyal tentang perbedaan Samsung Galaxy A12 dan Galaxy A22. Semoga dapat memberikan gambaran bagi kamu yang sedang memilih antara kedua ponsel dari Samsung tersebut. Terus ikuti Carisinyal supaya kamu terus update tentang perkembangan teknologi dan ponsel pintar, yah!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram