carisinyal web banner retina

Pantau 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Entry Level vivo Y21a

vivo tahu-tahu memajang HP 2 jutaan anyar di situs resminya pada Februari 2022. HP yang dimaksud adalah vivo Y21a. Dilihat dari bentuknya, HP entry level vivo ini sama persis dengan vivo Y21 yang lebih dahulu muncul pada Agustus 2021.

Perbedaan yang terlihat dari kedua ponsel hanya soal chipset-nya. vivo Y21a memakai chipset MediaTek Helio P35, sedangkan Y21a menggunakan Helio P22. Maka dari itu, vivo Y21a bisa dibilang sebagai versi penyegar dari Y21.

Salah satu alasan mengapa vivo meluncurkan versi penyegar adalah karena vivo Y21 merupakan salah satu ponsel best seller mereka. Dalam bahasa yang simpel, vivo tampaknya melihat minat konsumen masih tinggi. Makanya mereka berusaha menambah stok HP ini, tetapi dengan chipset berbeda.

vivo Y21a pun mestinya punya kelebihan yang membuatnya banyak diminati konsumen Indonesia. Nah, kelebihan itulah yang bakal Carisinyal paparkan dalam artikel ini. Ingin tahu apa saja kelebihan beserta kekurangan si ponsel? Simak pemaparannya sampai tuntas!

Spesifikasi vivo Y21a

vivo Y21a
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio P22
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.399.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan vivo Y21a

vivo punya pengalaman panjang dalam hal memenangkan hati konsumen Indonesia, khususnya di kelas entri. Mereka bisa meracik berbagai kelebihan sehingga membuat HP Rp2 jutaan seperti vivo Y21a menarik untuk dimiliki.

1. Desain

desain y21

vivo adalah opsi yang paling gampang ketika Anda hendak merekomendasikan sebuah smartphone dengan desain apik. Pasalnya, desain memang jadi salah satu hal yang diperhatikan vivo di berbagai segmen produk mereka.

vivo Y21a yang masuk segmen pun dirancang desain yang menarik. HP ini terlihat elegan dengan penutup belakang dan rangka yang flat. Sambungan antara penutup belakang dan rangka dibentuk dengan lengkung 2,5D agar kenyamanan genggaman masih terjaga.

Dengan ketebalan 8,0 mm dan bobot 182 gram, vivo Y21a terasa tipis dan cukup ringan, serta masih nyaman ditenteng dalam waktu lama. Hal selanjutnya yang membuat desain HP ini menarik adalah pola-pola yang tercetak pada penutup belakangnya.

Untuk varian Diamond Glow, tampak tekstur berlian yang bercahaya kala terkena terpaan sinar. Sementara itu, varian warna Metallic Blue mampu memunculkan kilauan garis lurus yang intensitasnya bisa berubah tergantung dari arah cahaya dan sudut pengamatan pengguna.

2. Layar

vivo y21a

vivo Y21a memakai layar dengan panel IPS LCD. Layar ini memiliki bentang 6,51 inci, beresolusi HD+ (720 x 1600 piksel), dan kerapatan pikselnya mencapai 270 ppi. vivo mengeklaim, layar HP ini mampu menghadirkan tampilan dengan detail tajam dan warna cerah.

Aktivitas menonton film sampai bermain game tetap asyik. Resolusi layar yang hanya HD+ seolah bukan masalah besar. Bahkan resolusi HD+ menguntungkan bagi hardware, karena SoC tidak perlu bekerja terlalu keras untuk melakukan rendering. Hal ini membuat ponsel lebih awet baterai.

Yang menarik, vivo menyematkan fitur Eye Protection buat layar si ponsel. Fitur ini memiliki manfaat untuk mengurangi emisi cahaya biru penyebab mata mengalami kelelahan.

3. Kamera

vivo y21a

Ada dua jenis kamera aktif yang terpasang di sisi belakang vivo Y21a, yakni kamera utama dan kamera makro. Dua kamera itu ditemani lensa AI (sensor kedalaman) dan satu lampu flash.

Kamera utama HP ini memiliki 13 MP dengan bukaan f/2.2, sedangkan kamera makronya 2 MP berikut bukaan f/2.4. Sementara itu, sisi depan vivo Y21a dihiasi oleh kamera selfie 8 MP dengan aperture f/2.0.

Untuk penggunaan sehari-hari, kamera HP ini mampu menghasilkan foto yang cukup bagus. Foto-foto jepretannya sudah layak untuk diunggah di berbagai media sosial.

Selain memiliki kualitas yang oke, kamera vivo Y21a juga dibekali dengan berbagai fitur untuk memaksimalkan hasil. Salah satunya adalah multi style portrait. Fitur ini mengizinkan pengguna untuk melakukan kustomisasi pada foto bokeh.

Ada tiga menu yang bisa diakses pada fitur ini, yaitu Style, Beauty, dan Bokeh. Khusus untuk Style, menu ini berfungsi untuk mengganti tone warna agar foto dapat memancarkan kesan yang berbeda.

4. Baterai

vivo y21a

vivo Y21a mengandung baterai dengan kapasitas yang sudah sesuai dengan standar smartphone masa kini, yakni 5000 mAh. Kapasitas tersebut tergolong besar dan dapat ditemui pada HP murah ataupun mahal. Meski begitu, vivo menyematkan teknologi vivo Energy Guardian (VEG).

Teknologi tersebut merupakan sebuah sistem manajeman daya yang mengatur agar si ponsel bisa bertahan sampai sehari penuh. Teknologi ini penting, terutama buat Anda yang memakai ponsel untuk aktivitas tinggi di luar ruangan.

Tidak cuma itu, sektor daya vivo Y21a juga diperkuat dengan teknologi pengisian cepat 18W dan fitur pengisian balik. vivo mengeklaim, mengecas selama 30 menit mampu membuat baterai kosong terisi 34%.

Nah, karena HP ini mendukung fitur pengisian balik, perangkat lain pun bisa dicas. Syaratnya Anda mesti punya kabel USB C to USB C (male to male) untuk menghubungkan kedua perangkat.

5. Memori

vivo y21a

Konfigurasi memori yang disematkan vivo pada HP ini adalah 4 GB RAM dengan memori internal 64 GB. RAM 4 GB sudah cukup demi memperlancar pemakaian si ponsel, termasuk untuk aktivitas multitasking yang memakan banyak resource.

Bahkan, vivo sudah memberi opsi menambah RAM sebesar 0,5 GB melalui fitur Extended RAM. Sementara itu, memori internal 64 GB juga sudah lumayan lapang. Anda bisa menyimpan macam-macam aplikasi perpesanan, aplikasi keuangan, beberapa gim, dan berbagai macam file media.

Namun, untuk pemakaian jangka panjang, mungkin saja Anda membutuhkan ruang ekstra. Beruntung vivo memberi slot microSD khusus buat HP ini. Anda pun bisa memasang kartu microSD di HP ini sampai 1 TB.

6. Port dan Sensor

vivo y21a

Jenis-jenis colokan yang ada di HP ini masih lengkap. Ada USB C dan jack audio 3,5 mm. Sementara itu, slot SIM-nya ada dua, yang dirangkai dengan satu slot buat kartu microSD. Adanya jack audio 3,5 mm membuat pengguna bisa memanfaatkan headset kabel untuk mendengarkan musik atau siaran radio FM.

Bukan hanya colokan yang lengkap, sensornya pun demikian. vivo Y21a memiliki sensor-sensor esensial yang diperlukan mayoritas pengguna. Ada akselerometer, proksimitas, cahaya, kompas, dan giroskop (virtual). Sensor fingerprint juga ada, letaknya di sisi samping yang menyatu dengan tombol power.

7. Paket Penjualan

vivo y21a

Hal menarik yang diperoleh konsumen ketika membeli vivo Y21a adalah kelengkapan paket penjualannya. Selain unit ponselnya, konsumen akan memperoleh kabel USB C, kepala charger 18W, ejektor kartu SIM, softcase, dan dokumen garansi dan petunjuk penggunaan.

Lalu ada stiker IMEI, lapisan pelindung yang sudah terpasang di layar, dan bundling kartu IM3 Ooredoo. Konverter USB C ke jack audio 3,5 mm memang belum ada. Namun, keberadaan softcase dan charger membuat paket penjualan HP ini sudah tergolong cukup lengkap.

Kekurangan vivo Y21a

Ada harga, ada rupa. Begitulah adagium yang lumrah didengar orang. vivo Y21a pun merepresentasikan ponsel kelas entri yang harganya relatif terjangkau, tetapi mengalami beberapa penyesuaian. Namun, penyesuaian itu bisa ditoleransi oleh konsumen, bisa juga tidak.

1. Performa

vivo y21a

Peralihan SoC dari MediaTek Helio P35 pada vivo Y21 menjadi Helio P22 pada vivo Y21a tidak berarti apa-apa. Pasalnya, kedua SoC tersebut merupakan chipset kelas entri yang tidak memiliki performa tinggi. Salah satu tandanya adalah ketiadaan Cortex A7x pada inti CPU-nya.

Untuk Helio P22, delapan inti CPU-nya dirancang dengan mikroarsitektur Cortex A53 yang berjalan pada frekuensi hingga 2,0 GHz. CPU tersebut lantas ditemani GPU kelas entri PowerVR GE8320 (650 MHz).

Menurut nanoreview, Helio P22 menyentuh skor AnTuTu 9 101.538, sekitar 2% lebih tinggi ketimbang Helio P35. SoC 12 nm ini jelas kurang bisa menyuplai performa serius buat vivo Y21a, khususnya jika kemampuan menjalankan game adalah parameternya.

Game seperti Mobile Legend sih masih bisa dijalankan dengan baik. PUBG Mobile juga bisa, tetapi setelan grafik harus disesuaikan ke tingkat rendah. Di sisi lain, performa vivo Y21a untuk pemakaian sehari-hari sudah cukup lancar dengan Helio P22.

2. Kamera Ultrawide

vivo y21a

Banyak produsen yang belum sadar bahwa kamera pendamping yang paling sering dipakai adalah kamera ultrawide, bukan kamera makro apalagi lensa AI. vivo pun masih absen memberi kamera jenis ini buat vivo Y21a.

Entah apa alasannya, yang jelas absennya kamera ultrawide bikin pengguna tak bisa melakukan pengambilan gambar dengan sudut lebar. Padahal foto dengan sudut lebar ini penting. Misalnya, untuk foto bersama keluarga besar, atau memfoto objek gunung dan pantai.

3. Harga

vivo y21a

vivo Y21a sebetulnya dirilis dengan harga yang tidak mahal buat HP di kelas entri. HP ini dilepas dengan harga Rp2.399.000. Hanya saja, di level harga tersebut, produsen lain sudah bisa memberikan HP dengan SoC yang lebih layak, walau desainnya biasa saja.

Bahkan ada pula yang mampu menghadirkan kamera dengan konfigurasi lengkap atau fitur spesial seperti speaker stereo dan NFC. Sementara itu, vivo Y21a tampak biasa saja lantaran tak punya satu fitur yang membuatnya istimewa.

Namun begitu, harga sebetulnya adalah faktor yang relatif. Anda bisa menganggap HP ini masih terjangkau, bisa juga tidak. Semua tergantung dari bagaimana Anda melihat sisi positif yang bisa ditawarkan ponsel ini.

Simpulan

vivo Y21a merupakan salah satu pilihan yang bisa Anda lirik di rentang harga Rp2 jutaan. Di level harga tersebut, ponsel ini bisa menawarkan desain yang apik. Cocok untuk mereka yang menaruh perhatian lebih pada penampilan.

Sektor-sektor lain yang dimiliki HP ini pun sudah oke. Mulai dari layar, kamera, ketahanan baterai, jenis port dan sensor, sampai kelengkapan paket penjualan. Charger yang sudah mendukung pengisian cepat 18W bahkan masuk dalam paket penjualannya.

Namun demikian, Anda yang gemar memakai HP sebagai perangkat bermain game sepertinya kurang cocok jika menjatuhkan pilihan pada vivo Y21a. Performa HP ini sekadar lancar untuk menjalankan gim-gim ringan, bukan gim kelas kakap.

Jika Anda bukan seorang gamer, vivo Y21a tentu sah-sah saja untuk dimiliki. Jenis pemakai seperti pelajar, driver ojek online, admin online shop, hingga orang tua akan cocok menggunakan HP ini untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Bagaimana menurut Anda, apakah vivo Y21a cukup menarik?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram