carisinyal web banner retina

Ini Dia 3 Perbedaan Smartphone vivo Y21 dan vivo Y21A

Pada 2021, vivo resmi memperkenalkan varian smartphone kelas 2 jutaan yakni vivo Y21. HP ini hadir dengan sejumlah fitur baru guna menggantikan seri vivo Y20 yang cukup sukses di pasaran. Pada ponsel ini, vivo menghadirkan desain sederhana dan nyaman, tetapi tampak premium.

Di bagian dapur pacu, pemasangan RAM 4 GB diharapkan membuat kinerja ponsel kian lancar untuk gaming maupun harian. Menariknya, pada awal 2022, vivo mengumumkan produk baru bernama vivo Y21A.

Ponsel Android ini hadir dengan desain fisik yang sekilas mirip dengan seri Y21. vivo Y21A bahkan menggunakan ukuran layar yang sama hingga sektor kamera yang sama dengan sebelumnya. Tentu ini menjadi pertanyaan apa beda kedua HP di bawah 3 jutaan vivo ini.

Apalagi, ada tambahan akhiran huruf “A” pada vivo Y21A. Untuk itulah Carisinyal akan paparkan perbedaan kedua ponsel dalam artikel ini. Namun, silakan baca dulu spesifikasi utama masing-masing ponsel seperti berikut.

Spesifikasi vivo Y21

vivo Y21
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset Mediatek Helio P35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.399.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi vivo Y21A

vivo Y21A
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio P22
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.399.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan vivo Y21 dan vivo Y21A

Bagi kamu yang hanya sekilas melihat vivo Y21 dan vivo Y21A, pasti beranggapan keduanya merupakan ponsel kembar. Pada kenyataannya, kalau diperhatikan lebih detail, kedua HP memiliki perbedaan yang kentara. Apa saja perbedaan itu? Berikut kami paparkan satu per satu.

1. Dapur Pacu

vivo y21a

Menengok bagian dapur pacu, vivo masih percaya akan keandalan chipset MediaTek pada dua ponsel terbaru ini. Namun, perbedaannya, vivo Y21 menggunakan MediaTek Helio P35, sedangkan vivo Y21A menggunakan MediaTek Helio P22.

Perbedaan chipset ini tentu memberikan perbedaan dampak performa yang berarti bagi kedua ponsel.
Mediatek Helio P35 yang dipilih untuk vivo Y21 merupakan chipset kelas menengah yang dirilis pada awal 2019. Chipset ini tentu memiliki kemampuan yang cepat dibanding MediaTek Helio P22.

Bahkan, chipset Helio P35 mampu dipacu hingga kecepatan 2,35 GHz, sedangkan Helio P22 hanya mampu dipacu sampai kecepatan 2GHz. Perbedaan performa ini tentu menarik.

Pasalnya, kedua chipset menggunakan basis inti yang sama, yakni prosesor octa-core dengan ARM Cortex-A53 dengan proses manufaktur 12 nm. Untuk urusan grafis, vivo masih mengandalkan GPU PowerVR GE8320. GPU ini diklaim sudah cukup baik menampilkan grafis dengan tajam.

Untuk urusan RAM, Y21 dan Y21A sama-sama dibekali RAM 4 GB. RAM besar ini mampu memberikan performa yang lancar dan mulus. Hadirnya teknologi extended RAM 2.0 mampu memanfaatkan sebagian ruang penyimpanan internal hingga 1 GB untuk dijadikan sebagai RAM tambahan.

Dengan teknologi ini, kamu dapat beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan lebih cepat dibanding ponsel RAM 4 GB lainnya. Dengan adanya perbedaan tersebut, vivo Y21 dapat digunakan lebih lancar untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game dibandingkan vivo Y21A.

2. Kamera

vivo y21a

Sekilas kedua HP vivo ini menggunakan sektor kamera yang mirip. Sama-sama menggunakan dua kamera belakang, vivo mengeklaim kamera utama vivo seri Y terbaru ini lebih tajam. Apalagi, produsen membenamkan sistem kamera belakang AI tebaru. Fitur AI vivo Y21 dan Y21A ini mendukung fitur Face Beauty, filter dan bokeh.

Kameranya terdiri dari kamera wide dengan lensa 13 MP dan kamera lensa makro 2 MP.
Secara teori, resolusi kamera HP vivo ini sudah cukup untuk menghasilkan foto yang jelas dan detail. Tambahan sensor kamera berkualitas serta bukaan lensa besar membuat kamera vivo mampu menangkap cahaya lebih baik saat kondisi minim cahaya.

Foto yang dihasilkan di tempat gelap pun akan lebih jelas. Tambahan teknologi PDAF membuat kamera mampu mengambil fokus lebih cepat dan terarah. Perbedaan vivo Y21 dan Y21A berikutnya justru tampak pada bagian kamera depan.

vivo memang menggunakan kamera depan resolusi yang sama yakni 8 MP. Namun, ternyata kedua kamera menggunakan bukaan lensa yang berbeda. vivo Y21 menggunakan bukaan lensa yang lebih lebar sehingga hasil foto selfie lebih baik.

3. Memori Penyimpanan

vivo y21

Memenuhi permintaan pasar akan smartphone dengan daya simpan luas, vivo Y21 hadir dengan pilihan memori internal 64 GB dan 128 GB. Memori internal ini dirasa sudah cukup untuk menyimpan berbagai foto, video hingga game. Bila itu masih kurang, kamu masih bisa menggunakan microSD hingga 1 TB untuk menambah penyimpanan.

Sementara itu, vivo Y21A hanya memiliki pilihan memori internal 64 GB dan juga dapat ditambahkan microSD sampai 1TB untuk menambah penyimpanan.

Persamaan vivo Y21 dan Y21A

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf pembuka, kedua HP memiliki fisik yang sekilas mirip. Apa benar memang begitu? Untuk membuktikannya, kami paparkan persamaan vivo Y21 dan Y21A seperti berikut.

1. Desain

vivo y21

Desain yang diusung vivo pada kedua smartphone ini mirip. Baik vivo Y21 dan Y21A pun kini lebih kompak, tipis dan ringan. Kedua ponsel cukup ramping dengan rangka flat dan kaca 2,5D. Meski begitu, mereka tetap kuat dan ringan.

Perubahan bentuk rangka dari yang awalnya melengkung menjadi rangka datar diharapkan membuat kesan yang elegan dan mewah pada vivo Y21 dan Y21A. Dengan dimensi terukur 164,3 x 76,1 x 8 mm dengan berat hanya 182 gram, kedua ponsel memang cocok untuk penggunaan harian yang lama.

2. Layar

vivo y21

Menengok bagian layar, vivo masih mempercayakan layar berukuran 6,51 inci pada kedua gadget ini. Layar ini menggunakan teknologi IPS serta resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Layar yang luas ini juga dipasangi teknologi ultra All Screen dan in-Cell.

Teknologi tersebut diklaim mampu menyajikan detail gambar yang tajam serta warna yang cerah. Kamu pun bisa menonton film hingga bermain game dengan lebih jelas. Apalagi, ada fitur eye protection yang mampu mengurangi emisi cahaya biru untuk pengalaman menatap layar yang lebih sehat.

3. Baterai

vivo y21Sumber: vivo.com

Pada bagian baterai, kedua HP Android ini ditanami baterai berkapasitas besar 5000 mAh. Baterai ini diklaim tahan lama apalagi sudah disokong kemampuan pengisian daya cepat 18W.

Pengisian daya ini diklaim lebih baik dari seri Y sebelumnya. vivo mengonfirmasi bahwa kedua smartphone bisa diisi baterainya 34% hanya dalam waktu 30 menit saja. vivo juga menambahkan teknologi VEG atau vivo Energy Guardian.

Teknologi tersebut membuat baterai dapat bertahan lebih lama untuk memenuhi kebutuhan harian kamu. Kamu pun dapat terhubung ke dunia media sosial lebih lama tanpa repot membawa powerbank.

Selain itu, vivo menghadirkan pula fitur reverse charging alias pengisian balik. Fitur ini memungkinkan ponsel vivo menjadi powerbank dan mengisi daya perangkat lainnya.

Simpulan

Penambahan huruf “A” pada nama vivo Y21A ternyata memiliki arti bahwa HP ini merupakan varian yang lebih rendah dibanding seri vivo Y21. Hal ini tampak dari penggunaan chipset yang berkecepatan lebih rendah hingga spesifikasi kamera depan yang berbeda.

Meski begitu, adanya perbedaan ini tidak berarti membuat vivo Y21A tidak layak dibeli. Hadirnya produk ini berarti vivo memberikan keleluasaan kepada konsumen untuk memilih smartphone sesuai kebutuhan dan dana.

Bagi yang membutuhkan smartphone dengan performa tinggi untuk bermain game, tentu bisa memilih vivo Y21. Sedangkan untuk kamu yang membutuhkan gadget harian yang tidak kalah secara performa, maka vivo Y21A bisa dipilih. Apalagi, harga kedua HP vivo ini tidak terpaut jauh.

Semoga penjelasan mengenai perbedaan vivo Y21 dan vivo Y21A diatas bisa membantu kamu menentukan gadget pilihan yang hendak dibeli.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram