Inilah 6 Perbedaan Smartphone vivo Y15 dan vivo Y15s!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Berkat kehadiran brand vivo di Indonesia, konsumen jadi tidak perlu bingung lagi jika membutuhkan smartphone yang enak digenggam, punya desain bodi bagus, serta kemampuan kamera selfie yang layak.

Tidak hanya itu saja, brand ponsel asal Tiongkok ini juga kerap menghadirkan produk andalan di rentang harga yang ekonomis, contohnya seperti vivo Y15 dan vivo Y15s yang akan Carisinyal bahas perbedaannya di sini.

Yang membuat seri vivo Y istimewa adalah bodinya yang terlihat premium walau harganya ramah di kantong. Selain itu, kemampuan fotografinya juga terbilang baik jika dibandingkan dengan rivalnya. Ditambah lagi, vivo Y series menawarkan bodi yang ringkas dan ringan, membuatnya jadi salah satu pilihan pertama untuk calon konsumen wanita.

vivo Y15 sendiri hadir di pasaran sejak tahun 2019. Dan kini, vivo memutuskan untuk memunculkan varian lain dari HP tersebut yang diberi tajuk vivo Y15s. Jika melihat dari pola penamaannya, tampaknya vivo Y15s memiliki spesifikasi yang lebih sederhana. Benarkah demikian? Langsung saja simak kedua spek di bawah.

Spesifikasi vivo Y15

vivo y15 2019
Layar IPS LCD 6.35 inci
Chipset MediaTek Helio P22
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi vivo Y15s

vivo y15s
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP ()
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan vivo Y15 dan vivo Y15s

Well, bukankah spesifikasi kedua HP di atas tampak menarik? vivo Y15 dan vivo Y15s mungkin bukan untuk semua orang, tapi keduanya sama-sama punya andil dalam persaingan HP murah di Tanah Air. Yuk, simak poin-poin perbedaan keduanya berikut ini!

1. Helio P22 vs. Helio P35

helio p35Sumber: mediatek.com

Kabar baik dari perbedaan yang satu ini adalah Anda tidak perlu berpikir terlalu panjang mengenai mana di antara keduanya yang lebih baik. Pasalnya, baik vivo Y15 dan vivo Y15s memang ditopang dengan kemampuan chipset yang sama buruknya, setidaknya untuk menjalankan aplikasi atau gim berat.

MediaTek Helio P35 yang dimiliki vivo Y15s adalah sebuah peningkatan dibandingkan vivo Y15 dengan chipset MediaTek Helio P22. Walau begitu, kedua chipset ini sama-sama ditujukan untuk penggunaan yang lebih umum ketimbang gaming.

Tidak ada satu pun klaster ARM Cortex A7x di kedua chipset ini, yang semakin memperkuat dugaan kalau vivo Y15 dan vivo Y15s bukanlah ponsel terbaik dari segi performa.

Helio P22 sendiri memiliki konfigurasi delapan inti berupa ARM Cortex A53 yang berlari pada frekuensi 2.0 GHz. SoC entry-level tersebut juga dilengkapi dengan PowerVR GE8320 (650 MHz) sebagai kartu pengolah grafisnya.

Sedangkan, Helio P35 memiliki konfigurasi prosesor yang sedikit lebih baik yakni empat inti berperforma Cortex A53 (2.3 GHz) serta empat inti hemat daya Cortex A53 (1.8 GHz). SoC ini juga menggunakan GPU yang sama yaitu PowerVR GE8320, namun dengan frekuensi yang lebih baik di angka 680 MHz.

Baik MediaTek Helio P35 maupun MediaTek Helio P22 sama-sama memiliki proses fabrikasi 12 nanometer dengan TDP (Thermal Design Power) sebesar 5W.

Jika penasaran dengan seberapa jauh selisih performa dari kedua chipset ini, Anda bisa melihatnya dari perbandingan skor benchmark AnTuTu v9. Helio P22 yang mengotaki vivo Y15 hanya meraih skor 107 ribuan yang notabene 12% lebih kecil dibandingkan skor 120 ribuan yang diraih Helio P35 (vivo Y15s). Begitulah yang dilansir dari nanoreview.

Yang pasti, keduanya tidak dapat diharapkan untuk memainkan game berat seperti PUBG Mobile ataupun Genshin Impact. Niscaya tingkat kesenangan yang bisa didapatkan sangat amblas karena frame rate-nya yang kecil. Namun untungnya kedua HP ini masih tergolong oke saat memainkan Mobile Legends.

2. Desain dan Bobot Bodi

desain bodi vivo y15s

Jika ada satu hal yang selalu berhasil diungguli oleh brand vivo, ya jelas desain dan bobot bodi jawabannya. Pokoknya, soal kenyamanan grip dan keindahan desain, vivo adalah meerk yang Anda cari, mau di rentang harga manapun itu.

Seperti vivo Y15s yang meskipun hanya punya dua kamera belakang, tapi berhasil dibuat sedemikian rupa agar tetap terlihat premium dan sesuai dengan standar zaman sekarang.

Ia hanya seberat 179 gram dengan ketebalan yang hanya 8.3 mm. Pastinya, vivo Y15s akan begitu terasa hampang dan tidak ada beban sama sekali. Cocok untuk digunakan pakai satu tangan, dan orang tua pun tidak perlu khawatir ponsel mudah lepas dari genggaman anak.

Sedangkan untuk vivo Y15 reguler, mau tidak mau pengguna akan disuguhkan desain modul kamera berbentuk vertikal. Terbilang wajar, mengingat tahun rilisnya yang terpaut dua tahun lebih lawas dibanding vivo Y15s. Sementara untuk bobotnya, vivo Y15 juga bukan yang teringan di kelasnya. Ia diketahui memiliki bobot 190,5 gram dengan ketebalan 8,9 mm.

3. Triple vs. Dual Camera

vivo y15

Secara jumlah kamera, vivo Y15 jelas lebih unggul karena hadirkan Triple Camera alih-alih Dual Camera seperti vivo Y15s. Spesifikasi kameranya meliputi lensa utama 13 MP (f/2.2) dengan fitur PDAF, kamera ultrawide 8 MP (f/2.2) dengan focal length 16 mm, serta kamera depth 2 MP (f/2.4).

Sementara itu, vivo Y15s hanya disuguhkan dengan kamera 13 MP (f/2.2) dengan focal length 27 mm dan fitur AF, serta lensa depth 2 MP (f/2.4). Keduanya diketahui sama-sama punya kemampuan perekaman video hingga resolusi 1080p pada frame rate 30 FPS.

Adapun kondisi kamera selfienya juga berbeda, dengan vivo Y15 yang dibekali lensa 16 MP (f/2.0) pada ukuran sensor 1/3.06 inci, sedangkan vivo Y15s dua kali lipat di bawahnya yakni sensor 8 MP (f/2.0). Kamera selfie keduanya juga sama seperti kamera belakang, mampu merekam video pada resolusi 1080p@30FPS.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram