Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Kece vivo Y15s

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

vivo diam-diam merilis vivo Y15s untuk mengisi segmen ponsel entry level di Indonesia. HP vivo di bawah 2 jutaan ini tiba-tiba saja ada di marketplace sejak November 2021. Jika dilihat dari urutannya, HP ini merupakan pernerus dari vivo Y15 yang diluncurkan pada 2019.

Di sisi lain, walau dirilis secara diam-diam, vivo Y15s punya posisi yang penting buat vivo. Pasalnya, ponsel kelas entri seperti HP ini merupakan tulang punggung penjualan bagi vivo Indonesia. Maka dari itu, vivo Y15s mestinya punya kelebihan yang bisa membuatnya memenangi persaingan di segmen entry level.

Nah, pertanyaannya, apa saja kelebihan yang dimiliki HP vivo entry level ini? Lalu, apakah ia memiliki kekurangan yang krusial? Dua pertanyaan itu akan segera Anda temui jawabannya dalam artikel ini. Simak pembahasannya sampai habis.

Spesifikasi vivo Y15s

vivo y15s
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP ()
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan vivo Y15s

vivo Y15s menawarkan fungsi-fungsi esensial sebagaimana sebuah smartphone. Namun, ia juga menawarkan hal lain yang menambah daya tarik. Semua hal yang ditawarkan itu merupakan sebuah kelebihan dari HP ini.

1. Desain

vivo Y15s

vivo nyaris tak pernah gagal dalam merancang desain. Entah itu produk flagship atau bukan, mereka hampir selalu bisa menciptakan ponsel berpenampilan kece. Pada vivo Y15s, kesan ponsel seharga 1 jutaan bahkan tidak tampak, walaupun material bodinya adalah polikarbonat.

Faktor pertama yang membuat penampilannya serasa bukan HP murah ada di penutup belakang. Penutup belakang ponsel ini memiliki guratan-guratan vertikal yang menciptakan sebuah tekstur. Kemudian, penutup belakang tersebut juga menimbulkan efek holografis saat dilihat dari sudut tertentu.

Menariknya, walau terlihat berkilauan saat terkena paparan cahaya, penutup belakang vivo Y15s tak memakai finishing glossy. Alhasil, noda sidik jari sulit menempel. Masih di sektor belakang, adanya modul kamera dengan dua lensa berukuran sama besar menambah kesan rapi pada ponsel ini.

Faktor yang kedua yang membuat penampilan HP ini menarik adalah build quality. Menurut Krida Patty, pemilik kanal YouTube TeknoLoGue, build qualiy vivo Y15s tergolong baik karena terasa solid saat digenggam. Selain itu, tidak ada sisi yang terasa tajam pada area port USB, jack audio, dan grill speaker.

Adapun vivo Y15s memiliki dimensi 163,96 x 75,2 x 8,28 mm dengan bobot 179 gram. HP ini pun terasa tipis dan ringan ditenteng. Sementara itu, HP ini belum memiliki IP Rating. Namun, vivo sudah memberi seal karet pada slot SIM si ponsel agar debu dan tetesan air tidak mudah masuk.

2. Tampilan dan Suara

vivo Y15s

Layar 6,51 inci berpanel IPS LCD mengisi sektor tampilan vivo Y15s. Layar dengan model water drop notch ini memiliki resolusi HD+ (1600 x 720 piksel). Tidak ada masalah mengenai resolusi yang masih HD+. Kualitas visualnya masih tajam dan jernih menurut kanal YouTube TeknoLoGue.

Keterbacaan konten saat ponsel dipakai di lingkungan outdoor pun masih oke. TeknoLoGue mengklaim layar HP ini responsif dan mendukung sentuhan hingga 10 jari. Intinya, layar vivo Y15s sudah oke buat multimedia dan main game.

Beralih ke masalah suara, vivo sudah tepat menempatkan lubang speaker vivo Y15s di bagian rangka, tepatnya di sebelah port microUSB. Posisi tersebut membuat suara keluar lebih lepas daripada ditaruh di sisi penutup belakang.

Konfigurasi speaker HP ini memang masih mono alias tunggal. Namun, menurut kanal YouTube TeknoLoGue, suaranya sudah tergolong jernih, jelas, dan detail untuk kelas harganya.

3. Kamera

vivo Y15s

Mengharap kehadiran kamera ultrawide pada HP 1 jutaan memang masih sulit. Namun, setidaknya vivo Y15s mempunyai dua kamera belakang yang seluruhnya bisa dipakai untuk memotret. Benar, HP ini memiliki kamera utama 13 MP, f/2.2 dan kamera makro 2 MP, f/2.4.

Dua kamera tersebut ditemani satu lampu flash dan hanya kamera utama yang punya fitur autofokus. Sementara itu, di sisi depan HP ini ada kamera selfie 8 MP dengan bukaan f/2.0. Baik kamera utama maupun kamera selfie bisa merekam video hingga resolusi Full HD (1080p) 30 fps.

Fitur-fitur yang disematkan pada kamera HP ini terbilang minimalis. Mode malam untuk meningkatkan kualitas foto di kondisi low light belum ada. Akan tetapi, mode pro justru ada dan pengaturannya lengkap. Anda bisa mengatur ISO, shutter speed, white balance, hingga memilih fokus.

Soal kualitas tangkapan kameranya, kanal YouTube TeknoLoGue menilai sudah bagus. Kamera utama dan kamera selfie HP ini mampu melakukan pekerjaannya dengan baik.

Foto yang dihasilkan memiliki detail tinggi dan jernuh walaupun ukuran megapiksel kameranya biasa saja. Karakter warna dan eksposurnya pun bagus. Semuanya terlihat pas, sama sekali tidak terlihat oversaturated ataupun undersaturated.

Adapun kamera makro si ponsel juga mampu menghasilkan foto yang bagus. Namun, Anda mesti menjaga jarak kamera dengan obyek sekitar 2-4 cm mengingat kamera ini tidak memiliki fitur autofokus.

4. Memori

vivo Y15s

vivo Y15s hadir dengan dua pilihan memori, yakni RAM 3 GB plus penyimpanan 32 GB serta RAM 3 GB dengan memori internal 64 GB. Masalah RAM mungkin mepet untuk standar masa kini. Untuk multitasking masih bisa, walau aplikasi yang dibuka dalam satu waktu tidak terlalu banyak.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram