carisinyal web banner retina

Simak Perbedaan dan Persamaan vivo Y51 dan Y51A Berikut!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 23 September 2021

Vivo adalah brand ponsel yang juga selalu rajin memberikan produk terbaru. Merk yang terkenal akan kualitas kamera depannya ini punya seri Y yang ditujukan bagi para muda-mudi yang terpentok biaya, karena harga seri Y memang umumnya terjangkau.

Seperti vivo Y51 contohnya, dirilis pada akhir tahun 2020 sebagai pengisi jajaran seri entry level yang hadir dengan segudang kelebihan, terutama dari segi kemampuan fotografi dan luas penyimpanan internalnya.

Sebenarnya vivo Y51 ada dua versi, yakni versi September 2020 yang pakai layar AMOLED, dan yang dirilis ulang di Desember 2020 dengan desain bodi dan layar yang benar-benar baru.

Tapi yang akan kita bahas sekarang ada yang versi Desembernya, karena punya tampilan dan spesifikasi yang nyaris sama persis dengan Y51A. Nampaknya keberadaan vivo Y51A ini memang dimaksudkan sebagai pengganti dari vivo Y51 alih-alih sebagai penerusnya.

Hal ini menimbulkan cukup banyak tanda tanya, memangnya apa saja peningkatan yang dibawa vivo Y51A dibandingkan vivo Y51? Apakah perbedaannya cukup banyak sehingga pemilik vivo Y51 rela menukarnya dengan Y51A? Tanpa perlu bingung, Anda tinggal perlu simak beberapa perbedaan vivo Y51 dan vivo Y51A berikut ini.

Spesifikasi vivo Y51 (Desember 2020)

Simak Perbedaan dan Persamaan vivo Y51 dan Y51A Berikut! 1
  • Layar: IPS LCD, 6,58 inci, Full HD+ (1080 x 2408 piksel)
  • Chipset: Snapdragon 665 (11 nm)
  • CPU: Octa-core (4x2,0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1,8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh, tidak bisa dilepas

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi vivo Y51A

Simak Perbedaan dan Persamaan vivo Y51 dan Y51A Berikut! 3
  • Layar: IPS LCD, 6,58 inci, Full HD+ (1080 x 2408 piksel)
  • Chipset: Snapdragon 662 (11 nm)
  • CPU: Octa-core (4x2,0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1,8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh, tidak bisa dilepas

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan vivo Y51 (Desember 2020) dan vivo Y51A

Apakah vivo Y51 keluaran Desember 2020 punya spesifikasi lebih baik dibandingkan vivo Y51A? Seberapa jauh kira-kira perbedaannya? Simak poin-poin perbedaan berikut ini.

1. Jenis Chipset

Simak Perbedaan dan Persamaan vivo Y51 dan Y51A Berikut! 5

Dari segi spesifikasi, satu-satunya yang berubah adalah penggunaan chipset. Ya, baik vivo Y51 maupun vivo Y51A punya chipset yang berbeda sekalipun keduanya sama-sama gunakan Snapdragon seri 600.

vivo Y51 yang duluan hadir ke pasaran diotaki dengan chipset Snapdragon 665 dari Qualcomm. Sementara itu, vivo Y51A justru hadir dengan Snapdragon 662. Lho, mengapa justru vivo Y51A pakai chipset yang lebih rendah?

Hal ini berkaitan dengan harganya vivo Y51A yang memang lebih terjangkau dibanding saudaranya tersebut. Nampaknya vivo ingin merambah ke semakin banyak pasar dengan menawarkan harga lebih murah, kendati harus mengorbankan sedikit di bagian dapur pacu.

Sekilas info, Snapdragon 665 pada vivo Y51 ini mempunyai fabrikasi 11 nm dan dihadirkan dengan kartu pengolah grafis Adreno 610. Chipset ini memang hadir pada tahun 2019, sehingga membuatnya terbilang cukup lawas untuk seukuran smartphone keluaran 2020.

Snapdragon 665 mengusung konfigurasi octa core yang terdiri atas beberapa komponen, yakni 4 inti Kryo 260 Gold berkecepatan 2.0 GHz serta 4 inti Kryo 260 Silver dengan clock speed 1,8 GHz. Chipset ini hadir untuk menyongsong pasar mid range dan disinyalir punya kemampuan yang baik dalam hal AI processing juga untuk pengalaman gaming.

Nah, Snapdragon 662 juga sebenarnya juga hampir sama persis dengan Snapdragon 665. Bedanya, ia kini dihadirkan dengan support terhadap NaviC yang merupakan sistem GPS untuk wilayah India. Masih gunakan kombinasi komponen yang sama, perbedaan chipset ini diduga tidak akan berpengaruh banyak terhadap kinerja game.

Namun kalau ingin benar-benar mencari perbedaannya lebih mendalam, Nanoreview mengungkapkan kalau vivo Y51A yang pakai Snapdragon 662 berhasil raih skor AnTuTu v8 yang sedikit lebih unggul dari Snapdragon 665.

Namun hal ini tak dapat sepenuhnya jadi patokan, karena kinerja sebenarnya pada game tentu bergantung lagi pada pemakaian, kondisi, dan pengaturan ponsel.

2. Tanggal Rilis

Vivo Y51

vivo Y51 dan vivo Y51A memang masih bisa dibilang satu ponsel yang sama. Kendati begitu, keduanya rupanya punya tanggal rilis yang sedikit berbeda. Bila mengacu pada laman perbandingan GSM Arena, terlihat bahwa vivo Y51 memang sudah muncul di akhir tahun 2020, tepatnya pada tanggal 7 Desember.

Sementara itu, vivo Y51A yang sedikit di bawahnya baru dirilis ke pasaran pada Januari 2021. Entah apa yang mendorong vivo untuk melakukan hal ini. Kemungkinan, mengingat performa benchmark Y51A yang sedikit lebih mulus, vivo sekadar memutuskan untuk melakukan sedikit revisi agar pengguna semakin senang.

Bahkan apabila mengacu pada laman resmi vivo Indonesia, vivo tak lagi hadirkan page untuk vivo Y51 melainkan untuk vivo Y51A saja.

Persamaan vivo Y51 (Desember 2020) dan vivo Y51A

Mengingat hanya sedikit sekali perbedaan antara keduanya, kami pun putuskan untuk jabarkan beberapa hal sama yang dimiliki vivo Y51 dan Y51A.

1. Desain Bodi

vivo y51 side fingerprint

Terkadang, keputusan brand dalam melakukan perilisan ulang adalah supaya sekaligus bisa tawarkan desain bodi ayng lebih fresh. Tapi uniknya, nampaknya vivo Y51A tetap menahan tampilan bodi serta pilihan warna yang sama.

Keduanya mengunggulkan tampilan poni tetesan air di layar dengan bahan material belakang terbuat dari plastik. Dari segi aksennya, vivo kembali menyuguhkan konsep Trendy Slim Design dengan finishing glossy yang membuat bodinya berkilau-kilau.

Baik vivo Y51 maupun vivo Y51A, sekali lagi, tawarkan varian warna yang sama yakni Titanium Sapphire yang berupa warna biru gelap serta Crystal Symphony yang suguhkan warna putih.

Dan yang pasti modul kamera belakangnya pun diletakkan pada pojok kiri atas, cukup default untuk HP-HP zaman sekarang. Tidak seperti vivo Y51 yang hadir di bulan September 2020 yang tawarkan modul kamera wajik seperti pada Infinix Zero series.

2. Ukuran dan Panel Layar

Simak Perbedaan dan Persamaan vivo Y51 dan Y51A Berikut! 9

Ya, lagi-lagi tidak ada perubahan antara Y51 dan Y51A, kali ini dari segi layar. Keduanya punya layar berukuran 6,58 inci Full HD Display dengan tampilan Ultra All Screen. Layar diusung dengan rasio populer 20:9 juga tingkat kerapatan sekitar 401 ppi.

Layar keduanya juga digadangkan punya kemampuan memfilter sinar biru agar mata pengguna tak cepat lelah dan membuat pengalaman keseluruhan menjadi lebih sehat. Layar juga berikan tampilan warna DCI-P3 color gamut, yakni standar warna yang sudah lazim digunakan pada industri film.

3. Kapasitas Baterai dan Fitur Pengisian Daya

Simak Perbedaan dan Persamaan vivo Y51 dan Y51A Berikut! 11

Satu hal lagi yang tidak berbeda dari kedua ponsel ini adalah durasi pemakaiannya. Keduanya sama-sama menawarkan kapasitas baterai 5.000 mAh Li-Po untuk tingkat ketahanan ponsel yang panjang seharian.

Bahkan port pengisiannya pun tidak berbeda, sudah pakai USB Type-C yang cukup marak di industri zaman sekarang. Walau begitu, sayang dua-duanya masih menggunakan fast charging 18 W yang sejujurnya tidak begitu unggul dibandingkan HP lain sekelasnya.

Keduanya diklaim bisa meraih baterai 70% dalam waktu 67 menit. Melihat Snapdragon 662 dinilai punya efisiensi daya sedikit lebih baik, kemungkinan Anda vivo Y51A sedikit bertahan lebih lama. Namun kembali lagi, ini tergantung pada kondisi masing-masing HP saat digunakan.

4. Jumlah dan Resolusi Kamera

Simak Perbedaan dan Persamaan vivo Y51 dan Y51A Berikut! 13

Bicara soal HP vivo, rasanya tidak afdol kalau tidak sekaligus bahas kameranya. Lagi-lagi baik vivo Y51 dan Y51A sama sekali tidak membawakan perbedaan apapun di sektor ini. Anda akan sama-sama berhadapan dengan kombinasi Triple Camera terdiri atas lensa utama 48 MP, lensa ultra lebar 8 MP, serta lensa makro 2 MP.

Kemudian pada kemampuan perekaman video, perangkat-perangkat ini sama-sama mampu merekam pada resolusi 4K dan 1080p. Tidak hanya belakangnya saja yang sama, kamera depan pun demikian. Keduanya digarap dengan lensa selfie beresolusikan 16 MP yang juga disertai kemampuan HDR untuk rentang dinamis lebih tinggi.

5. Konektivitas

vivo y51 baterai

Yang satu ini tentunya tidak boleh ketinggalan. Konektivitas yang dimaksud di sini yaitu fakta yang mengacu pada absennya fitur NFC dan port infrared pada kedua ponsel. Juga, rupanya keduanya mengusung versi Bluetooth 5.0 yang sama.

Keduanya juga merupakan perangkat yang mendukung koneksi WiFi Dual Band, memiliki koneksi USB Type C, hadir dengan FM Radio, serta memiliki port 3,5 mm jack audio untuk penggunaan earphone dan speaker eksternal.

Baik vivo Y51 maupun Y51A menghadirkan pula sensor sidik jari di samping yang menyatu dengan tombol Power, juga punya pengaturan 3-card slot sehingga pengguna dapat menggunakan kartu microSD sekaligus pakai Dual SIM Card.

Simpulan

Rupanya keduanya punya perbedaan yang sangat sedikit, dan nampaknya memang vivo Y51A dimaksudkan sebagai pengganti vivo Y51 yang tergolong lebih jadul.

Yang pasti keduanya merupakan pilihan yang cocok bagi kawula muda yang punya mobilitas tinggi dan senantiasa ingin eksis di Instagram. Dengan kualitas kamera memukau, baterai yang bisa mentenagai HP seharian, juga layarnya yang lebar dan sinematis, membuat banderol harga Rp3 jutaan yang dimilikinya terlihat menggiurkan.

vivo Y51 sendiri sudah tidak dihadirkan pada lama resmi vivo Indonesia, namun produknya masih tersedia di beragam marketplace. Jika Anda memilih vivo Y51A, Anda pun tidak akan merasakan perbedaan berarti selain penggunaan chipset yang berusia lebih muda. Jadi, pilih yang mana?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram