Carisinyal / Vivo 2020 / Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo X50 Pro Berikut!

Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo X50 Pro Berikut!

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di zaman sekarang, mencari ponsel dengan kamera yang bagus sudah bukan lagi hal sulit. Dari yang paling murah hingga yang termahal, selalu ada HP yang berusaha menghadirkan kualitas foto terbaik, contohnya seperti vivo X50 Pro.

Ini adalah salah satu seri X dari vivo yang akhirnya memasuki pasar Indonesia. Pasalnya, seri X ini sungguh jarang tersedia di tanah air, jadi kehadiran vivo X50 Pro ini merupakan kabar yang mengejutkan. Ia hadir dengan tiga varian, yakni vivo X50, vivo X50 Pro, dan vivo X50 Pro+.

Nah, yang akan dibahas pada artikel ini adalah varian Pro yang dihargai dengan banderol $600 atau sekitar Rp8.500.000,-. Penasaran dengan ponsel ini? Yuk baca kelebihan dan kekurangan vivo X50 Pro di bawah ini!

Spesifikasi vivo X50 Pro

vivo X50 Pro

  • Layar: AMOLED, 6,53 inci
  • Chipset: Qualcomm SDM765 Snapdragon 765G (7 nm)
  • GPU: Adreno 620
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: Tidak
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 13 MP + 8 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4315 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan vivo X50 Pro

Kira-kira apa saja ya yang membuat vivo X50 Pro begitu menarik? Apakah ponsel seri X ini layak dinantikan? Cari tahu jawabannya pada daftar kelebihan vivo X50 Pro berikut!

1. Memiliki Layar AMOLED

vivo X50 pro (7)

Bagi Anda yang kini sedang memiliki ponsel dengan layar IPS LCD, kehadiran vivo X50 Pro bisa menjadi angin segar. Pasalnya, ponsel vivo yang satu ini menghadirkan layar berpanelkan AMOLED dengan kualitas tampilan layar lebih baik dan hemat daya.

vivo X50 Pro memiliki layar berukuran cukup besar yakni 6,56 inci. Layarnya ini pun sudah mendukung teknologi HDR10+ yang membuatnya terlihat semakin nyaman di mata meski dilihat dalam durasi yang panjang.

Situs resmi vivo X50 Pro sendiri mengatakan bahwa ponsel ini mampu meraih tingkat local peak brightness hingga 1300 nits serta gamut warna DCI-P3. Ini sungguh tampilan layar yang sangat cerah dan menawan, Anda pun tidak perlu lagi khawatir tulisan pada layar tidak terbaca saat di bawah terik sinar matahari. Menonton pun akan menghadirkan pengalaman yang lebih menarik lagi.

Ditambah lagi, desain layarnya yang mengusung punch-hole sebagai rumah bagi kamera depan membuatnya terlihat lega. Bezel yang dihadirkan sungguh tipis, sehingga meraih perbandingan rasio bodi ke layar yang tinggi, yakni 92,6%.

2. Refresh Rate 90 Hz

vivo x50 pro (4)

Ini juga merupakan salah satu kebolehan vivo X50 Pro lainnya. Sementara kebanyakan ponsel lain hanya menghadirkan laju penyegaran 60 Hz yang standar, vivo X50 Pro sudah dibekali kemampuan refresh rate 90 Hz yang mampu membuat pergerakan layar terlihat lebih lembut.

Selain itu, ponsel yang menghadirkan layar super kece ini juga mampu meraih sampling touch rate sebesar 180 Hz. Bermain game secara kompetitif kini lebih lancar berkat respon layarnya yang cepat.

3. Varian Memori Internal dan RAM yang Besar

vivo X50 pro (5)

Kelebihan lainnya yang membuat ponsel ini makin terlihat berkelas adalah kapasitas memori internal dan RAM. Ya, vivo X50 Pro memang sudah dibekali dengan dua kapasitas cukup tinggi yakni 128 GB dan 256 GB. Sayang, kecepatan transfer datanya masih biasa saja dengan menggunakan teknologi UFS 2.1.

Sementara untuk RAM-nya, ponsel ini menghadirkan satu varian RAM yakni 8 GB. Angka ini sudah terbilang lebih dari cukup untuk Anda yang senang bergonta-ganti aplikasi tanpa kendala.

4. Hadir dengan Gimbal OIS

vivo x50 pro

Jika Anda menginginkan kamera HP yang bisa merekam video dengan stabil, fitur dari vivo X50 Pro dijamin bisa membuat Anda senang. Sementara beberapa HP lain hanya menghadirkan fitur EIS (Electronic Image Stabilizer) untuk menstabilkan pemotretan gambar dan perekaman video, vivo X50 Pro sungguh melampaui batas dalam hal ini.

Terdapat gimbal yang terintegrasikan pada kameranya. Bahkan kehadiran gimbal ini diklaim 3 kali lipat lebih baik ketimbang fitur OIS (Optical Image Stabilizer) biasa. Selamat tinggal, efek jelo!

Namun perlu diingat, fitur ini baru benar-benar terasa ketika Anda merekam sambil berlari dengan cepat. Berdasarkan video perbandingan vivo X50 Pro dengan iPhone 11 Pro, keduanya memiliki kemampuan yang serupa untuk menstabilkan video. Perbedaan ini baru terasa saat dipakai berlari – iPhone 11 Pro terlihat masih agak shaky sementara gimbal pada vivo X50 Pro berhasil menjaga video agar tidak terlalu goyang ke kiri dan ke kanan.


Lantas bagaimana dengan kemampuan fotografinya? Sebagai informasi, ponsel ini menghadirkan konfigurasi empat lensa yang terdiri kamera utama 48 MP, lensa periskop 8 MP, kamera potret berkekuatan 13 MP, serta yang terakhir lensa ultra lebar 8 MP yang mendukung field of view seluas 120 derajat.

Oh iya, walau tidak menghadirkan lensa makro, ponsel ini diklaim mampu mengambil foto close-up dengan jarak kedekatan hingga 2,5 cm. Kamera periskop pada ponsel juga mendukung zoom hibrida hingga 60 kali yang juga dibekali kemampuan stabilizer.

vivo x50 pro camera sample night

vivo X50 Pro camera sample (night). * sumber: www.youtube.com

vivo x50 pro camera sample outdoor (2)

vivo X50 Pro camera sample (outdoor). * sumber: www.youtube.com

vivo x50 pro camera sample outdoor

vivo X50 Pro camera sample (outdoor). * sumber: www.youtube.com

Beberapa sampel di atas cukup menunjukkan kebolehan dari kamera vivo X50 Pro. Terlihat bahwa ponsel ini mampu menjaga kualitas detil tetap terjaga pada siang hari, begitu pun dengan kontras warnanya. Hasil pada malam hari juga masih terlihat memukau.

5. Kehadiran Fast Charging 33W

vivo X50 pro (2)

Berbicara soal ponsel, ketahanan baterai termasuk pada salah satu faktor utama yang patut dijadikan pertimbangan. vivo X50 Pro mengantongi kapasitas baterai tipe Li-Po berkapasitas 4315 mAh. Angka ini terbilang besar jika Anda ingin menggunakan HP selama seharian.

Kemudian, baterai ini pun bisa dicas menggunakan kemampuan fast charging 33 W. Vivo sendiri mengklaim bahwa ponsel dapat terisi hingga 57% dalam waktu 30 menit saja.

6. Memiliki Fitur NFC

vivo x50 pro (3)

Bagi Anda yang hidup atau tinggal di kota-kota besar atau sering berpergian menggunakan jalan tol, pasti akan merasa terbantu oleh fitur NFC pada ponsel. Pasalnya, vivo X50 Pro yang sudah menghadirkan NFC ini bisa memudahkan Anda dalam bertransaksi digital ataupun mengecek saldo eToll.

Memang fitur ini kurang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Itulah mengapa beberapa model yang datang ke tanah air cukup jarang memiliki fitur ini. Namun, sebagai salah satu dari sebagian kecil ponsel yang hadir dengan NFC, vivo X50 Pro sungguh layak diapresiasi.

Kekurangan vivo X50 Pro

Itu tadi adalah beberapa kelebihan yang membuat ponsel ini sungguh terlihat menarik. Sebagai pembandingnya, kami juga akan menjabarkan beberapa poin kekurangan dari vivo X50 Pro.

1. Chipset Kalah Saing

* sumber: www.youtube.com

Dari segi dapur pacu, vivo X50 Pro sudah mampu diandalkan untuk kegiatan berat seperti mengedit foto dan video serta bermain game pada pengaturan grafis yang cukup tinggi. Ia dibekali dengan chipset Snapdragon 765G yang sudah mendukung koneksi 5G dan Adreno 620 sebagai kartu pengolah grafisnya. Kendati demikian, ini bukanlah chipset terbaik yang bisa didapatkan di rentang harga menengah ke atas.

Beberapa ponsel lain seperti Black Shark 2 Pro, Realme X2 Pro, dan Realme X3 SuperZoom sudah dibekali dengan Snapdragon seri 8 yang pastinya lebih sepadan untuk didapatkan. Memang, vivo X50 Pro tidak memfokuskan performa gaming.

Berdasarkan uji pengetesan PUBG Mobile pada sebuah video, terlihat bahwa ponsel ini sudah mampu memainkan game berat ini pada pengaturan grafis HDR pada frame rate Extreme. Serta, hampir tidak ditemukan lag sepanjang permainan.

2. Absennya 3,5mm Jack Audio Port

vivo X50 pro (6)

Apakah Anda termasuk pada sebagian besar masyarakat yang masih menggunakan headset berkabel? Jika iya, siap-siap membeli adapter jika memilih ponsel ini. Soalnya, vivo X50 Pro sudah tak lagi menyediakan 3.5 jack audio port yang biasanya tersedia pada bawah bodi.

Ketiadaan port ini memang wajar sih. Ponsel dengan harga yang cukup mahal memang terkadang meniadakan fitur ini. Alhasil jika pengguna tidak ingin menggunakan adapter, mau tidak mau harus menggunakan headset Bluetooth.

3. Tidak Mendukung Memori Eksternal

vivo x50 pro (9)

Kapasitas memori internal memang sungguh penting. Tapi selain itu, kehadiran slot microSD juga merupakan fitur yang seringkali dicari orang. vivo X50 Pro yang tidak menghadirkan slot memori eksternal mungkin akan sedikit mengecewakan beberapa penggemarnya.

Padahal fungsi microSD pada ponsel cukup banyak, salah satunya adalah penyimpanan data yang lebih aman. Misalnya, jika ponsel terjatuh ke genangan air dan layarnya tidak berfungsi, data pada microSD kemungkinan masih aman. Well, setidaknya vivo X50 Pro punya kapasitas internal yang besar.

4. Tidak Tahan Air dan Debu

vivo x50 pro (10)

Satu hal yang cukup dinantikan pada kehadiran ponsel mahal adalah ketahanannya terhadap air dan debu. Biasanya, sertifikasi IP mulai umum ditemukan pada ponsel mid-range hingga high-end. Ditambah lagi, ponsel-ponsel flagship keluaran 2017 dan 2018 kini harganya sudah murah dan memiliki sertifikasi IP. Bisa jadi vivo X50 Pro kalah saing karena tidak menghadirkan sertifikasi ini.

Singkatnya, IP adalah Ingress Protection yang menakar ketahanan ponsel terhadap air dan debu. Angka terbaik sejauh ini adalah IP68 yang tersedia pada ponsel-ponsel flagship seperti Samsung Galaxy S20, Huawei P40 Pro, dan OPPO Find X2 Pro.

Tanpa adanya sertifikasi IP, vivo X50 Pro cukup rentan terhadap air, sehingga bagi Anda yang sering kehujanan pun sebaiknya berhati-hati supaya HP tidak cepat rusak.

Simpulan

Untuk Anda yang menyukai sektor fotografi, vivo X50 Pro hadir dengan segudang fitur dan spesifikasi kamera yang menarik seperti gimbal dan kamera periskop. Layarnya yang sudah AMOLED dengan laju penyegaran 90 Hz juga sungguh mampu membuat vivo X50 Pro berdaya saing tinggi.

Jadi apakah Anda tertarik membawa pulang ponsel ini? Klik di sini jika tertarik untuk membelinya dan jangan lupa berikan kesan pesan dari vivo X50 Pro pada kolom komentar di bawah ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. padahal udah niat beli Vivo X50 pro, tapi karena tidak tahan debu dan air, jadi mikir lagi deh

    1. Kalau sangat butuh kamera, hal tersebut gak jadi masalah yagn besar sih. Soalnya tahan debu dan air itu sertifikasinya mahal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *