Carisinyal / Vivo 2020 / Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone vivo V20

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone vivo V20

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah ada di antara Anda yang jatuh cinta pada vivo V19 dan menanti HP generasi lanjutannya? Kabar baik untuk Anda, karena vivo V20 sudah tersedia di pasaran Tanah Air sejak September 2020.

Memasuki segmen harga Rp5 juta, vivo V20 otomatis masuk kepada deretan flagship killer yang membuat Anda malas melirik HP-HP yang lebih mahal. Pasalnya, vivo V20 memang cenderung hadir dengan berbagai kelebihan yang membuatnya hampir setara dengan HP di rentang harga di atasnya.

Kira-kira apa yang membuat vivo V20 ini layak untuk diperhatikan? Simak kelebihan dan kekurangan vivo V20 berikut ini!

Spesifikasi vivo V20

vivo V20

  • Layar: AMOLED 6,64 inches
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: Triple 64 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 44 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan vivo V20

Apa sih yang membuat vivo V20 sebegitu menariknya untuk dibahas? Berikut kami sajikan beberapa poin kelebihan vivo V20 yang bisa Anda jadikan rujukan.

1. Desain Bodi yang Ramping

vivo v20 bodi ramping

Sebuah vendor ponsel perlu memerhatikan segi desain agar menghadirkan pengalaman menggenggam yang nyaman untuk konsumen. Nah, untuk produk vivo yang satu ini, vivo V20 dibekali dengan bodi yang cukup tipis dan ramping.

Hal ini pun memudahkan Anda untuk membawa ponsel ini ke mana-mana, karena vivo V20 memiliki dimensi bodi sebesar 161,3 x 74,2 mm. Sementara itu, ketebalan perangkat ini hanyalah 7,4 mm dengan bobot 171 gram. Dengan bobot yang ringan dan bodi yang ringkas, vivo V20 pun menjadi andalan yang mendukung pengguna yang penuh aktivitas.

2. Tampilan Layar OLED Cerah

vivo v20 layar

Bagi Anda yang suka menikmati konten YouTube ataupun binge-watching di Netflix, vivo V20 menghadirkan panel AMOLED dengan ukuran 6,44 inci pada resolusi Full HD+. Adapun rasio aspeknya mengusung angka 20:9. Berkat penggunaan panel AMOLED ini juga, vivo mampu menyuguhkan sensor sidik jari di dalam layar atau yang biasa disebut in-display fingerprint scanner.

Layar vivo V20 mengusung desain berponi dengan bezel yang cukup tipis, meraih rasio perbandingan bodi ke layar yang sangat besar, yakni sekitar 83,7%.

Yang menjadikan layarnya begitu bagus adalah standar kualitas HDR10, menghadirkan rentang dinamis yang besar dengan tingkat kecerahannya yang tinggi. Sehingga, pengalaman bermain game ataupun menonton pun lebih nyaman berkat tampilan layar yang tajam.

3. Kualitas Kamera yang Memukau

vivo v20 kamera belakang

Sebagai anggota berikutnya dari seri vivo V, perangkat ini memang difokuskan untuk menghadirkan kualitas foto yang maksimal. Di belakang bodinya, tersemat sebanyak tiga kamera yang disusun pada modul persegi di pojok kiri atas.

Konfigurasi tiga kamera ini terdiri dari lensa utama 64 MP dengan bukaan apertur f/1.9 dan focal length 26mm. Lalu, ada juga lensa 8 MP dengan fungsi ultra lebar dengan sudut keluasan 120 derajat. Terakhir, adalah kamera berkekuatan 2 MP yang difungsikan untuk mengambil gambar bokeh.

Vivo V20 juga disuguhi berbagai penawaran menarik dari segi fitur kamera, seperti fitur pendeteksian wajah, mode malam, slow motion, dan juga perekaman Art Portrait Video. Fitur ini berfungsi untuk para pelaku kreator video, di mana Anda bisa menjadikan latar belakang menjadi monokrom ataupun memberikan efek bokeh.

Untuk fitur perekamannya juga, vivo V20 sudah mendukung resolusi 4K pada frame rate 30 FPS. Hasil fotonya pun terlihat begitu tajam dan memberikan reproduksi warna yang memukau, salah satu andalan merk vivo pada setiap produk di kelas harga ini. Berikut adalah beberapa contoh sampel foto vivo V20.

hasil foto vivo v20

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=wZRCNkLbJZY (Gadgetin)

hasil foto vivo v20 64mp uhd vs non 64 uhd

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=GCRWp06hEtQ (Pricebook)

hasil foto vivo mode malam

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=I3SgvRQ5fDI (Syaban Farid)

Mungkin Anda pun akan merasakan bagusnya beberapa hasil foto di atas. Terlihat bahwa vivo V20 mampu menghadirkan rentang dinamis yang luas dan ketajaman yang baik di setiap fotonya, bahkan pada saat malam hari sekalipun.

4. Menggunakan Android 11 Saat Rilis

vivo v20 funtouch os 11

Pada saat vivo V20 dirilis, memang belum banyak ponsel yang menawarkan Android 11. Nah, vivo V20 yang kebetulan hadir berdekatan saat perilisan Android 11 pun memanfaatkan momen ini dengan menghadirkan Funtouch 11. Artinya, ini menjadi kesempatan konsumen untuk merasakan langsung perkembangan apa saja yang dibawa dari Android 10 ke Android 11.

Funtouch OS 11 inipun menghadirkan beragam fitur baru sekaligus mengembangkan fitur yang sudah ada sebelumnya pada Funtouch OS 10. Beberapa fitur yang dikembangkan adalah penampilan antarmuka Always-On Display, Dark Mode, beranda pada saat Jovi (semacam Google Assistant) diaktifkan, penampilan ikon-ikon yang lebih fresh, dan masih banyak lagi.

5. Snapdragon 720G yang Powerful

vivo v20 snapdragon

Sebuah ponsel tidak bisa lepas dari chipset yang digunakan, oleh karena itu vivo V20 sebagai HP mid-range pun ditenagai oleh Snapdragon 720G yang memang seunggul itu dalam menghadirkan pengalaman game yang profesional.

Tentu chipset ini tidak sendirian, karena performa gaming juga dipengaruhi oleh RAM dan fitur optimasi pada perangkat. Nah, vivo V20 ini juga disokong oleh RAM 8 GB dan juga memori internal sebesar 128 GB.


Pengalaman gaming yang bisa Anda rasakan dijamin sangat mulus, karena tersedia pula fitur Ultra Game Mode yang bisa mengoptimalkan pengaturan sistem operasi agar alokasi CPU dan GPU-nya bisa difokuskan pada game yang sedang dimainkan.

Tidak percaya kalau vivo V20 layak dipakai bermain game? Sebuah video yang diunggah lctfix.net mengungkapkan kalau pengaturan grafis PUBG M bisa mencapai HD dan High. Selain itu, saat permainan berlangsung pun tidak ada kendala atau lag sama sekali, responsivitas pun tidak terlihat menunjukkan kendala sama sekali. Tertarik push rank menggunakan vivo V20?

6. NFC Multifunctions

vivo v20 nfc

Kehadiran NFC pada segmen harga menengah memang bukanlah hal baru. Bahkan beberapa ponsel di harga Rp4 jutaan pun sudah menghadirkan NFC. Akan tetapi, kami merasa kalau fungsionalitas NFC pada vivo V20 sungguh layak diapresiasi para penggunanya.

Pasalnya, NFC Multifunction pada vivo V20 tidak hanya berguna untuk mengirim data atau kontak saja melainkan bisa juga untuk menyalin data pada kartu apartemen. Sehingga, kartu kunci bisa di-cloning pada HP dan Anda pun bisa membuka pintu dengan menempelkan HP. Sungguh praktis, dan pastinya membantu siapapun dalam kesehariannya.

7. Fast Charging 33 W

vivo v20 fast charge

Jangan sampai waktu Anda terbuang sia-sia untuk menunggu HP dicas! Lebih baik cari ponsel seperti vivo V20 yang dibekali dengan kecepatan durasi pengisian daya yang kilat. Sebagai informasi, perangkat vivo satu ini memiliki baterai tipe LiPo 4.000 mAh yang siap bertahan dengan durasi panjang.

Ya, vivo V20 mengalami peningkatan kemampuan fast charging, kini menjadi 33W alih-alih 18W seperti yang dimiliki oleh vivo V19. Alhasil, ponsel pun bisa dicas dengan durasi yang hampir dua kali lipat lebih cepat ketimbang vivo V19. Kini tidak ada lagi momen yang tertunda gara-gara mengecas HP.

8. Warna Bodi Belakang yang Colorful

vivo v20 desain bodi belakang

Siapa di sini yang bosan dengan varian desain bodi yang itu-itu saja? Beberapa menawarkan pilihan warna tanpa corak, ada juga beberapa ponsel lain yang memberikan aksen kilauan cahaya agar terlihat kece. Tapi kali ini ada suatu hal yang berbeda dari vivo V20, di mana pengguna bisa melihat tampilan warna yang “menari-nari” seperti hologram. Ya, inilah desain unik dari vivo bernama Dual Tone Step.

Tapi hal ini tergantung pada selera penggunanya, karena efek perubahan warna seperti ini mungkin tidak akan cocok untuk setiap orang. Vivo sendiri mengklaim kalau Dual Tone Step ini bertujuan untuk menyamarkan ketebalan modul kamera belakang. Apakah Anda tertarik dengan desain bodi vivo V20?

Kekurangan vivo V20

Tidak dapat dipungkiri, vivo V20 juga tidak luput dari kekurangan. Apa sajakah kekurangannya itu? Simak beberapa poin berikut ini.

1. Tidak Memiliki Gorilla Glass

vivo v20 gorilla glass

Tidak ada yang tahu kapan kita akan menjatuhkan ponsel secara tidak sengaja. Masalah kecerobohan seperti ini adalah salah satu yang paling ditakutkan pada penggemar gadget, karena bisa-bisa layar menjadi retak dan butuh biaya besar untuk memperbaikinya. Nah, vendor mengakali hal ini dengan menghadirkan lapisan kaca pelindung bawaan, yang paling populer sih biasanya Gorilla Glass.

Vivo V20 sayangnya tidak memiliki ketahanan Gorilla Glass ini, jadi mau tidak mau konsumen pun diwajibkan berhati-hati jangan membiarkan ponsel terjatuh. Lagi pula juga, fungsi Gorilla Glass pun tak hanya untuk mencegah layar jadi retak, melainkan menjaga layar dari goresan-goresan kecil agar tidak baret. Anda pun mau tidak mau harus menambahkan tempered glass sendiri.

2. Pengurangan Kapasitas Baterai

vivo v20 pengurangan baterai

Sudah sewajarnya kalau generasi penerus mengalami peningkatan spesifikasi, tapi dalam hal ini, rupanya vivo V20 tidak sebaik vivo V19 dalam segi kapasitas baterai. Memang, secara ekspektasi, vivo V20 tidak mengecewakan soal keawetan baterainya karena masih menawarkan durasi panjang.

Tapi dibandingkan dengan vivo V19 yang sebesar 4500 mAh, rasanya agak kurang saat mengetahui vivo V20 hanya dibekali baterai 4.000 mAh saja. Terutama jika mengingat bahwa vivo V20 SE (versi lebih murahnya) malah memiliki baterai 4.100 mAh.

Simpulan

Lagi-lagi vivo tidak mengecewakan, vivo V20 miliknya sangat mampu menawarkan berbagai kebaikan yang membuatnya layak menyandang banderol harga Rp5 juta. Dari mulai performa dapur pacunya yang unggul di kelasnya, hingga kemampuan fotografinya yang top abis.

Kehadiran Funtouch OS 11 berbasiskan Android 11 juga menjadi alasan yang kuat untuk memilih HP ini. Sebab, Anda bisa langsung merasakan kehebatannya tanpa harus menunggu giliran HP kebagian update. 

Desain bodi berbalutkan gradasi dua warna yang elegan juga bisa membuat Anda lebih stand out di antara pengguna HP lainnya. Tapi, jangan lupa untuk menambahkan kaca pelindung pada vivo V20 ya! Tanpa Gorilla Glass, vivo V20 memang cenderung rentan terhadap goresan dan retak akibat jatuh.

Kalau Anda bertanya-tanya mengenai HP vivo lainnya, Anda bisa menyimak artikel HP vivo terbaru yang kami update secara berkala. Vivo V20 hadir di Indonesia pada September 2020 dengan harga Rp4.999.000,- dan Anda bisa mendapatkannya melalui link ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *