Carisinyal / Vivo 2020 / Lebih Murah, Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo V20 SE!

Lebih Murah, Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo V20 SE!

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kali ini ada sesuatu yang berbeda pada seri vivo V. Ya, vivo V20 hadir dengan varian ringannya bernama vivo V20 SE. Perbandingan keduanya sebenarnya tidak begitu jauh, bahkan harganya pun hanya terpaut Rp1 juta saja. Jadi sebenarnya beberapa hal yang ada di vivo V20 juga bisa Anda rasakan di perangkat ini.

Tapi kalau kita nilai dari face value-nya, vivo V20 SE merupakan kontestan yang cukup berdaya saing tinggi di rentang harga Rp4 jutaan. Mau tahu apa saja kelebihan yang ditawarkan sekaligus kekurangan vivo V20 SE ini? Berikut kami sajikan poin-poin kelebihan dan kekurangannya agar Anda bisa mengenal lebih dekat.

Spesifikasi vivo V20 SE

vivo V20 SE

  • Layar: AMOLED 6,64 inches
  • Chipset: Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: Triple 48 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4100 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Lebih murah, apakah vivo V20 SE masih tetap menawarkan keunggulan yang serupa dengan versi regulernya? Di bawah ini adalah beberapa kelebihan vivo V20 SE.

1. Kemampuan Fotografi yang Baik

vivo v20 se kamera

Vivo memang senantiasa memberikan yang terbaik untuk fotografi, hal ini untuk menunjang kebutuhan pengguna yang semakin ke sini semakin banyak yang menyukai postingan-postingan Instagrammable. Vivo V20 SE memang hanya dibekali dengan triple camera, sama seperti varian regulernya. Tapi, bukan berarti hasil foto-fotonya tidak layak dipamerkan.

Sama seperti vivo V19, edisi ringan dari vivo V20 ini juga menghadirkan lensa utama belakang beresolusikan 48 MP. Memang tidak sebesar vivo V20 reguler yang kameranya sudah 64 MP, tapi angka 48 MP sudah terbilang cukup layak.

Kamera utama ini juga ditemani oleh dua lensa lainnya, yakni kamera kedalaman 2 MP dan ada pula lensa 8 MP yang bisa dijadikan sensor makro dan ultra lebar sekaligus.

Untuk pemotretan jarak dekat, perangkat bisa mengambil gambar dengan jarak 2,5 cm sedangkan fungsi ultra lebarnya bisa mendapatkan sudut keluasan 120 derajat.

Baik saat pemotretan siang hari maupun malam hari, hasil foto yang bisa didapatkan sangatlah tajam dan jernih. Hal ini berkat dukungan mode malam yang mampu menangkap cahaya lebih banyak, menyamarkan bagian-bagian yang terlalu gelap agar tetap mampu ditampilkan dengan terang.

Berlanjut ke kamera depan, lensa selfie dari vivo V20 SE ini sangatlah besar dibandingkan ponsel lain di kelasnya, yakni 32 MP. Lagi-lagi, besaran resolusi ini juga sama seperti yang dimiliki oleh vivo V19.

Dan karena ini adalah HP vivo di segmen harga menengah, sudah tentu pengguna bisa mengekspektasikan hasil selfie terbaik. vivo V20 SE ini juga dilengkapi dengan Super Night Selfie, alias mode malam untuk kamera depan. Fungsinya ya standar, untuk meningkatkan detil dan pencahayaan agar subjek mendapatkan exposure yang terang.

Ada juga fitur Selfie Softlight Band, yakni proses penyelarasan subjek foto dengan pencahayaan di sekitarnya supaya hasil foto wajah Anda terlihat lebih kece dan natural. Simak yuk beberapa sampel foto vivo V20 SE berikut ini!

hasil foto selfie vivo v20 se

Hasil foto selfie vivo V20 SE. *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=nOgsA1byk3M&feature=emb_logo (Kompas.com)

hasil foto ultra lebar vivo v20 se

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=nOgsA1byk3M&feature=emb_logo (Kompas.com)

hasil foto vivo v20 se

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=83ThBevXMtw (KLGadgetTV)

Terlihat dari contoh-contoh di atas kalau kamera vivo V20 SE memang bisa diandalkan. Bahkan saat dihadapkan pada sumber cahaya, foto terlihat memiliki rentang dinamis cukup baik. Dari segi perekaman video, pengguna pun bisa merasakan resolusi 4K yang tajam dengan bantuan stabilisasi yang bagus, agar hasil video tidak goyang.

2. Baterai Cukup Awet

vivo v20 se baterai

Di segmen harga menengah, vivo V20 series ini menghadirkan kapasitas baterai yang cukup standar. Vivo V20 SE tepatnya, mengantongi kapasitas 4.100 mAh yang sedikit lebih besar ketimbang versi reguler yang hanya 4.000 mAh. Walau perbedaan ini begitu kecil, tapi cukup menjadi pertanyaan bahwa vivo V20 SE yang merupakan versi ringan malah lebih unggul.

Meski tidak menghadirkan baterai sebesar 5.000 mAh, vivo V20 SE ini memang terbilang cukup awet karena bisa tahan dengan durasi cukup panjang dalam sekali cas. Terlebih, hal ini pun terbantu dengan penggunaan panel layar yang hemat daya serta dukungan mode power saving yang cukup handal dalam menjaga ketahanan baterai.

3. Layar OLED Memukau

vivo v20 se amoled screen

Untuk urusan layar, vivo V20 SE sama-sama menawarkan panel OLED seperti versi regulernya. Layar OLED ini cenderung lebih cerah ketimbang IPS LCD, dan tidak begitu banyak memakan baterai berkat kemampuannya menampilkan warna hitam yang benar-benar hitam.

Adapun ukurannya adalah sebesar 6,64 inci pada resolusi Full HD Plus, dan dalam hal ini vivo memberikan rasio perbandingan bodi ke layar yang cukup luas sebesar 90,2%. Akurasi warna pada layar pun sangat luas, menampilkan rentang warna sebanyak 16 juta dengan tingkat saturasi hingga 103%.

Sebagaimana ponsel yang menggunakan OLED pada umumnya, vivo V20 SE pun mampu menerapkan in-display fingerprint sensor alias sensor sidik jari yang tertanam di layar, memberikan pengalaman natural saat membuka kunci dengan cepat serta aman.

4. Fast Charging 33W

vivo v20 se fast charging

Sebelumnya dikatakan kalau vivo V20 SE cukup memiliki ketahanan baterai yang awet. Tapi yang lebih mencengangkan lagi, rupanya konsumen pun diberikan kemampuan mengisi daya baterai dengan waktu yang sangat singkat. Hal ini tidak lain berkat sokongan fast charging 33W yang mampu mengisi daya baterai dari nol hingga penuh dalam waktu kurang dari satu jam saja.


Untuk seukuran HP seharga Rp4 juta, rasanya fast charging 33W ini terbilang unggul. Merk vivo ini pun mengklaim bahwa baterai bisa terisi hingga 62% dalam kurun waktu 30 menit saja. Lumayan cepat, kan?

5. Desain Bodi yang Slim

vivo v20 se bodi ramping

Dalam hal kerampingan bodi, vivo V20 SE ini tidak begitu jauh berbeda ketimbang vivo V20 biasa. Ya, lagi-lagi pengguna pun akan dipuaskan dengan dimensi bodi yang ergonomis sehingga membuatnya enak digenggam saat melakukan aktivitas di ponsel sehari-hari.

Perangkat vivo V20 SE ini memiliki ketebalan bodi sebesar 7,83 mm dengan bobotnya yang hanya mencapai 171 gram saja. Ini adalah sebuah ukuran yang ringan, terutama untuk ponsel di rentang harga mid-range yang fitur-fiturnya terbilang cukup banyak.

6. Tampilan Warna yang Lebih “Kalem”

vivo v20 se warna

Alih-alih varian regulernya yang mengusung gradasi dua warna, varian model vivo V20 SE cenderung memiliki aksen corak yang simpel. Ada dua pilihan warna pada vivo V20 SE yakni warna hitam dan warna biru.

Untuk Anda yang ingin terlihat lebih elegan, bisa memanfaatkan kesan mewah yang didapatkan dari warna Gravity Black. Warna hitam dari ponsel ini memang terinspirasi dari pekatnya hitam di luar angkasa. Sementara itu, untuk Anda yang tidak suka warna gelap, bisa memilih warna Oxygen Blue yang condong memberikan gradasi warna biru keputihan.

7. Funtouch OS 11 Berbasiskan Android 11

vivo v20 funtouch os 11

September 2020 merupakan waktu perilisan Android 11, oleh karena itu vivo V20 dan vivo V20 SE dihadirkan dengan sistem operasi ini saat rilis. Ya, memang sebuah kelebihan yang patut diapresiasi, karena kini konsumen pun bisa turut merasakan tampilan antarmuka yang baru dengan beragam fitur yang telah dikembangkan.

8. Memiliki Fitur NFC Multifunctions

vivo v20 se nfc

Tidak sempat mengisi saldo eToll? Tidak masalah, karena dengan bantuan aplikasi pihak ketiga dan fitur Near Field Communication milik vivo V20 SE, kini Anda bisa mengisi saldo di mana saja dengan hanya menempelkan kartu pada bodi ponsel.

Kehadiran NFC multifungsi pada vivo V20 SE juga memungkinkan penggunanya melakukan clone pada kartu akses sehingga Anda tidak perlu lagi repot mencari-cari kartu saat memasuki kamar apartemen ataupun kantor.

Kekurangan vivo V20 SE

Rupanya perangkat ini pun tetap tidak luput dari kekurangan. Setidaknya ada dua kekurangan vivo V20 SE yang perlu Anda pertimbangkan sebelum beli.

1. Chipset Kurang Powerful untuk Kelas Harganya

chipset snapdragon 665

Kalau vivo V20 sangat unggul untuk bermain game, lantas bagaimana dengan vivo V20 SE? Well, sebenarnya perangkat ini bisa dipakai game berat juga, hanya saja performanya cukup tertinggal dibandingkan pesaing lain di harga yang sama. Bagaimana tidak? Chipset yang dipakai hanyalah Snapdragon 665 saja.

Jika Anda sering memperhatikan, Snapdragon seri 600 lebih sering dijumpai pada HP entry-level yang berada di kisaran Rp2 juta atau Rp3 jutaan saja. Malahan, vivo V19 Indonesia saja toh sudah menggunakan Snapdragon 675. Jadi bisa disimpulkan kalau vivo V20 SE ini termasuk pilihan yang buruk jika Anda mencari HP dengan performa maksimal sesuai harganya.

2. Menggunakan Desain Layar Waterdrop Notch

vivo v20 se poni tetesan air

Salah satu tolok ukur dari sebuah ponsel canggih adalah tampilannya. Mau sebagus apapun jeroannya tentu vivo tidak boleh meremehkan desain ponsel yang lagi tren pada masanya, karena HP juga memiliki fungsi untuk meningkatkan status sosial.

Vivo V20 SE bukanlah pilihan terbaik jika Anda ingin tampil up-to-date. Pasalnya perangkat ini memang hanya menawarkan desain poni tetesan air yang sudah tidak lagi populer di tahun saat HP ini rilis (2020). Padahal HP sekelas ini rasanya tidak lazim kalau tidak menghadirkan Ultra O Screen alias punch-hole.

Desain poni sebenarnya sih masih banyak ditemukan di tahun 2020, tapi lebih condong untuk ponsel-ponsel seharga Rp2 jutaan dan bahkan Rp1 jutaan. Artinya, sebagian orang mungkin tidak akan merasa percaya diri saat menggunakan vivo V20 SE di depan umum karena serasa menggunakan HP yang lebih murah.

Simpulan

Rupanya walau menyandang versi ringan dari vivo V20, perangkat ini terbilang mampu menyaingi beberapa pesaingnya berkat kehadiran layar OLED beresolusi tinggi dan juga kemampuan fotografinya yang luar biasa.

Berada di harga Rp3.999.000,-, vivo V20 SE ini memang dibanderol dengan harga satu juta lebih murah ketimbang versi reguler. Jadi, memang pas untuk Anda yang ingin lebih hemat budget namun tetap mampu menikmati berbagai keunggulan utamanya.

Cukup disayangkan chipset yang digunakan terasa kurang gahar. Untungnya masih ada mode Ultra Game Mode yang bisa memaksimalkan kinerja agar pengalaman bermain setidaknya bisa terasa lebih lancar. Namun tetap saja alangkah baiknya kalau menggunakan chipset yang lebih powerful.

Hadir di Indonesia pada akhir September 2020, vivo V20 SE ini bisa Anda dapatkan melalui link ini. Jangan lupa untuk cari tahu kelebihan dan kekurangan vivo V20 sebagai perbandingannya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *