Carisinyal / Vivo 2020 / Kelebihan dan Kekurangan Vivo V19 yang Perlu Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V19 yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika Anda penggemar HP dengan kamera selfie yang baik, Vivo adalah salah satu merk HP yang patut Anda lirik, seperti Vivo V19 yang sebentar lagi akan Anda baca kelebihan dan kekurangannya. Namun, Vivo V19 tidak hanya unggul di bidang fotografi, lho!

Ada banyak kelebihan lain yang patut Anda pertimbangkan, begitu juga dengan kekurangannya. Nah, daripada penasaran, langsung saja simak kelebihan dan kekurangan Vivo V19 yang telah Carisinyal rangkum berikut ini!

Spesifikasi Vivo V19

vivo V17 India

  • Rilis: Maret, 2020
  • Layar: 6,44 inci, 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Qualcomm SDM675 Snapdragon 675
  • GPU: Adreno 612
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB atau 256 GB
  • Memori Eksternal: Up to 256 GB
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4500 mAh

Cek spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Vivo V19

Jika dilihat dari sepak terjangnya, Vivo memang merk HP yang jarang mengecewakan. Hal ini tidak terkecuali bagi Vivo V19 yang memiliki berbagai kelebihan untuk Anda nikmati, terutama dari segi kamera depannya. Silakan simak kelebihan-kelebihan Vivo V19 berikut ini.

1. Kamera Selfie Resolusi Besar dengan Dukungan AI

vivo-v19-kamera-depan

* sumber: tekno.kompas.com

Pada dasarnya, kamera selalu menjadi daya tarik bagi yang ingin membeli HP baru, karena itu Viva V19 hadir dengan kamera depan beresolusi tinggi, yakni 32 MP. Fitur Super Night Selfie yang tersemat pada kamera berfungsi untuk mengambil foto pada malam hari dengan noise yang sedikit.

Caranya adalah dengan menggabungkan 12 foto yang sama dengan pencahayaan yang berbeda sehingga menghasilkan foto berkualitas bagus sekalipun dalam gelap.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menikmati fitur kecerdasan buatan pada kamera depan agar hasil foto selfie lebih maksimal. Contohnya, kecerdasan buatan ini dapat Anda gunakan untuk mempercantik diri Anda menggunakan AI Make Up.

Tersedia juga Pose Master yang berfungsi referensi pose agar Anda dapat bergaya di depan kamera selayaknya model. Lalu, ada fitur pendeteksi jenis kelamin yang akan membuat laki-laki dan perempuan terlihat lebih gagah dan cantik.

2.  Mengusung Layar Super AMOLED dengan Ultra O Screen

vivo-v19-punch-hole

* sumber: mobitekno.com

Vivo V19 hadir dengan layar Super AMOLED yang mampu membuat tampilan layar terlihat lebih tajam ketimbang AMOLED biasa. Layar Super AMOLED ini juga sudah dilengkapi dengan antigores sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot menempelkan tempered glass tambahan.

Kelebihan lain yang bisa dirasakan adalah Anda dapat melihat layar dengan jelas sekalipun berada di luar ruangan, berbeda dengan jenis layar di bawahnya yang memiliki tampilan redup di bawah sinar matahari.

Selain itu, Vivo V19 juga memiliki layar Ultra O Screen dengan diameter lubang kamera depan yang terkecil di kelasnya, yakni hanya 2,98 milimeter. Hal ini membuat layar terlihat semakin luas dan dapat mengoptimalkan pengalaman Anda saat menonton YouTube, bermain game, atau aktivitas-aktivitas lainnya.

3. Memiliki Baterai Kapasitas Besar

vivo-v19-baterai

* sumber: tekno.kompas.com

Jangan biarkan pengalaman bermain game Anda terganggu dengan notifikasi low battery. Dengan Vivo V19, Anda dijamin dapat melakukan aktivitas yang menguras baterai dengan durasi yang lebih lama. Sebab, kapasitas baterai pada Vivo V19 terbilang tinggi, yakni sebesar 4500 mAh.

Kehadiran layar Super AMOLED yang ramah daya juga turut menyumbang pada ketahanan baterai. Seolah tak cukup, Vivo V19 juga memiliki fitur dual engine fast charging sehingga Anda dapat mengecas baterai dari nol hingga full dengan sangat cepat.

4. Memiliki Quad Camera

vivo-v19-quad-camera

* sumber: tekno.kompas.com

Sepertinya tidak akan sah jika kelebihan kamera belakang pada HP Vivo tidak masuk dalam daftar. Bagaimana tidak? Vivo V19 hadir dengan empat kamera belakang yang masing-masingnya memiliki resolusi tinggi. Untuk kamera utama, resolusinya adalah 48 MP dengan bukaan F1.8.

Selain itu, terdapat juga kamera super wide-angle dengan resolusi 8 MP yang mampu menangkap foto dengan cakupan area yang sangat luas. Dua kamera lainnya masing-masing memiliki resolusi 2 MP dengan fungsi yang berbeda-beda, yakni sebagai kamera makro yang dapat memotret objek dengan jarak dekat dan depth camera untuk menghasilkan gambar bokeh.

5. Terdapat Fitur Peredam Guncangan

vivo-v19-tahan-guncangan

* sumber: covesia.com

Jika Anda bukan fotografer yang handal namun tetap ingin menghasilkan foto yang bagus, Anda dapat memanfaatkan fitur peredam guncangan pada Vivo V19. Anda yang tangannya sulit stabil saat mengambil gambar tetap akan mendapatkan hasil foto yang tidak ngeblur.

Fitur ini juga lebih terasa saat merekam video, di mana Anda dapat merekam setiap momennya dengan stabil berkat adanya fitur Electronic Image Stabilizer (EIS) ini.

6. Pengalaman Gaming yang Lebih Menyenangkan

vivo-v19-gaming

* sumber: www.indiatoday.in

Dengan maraknya permainan game MOBA di HP saat ini, sudah sewajarnya Vivo turut memperhatikan salah satu aspek penting dari sebuah ponsel pintar, yakni gaming. Dapur pacu pada Vivo V19 juga cukup mumpuni dengan chipset Qualcomm Snapdragon 675 AIE yang mampu menjalankan aplikasi dan game dengan lancar.


Selain itu, terdapat fitur Ultra Game Mode yang dapat digunakan untuk mematikan notifikasi seperti pesan masuk demi menciptakan pengalaman bermain game yang optimal. Anda pun dapat memaksimalkan kembali performa saat bermain game dengan menggunakan fitur Vivo Multi Turbo.

Fitur ini dapat mengoptimalkan operating system, CPU, dan memori internal untuk fokus pada aplikasi game sehingga aplikasi lain yang terbuka dalam waktu yang sama tidak akan mengganggu pengalaman gaming.

7. Memiliki Fitur Fingerprint Scanner yang Unggul

vivo v19 fingerprint

FItur yang kerap kali menjadi incaran para penggiat HP adalah pemindai sidik jari. Pasalnya, fitur ini memudahkan pengguna untuk membuka layar dengan praktis namun tetap tidak mengabaikan sisi keamanan. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan vivo V19 yang hadir dengan Screen Touch ID sebagai fingerprint scanner di bodi depan.

Screen Touch ID telah dibekali algoritme khusus yang bisa meningkatkan kecepatan serta akurasi pemindai. Ia didukung oleh lensa 3P yang terdiri dari kaca setebal 0,68 mm, OLED Glass Layer, dan OLED Luminescent Unit.

Pemindai ini pun tidak hanya berguna untuk membuka kunci layar, melainkan untuk memproteksi beberapa aplikasi seperti kotak masuk SMS dan lainnya. Bisa dibilang, Screen Touch ID adalah salah satu inovasi pemindai sidik jari yang unggul di kelasnya.

Kekurangan Vivo V19

Kelebihan-kelebihan Vivo V19 yang telah diulas tadi memang sangat menggiurkan. Namun, agar Anda semakin yakin telah memilih HP yang cocok, sebaiknya pertimbangkan juga kekurangan-kekurangannya berikut ini.

1. Berbalut Plastik dengan Desain Bodi yang Tebal

vivo-v19-no-dedicated-slot

* sumber: jabarpublisher.co.id

Ponsel yang satu ini memiliki desain yang menarik meskipun bahan materailnya masih plastik.  Selain itu,  Vivo V19 bisa dibilang sebagai ponsel yang tebal sehingga bagi beberapa orang, bodinya akan terasa kurang nyaman digenggam meskipun bobotnya sebenarnya tergolong ringan. Selain itu, bodi ponsel ini mudah meninggalkan bekas sidik jari.

2. Tidak Memiliki Fitur NFC

vivo-v19-tanpa-nfc

* sumber: www.harapanrakyat.com

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication atau komunikasi medan dekat. Fungsinya adalah sebagai metode pembayaran pada mesin digital atau transportasi umum. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur NFC untuk bertukar berbagai macam data seperti kontak atau dokumen dengan mudah.

Nah, fitur NFC ini juga termasuk yang lagi hangat di kalangan HP Rp4 jutaan. Sayangnya, Vivo 19 tidak memiliki fitur ini. Padahal, jika Anda berada di kota-kota metropolitan yang memiliki banyak vendor dengan mesin pembayaran digital, fungsi ini sungguh sayang untuk dilewatkan.

Begitu juga jika Anda seorang pemilik kartu e-money, NFC berguna agar Anda dapat mengisi saldo dengan praktis. Sebuah kekurangan yang cukup disayangkan.

3. Tidak Ada Peningkatan Performa yang Signifikan

vivo-v19-performa-tidak-meningkat-signifikan

* sumber: inet.detik.com

Saat mengganti HP baru, sudah sewajarnya kita berharap ada perubahan terhadap performa. Namun, jika Anda sudah memiliki HP seri Vivo sebelumnya dan mempertimbangkan untuk pindah ke Vivo V19, mungkin kelemahan ini cukup mengecewakan bagi Anda.

Soalnya, jika dibandingkan dengan HP Vivo V15 Pro yang menggunakan chipset yang sama, tidak terlihat perbedaan performa yang signifikan. Jika Anda sangat mementingkan performa dan merupakan pemilik HP dengan chipset yang sama, mungkin Anda akan sedikit ragu membeli Vivo V19.

Simpulan

Beberapa kelebihan dan kekurangan Vivo V19 tadi cukup menarik untuk dibahas. Lagi-lagi, Vivo berhasil menjadi salah satu merk HP dengan kamera terbaik dengan kamera depan resolusi tinggi yang dimilikinya. Super Night Selfie juga turut menjadikan nilai jual karena mampu menghasilkan kualitas foto yang tetap terang dan tajam pada malam hari.

Sayangnya, Vivo V19 ini tidak hadir dengan dukungan slot memori eksternal khusus, sehingga Anda harus mengorbankan kartu SIM kedua. Bagi Anda yang hidup di kota metropolitan pun mungkin akan sedikit kecewa mengetahui HP ini tidak memiliki fitur NFC.

Semoga kelebihan dan kelemahan Vivo V19 yang telah dibahas dapat membantu Anda agar tiba pada keputusan lebih cepat. Tertarik untuk membelinya? Jika ya, bisa langsung beli HP-nya di link ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

4 Responses

  1. Just koreksi ya Mas ananda.

    Vivo V19 sudah dilengkapi dengan Android 10

  2. Vivo v19 ada kok untuk penempatan Micro SD nya sndiri tidak harus mengorbankan SIM card

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *