carisinyal web banner retina

vivo V21 5G, HP yang Cocok untuk Penggunaan Lama

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 23 September 2021

Jaringan internet 5G sudah mulai digalakan di Indonesia. Beberapa operator di 2021 sudah melakukan uji laik layanan 5G di beberapa kota besar. Hal ini merupakan langkah yang bagus mengingat beberapa tipe ponsel yang mendukung jaringan 5G sudah hadir resmi di Indonesia.

Permasalahannya, ponsel yang mendukung jaringan 5G tersebut kebanyakan dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Selain itu, belum tentu juga jaringan 5G yang didukung sesuai dengan frekuensi yang digelar operator di 2021. Beberapa tahun kedepan biasanya baru banyak dukungan jaringan 5G.

Menjawab hal tersebut, vivo Indonesia memberi solusi. Mereka hadirkan vivo V21 5G yang hadir sebagai ponsel dengan mendukung jaringan 5G, terutama jaringan yang digelar awal oleh operator tertentu. Yang menarik, vivo V21 5G menghadirkan ponsel 5G dengan harga yang terbilang kompetitif.

Lewat peluncuran yang dilakukan pada 24 Mei 2021, vivo Indonesia secara resmi umumkan kehadiran vivo V21 5G dengan harga Rp5.799.000. Selain vivo V21 5G, di gelaran yang sama vivo Indonesia juga umumkan kehadiran vivo Wireless Sport Lite. Produk ini merupakan earphone wireless yang ditawarkan dengna harga Rp399.000.

vivo V21 5G, HP yang Cocok untuk Penggunaan Lama 1

Sedikit tentang vivo Wireless Sport Lite, produk ini hadir dengan kemampuan Low Latency Bluetooth Connection yang punya latensi serendah 80ms. Efeknya audio yang didengarkan serasa tanpa delay. Selain itu, fitur Active Noise Cancelation memastikan pengguna mendengar suara dengan sangat nyata.

Earphone nirkabel ini cocok digunakan untuk berolahraga. Selain itu, vivo Wireless Sport Lite punya kemampuan percikan air akibat hujan karena telah didesain dengan IPX4 Waterproof. Itu bearti produk ini cocok digunakan untuk kegiatan saat berlari atau bersepeda. Keringat yang menempel di tubuh dan mengenai earphone tidak akan merusak berkat kemampuan anti cipratan airnya.

Di acara peluncuran tersebut, jelas yang jadi primadona adalah vivo V21 5G. Karena itu, pembahasan soal vivo Wireless Sport Lite. tidak usah terlalu banyak. Mari telisik saja vivo V21 5G yang bisa dibilang cukup dinantikan mengingat seri V dari vivo tergolong laris di pasaran. Mari mulai dengan mengetahuinya spesifikasinya terlebih dahulu.

Spesifikasi vivo V21 5G

vivo V21 5G, HP yang Cocok untuk Penggunaan Lama 3
  • Rilis: April 2021
  • Layar: AMOLED, 6,44 inci, Full HD+
  • Chipset: Dimensity 800U 5G (7 nm)
  • GPU: Mali-G57 MC3
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot SIM bersama)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 44 MP
  • Baterai: Li-Po 4000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

7 Keunggulan vivo V21 5G

Setelah mengetahui spesifikasinya, selanjutnya mari bahas tentang vivo V21 5G. Keunggulan seperti apa yang ditawarkan HP vivo dengan banderol harga Rp5 jutaan ini? Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

1. Desain Menawan

vivo V21 5G

Ultra Slim Matte Glass Design adalah konsep desain yang ditawarkan vivo V21 5G. Penamaan ini megacu pada konsep desain ponsel ini yang menyatukan sentuhan AG Matte Design, Dual Tone Step, dan Flat Frame Design.

Sederhannya, AG Glass Mate bertujuan untuk mengurangi jejak sidik jari yang umum sering menempel di bagian belakang. Satu masalah yang umum terjadi pada ponsel berdesain mewah yang tidak terjadi di vivo V21 5G, atau setidaknya berkurang.

Istilah Dual Tone Step adalah konsep desain yang membuat kamera terlihat menyatu dengan bodi. Efek desain ini, ponsel menawarkan konsep desain yang tidak membuat bumper kamera lebih menonjol. Efek desain ini juga membuat lensa kamera lebih terjaga.

Sementara konsep Flat Frame Design hadir sebagai konsep bingkai flat yang membuat desain ponsel dapat mudah digenggam. Selain itu, dengan konsep ini, vivo V21 5G dapat dengan mudah masuk ke saku pakaian. Ada dalam saku pun tidak akan terlalu membebani penggunanya.

Ponselnya punya bobot yang ringan dengan ketebalan bodi yang tergolong tipis. Varian Sunset Duzzle misalnya hadir dengan bobot 177 gram dan ketebalan 7,39 mm. Yang menarik, vivo V21 5G varian Dusk Blue punya bobot yang lebih ringan, yakni 176 gram. Sementara ketebalan bodinya cuman 7,29 mm. Tergolong ringan bukan?

vivo V21 5G, HP yang Cocok untuk Penggunaan Lama 6

Ada satu model lagi dari vivo V21 5G, yakni Arctic White. Sayangnya, varian warna ini tidak masuk resmi ke Indonesia. Setidaknya, saat artikel ini dibuat. vivo Indonesia hanya hadirkan vivo V21 5G dengan dua varian warna, Sunset Duzzle dan Dusk Blue. Bisa jadi beberapa bulan kedepan, vivo Indonesia hadirkan varian Arctic White untuk melengkapi konsep desain mereka yang tergolong menarik.

2. Layar E3 AMOLED

vivo V21 5G, HP yang Cocok untuk Penggunaan Lama 8

Layar pada vivo V21 5G juga jadi keunggulan tersendiri. Betapa tidak, ponsel ini menawarkan layar 6,44 inci dengan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel. Layarnya punya kerapatan 409 ppi.

Layar vivo V21 5G juga menawarkan panel AMOLED. Lebih tepatnya E3 AMOLED. Panel layar ini punya dukungan HDR10+ dan juga refresh rate 90 Hz. Hal ini akan memanjakan para pengguna yang sering mengusap layar untuk menggeser tampilan lini masa sosial media.

Tidak hanya itu, buat para gamers, refresh rate tinggi berguna untuk memainkan gim pada setelan 90 fps. Untuk mendapatkan tampilan 90 Hz, pengguna perlu mengaktifkannya secara manual pada menu pengaturan.

3. Kamera Dual OIS

vivo V21 5G, HP yang Cocok untuk Penggunaan Lama 10

vivo V series selalu identik dengan kamera depannya yang punya kualitas bagus dibandingkan seri vivo lainnya. Hal itu pula yang menonjol dari vivo V21 5G. Pasalnya, kamera depan ponsel ini yang menawarkan resolusi 44 MP sudah didukung dengan OIS, yakni penstabil gambar berbasis optik.

Bukan hanya kamera depan, kamera utama di bagian belakang 64 MP juga dilengkapi OIS. Hal ini membuat vivo V21 5G jadi ponsel pertama yang menawarrkan konsep kamera Dual OIS. Vivo menyebutnya sebagai Dual OIS Night Camera, sebutan yang mengacu pada kemampuan memfoto di tengah malam dengan hasil yang baik.

Tidak ketinggalan, vivo V21 5G hadirkan teknologi Ultra Stable Video yang menggabungkan teknologi OIS dan EIS (Electronic Image Stabilization), sehingga hasil video lebih stabil karena berfokus pada objek. Di bagian belakang, selain kamera 64 MP, ada dua kamera lainnya yakni Ultra Stable Video yang menggabungkan teknologi OIS dan EIS (Electronic Image Stabilization), sehingga hasil video lebih stabil karena berfokus pada objek.

4. Pengisian Baterai Cepat

vivo V21 5G, HP yang Cocok untuk Penggunaan Lama 12

Baterai vivo V21 5G secara angka tergolong biasa, 4.000 mAh. Namun, yang membuat ponsel ini menarik adalah teknologi pengisian cepatnnya yang vivo sebut sebagai FlashCharge.

Dengan dukungan charger 33 W yang hadir di paket penjualannya, vivo V21 5G diklaim dapat mengisi ulang daya hingga 63% dalam waktu 30 menit saja. Pengalaman mengisi daya yang cepat ini akan membuat para pengguna tidak perlu lama-lama menanti ponsel dalam keadaan penuh. Sangat cocok untuk orang-orang yang sibuk dengan mobilitas tinggi.

4. Extended RAM

vivo V21 5G, HP yang Cocok untuk Penggunaan Lama 14

Judul artikel ini, menegaskan jika vivo V21 5G adalah ponsel yang dapat digunakan dalam jangka waktu cukup lama. Hal ini tidak terlalu berlebihan karena ponsel ini punya fitur untuk mendukung fitur tersebut. Fitur yang dimaksud adalah fitur extended RAM. Dengan fitur ini, vivo V21 5G bakal punya RAM tambahan untuk mendukung kegiatan multitasking.

Varian vivo V21 5G yang dijual di Indonesia sendiri menawarkan RAM 8 GB dan storage 128 GB. Kapasitas ini tergolong cukup untuk kebutuhan sekarang. Masalahnya, bagaimana dengan satu atau dua tahun kedepan?

Sebagai contoh, dua atau tiga tahun lalu, ponsel Android dengan RAM 2 GB jadi batas sebuah ponsel enak dipakai sehari-hari. Namun, RAM 3 GB menawarkan kenyamanan yang baik. Seiring waktu, RAM 3 GB saat ini terasa kurang. Hal ini jelas bisa terjadi pada ponsel dengan RAM 8 GB, yang kedepannya bisa jadi terasa kurang. Apalagi jika pemakainya sering menjalankan banyak aplikasi.

Karena itulah, vivo hadirkan fitur menarik yang dinamakan extended RAM. Fitur ini sudah hadir di ponsel vivo X60 Pro dan vivo X60. Kini fitur ini bisa dinikmati di ponsel vivo V21 5G. Dengan fitur ini, RAM 8 GB dapat bertambah menjadi 11 GB.

Cara kerja penambahan RAM ini adalah dengan memanfaatkan sebagian ruang kosong yang ada di memori internal atau storage. Dengan fitur ini, vivo V21 5G dapat menjalankan lebih banyak aplikasi dalam satu waktu, dengan kecepatan lebih kencang. Fitur ini bahkan tidak akan memengaruhi kinerja ponsel dalam buka-tutup aplikasi.

5. Pengisian Baterai Cepat

vivo V21 5G, HP yang Cocok untuk Penggunaan Lama 12

Judul artikel ini, menegaskan jika vivo V21 5G adalah ponsel yang dapat digunakan dalam jangka waktu cukup lama. Hal ini tidak terlalu berlebihan karena ponsel ini punya fitur untuk mendukung fitur tersebut. Fitur yang dimaksud adalah fitur extended RAM. Dengan fitur ini, vivo V21 5G bakal punya RAM tambahan untuk mendukung kegiatan multitasking.

Varian vivo V21 5G yang dijual di Indonesia sendiri menawarkan RAM 8 GB dan storage 128 GB. Kapasitas ini tergolong cukup untuk kebutuhan sekarang. Masalahnya, bagaimana dengan satu atau dua tahun kedepan?

Sebagai contoh, dua atau tiga tahun lalu, ponsel Android dengan RAM 2 GB jadi batas sebuah ponsel enak dipakai sehari-hari. Namun, RAM 3 GB menawarkan kenyamanan yang baik. Seiring waktu, RAM 3 GB saat ini terasa kurang. Hal ini jelas bisa terjadi pada ponsel dengan RAM 8 GB, yang kedepannya bisa jadi terasa kurang. Apalagi jika pemakainya sering menjalankan banyak aplikasi.

Karena itulah, vivo hadirkan fitur menarik yang dinamakan extended RAM. Fitur ini sudah hadir di ponsel vivo X60 Pro dan vivo X60. Kini fitur ini bisa dinikmati di ponsel vivo V21 5G. Dengan fitur ini, RAM 8 GB dapat bertambah menjadi 11 GB.

Cara kerja penambahan RAM ini adalah dengan memanfaatkan sebagian ruang kosong yang ada di memori internal atau storage. Dengan fitur ini, vivo V21 5G dapat menjalankan lebih banyak aplikasi dalam satu waktu, dengan kecepatan lebih kencang. Fitur ini bahkan tidak akan memengaruhi kinerja ponsel dalam buka-tutup aplikasi.

6. Jaringan 5G dan NFC

vivo V21 5G, HP yang Cocok untuk Penggunaan Lama 18

Faktor lain yang membuat vivo V21 5G jadi ponsel yang bisa digunakan dalam waktu lama adalah karena mendukung jaringan 5G. Teknologi jaringan 5G ini bakal jadi kebutuhan di masa depan. Saat artikel ini dibuat, jaringan 5G di Indonesia baru diimplementasikan di kota besar, itupun terbatas.

Tentu saja jaringan 5G ini bakal efektif dan merata tiga tahun kedepan. Ketika sudah merata, vivo V21 5G sudah siap memakai jaringan 5G. Pengguna pun tidak perlu repot mencari ponsel 5G saat itu. Tentu jadi keuntungan sendiri jika pengguna tinggal di kota yang daerahnya sudah dipasangakan jaringan 5G. Bahkan, vivo Indonesia menyebut vivo V21 5G mendukung Dual Mode 5G untuk koneksi yang lebih cepat dan stabil.

Selain 5G, ponsel ini juga mendukung fitur NFC. Fitur ini jadi satu hal menarik yang ditawarkan vivo Indonesia mengingat vivo V21 5G di beberapa negara tidak punya dukungan NFC. Vivo sendiri menyebut vivo V21 5G di Indonesia punya fitur NFC Multifunctions, yang berarti ponsel dapat menduplikasi kartu akses, uang elektronik untuk transportasi umum, dan memudahkan pengguna untuk bertukar file.

7. Dimensity 800U

vivo V21 5G, HP yang Cocok untuk Penggunaan Lama 20

Jangan lupakan juga kalua vivo V21 5G punya “otak” alias dapur pacu MediaTek Dimensity 800U 5G. Fakta menarik, vivo jadi yang pertama menghadirkan ponsel dengan chipset MediaTek Dimensity ke Indonesia. Dimensity 800U 5G sendiri merupakan chipset yang hadir dengan 2 core kencang Cortex A76 (2,4 GHz), 6 core irit Cortex A55 (2,0 GHz), dan GPU 6 core Mali G57 MC3 (950 MHz).

Chipset ini dibuat dengan fabrikasi 7 nm. Pihak vivo Indonesia mengklaim bahwa dengan Dimentsity 800u 5G di vivo V21 5G menawarkan performa tinggi sambil mempertahankan daya yang lebih efisien. Selain itu, pengalaman bermain gim di ponsel ini juga menarik karena hadirnya fitur Multi Turbo untuk meningkatkan pengalaman bermain game yang lebih lancar bagi para pengguna yang gemar bermain mobile game.

Dengan banderol harga retail awal Rp5,7 jutaan, vivo V21 5G menawarkan berbagai keunggulan menarik. Terlebih, ada onsumen yang sudah melakukan pembelian dengan cara preorder antara 18-23 Mei 2021 dapat memperoleh sejumlah keunggulan seperti bonus earphone vivo Wireless Sport Lite.

Mulai 24 Mei 2021 hingga 29 Mei 2021, vivo membuka program Pre-Order untuk konsumen yang ingin memiliki vivo V21 5G melalui kanal online dan offline. Setiap pembelian vivo V21 5G pada masa Pre-Order konsumen akan mendapatkan Special Gift senilai hingga Rp 800.000, Exclusive Postpaid Plan hingga 12 bulan pada provider Telkomsel, Indosat., XL atau Smartfren.

Ada juga, Trade-In benefit senilai hingga Rp 625,000, 12 bulan perpanjangan masa garansi dan 6 bulan garansi proteksi layar. Selain itu, setiap pembelian vivo V21 5G konsumen dapat menikmati penawaran bank cashback hingga Rp 500,000 dan cicilan 0% dengan syarat dan ketentuan berlaku.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram