10 Kelebihan dan Kekurangan vivo V21 4G yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

vivo kembali merilis produk unggulan pada seri V, otomatis menjadikannya penerus dari vivo V20 yang muncul di tahun 2020. Sekarang, para fans vivo bisa mencicipi beberapa peningkatan pada vivo V21 4G yang memasuki pasar Indonesia pada 22 Juni 2021.

Sebagai informasi, vivo V21 5G sudah duluan hadir di Indonesia sejak akhir Mei 2021, menawarkan chipset Dimensity 800U 5G pada fabrikasi 7 nm sebagai dapur pacunya. Akhirnya konsumen pun bisa memilih, ingin dapatkan varian 5G atau 4G.

Perbedaan keduanya tidak terlalu banyak, hanya di bagian desain bodi dan juga pemilihan chipsetnya. Tapi kami pun mengerti alasan beberapa orang akan memilih varian 4G, karena dibanderol dengan harga rilis lebih murah yakni Rp4.399.000,- (Memori Internal 128 GB).

Ini tentu berbeda dengan vivo V21 5G yang dirilis dengan harga MSRP sebesar Rp5.799.000,- di Indonesia. Walau tidak hadirkan koneksi 5G, tapi varian 4G-nya ini cukup menawarkan kelebihan berdaya saing tinggi jika kita melihat dari merit-nya.

Dengan ini, kami persembahkan spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan vivo V21 4G untuk bahan referensi Anda sebelum membeli. Mari disimak yang di bawah ini.

Spesifikasi vivo V21 4G

Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan vivo V21 4G

Dilihat dari spesifikasi di atas, mungkin Anda sudah bisa menebak apa yang kira-kira jadi kelebihan dari vivo V21 4G ini. Namun jika belum, tenang saja karena Anda bisa lihat beberapa poin kelebihan di bawah ini.

1. Bodi yang Ciamik dan Super Slim

Tatkala tidak seperti varian 5G yang hadirkan desain warna gradien di punggungnya, vivo V21 4g mengambil langkah yang berbeda. Kini, Anda disuguhkan dengan pattern geometris kotak-kotak yang tampak seperti berlian.

Vivo memang ahlinya dalam hadirkan desain bodi unik dan elegan. Tidak hanya perhatikan sisi estetika, tapi vivo V21 4G juga dirancang agar punya bodi yang ringkas dan tipis sehingga membuatnya mudah masuk ke kantong dan enak dibawa ke mana-mana.

Diketahui, dimensi dari vivo V21 4G adalah 159.7 x 73.9 x 7.3 mm dan memiliki bobot sebesar 176 gram. Dalam hal ini, vivo V21 4G termasuk ke dalam ponsel Rp4 jutaan dengan bobot teringan dan bodi paling tipis sehingga pengguna dapat mampu melakukan semua kegiatannya sampai tuntas tanpa membuat tangan pegal.

2. Layar AMOLED yang Cerah dan Memukau

Kalau ada satu hal yang patut diacungi jempol dari vivo V21 4G, hal itu adalah kualitas layarnya. Berbekal panel AMOLED yang terkenal akan kecerahan dan kualitas tampilannya, otomatis membuatnya menang saing melawan ponsel Rp4 jutaan lain yang masih pakai panel IPS LCD.

vivo V21 4G mengandalkan ukuran layar 6,44 inci pada resolusi tinggi yaitu FHD+ 2400 x 1080 piksel. Layar juga diklaim perusahaan memiliki tampilan warna yang indah dan memukau. Di sisi lain, layar dengan aspek rasio 20:9 ini juga hadirkan HDR10 serta kontras yang cukup tinggi, 2000000:1.

Kerapatan piksel yang dimiliki layar ini berada di kisaran 408 ppi yang menurut kami sudah cukup bagus untuk tampilkan kualitas layar yang tajam. Sedangkan dari sisi pencerahannya, layar memiliki typical brightness 430 nit dengan kemampuan meraih 570 nit pada mode high brightness.

Untuk penggunaan ponsel di bawah terik sinar matahari langsung, layar di atas 500 nit seperti vivo V21 4G terbilang cukup bagus untuk menjaga keterbacaan tulisan. Kabar bagusnya lagi, ponsel sudah mendukung sertifikasi Widevine L1 yang artinya sudah siap untuk menonton Netflix dan Amazon Prime secara HD.

3. Dual OIS + 44 Night Camera Selfie

Siapa pun yang mengenal brand vivo pasti tahu, kalau kamera selfie adalah salah satu keunggulan utama merk smartphone asal Tiongkok tersebut. Di antara mayoritas HP 4 jutaan lainnya, kami bisa pastikan kalau vivo V21 4G punya kamera depan dengan resolusi paling besar yakni 44 MP.

Kamera depan 44 MP tersebut juga mendukung perekaman video hingga 4K untuk hasilkan ketajaman yang baik, walau ditonton pada layar besar sekali pun.

Kamera depan yang dijuluki Super Night Selfie ini juga mengandalkan algoritma AI untuk hasilkan Night Portrait yang indah, memakai teknologi reduksi noise berlapis agar kamera dapat menangkap sisi terbaik anda sekalipun pada kondisi sulit cahaya.

Kemudian, vivo V21 4G juga punya fitur unik yang dapat mengkreasikan hasil konten video bernama Dual View Video. Anda bisa rekam menggunakan kamera depan dan belakang bersamaan, cocok untuk format konten vlog ataupun reaction video seru-seruan.

Berlajut pada kamera belakangnya, vivo V21 4G juga dilengkapi dengan konfigurasi Triple Camera yang mencakup 64 MP Ultra HD, lensa ultrawide 8 MP, dan sensor makro 2 MP.

Ketiganya berfungsi dengan cukup baik untuk menawarkan berbagai macam mode pemotretan, seperti lensa ultrawide yang memiliki sudut keluasan (field of view) seluas 120 derajat. Kini, tak perlu lagi berdempet-dempetan hanya supaya semua orang masuk dalam satu frame.

Lensa makro 2 MP miliknya punya fungsi untuk mengambil foto-foto close-up alias dari jarak dekat. Memotret serangga, bunga, ataupun objek-objek kecil lainnya sekarang bisa lebih tajam dan menjadi sebuah mahakarya yang indah.

Dan yang terpenting lagi, terdapat fitur Dual OIS yang tersebar di kamera depan dan juga kamera belakang utamanya. Baik untuk merekam keseruan dari ekspresi Anda atau untuk menangkap momen tak terduga, fitur OIS memastikan bahwa hasil rekaman akan tetap stabil sekalipun merekam sambil berjalan.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram