carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo V21 4G yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 9 Juli 2021
Update!
Untuk info harga HP terbaru klik di sini

vivo kembali merilis produk unggulan pada seri V, otomatis menjadikannya penerus dari vivo V20 yang muncul di tahun 2020. Sekarang, para fans vivo bisa mencicipi beberapa peningkatan pada vivo V21 4G yang memasuki pasar Indonesia pada 22 Juni 2021.

Sebagai informasi, vivo V21 5G sudah duluan hadir di Indonesia sejak akhir Mei 2021, menawarkan chipset Dimensity 800U 5G pada fabrikasi 7 nm sebagai dapur pacunya. Akhirnya konsumen pun bisa memilih, ingin dapatkan varian 5G atau 4G.

Perbedaan keduanya tidak terlalu banyak, hanya di bagian desain bodi dan juga pemilihan chipsetnya. Tapi kami pun mengerti alasan beberapa orang akan memilih varian 4G, karena dibanderol dengan harga rilis lebih murah yakni Rp4.399.000,- (Memori Internal 128 GB).

Ini tentu berbeda dengan vivo V21 5G yang dirilis dengan harga MSRP sebesar Rp5.799.000,- di Indonesia. Walau tidak hadirkan koneksi 5G, tapi varian 4G-nya ini cukup menawarkan kelebihan berdaya saing tinggi jika kita melihat dari merit-nya.

Dengan ini, kami persembahkan spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan vivo V21 4G untuk bahan referensi Anda sebelum membeli. Mari disimak yang di bawah ini.

Spesifikasi vivo V21 4G

vivo V21
  • Rilis: Juni 2021
  • Layar: AMOLED 6,44 inci
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 44 MP
  • Baterai: Li-Po 4000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan vivo V21 4G

Dilihat dari spesifikasi di atas, mungkin Anda sudah bisa menebak apa yang kira-kira jadi kelebihan dari vivo V21 4G ini. Namun jika belum, tenang saja karena Anda bisa lihat beberapa poin kelebihan di bawah ini.

1. Bodi yang Ciamik dan Super Slim

Tatkala tidak seperti varian 5G yang hadirkan desain warna gradien di punggungnya, vivo V21 4g mengambil langkah yang berbeda. Kini, Anda disuguhkan dengan pattern geometris kotak-kotak yang tampak seperti berlian.

Vivo memang ahlinya dalam hadirkan desain bodi unik dan elegan. Tidak hanya perhatikan sisi estetika, tapi vivo V21 4G juga dirancang agar punya bodi yang ringkas dan tipis sehingga membuatnya mudah masuk ke kantong dan enak dibawa ke mana-mana.

Diketahui, dimensi dari vivo V21 4G adalah 159.7 x 73.9 x 7.3 mm dan memiliki bobot sebesar 176 gram. Dalam hal ini, vivo V21 4G termasuk ke dalam ponsel Rp4 jutaan dengan bobot teringan dan bodi paling tipis sehingga pengguna dapat mampu melakukan semua kegiatannya sampai tuntas tanpa membuat tangan pegal.

2. Layar AMOLED yang Cerah dan Memukau

Kalau ada satu hal yang patut diacungi jempol dari vivo V21 4G, hal itu adalah kualitas layarnya. Berbekal panel AMOLED yang terkenal akan kecerahan dan kualitas tampilannya, otomatis membuatnya menang saing melawan ponsel Rp4 jutaan lain yang masih pakai panel IPS LCD.

vivo V21 4G mengandalkan ukuran layar 6,44 inci pada resolusi tinggi yaitu FHD+ 2400 x 1080 piksel. Layar juga diklaim perusahaan memiliki tampilan warna yang indah dan memukau. Di sisi lain, layar dengan aspek rasio 20:9 ini juga hadirkan HDR10 serta kontras yang cukup tinggi, 2000000:1.

Kerapatan piksel yang dimiliki layar ini berada di kisaran 408 ppi yang menurut kami sudah cukup bagus untuk tampilkan kualitas layar yang tajam. Sedangkan dari sisi pencerahannya, layar memiliki typical brightness 430 nit dengan kemampuan meraih 570 nit pada mode high brightness.

Untuk penggunaan ponsel di bawah terik sinar matahari langsung, layar di atas 500 nit seperti vivo V21 4G terbilang cukup bagus untuk menjaga keterbacaan tulisan. Kabar bagusnya lagi, ponsel sudah mendukung sertifikasi Widevine L1 yang artinya sudah siap untuk menonton Netflix dan Amazon Prime secara HD.

3. Dual OIS + 44 Night Camera Selfie

Siapa pun yang mengenal brand vivo pasti tahu, kalau kamera selfie adalah salah satu keunggulan utama merk smartphone asal Tiongkok tersebut. Di antara mayoritas HP 4 jutaan lainnya, kami bisa pastikan kalau vivo V21 4G punya kamera depan dengan resolusi paling besar yakni 44 MP.

Kamera depan 44 MP tersebut juga mendukung perekaman video hingga 4K untuk hasilkan ketajaman yang baik, walau ditonton pada layar besar sekali pun.

Kamera depan yang dijuluki Super Night Selfie ini juga mengandalkan algoritma AI untuk hasilkan Night Portrait yang indah, memakai teknologi reduksi noise berlapis agar kamera dapat menangkap sisi terbaik anda sekalipun pada kondisi sulit cahaya.

Kemudian, vivo V21 4G juga punya fitur unik yang dapat mengkreasikan hasil konten video bernama Dual View Video. Anda bisa rekam menggunakan kamera depan dan belakang bersamaan, cocok untuk format konten vlog ataupun reaction video seru-seruan.

Berlajut pada kamera belakangnya, vivo V21 4G juga dilengkapi dengan konfigurasi Triple Camera yang mencakup 64 MP Ultra HD, lensa ultrawide 8 MP, dan sensor makro 2 MP.

Ketiganya berfungsi dengan cukup baik untuk menawarkan berbagai macam mode pemotretan, seperti lensa ultrawide yang memiliki sudut keluasan (field of view) seluas 120 derajat. Kini, tak perlu lagi berdempet-dempetan hanya supaya semua orang masuk dalam satu frame.

Lensa makro 2 MP miliknya punya fungsi untuk mengambil foto-foto close-up alias dari jarak dekat. Memotret serangga, bunga, ataupun objek-objek kecil lainnya sekarang bisa lebih tajam dan menjadi sebuah mahakarya yang indah.

Dan yang terpenting lagi, terdapat fitur Dual OIS yang tersebar di kamera depan dan juga kamera belakang utamanya. Baik untuk merekam keseruan dari ekspresi Anda atau untuk menangkap momen tak terduga, fitur OIS memastikan bahwa hasil rekaman akan tetap stabil sekalipun merekam sambil berjalan.

Walau resolusi kamera depan dan belakang vivo V21 4G sama persis dengan generasi pendahulunya, tapi kehadiran Dual OIS ini merupakan hal baru yang dihadirkan. Sebuah peningkatan yang patut diapresiasi oleh penggemar fotografi mobile.

Source: YouTube/JCI Channel
Source: YouTube/GadgetIn
Source: YouTube/GadgetIn

4. Hadirkan Chipset Snapdragon 720G yang Unggul

Ya, vivo V21 4G memang smartphone yang ditujukan untuk fungsi memotret. Yang mungkin tidak Anda sangka, adalah HP ini juga termasuk ke dalam daftar HP gaming termurah yang bisa Anda dapatkan. Rahasianya terletak pada chipset Snapdragon 720G yang memiliki fabrikasi 8 nm dan TDP (thermal design power) 5 W.

Ya, walaupun cukup gahar, tapi chipset ini terbilang ramah daya. Snapdragon 720G juga turut mendiami ponsel-ponsel gaming sekelasnya karena menyuguhkan clock speed hingga 2.3 GHz pada konfigurasi octa core.

Bukan itu saja, vivo juga menyuguhkan suatu hal yang unik dan jarang ditemukan pada ponsel lainnya. Pasalnya, HP ini tergolong salah satu dari segelintir ponsel yang tawarkan fitur 8 GB + 3 GB Extended RAM. Yakni, dengan meminjam 3 GB saja dari memori internal 128 GB, Anda bisa tingkatkan kinerja multi-tasking pada total kapasitas RAM sebesar 11 GB.

Bicara soal multi-tasking, vivo V21 4G juga dibekali dengan ART++ Turbo yang dapat meningkatkan efektivitas saat membuka ataupun berpindah-pindah aplikasi dengan cepat.

5. NFC Multifunction yang Serba Guna

Mengapa sebuah ponsel memerlukan fitur NFC? Jawabannya cukup sederhana, karena NFC bisa mempermudah hidup penggunanya. Near Field Communication adalah fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengirimkan file ke sesama ponsel yang mendukung NFC.

Berbeda dengan Bluetooth, mengirim file pakai NFC tidak harus melalui tahapan pairing sehingga dianggap lebih praktis. Inilah yang jadi kelebihan vivo V21 4G, karena menghadirkan NFC Multifunction dengan kegunaan yang beragam.

Selain untuk kirim file, NFC pada vivo V21 4G juga bisa digunakan untuk mengisi saldo eMoney dan juga "menyerap" kredensial kartu akses elektronik seperti kartu kantor atau apartemen. Setelah mendapatkan kredensial tersebut, Anda bisa membuka kamar apartemen dan kantor dengan menempelkan ponsel. Praktis, bukan?

6. Baterai Cukup Awet + Fast Charging yang Ngebut

Dari segi kapasitas, vivo V21 4G tidak mengalami peningkatan dibandingkan pendahulunya (vivo V20). Ponsel ini masih hadirkan baterai 4.000 mAh yang kalau ditilik sekilas, terlihat kalah saing dibanding ponsel entry level lainnya yang sudah tawarkan 5.000 mAh.

Tapi jangan salah, ketahanan baterai vivo V21 4G juga terbilang oke karena sekalipun kapasitasnya kecil, tapi layar AMOLED-nya membuat penggunaan sehari-hari jadi jauh lebih irit.

Mengingat vivo V21 5G memiliki kapasitas baterai yang sama, kami pun akan jadikan ponsel tersebut sebagai acuan dalam mengukur ketahanan baterai bersi 4G-nya. Menurut Phone Year pada salah satu video YouTube-nya, vivo V21 5G bisa bertahan hingga 22 jam pemakaian saat digunakan menonton video.

Menurutnya, durasi ini merupakan peningkatan dibandingkan vivo V20 yang hanya raih durasi 16 jam, terlepas dari kedua ponsel memiliki baterai dengan kapasitas yang sama.

Akan tetapi, mengingat vivo V21 5G dan 4G memiliki prosesor dengan TDP dan fabrikasi nanometer yang berbeda (Dimensity 800U pada varian 5G dan Snapdragon 720G pada varian 4G), maka hasil tes pengujian baterai bisa saja tidak sama persis pada kenyataannya.

Sebagai informasi, Snapdragon 720G punya fabrikasi 8 nm sedangkan Dimensity 800U 5G sebesar 7 nm. Namun, Snapdragon 720G memiliki TDP 5W yang lebih kecil dari chipset satunya lagi yang punya TDP 10 W.

Dengan kata lain, walau Dimensity 800U punya fabrikasi yang lebih kecil, tapi kinerjanya yang lebih besar berujung pada power consumption yang lebih besar pula ketimbang Snapdragon 720G. Kemungkinan, vivo V21 4G bisa bertahan pada durasi lebih lama atau setara dengan varian 5G-nya.

Beralih ke sisi pengisian daya, vivo V21 4G menghadirkan fast charging sebesar 33 W yang mampu mengisikan daya hingga 66% dalam waktu 30 menit saja. Phone Year juga menyertakan pengujian fast charging pada video yang sama,. Diungkapkan bahwa durasi pengisian hingga penuh hanya makan waktu 1 jam 12 menit saja.

Dengan kapasitas baterai unggul dan durasi pengisian kilat, vivo V21 4G terbukti layak untuk dijadikan pilihan bagi orang-orang bermobilitas tinggi.

7. Sistem Operasi yang Intuitive dan Kaya Fitur

Selain hardware, vivo V21 4G juga unggul dari sisi software. Ponsel yang dihadirkan pada tahun 2021 ini mengandalkan sistem operasi Android 11 pada antarmuka FunTouch OS 11.1.

FunTouch OS 11.1 terkenal akan desain antarmukanya yang simpel dan minimalis, sehingga hadirkan gaya navigasi yang intuitif dan mudah dioperasikan oleh semua orang. Ikon-ikon dan tampilan yang fresh dengan rounded corner juga membuat pengalaman pengguna jadi semakin mulus dan menyenangkan.

Plus, banyak fitur-fitur tambahan khas vivo yang bisa membuat hidup pengguna jadi lebih praktis. Contohnya saja iManager, yakni sebuah aplikasi yang dapat memantau ponsel dan berfungsi sebagai antivirus agar terhindar dari malware. Juga, iManager bisa membantu Anda membersihkan junk untuk menambah sisa space pada memori internal dan meningkatkan performa.

Kemudian salah satu fitur baru lainnya pada FunTouch OS 11 adalah S-Capture yang dapat memberi kebebasan pada pengguna saat mengambil tangkapan layar (screenshot). Anda bisa ambil tangkapan layar pada bentuk tali lasso, sehingga Anda yang tentukan sendiri secara manual area mana yang ingin diambil.

S-Capture juga sediakan fitur long capture secara native tanpa bantuan aplikasi ketiga, berguna saat kita ingin menyimpan referensi artikel dengan cara yang praktis.

Seolah tidak cukup, S-Capture juga bisa digunakan untuk merekam video pada isi layar menggunakan mikrofon aktif, sehingga Anda bisa memberikan commentary sambil menunjukkan apa yang ada di layar Anda. Cocok untuk vlogging, tutorial, atau membuat konten Let's Play.

Lalu, FunTouch OS 11.1 juga memberikan pembaharuan pada aplikasi galeri dengan menambahkan laman Memories. Ia tidak jauh berbeda dengan fitur yang ada di Google Photos, bisa menampilkan foto-foto yang disortir berdasarkan lokasi, waktu, acara, serta tingkat intimasi.

Kekurangan vivo V21 4G

Selain hadirkan kelebihan, vivo V21 4G juga punya beberapa kekurangan yang harus Anda ketahui, terlebih jika dibandingkan dengan ponsel Rp4 jutaan lainnya. Apa saja? Simak beberapa poin berikut ini.

1. Masih Pakai Waterdrop Notch

Pemilihan desain poni sebenarnya agak terpolarisasi, di mana beberapa orang menyukai poni waterdrop seperti yang digunakan pada vivo V21 4G. Namun tak banyak pula yang menyukai punch hole sebagai kamera depan karena dianggap mampu menampilkan layar dengan screen-to-body ratio yang lebih luas.

Namun, jika kita melihat pada ponsel flagship yang sedang ngetren, kebanyakan sudah gunakan punch hole. Dan, ponsel 4 jutaan lainnya pun sudah banyak yang hadirkan poni punch hole tersebut, menandakan kalau vivo V21 4G tidak begitu terlihat berkelas jika dibandingkan para pesaingnya.

2. Tidak Hadirkan Corning Gorilla Glass

tanpa-gorilla-glass

Rupanya terlepas dari berbagai kelebihannya, vivo V21 4G kurang memerhatikan sisi keamanan layar. Pasalnya, ponsel ini belum dihadirkan dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass yang dapat melindungi layar dari goresan atau pun benturan.

Tentu jadi sebuah kekurangan, mengingat ponsel dari brand lain di harga yang sama telah banyak yang gunakan kaca pelindung ini, sebut saja brand Xiaomi. Alhasil, membeli tempered glass terpisah jadi opsi yang masuk akal.

3. Tidak Hadirkan Stereo Speaker dan 3,5mm Jack Audio

Ponsel akan selalu jadi sarana multimedia yang paling praktis. Di kala Anda tidak sedang membawa earphone, vivo V21 4G sejatinya harus siap memperdengarkan musik ataupun efek suara dengan baik. Tapi apa daya, nyatanya ponsel ini masih gunakan speaker mono.

Lebih tepatnya, vivo V21 4G menawarkan tuning dari Hi-Res Audio untuk dapat menghasilkan suara yang jernih dan enak didengar. Namun tetap saja, absennya speaker ganda turut jadi kekurangan yang cukup signifikan jika Anda seorang penikmat audio sejati.

Terlebih, ponsel ini tidak hadirkan 3,5 mm jack audio yang akhirnya cukup membatasi pengguna dalam menikmati sarana multimedia. Tidak semua orang punya earphone nirkabel, dan mereka yang punya pun harus berhadapan dengan beberapa kendala seperti earphone habis baterai atau latensi yang cukup buruk.

Simpulan

Hadirkan beragam kelebihan yang sayang dilewatkan, vivo V21 4G terasa unggul terutama di bagian kameranya yang menyuguhkan Dual OIS untuk stabilisasi yang maksimal.

Punya performa yang asyik dipakai bermain game, menjadikan vivo V21 4G tidak hanya cocok dipakai penggiat fotografi tapi juga para gamer profesional.

Vivo V21 4G adalah sebuah paket lengkap yang bisa diandalkan pada setiap situasi, baik untuk produktivitas, sisi entertainment, dan untuk mengabadikan momen-momen penting dalam hidup Anda.

Ponsel ini adalah pilihan ideal jika saja ia sudah didukung dengan 5G. Mengingat koneksi 5G sudah mulai digalakkan di indonesia, sungguh sayang jika Ana tidak bisa memanfaatkan teknologi terbaru tersebut pada ponsel ini. Anda tentu bisa pertimbangkan beli yang varian 5G.

Atau jika Anda sudah punya daily driver yang mendukung 5G, Anda bisa mendapatkan vivo V21 4G sebagai ponsel kedua untuk merasakan seluruh kelebihannya.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram