carisinyal web banner retina

Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo V23 5G Ini!

Tidak semua orang yang menginginkan ponsel bertampang cantik punya dana selangit. Produsen ponsel seperti vivo pun tahu akan segmentasi itu. Oleh sebab itu, mereka memiliki vivo V Series yang harganya tidak terlalu menguras tabungan, tetapi tampangnya seperti ponsel jutawan.

Pada Januari 2022, produsen HP asal Tiongkok ini memperkenalkan vivo V23 5G. Ponsel cantik ini adalah penerus langsung vivo V21 5G yang meluncur di Indonesia pada Mei 2021. Tampang vivo V23 5G sudah dipajang di situs resmi vivo Indonesia.

HP ini juga merupakan ponsel 5G kedua dari vivo V Series yang hadir ke Indonesia. Desain memang jadi key selling utama vivo V23 5G. Akan tetapi, HP ini masih punya hal menarik lain. Simak pembahasannya sampai habis!

Spesifikasi vivo V23 5G

vivo v23 5G
Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset MediaTek Dimensity 920
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4200 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan vivo V23 5G

vivo V23 5G masuk dalam kategori ponsel kelas menengah. Di kelas ini, sebuah ponsel mesti punya beberapa kelebihan yang menjadi standar buat mayoritas orang. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki si ponsel.

1. Desain

desain vivo v23 5g

Saat pertama kali melihat vivo V23 5G, Anda mungkin sadar bahwa penampilan HP ini memang mewah. Bezel layar tipis, rangka flat berbahan aluminium yang kinclong, dan penutup belakang berbahan kaca mengonfirmasi kemewahannya. Akan tetapi, karakter-karakter itu sepertinya sudah cukup mainstream karena dipakai juga oleh produsen lain.

Apalagi keberadaan desain notch panjang pada bagian depan ponsel ini membuatnya tampak seperti smartphone lawas. Hanya saja, ada satu hal yang bisa jadi membuat Anda terperangah. Hal itu adalah kemampuan penutup belakang HP ini untuk mengubah warnanya.

Kemampuan itu hanya dimiliki oleh vivo V23 5G varian Sunshine Gold. Berdasarkan penjelasan Michael Josh dalam kanal YouTube GadgetMatch, ada proses kimiawi yang terjadi saat kaca flourite antiglare penutup belakang si ponsel terkena sinar ultraviolet matahari.

Dalam tempo 30 detik, warna ponsel yang semula punya tone hangat (dalam hal ini emas), tiba-tiba berubah jadi kebiruan (tone dingin). Josh kemudian melakukan eksperimen kecil dengan menempelkan stiker pada penutup belakang V23 5G. Setelah stiker tersebut dilepas, terbentuklah sebuah cap temporer pada penutup belakang si ponsel.

Perubahan warna penutup belakang vivo V23 5G ini juga terjadi saat Anda melihatnya dari sudut pandang yang berbeda. Selain mampu berubah warna bak bunglon, penutup belakang ini juga tampak berkilauan. Meski begitu, ia tidak meninggalkan bercak sidik jari karena punya polesan matte.

desain vivo v23 5g

vivo V23 5G juga tersedia dalam warna Stardust Black. Varian ini adalah pilihan yang aman buat orang yang tak ingin terlihat mencolok. Pasalnya, varian ini tidak mengalami perubahan warna seekstrem Sunshine Gold.

Stardust Black hanya tampak kebiruan ketika terpapar sinar matahari. Varian warna ini juga punya kilauan bak bintang di langit, serta memiliki polesan matte.

Adapun dimensi ponsel ini adalah 157.20 x 72.42 x 7.39 mm, dengan berat 179 g untuk varian warna Stardust Black. Sementara itu, varian warna Sunshine Gold mempunyai dimensi 157.2×72.42×7.55 mm plus berat 181 g. Ukuran tersebut tergolong cukup tipis dan tidak berat.

2. Tampilan

layar vivo v23 5g

Sektor tampilan memang bukan sorotan utama ponsel ini. Kendati demikian, vivo tidak menyematkan layar yang alakadarnya. Layar V23 5G berpanel AMOLED dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel).

Bentangnya 6,44 inci dan memiliki kepadatan piksel 409 ppi. Layar dengan rasio 20:9 ini mendukung refresh rate 90 Hz agar pengalaman scrolling jadi mulus. Tidak cuma itu, layar HP ini juga mendukung pemutaran video berformat HDR10+ layaknya bioskop.

Menurut GSM Arena, layar vivo V23 5G diproteksi oleh kaca Schott Xensation Up. Kaca ini diklaim 10 kali lebih tahan benturan dibanding kaca proteksi konvensional berbasis aluminosilikat.

Dilihat dari spesifikasi layar, kurang lebih Anda sudah tahu soal kualitas tampilannya yang bagus. Michael Josh mengamini hal itu karena layar vivo V23 5G cukup asyik dinikmatinya. Bagi dia, warna yang muncul sangat hidup, nyaman dipakai saat menonton film.

Anda tak perlu khawatir mata jadi sakit ketika berlama-lama menonton film dengan vivo V23 5G ini. Pasalnya, layar HP ini telah mendapat sertifikasi rendah emisi cahaya biru dari TÜV Rheinland.

Sementara itu, vivo tidak menyebut tingkat kecerahan layar HP ini. Namun, menurut Tom Bedford dari Tech Radar, layar si ponsel sudah cukup cerah. Adapun layar vivo V23 5G mendukung pemindaian sidik jari. Jenis sidik jari under-display HP ini adalah optik.

3. Performa

performa vivo v23 5g

vivo V23 5G ditenagai oleh SoC kelas menengah atas dari MediaTek, yakni Dimensity 920. SoC ini merupakan upgrade minor dari Dimensity 900. Letak upgrade-nya ada pada core performa dan GPU.

Ada dua core performa yang dikandung SoC ini, kecepatannya 2,5 GHz dengan arsitektur Cortex A78. Sementara itu, enam core CPU SoC ini merupakan core efisiensi. Isinya adalah Cortex A55 dengan frekuensi 2,0 GHz.

Selain delapan core CPU, Dimensity 920 mengandung GPU empat core Mali-G68 MC4 (950 MHz), modem internal 5G, dan beberapa komponen lain. Semuanya disatukan melalui fabrikasi 6 nm. Fabrikasi yang kecil ini juga berpotensi membuat konsumsi daya SoC bisa ditekan seminim mungkin.

Pada sektor dapur pacu vivo V23 5G, Dimensity 920 didukung memori 8/128 GB atau 12/256 GB. Berkat Dimensity 920, vivo V23 5G pun menunjukkan identitasnya sebagai SoC kelas menengah atas. Dalam pengujian CPU yang dilakukan Jagat Review, skor multicore Dimensity 920 mencapai 2114, dengan skor singlecore 735. Pengujian ini memakai aplikasi GeekBench 5. Menurut Jagat Review, skor multicore SoC ini memang tidak setinggi SoC lain dengan core performa yang berjumlah empat.

Akan tetapi, skor singlecore Dimensity 920 cukup tinggi. Hal itu membuat penggunaan sehari-hari ponsel jadi nyaman. Lebih lanjut, Jagat Review juga mendapat skor best loop 2304 pada 3DMark Wild Life Stress Test. Skor kemampuan GPU ini termasuk tinggi di kelas menengah atas.

Skor-skor yang dihasilkan aplikasi benchmark sintetis di atas memang tidak selalu menggambarkan performa ponsel pada kondisi nyata. Oleh karena itu, kami pun merujuk pengalaman pakai ponsel ini. Seperti pengalaman pakai dari Michael Josh. Josh bilang, seluruh tugas harian bisa diselesaikan dengan cepat oleh vivo V23 5G. HP ini memang tidak sekencang ponsel flagship, tetapi sudah cukup memadai.

Rujukan kedua adalah Prateek Pandey dari 91Mobiles.com. Ia mengatakan jika vivo V23 5G ini dapat menjalankan gim kompetitif yang menuntut grafis secara intensif. Contohnya adalah PUBG: New State yang dapat dijalankan di pengaturan grafis yang maksimal.

Sementara itu, Prateek Pandey juga menjalankan Battlegrounds Mobile India (BGMI) atau di Indonesia dikenal sebagai PUBG Mobile di vivo V23 5G. Gim tersebut dapat berjalan baik pada pengaturan grafis HDR dan Ultra. Gim ini juga dapat berjalan di 60 fps saat pengaturan grafis dipindah ke 'Smooth' tanpa penurunan fps.

4. Kamera

kamera vivo v23 5g

Modul kamera belakang vivo V23 5G menjadi tempat bertenggernya tiga kamera. Semuanya fungsional, terdiri atas kamera utama, kamera ultrawide, dan kamera makro. Kamera utama si ponsel punya resolusi 64 MP dengan bukaan f/1.9, focal length 26 mm, dan didukung PDAF (Phase Detection Autofocus).

Kamera ultrawide-nya beresolusi 8 MP, bukaan f/2.2, ruang pandang 120˚, dan lensa 16 mm. Sementara itu, kamera makronya memiliki resolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4. Tiga kamera di sektor belakang ini didampingi oleh dua lampu LED flash.

Nah, untuk kamera depan, ponsel ini punya dua lensa. Itulah alasannya layar HP ini mempunyai poni, bukan lubang tunggal dengan beragam bentuk. Kamera depan pertama vivo V23 5G berlensa wide dengan resolusi 50 MP, bukaan f/2.0, dan didukung fitur autofokus.

kamera vivo v23 5g

Sementara kamera depan keduanya punya resolusi 8 MP, bukaan f/2.3. Kamera depan ini menggunakan lensa ultrawide dengan ruang pandang 105˚. Yang menarik, vivo membekali kamera depan V23 5G dengan dua lampu dualtone LED flash.

Hal menarik selanjutnya adalah baik kamera depan maupun kamera belakang HP ini mampu merekam video dengan resolusi maksimal 4K pada 30 fps. Lantas bagaimana hasil jepretannya?

Jawabannya adalah bagus. Secara keseluruhan, kamera vivo V23 5G bisa menghasilkan foto yang keren pada berbagai kondisi. Mode malam hari sangat mampu meningkatkan kualitas jepretan. Menurut laman Gamerbraves, foto malam yang dijepret dengan mode malam tampak seperti sore hari.

Bagi Michael Josh, kemampuan kamera belakang vivo V23 5G yang sip tak memang mengherankan. vivo punya jam terbang tinggi dalam menciptakan HP berkamera keren. HP-HP X Series mereka merupakan salah satu ponsel dengan kamera terbaik.

Sementara itu, keberadaan lensa ultrawide pada kamera depan HP ini membuat pengguna bisa berfoto selfie secara ramai-ramai. Hasilnya pun memuaskan kendati foto diambil pada kondisi gelap atau malam hari.

Berdasarkan pengalaman Michael Josh dan para penguji Gamerbraves, intensitas lampu LED flash kamera depan HP ini bisa disetel untuk menghasilkan tone warna yang beragam. Pengguna bisa memilih tone warna default, hangat, dan dingin. Fitur ini unik!

Berikut contoh jepretan kamera vivo V23 5G:

5. Baterai

pengecasan vivo v23 5g

Sektor daya vivo V23 5G diperkuat oleh baterai litium polimer 4200 mAh. Kapasitas baterai ini memang biasa saja, tidak terlalu besar tapi juga tidak kekecilan. Untuk penggunaan normal, baterai ini sudah cukup untuk membuat si ponsel menyala seharian.

Demikian seperti dituturkan Michael Josh. Baterai tersebut didukung dengan teknologi pengisian cepat 44W. Josh mengatakan, mengecas 10 menit mampu membuat baterai HP ini terisi 26%. Kapasitas 65% didapat dengan mengecas selama 35 menit, sedangkan untuk mengisi sampai penuh butuh waktu 50 menit saja. Cukup cepat, bukan?

6. Fitur Ekstra

fitur ekstra vivo v23 5g

Ada cukup banyak fitur ekstra yang disematkan vivo pada HP ini. Tiga di antaranya yang menarik adalah Ultra Game Mode, Dual 5G, dan Extended RAM 2.0. Ultra Game Mode sudah sedikit kami singgung pada poin performa. Fitur ini aktif secara otomatis saat pengguna memainkan gim.

Pengguna diberi opsi memilih mode balance atau performa pada fitur Ultra Game Mode. Jika mode performa yang dipilih, artinya ponsel akan digenjot kemampuannya. Namun demikian, konsumsi daya jadi boros.

Sementara itu, HP ini mendukung fitur dual 5G. Hal ini bermakna dua slot SIM yang dipunyai bisa menangkap sinyal 5G secara bersamaan, baik itu 5G SA (Standalone) ataupun NSA (Non Standalone). Jaringan 5G NSA - alias yang berfrekuensi di bawah 6 GHz - adalah yang tengah digelar di Indonesia.

Adapun fitur Extended RAM 2.0 mengizinkan ponsel meminjam sebagian ruang kosong dalam memori internal. Ruang kosong yang dipinjam itu akan diubah menjadi RAM maksimal 4 GB. Fitur ini mungkin agak mubazir karena RAM vivo V23 5G sudah lebih dari cukup, khususnya kalau untuk mendukung kegiatan multitasking.

Kekurangan vivo V23 5G

Tidak ada ponsel yang sempurna untuk semua orang. Pernyataan ini benar karena produsen memang menyasar segmen tertentu dalam setiap ponsel bikinannya. Namun, ketidaksempurnaan itu mungkin bisa Anda maklumi, tapi bisa juga tidak. Berikut hal yang membuat vivo V23 5G jauh dari kata sempurna.

1. Sisi Minor Desain

desain vivo v23 5g

Desain vivo V23 5G memang keren. vivo pun tampak berusaha menghadirkan hal baru di tengah tren desain smartphone yang begitu-begitu saja. Hanya, vivo sepertinya lupa terhadap fitur desain yang cukup esensial.

Fitur itu adalah IP Rating alias sertifikasi ketahanan debu dan air. IP Rating tak dimiliki vivo V23 5G, padahal bisa melegakan sebagian orang. Terutama bila orang tersebut sering kehujanan, atau suatu hari tak sengaja membuat ponsel tercebur ke dalam kolam.

Catatan kecil selanjutnya dari desain HP ini adalah rangkanya yang flat. Menutut situs Gamerbraves, rangka ini membuat pengalaman genggam tidak menyenangkan. Khususnya jika HP dipakai berlama-lama seperti saat main gim.

Masih menurut Gamerbraves, tombol-tombol di sisi kanan vivo V23 5G terlalu cetek alias cukup dangkal dan tidak punya feedback. Oleh sebab itu, bisa jadi suatu hari Anda akan salah pencet: ingin memencet tombol volume, tapi malah terpencet tombol power.

2. Bloatware

funtouch vivo v23 5g

vivo V23 5G sudah dibekali sistem operasi Android 12. OS terbaru ini dibalut antarmuka Funtouch 12. Antarmuka ini menawarkan lebih banyak fitur kustomisasi tampilan, termasuk widget untuk mendukung beragam aktivitas.

Hanya saja, banyak penguji yang mengeluh karena Funtouch OS 12 mengandung banyak bloatware (aplikasi pra-instal). Lebih-lebih tidak semua bloatware bisa di-uninstall. Antarmuka ini juga dinilai sejumlah penguji membuat penggunaan ponsel untuk aktivitas sehari-hari kadang terasa berat. Namun, hal tersebut malah tidak dirasakan saat ponsel dipakai main gim.

3. Speaker Mono

speaker vivo v23 5g

Layar vivo V23 5G dipandang para penguji sudah cukup memadai. Menampilkan konten film dari Netflix, Disney+ dan lain sebagainya bukan masalah. Apalagi video berformat HDR10+ dengan kontras dramatis sudah didukung.

Sayangnya, pengalaman terbaik menonton film melalui HP ini kurang maksimal. Penyebabnya adalah speaker HP ini masih berkonfigurasi tunggal, bukan ganda (stereo). Hal ini cukup disayangkan mengingat sudah banyak HP di kelas entri yang sudah mendukung speaker ganda.

Satu-satunya cara agar memperoleh pengalaman yang sip saat menonton film adalah menggunakan earphone. Audio dengan resolusi tinggi (24-bit/192kHz) bisa Anda nikmati via earphone.

4. OIS Absen

kamera depan vivo v23 5g

Ada hal yang dikorbankan saat vivo memilih memasang kamera depan ganda pada HP ini. Hal yang dikorbankan itu adalah OIS alias penstabil gambar berbasis optik. Fitur ini padahal mereka sematkan pada pendahulu vivo V23 5G, yakni vivo V21 5G. vivo V21 5G bahkan punya OIS ganda buat kamera depan maupun belakangnya.

Nah, kini Anda bisa menilai apakah hal ini sebuah downgrade atau bukan? Yang jelas, ketiadaan OIS membuat vivo V23 5G tak seandal vivo V21 5G, khususnya pada fotografi lowlight. Saat menjepret foto di kondisi lowlight, kamera akan butuh waktu sedikit lebih lama guna menangkap cahaya lebih banyak.

Proses itu jelas rawan guncangan, terlebih jika HP hanya dipegang dengan tangan kosong. Nah, OIS bertugas untuk meminimalkan guncangan agar foto tidak blur. Sayangnya, yang dimiliki vivo V23 5G hanya gyro-EIS, fitur yang berfungsi untuk menstabilkan video.

Simpulan

vivo seperti membuat penegasan bahwa V Series adalah lini ponsel mereka yang punya kamera mumpuni, khususnya kamera selfie. Hal ini menjadi pertanda bahwa vivo V23 5G memiliki DNA yang diturunkan dari vivo V Series terdahulu. Namun, tampaknya vivo kini tak hanya berkutat pada sektor kamera.

Sebab mereka juga menyuguhkan desain premium yang bisa membuat mata orang terpana saat melirik. Sektor-sektor esensial vivo V23 5G pun sesuai dengan standar ponsel kelas menengah masa kini. Tak ada yang bisa dikeluhkan dari performa, baterai, hingga layarnya.

Hanya saja, peminat vivo V23 5G mesti memperhatikan detail tertentu yang belum dimiliki si ponsel. Detail yang belum dimiliki itu mencakup IP Rating, speaker stereo, dan OIS. Selain itu, antarmuka HP ini juga bukan yang paling bersih. Namun demikian, detail-detail itu tak menggugurkan vivo V23 5G sebagai salah satu ponsel menarik.

Bagaimana pendapat Anda mengenai ponsel ini, apakah Anda menyukainya? Silakan beri pendapat secara bijak pada kolom komentar!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram