Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo V23 5G Ini!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Tidak semua orang yang menginginkan ponsel bertampang cantik punya dana selangit. Produsen ponsel seperti vivo pun tahu akan segmentasi itu. Oleh sebab itu, mereka memiliki vivo V Series yang harganya tidak terlalu menguras tabungan, tetapi tampangnya seperti ponsel jutawan.

Pada Januari 2022, produsen HP asal Tiongkok ini memperkenalkan vivo V23 5G. Ponsel cantik ini adalah penerus langsung vivo V21 5G yang meluncur di Indonesia pada Mei 2021. Tampang vivo V23 5G sudah dipajang di situs resmi vivo Indonesia.

HP ini juga merupakan ponsel 5G kedua dari vivo V Series yang hadir ke Indonesia. Desain memang jadi key selling utama vivo V23 5G. Akan tetapi, HP ini masih punya hal menarik lain. Simak pembahasannya sampai habis!

Spesifikasi vivo V23 5G

vivo v23 5G
Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset MediaTek Dimensity 920
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4200 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan vivo V23 5G

vivo V23 5G masuk dalam kategori ponsel kelas menengah. Di kelas ini, sebuah ponsel mesti punya beberapa kelebihan yang menjadi standar buat mayoritas orang. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki si ponsel.

1. Desain

desain vivo v23 5g

Saat pertama kali melihat vivo V23 5G, Anda mungkin sadar bahwa penampilan HP ini memang mewah. Bezel layar tipis, rangka flat berbahan aluminium yang kinclong, dan penutup belakang berbahan kaca mengonfirmasi kemewahannya. Akan tetapi, karakter-karakter itu sepertinya sudah cukup mainstream karena dipakai juga oleh produsen lain.

Apalagi keberadaan desain notch panjang pada bagian depan ponsel ini membuatnya tampak seperti smartphone lawas. Hanya saja, ada satu hal yang bisa jadi membuat Anda terperangah. Hal itu adalah kemampuan penutup belakang HP ini untuk mengubah warnanya.

Kemampuan itu hanya dimiliki oleh vivo V23 5G varian Sunshine Gold. Berdasarkan penjelasan Michael Josh dalam kanal YouTube GadgetMatch, ada proses kimiawi yang terjadi saat kaca flourite antiglare penutup belakang si ponsel terkena sinar ultraviolet matahari.

Dalam tempo 30 detik, warna ponsel yang semula punya tone hangat (dalam hal ini emas), tiba-tiba berubah jadi kebiruan (tone dingin). Josh kemudian melakukan eksperimen kecil dengan menempelkan stiker pada penutup belakang V23 5G. Setelah stiker tersebut dilepas, terbentuklah sebuah cap temporer pada penutup belakang si ponsel.

Perubahan warna penutup belakang vivo V23 5G ini juga terjadi saat Anda melihatnya dari sudut pandang yang berbeda. Selain mampu berubah warna bak bunglon, penutup belakang ini juga tampak berkilauan. Meski begitu, ia tidak meninggalkan bercak sidik jari karena punya polesan matte.

desain vivo v23 5g

vivo V23 5G juga tersedia dalam warna Stardust Black. Varian ini adalah pilihan yang aman buat orang yang tak ingin terlihat mencolok. Pasalnya, varian ini tidak mengalami perubahan warna seekstrem Sunshine Gold.

Stardust Black hanya tampak kebiruan ketika terpapar sinar matahari. Varian warna ini juga punya kilauan bak bintang di langit, serta memiliki polesan matte.

Adapun dimensi ponsel ini adalah 157.20 x 72.42 x 7.39 mm, dengan berat 179 g untuk varian warna Stardust Black. Sementara itu, varian warna Sunshine Gold mempunyai dimensi 157.2×72.42×7.55 mm plus berat 181 g. Ukuran tersebut tergolong cukup tipis dan tidak berat.

2. Tampilan

layar vivo v23 5g

Sektor tampilan memang bukan sorotan utama ponsel ini. Kendati demikian, vivo tidak menyematkan layar yang alakadarnya. Layar V23 5G berpanel AMOLED dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel).

Bentangnya 6,44 inci dan memiliki kepadatan piksel 409 ppi. Layar dengan rasio 20:9 ini mendukung refresh rate 90 Hz agar pengalaman scrolling jadi mulus. Tidak cuma itu, layar HP ini juga mendukung pemutaran video berformat HDR10+ layaknya bioskop.

Menurut GSM Arena, layar vivo V23 5G diproteksi oleh kaca Schott Xensation Up. Kaca ini diklaim 10 kali lebih tahan benturan dibanding kaca proteksi konvensional berbasis aluminosilikat.

Dilihat dari spesifikasi layar, kurang lebih Anda sudah tahu soal kualitas tampilannya yang bagus. Michael Josh mengamini hal itu karena layar vivo V23 5G cukup asyik dinikmatinya. Bagi dia, warna yang muncul sangat hidup, nyaman dipakai saat menonton film.

Anda tak perlu khawatir mata jadi sakit ketika berlama-lama menonton film dengan vivo V23 5G ini. Pasalnya, layar HP ini telah mendapat sertifikasi rendah emisi cahaya biru dari TÜV Rheinland.

Sementara itu, vivo tidak menyebut tingkat kecerahan layar HP ini. Namun, menurut Tom Bedford dari Tech Radar, layar si ponsel sudah cukup cerah. Adapun layar vivo V23 5G mendukung pemindaian sidik jari. Jenis sidik jari under-display HP ini adalah optik.

3. Performa

performa vivo v23 5g

vivo V23 5G ditenagai oleh SoC kelas menengah atas dari MediaTek, yakni Dimensity 920. SoC ini merupakan upgrade minor dari Dimensity 900. Letak upgrade-nya ada pada core performa dan GPU.

Ada dua core performa yang dikandung SoC ini, kecepatannya 2,5 GHz dengan arsitektur Cortex A78. Sementara itu, enam core CPU SoC ini merupakan core efisiensi. Isinya adalah Cortex A55 dengan frekuensi 2,0 GHz.

Selain delapan core CPU, Dimensity 920 mengandung GPU empat core Mali-G68 MC4 (950 MHz), modem internal 5G, dan beberapa komponen lain. Semuanya disatukan melalui fabrikasi 6 nm. Fabrikasi yang kecil ini juga berpotensi membuat konsumsi daya SoC bisa ditekan seminim mungkin.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram