Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan yang Ada di HP vivo

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

vivo adalah salah satu vendor ternama di Indonesia. Vendor ini cukup banyak memproduksi ponsel dan masuk sebagai top 5 vendor yang banyak mengapalkan ponsel di Indonesia. Nama vivo juga cukup terkenal di banyak orang, apalagi iklan produk ini lumayan gencar.

Vivo sendiri di Indonesia menghadirkan berbagai seri. Seri termurah adalah vivo seri Y yang harganya Rp1 sampai Rp2 jutaan. Beberapa ada yang Rp3 jutaan. Ada juga seri S dan seri Z yang kehadiran produknya cukup jarang. Kemudian ada seri X yang merupakan seri kelas atas dan mulai dibawa masuk ke Indonesia sejak 2020. 

Yang sering dijadikan andalan dari vivo adalah seri V. Seri V sudah lama hadir di Indonesia dan selalu ditunggu kehadiran tiap serinya. Seri V ini disebut andalan karena biasanya promosi atau marketing seri V lebih besar daripada seri lain. Seri V ini juga yang membuat orang banyak kenal dengan nama  vivo. 

Karena banyak dikenal orang, tidak sedikit orang yang membeli HP vivo. Namun, ada juga orang yang masih ragu terhadap kualitas produk HP vivo. Karena alasan itulah, artikel ini ada untuk menjawab keraguan tersebut lewat penjelasan kelebihan dan kekurangan HP vivo. Apa sajakah itu? Langsung simak penjelasannya berikut ini.

Kelebihan HP vivo

Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh HP vivo? Simak poin-poin keunggulannya berikut ini.

1. Hadir dengan Berbagai Inovasi

vivo X70 vs X70 Pro vs X70 Pro+_

Salah satu yang membuat HP vivo menarik adalah karena vivo terkenal sebagai vendor yang tergolong inovatif. Betapa tidak, tim pengembangan dan penelitian vivo tergolong bagus, bahkan bisa jadi pionir dalam menghadirkan berbagai teknologi terkini.

Contoh paling mudahnya adalah kehadiran kamera tersembunyi di vivo Apex, sebuah ponsel demo yang tidak dijual vivo. Sistem kamera tersembunyi itu kemudian dilanjutkan di vivo Nex S dan vivo Nex A yang di pasaran. Di Indonesia, sistem kamera tersembunyi yang bisa muncul, atau istilah vivo disebut sebagai elevating camera, hadir secara resmi lewat vivo V15.

Selain itu, vivo juga yang memperkenalkan sistem sensor sidik jari yang ada di dalam layar atau under display fingerprint (UDF). Banyak vendor lain yang kemudian menerapkan teknologi ini di HP mereka. vivo sendiri menghadirkan HP dengan UDF secara resmi di Indonesia lewat perangkat vivo V11 Pro.

vivo juga memperkenalkan konsep HP dua layar lewat  vivo Nex Dual Display. Perangkat yang satu ini memiliki layar di bagian depan dan bagian belakang. Dengan perangkat ini vivo menawarkan sebuah HP yang menghadirkan layar penuh di satu sisi tetapi juga di sisi lain tetap mempertahankan kamera untuk selfie (yang sekaligus jadi kamera utama) di bagian layar kedua.

Pada perkembangan selanjutnya, vivo memperkenalkan konsep ponsel yang memungkinkan kamera gimbal hadir di ponsel. Hal itu pula yang membuat vivo menghadirkan vivo X50 Pro dan vivo X60 Pro ke Indonesia. Kedua ponsel tersebut punya kemampuan kamera gimbal sehingga membuat rekaman video tidak goyang meski memakai tangan. 

2. Keunggulan di Sektor Kamera 

Vivo V17 Pro

HP vivo umumnya hadir dengan kamera depan yang baik. Bahkan slogan vivo yang dulu, Your Inspiration of Perfect Selfie, menguatkan kalau kamera depan HP mereka adalah kamera yang terbaik untuk selfie.

Hal ini memang bukan isapan jempol belaka karena memang HP vivo terkenal dengan kamera depan yang baik, terutama untuk vivo V seri, yang sampai artikel ini dibuat sudah mencapai vivo V21. Tidak heran jika HP selfie masih selalu identik dengan vivo. 

Keunggulan kamera dari HP vivo tidak hanya di kamera depan. Mereka tidak lagi hanya mengandalkan vivo V series untuk berjualan di Indonesia. Mereka juga hadirkan vivo X series yang menawarkan pengalaman fotografi dan videografi yang lebih baik.

Kekuatan kamera ini jadi yang paling menonjol dibandingkan aspek lain yang ditawarkan. Terlebih setelah mereka bekerja sama dengan produsen optik kenamaan asal Jerman, ZEISS, guna menciptakan sistem pemrosesan gambar yang bagus pada kamera vivo X Series.

Kerja sama antara vivo dan ZEISS dimulai pada 2020. Produk pertama hasil kolaborasi kedua perusahaan adalah vivo X60 Pro.

3. Umumnya Memiliki Desain yang Menarik

vivo v21 series body

Daya tarik HP vivo lainnya ada di bagian desain. Desain ponsel vivo dari yang termurah smpai yang mahal punya daya tarik desain sendiri. Warna desain yang ditawarkan cenderung menarik dan menjadi nilai jual tersendiri. 

Yang paling menonjol dari sisi desain adalah vivo V series. Seri ini selalu menghadirkan desain yang menarik mulai dari vivo V9, vivo V11 series, vivo V15 series, vivo V17 Pro, vivo V19, vivo V20 series, dan vivo V21 series.

Ketika merilis vivo V23 5G pada 2022, vivo memperkenalkan desain penutup belakang yang bisa berubah warna secara temporer. Perubahan warna ini terjadi akibat penggunaan material Fluorite AG Glass dan paparan sinar matahari.

4. Teknologi Dual Engine Fast Charging 

vivo x80 pro

Salah satu teknologi yang dihadirkan vivo adalah Dual Engine Fast Charging. Teknologi ini pertama kali diperkenalkan di vivo V11 Pro yang kemudian diimplementasikan di HP vivo lain seri V. Teknologi pengisian cepat ini bisa dibilang saingan dari VOOC Flash Charge dari OPPO dan SuperCharge dari Huawei.

Teknologi ini memungkinkan pengisian baterai lebih cepat dari pengisian konvensional. Hal ini berkat adanya dua chip pengisian daya di dalamnya yang dapat didistribusikan tegangan sehingga lebih cepat dari pengisian konvensional.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram