carisinyal web banner retina

6 Kelebihan dan Kekurangan vivo V27 5G yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Pada Maret 2023, vivo mengeluarkan seri vivo V terbarunya yang dinamakan vivo V27 series. Salah satunya yang cukup menarik perhatian adalah vivo V25 5G lantaran punya price to performance ratio yang tinggi, desain bodi cakep yang unik, hingga kualitas kamera yang menakjubkan.

vivo V27 5G bahkan memiliki stabilisasi OIS dan EIS yang membuatnya cocok dijadikan sarana kreasi konten. HP ini juga sanggup tawarkan dukungan 4K recording di kamera depannya. Di Maret 2023 juga, vivo V27 5G hadir resmi di Indonesia bersamaan dengan vivo V27e.

Tentu buat konsumen pasar Indonesia, kehadiran vivo V27 5G bakal menarik. Namun, tidak ada produk yang sempurna. vivo V27 5G juga punya sisi plus dan minusnya yang poin-poinnya bisa disimak pada tabel berikut ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Hadir dengan chipset Dimensity 7200 yang bertenaga
Tanpa sertifikasi tahan debu dan air
Fitur kamera komplit, bisa rekam vlog di resolusi 4K!
Hanya pakai mono speaker
Bodi belakang dengan desain unik, bisa berubah warna
Ada bloatware
Kualitas tampilan layar yang imersif
Tanpa slot memori eksternal
Konektivitas jempolan
Baterai awet dengan pengecasan ngebut

Smartphone vivo V27 5G ini menjadi generasi penerus bagi vivo V25 yang duluan hadir setahun sebelumnya. Bagi Anda yang penasaran dengan ponsel dengan harga mulai dari Rp6 jutaan ini, silakan simak penjabaran vivo V27 5G yang kami siapkan di bawah ini.

Spesifikasi vivo V27

vivo V27
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 7200
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan vivo V27

Setelah membaca poin-poin kelebihan vivo V27 5G di bawah, bisa jadi Anda menganggap HP ini sebagai alat komplit untuk memenuhi seluruh kebutuhan Anda. Yuk, cari tahu kelebihannya di bawah ini!

1. Hadir dengan Chipset Dimensity 7200 yang Bertenaga

vivo v27 dimensity 7200

Performa dari vivo V27 5G sangat layak diandalkan karena menggunakan salah satu SoC (system on a chip) terbaik di kelas harga mid-range, yakni MediaTek Dimensity 7200.

Chipset ini dirancang untuk memberikan fitur-fitur flagship ke kelas harga menengah. Maka tidak heran jika performa yang dirasakan saat navigasi antarmuka dan bermain gim pun terasa top-notch.

Seperti sejumlah SoC flagship, Dimensity 7200 juga dibangun pada teknologi fabrikasi 4 nanometer sehingga memberikan efisiensi daya tingkat tinggi untuk terhindar dari throttling.

Dimensity 7200 menggunakan set instruksi arsitektur ARMv9-A dengan cakupan delapan inti prosesor, antara lain dua unit high performance Cortex A715 (2.8 GHz) serta enam unit hemat daya Cortex A510 (2 GHz). Sementara pada kartu pengolah grafisnya menggunakan Mali G610 MC4 berbasiskan arsitektur Valhall 2.

RAM yang dipasangkan dalam HP ini adalah LPDDR5 dengan opsi kapasitas 8 GB dan 12 GB. Dipadankan dengan penyimpanan internal UFS 3.1 di kapasitas 256 GB, vivo V27 5G siap menampung banyak gim dan menunjang aktivitas multi-tasking dengan kelancaran tingkat tinggi.

Ponsel juga dilengkapi dengan kemampuan menambah RAM virtual melalui fitur 8 GB Extended RAM, meminjam sebagian memori dari penyimpanan internal untuk dijadikan RAM sementara. vivo bahkan mengklaim dapat menjajal sebanyak 36 aplikasi yang aktif di latar belakang di waktu bersamaan.

Terdapat fitur in-game yang bisa memunculkan menu untuk menonaktifkan notifikasi, mengatur agar tidak ada panggilan telepon yang masuk, menyetel penggunaan daya CPU dan GPU, dan lain sebagainya.

vivo V27 5G juga dirancang dengan material inovatif dan fitur pendingin agar ponsel tidak mudah overheat saat bermain gim pada durasi panjang. Situs resmi vivo menyebutkan bahwa vivo V27 5G mendapatkan skor AnTuTu v9 sebesar 600.000 poin. Ini artinya, ponsel punya performa yang setara (bahkan lebih baik) dari flagship keluaran tahun-tahun sebelumnya.

Hingga saat artikel ini ditulis pada Maret 2023, belum diketahui pengalaman seperti apa yang dihadirkan saat bermain Genshin Impact. Namun jika dibandingkan dengan SoC lain yang setara, besar kemungkinan vivo V27 5G sanggup memainkan Genshin Impact di pengaturan Medium tanpa lagging.

Ini karena besaran skor AnTuTu v9 dari Dimensity 7200 yang begitu tinggi yaitu 600 ribuan. Ini sudah lebih dari cukup untuk menunjang gim-gim populer masa kini seperti PUBG Mobile, Free Fire, serta Mobile Legends tanpa masalah sama sekali.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh kanal YouTube Harshit Technical, skor AnTuTu 9 vivo V27 5G mencapai tersebut mencapai 614.855.

antutu vivo v27 5gSumber: Harshit Technical

Hasil yang tidak jauh berbeda juga ditunjukkan kanal YouTube The Geeky Monk. Di videonya, vivo V27 5G dikatakan meraih skor AnTuTu v9 sebesar 614.855 poin. Sedangkan saat mengujikan kemampuan prosesornya, ponsel meraih skor Geekbench 5 sebesar 1178 poin (single core) dan 2638 poin (multi-core).

Perangkat ini bahkan terbukti lebih sanggup terhindar dari masalah throttling dibandingkan vivo V27 Pro. Soalnya, vivo V27 5G mampu menjaga 87% dari total performanya setelah diujikan CPU Throttling Test selama 15 menit. Jauh lebih bagus dari vivo V27 Pro yang hanya meraih stabilitas 53%.

Sementara pada pengujian gaming-nya, ponsel sanggup membuka opsi grafis hingga HDR - Ultra pada permainan PUBG Mobile. Pengalaman gim yang dihadirkannya pun begitu mulus tanpa ada hambatan berarti. Semua pergerakannya cukup licin dan tidak terlihat ada lagging.

Jadi, bisa disimpulkan kalau performa Dimensity 7200 di vivo V27 5G memang unggul. Bahkan bisa dianggap salah satu yang terbaik di industri flagship killer. Ini tentu juga tidak luput dari kemampuan vendor melakukan optimasi pada SoC sehingga bisa mendongkrak performa dengan sangat tinggi.

2. Fitur Kamera Komplit, Bisa Rekam Vlog di Resolusi 4K!

hasil kamera vivo v27 5g_

vivo V27 5G dikemas dengan konfigurasi triple camera yang punya kemampuan fotografi menakjubkan. Sebagai kamera utamanya, tersemat sensor Sony IMX766V dengan ukuran sensor 1/16 inci serta resolusi 50 MP. Tersedia juga fitur PDAF dan stabilisasi OIS pada kamera utama tersebut.

Sementara pada kamera kedua dan ketiganya merupakan kamera 8 MP ultrawide dengan FOV (field of view) seluas 120 derajat, serta kamera 2 MP makro dengan bukaan f/2.4.

Tidak ada yang bisa dikeluhkan atas konfigurasi kamera tersebut. Ponsel vivo V27 5G sudah dibekali dua kamera yang fungsinya sangat penting yaitu kamera utama dan juga kamera ultrawide. Tentu akan lebih dapat diapresiasi lagi jika ada kamera telefoto, tapi itu sih sudah termasuk muluk-muluk.

Kekuatan ponsel yang cukup besar turut dirasakan pada pengalaman selfie dan vlogging, lantaran mendukung kamera depan 50 MP yang punya bukaan f/2.5 dan sudah disertai autofokus.

Pada kemampuan recording, baik kamera belakang maupun depan vivo V27 5G sama-sama mampu merekam hingga resolusi 4K di 60 FPS! Ini membuatnya bak surga duniawi bagi penggiat kreasi konten pada tingkatan mana pun.

Sudah tersedia pula stabilisasi EIS+OIS Hybrid Imaging Stabilization pada bagian kamera depan dan belakang. Artinya, melakukan perekaman sambil panning dan berjalan pun tidak akan membuat hasilnya terasa goyang. Bahkan vivo menyebutkan fitur ini akan melakukan gerakan stabilisasi sebanyak 10 ribu kali per detik.

Smartphone ini juga merupakan salah satu yang pertama menghadirkan teknologi Aura Light Portrait, yakni sebuah gabungan antara fitur portrait mode, aura light (LED Flash), serta kamera utama Sony IMX7DDB. Kalau Anda penasaran dengan sampel foto HP ini, bisa dilihat sebagai berikut.

vivo v27 kamera selfie_Sumber: YouTube/Suman Techno
Selfie
perbandingan vivo v27 dan vivo v27 pro kameraSumber: YouTube/The Geeky Monk

3. Bodi Belakang dengan Desain Unik, Bisa Berubah Warna

vivo v27 5g desain_

vivo V27 5G merupakan smartphone yang mementingkan urusan bodi. Desainnya sekilas terlihat biasa saja alias minimalis, tapi sebenarnya punya mekanisme unik yang benar-benar membuatnya berbeda.

Mari bahas dulu dari sisi ergonomikanya. Ponsel memiliki desain bodi belakang dengan sudut melengkung, atau yang vivo sebut sebagai 3D Curved Screen. Bagian bodi belakang dan depan memiliki transisi yang mulus sehingga seolah menyatu dengan sudut frame-nya. Bukan main, hal ini membuat bingkainya hanya punya ketebalan 2,3 mm saja.

Sementara untuk ketebalan bodi secara keseluruhan, vivo V27 5G hanya setipis 7,36 mm dengan bobot bodi sungguh ringan, yaitu 180 gram. Sudah pasti, dimensi tersebut menjadikan vivo V27 5G sebagai salah satu HP ter-compact di industri smartphone.

Yang semakin membuat bodi terlihat istimewa adalah keberadaan teknologi color shift yang dapat mengubah tampilan warnanya. Misalnya ketika menggunakan warna Magic Blue, warna bodi dapat berubah dari yang nuansa soft menjadi warna biru yang lebih gelap, tergantung dari angle dan terpaan sinar.

Tidak lupa, ada juga beberapa opsi warna lain seperti Emerald Green, Flowing Glow, dan Noble Black. Di dalam modul kameranya terdapat ring light yang berfungsi sebagai pengganti LED Flash biasa. Tidak hanya sekadar aksen visual, cincin yang bernama Aura Light tersebut dapat meningkatkan foto malam hari dengan lebih memukau ketimbang flash biasa.

4. Kualitas Tampilan Layar yang Imersif

layar vivo v27

Entah mengapa vivo memutuskan untuk menaruh punch hole di tengah layar kali ini. Menurut saya, ini dapat berlaku sebagai distraksi pengguna saat menonton atau bermain gim secara kompetitif. Namun terlepas dari itu, tampilan layar vivo V27 5G memang tergolong kaya fitur dan memukau untuk kelas harga menengah.

Panel yang digunakan tentu sudah bukan lagi IPS LCD, melainkan AMOLED. Ini memberikan tingkat kecerahan yang lebih tinggi, dibarengi dengan reproduksi warna yang lebih menyala (mendukung hingga 1 miliar warna) sekaligus konsumsi daya yang rendah.

Ukuran layar vivo V27 5G berada di angka 6,78 inci Full HD+, menampilkan konten dan antarmuka pada aspek rasio 20:9 serta memiliki kerapatan piksel 388 ppi (pixel per inch). Ketajaman yang begitu tinggi tentu akan sungguh terlihat pada layar tersebut.

Tidak lupa, tersedia juga sertifikasi HDR10+ untuk dapat memberikan kualitas visual konten dengan rentang dinamis yang lebih matang. Agar sanggup menyenangkan hati para gamer yang senantiasa harus akan pergerakan mulus, vivo V27 5G dilengkapi refresh rate hingga 120 Hz pada layar.

5. Konektivitas Jempolan

vivo v27 5g konektivitas_

Sebenarnya, Dimensity 7200 yang mengotaki HP ini sudah mendukung protokol jaringan Wi-FI 6E, tapi tentu kembali lagi pada keputusan vendor untuk menghadirkannya atau tidak pada ponsel yang sedang mereka rilis. Kebetulan, pada vivo V27 5G ini, protokol yang dihadirkan adalah Wi-Fi 5 dual band.

Tapi tidak apa-apa, kebanyakan HP di harga ini memang belum mendukung Wi-Fi 6, kok. Lagi pula Wi-Fi 5 sudah lebih dari cukup untuk mendapatkan jaringan internet stabil dan cepat. Jika memang ingin rasakan ping rendah serta kecepatan streaming video 4K yang fantastis, Anda bisa menggunakan jaringan seluler 5G di HP ini.

Tenang saja, pita jaringan yang didukung ponsel ini sudah dapat digunakan pada sejumlah operator di Indonesia, sebut saja n1, n3, dan n40. Jadi harusnya tidak ada halangan pada 5G-nya saat pertama masuk ke Indonesia secara resmi.

vivo V27 5G juga disertai dengan konektivitas NFC (Near Field Communication) yang berfungsi untuk mengisi saldo eMoney dan eToll dengan hanya mengetukkan kartu pada bodi belakang ponsel. NFC di HP ini hadir dengan mekanisme keamanan eSE (embedded Secure Element) sehingga proses transaksi digital bisa terjalin dengan lebih aman.

Lebih lanjut lagi, terdapat juga versi Bluetooth 5.3 yang berisikan antarmuka A3DP dan LE, bertujuan agar hubungan antar dua perangkat bisa berjalan lebih seamless dan tanpa delay. Juga, sekaligus menekan konsumsi daya yang berlebihan dan memberikan jarak pendeteksian 2x lebih luas dibanding Bluetooth 4.

6. Baterai Awet dengan Pengecasan Ngebut

vivo v27 5g baterai dan fast charging_

vivo V27 5G memiliki kapasitas yang sama dengan vivo V27 Pro yaitu 4.600 mAh. Ada pun dengan kemampuan pengisian dayanya, kedua smartphone sama-sama menggunakan daya 66 W.

Ketahanan baterai vivo V27 5G bisa membuatnya tetap menyala hingga seharian penuh sekalipun pada kapasitas di bawah 5.000 mAh. Hal ini didukung oleh fitur penghematan baterai berbasiskan AI yang dimiliki smartphone, mampu menangani penganggaran alokasi daya agar tidak terlalu banyak makan baterai.

Didukung dengan panel layar Super AMOLED beserta chipset berfabrikasi 4 nm yang irit daya, kian menyumbang pada alasan ketahanan baterai vivo V27 5G ini.

Charger dengan daya 66 W sudah tersedia di dalam boks penjualan, sangat layak diapresiasi mengingat beberapa HP Samsung di kelas menengah sudah tidak lagi menyertakan charger.

Berdasarkan video pengujian yang diunggah ke YouTube oleh kanal Techniqued, vivo V27 5G hanya membutuhkan durasi 57 menit 31 detik untuk charging baterai dari 0-100%. Durasi ini tidak beda jauh dengan pendahulunya (vivo V25) yang juga sama-sama butuh waktu di bawah 1 jam untuk isi baterai sampai penuh.

Kekurangan vivo V27

Tidak ada ponsel yang sempurna. Itu mengapa, penting untuk audiens mengetahui dulu kekurangan vivo V27 5G agar tidak seperti membeli kucing dalam karung, yakni sebagai berikut ini.

1. Tanpa Sertifikasi Tahan Debu dan Air

vivo v27 5g ip rating_

vivo V27 5G diklaim telah melalui serangkaian uji ketahanan bodi, seperti 42 ribu uji kejatuhan (drop resistance), 10 ribu kali mencolok-cabut kabel USB, 150 ribu siklus menyalakan dan mematikan ponsel, serta 1000 kali pengujian tekanan (tertindih).

Namun sayangnya, smartphone ini belum mengantongi sertifikasi IP Rating yang dapat meningkatkan kemungkinan ponsel tidak rusak meski sudah terjatuh pada kedalaman air.

Ponsel dengan banderol harga mid-range biasanya sudah disertai dengan setidaknya IP54, supaya tetap kuat saat terkena tetesan air hujan dari segala arah. Bahkan smartphone mid-range besutan Samsung di Galaxy A series juga sudah hadirkan IP67.

2. Hanya Pakai Mono Speaker

vivo v27 5g layar_

Hanya terdapat satu speaker saja pada vivo V27 5G, yakni terletak di bawah bodi ponsel. Menyediakan stereo speaker pada sebuah smartphone memiliki beberapa keunggulan. Contohnya seperti masih dapat keluarkan suara yang lantang saat tangan sebelah tidak sengaja menutup satu speaker.

Lalu, keberadaan stereo speaker juga dapat memberikan kesan seimbang dan spasial saat menonton film kesukaan atau bermain gim secara imersif. Kini bahkan sudah banyak loh ponsel Rp2-3 jutaan yang pakai stereo speaker berkualitas baik. Absennya stereo speaker jelas menjadi salah satu kekurangan vivo V27 5G.

3. Ada Bloatware

vivo v27 5g_

vivo V27 5G dirilis dengan Android 13 berselimutkan Funtouch 13. Versi Android tersebut merupakan yang paling up to date pada saat HP dirilis. Ponsel ini memiliki jaminan update versi OS selama dua tahun dan security patch selama tiga tahun.

Yang cukup disayangkan pada ponsel ini, terdapat sejumlah aplikasi bawaan yang sudah terinstal di dalam ponsel, atau yang dinamakan bloatware. Ini cukup mengganggu karena beberapa tidak bisa dihilangkan sama sekali.

Meski dapat menghapus sebagian besar dari bloatware tersebut, tentunya membutuhkan waktu dan bisa membuat repot penggunanya. Jika bloatware tersebut dibiarkan maka akan menyita sebagian storage pada memori internal.

4. Tanpa Slot Memori Eksternal

vivo v27 5g kamera_

Beberapa keuntungan dari menggunakan memori eksternal adalah proses penyimpanan data yang mudah dan cepat. Alih-alih harus menaruh file multimedia di cloud yang butuh jaringan internet cepat dan memakan kuota data internet, lebih baik disimpan di memori eksternal.

vivo V27 5G sayangnya tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal sama sekali. Bahkan untuk menyajikannya secara hibrida pun tidak. Alhasil Anda hanya disuguhkan dengan penyimpanan internal, yang lama-lama akan cepat habis juga kalau digabung dengan file-file seperti gambar, video, dan lagu.

Bukan itu saja yang absen, melainkan 3,5 mm jack audio juga. Sempat disinggung sebelumnya kalau vivo V27 5G tidak dibekali dengan stereo speaker. Rupanya, opsi pengguna untuk dapat menikmati pengalaman mendengarkan musik dan podcast pun lebih terbatas lagi. Kini Anda hanya bisa gunakan TWS (earphone nirkabel) atau adapter agar dapat dengarkan musik dengan khidmat.

Simpulan

Sekian yang bisa disampaikan dari kelebihan dan kekurangan vivo V27 5G. Ponsel ini akan terasa cocok bagi Anda yang menyukai aktivitas fotografi dan gaming, serta memiliki budget yang cukup untuk membeli ponsel menengah ke atas.

Harga rilis yang dibanderol pada vivo V27 5G cukup murah jika disandingkan dengan berbagai macam fiturnya. Saat artikel ini tayang, vivo V27 5G belum diumumkan harganya. Namun, sejumlah toko online sudah membocorkan harga kisaran produknya yakni Rp5.999.000. Tentu harga resminya tidak akan jauh berbeda.

Selain performa dan kamera, masih banyak sederet kelebihan lain yang bisa dinikmati seperti konektivitas unggul, bodi belakang unik, dan kualitas layar yang memukau. Namun, Anda perlu menerima dengan absennya slot memori eksternal, sertifikasi IP Rating, dan juga stereo speaker.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram