carisinyal web banner retina

Inilah Cara Mematikan Fitur Talkback di HP vivo

Ditulis oleh Aris Wibowo

Smartphone kian hari hadir dengan sejumlah teknologi dan fitur sangat memudahkan semua penggunanya. Beberapa smartphone terbaru bahkan

Saat ini, banyak smartphone atau HP sudah dibekali fitur khusus untuk para disabilitas. Salah satu fitur tersebut adalah fitur talkback. Fitur ini akan memberikan respon lisan untuk membantu pengguna smartphone yang tunanetra atau rabun.

Misalnya, membacakan apa yang disentuh, dipilih, dan diaktifkan. Ini merupakan fitur bawaan sistem operasi Android yang hadir di semua smartphone, termasuk di HP vivo seri yang lebih baru.

Meski fitur ini sangat berguna untuk beberapa pengguna khusus, tapi tidak jarang malah menggangu pengguna biasa. Pasalnya, sistem pengoperasiannya akan sedikit berubah. Bahkan, beberapa smartphone akan mengeluarkan bunyi ketika layar disentuh seperti ada yang rusak. 

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai cara mematikan fitur talkback, khususnya di HP vivo.

Cara Mematikan FiturTalkback di HP vivo

Salah satu ciri ketika fitur talkback ini aktif adalah mengeluarkan suara atau seolah-olah HP berbicara sendiri ketika layar disentuh. Jika Anda mengalami hal seperti itu, Anda bisa mematikannya dengan mudah, tapi dengan cara navigasi yang sedikit berbeda. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mematikan fitur talkback di HP vivo. 

1. Mematikan Fitur via Pengaturan

Ketika fitur talkback menyala, Anda harus masuk ke pengaturan telepon terlebih dulu. Berikut langkah detilnya:

  • Cari pengaturan atau "Settings". Setelah itu, klik 1 kali sampai muncul bingkai hijau. Jika sudah muncul, Anda bisa mengetuk 2 kali pada aplikasi "Settings" untuk masuk ke dalamnya.
  • Gulir layar ke bawah, masuk ke bagian "More settings".
vivo-talkback-1-
  • Lalu, pilih menu "Accessibility".
  • Masuk ke opsi "Talkback" dan geser toggle menjadi off atau nonaktif.
  • Tekan "OK".

Setelah melakukan langkah ini, Anda bisa me-restart terlebih dahulu jika diperlukan. Hal ini dimaksudkan untuk mereset ke kondisi awal. 

2. Mematikan Fitur via Tombol 

Sejatinya, fitur talkback memang sudah dimatikan sejak keluar dari pabrik. Namun, terkadang tidak sengaja mengaktifkan fitur ini karena menekan beberapa tombol kombinasi. Padahal, beberapa tombol di HP memiliki fungsi yang berbeda, termasuk untuk mengaktifkan atau menyalakan fitur dalam HP.

Cara mematikan fitu talkback di HP vivo berikutnya memang cukup sederhana. Anda harus memastikan HP dalam kondisi menyala. Setelah itu, tekan dan tahan tombol volume atas dan tombol volume bawah secara bersamaan hingga muncul notifikasi bahwa fitur talkback sudah dimatikan.

3. Update Sistem Operasi

Jika langkah sebelumnya belum bisa mematikan fitur talkback vivo, Anda bisa coba untuk melakukan update sistem operasi. Pasalnya, bisa jadi aktifnya fitur ini karena adanya bug dalam sistem operasi HP vivo Anda.

Jika begitu, maka update sistem operasi menjadi jalan keluar paling mudah. Pasalnya dalam setiap update sistem operasi akan ada perbaikan untuk setiap bug dari pengembang. Selain itu, kondisi HP vivo pun akan kembali optimal.

4. Reset Pabrik

vivo v29 5g

Cara menonaktifkan fitur talkback vivo selanjutnya adalah dengan melakukan reset pabrik. Langkah ini bisa Anda coba jika cara manual sebelumnya masih gagal. Namun, Anda wajib melakukan backup terlebih dahulu semua data penting yang ada.

Untuk melakukan reset pabrik, Anda bisa masuk ke pengaturan telepon lalu pilih sistem, kemudian pilih reset pabrik

Ciri-Ciri Fitur Talkback Aktif

vivo v27 5g konektivitas_

Layar HP tidak bisa disentuh atau digerakkan menjadi ciri utama ketika fitur talkback menyala. Layar yang tidak bisa disentuh secara normal akan menyulitkan pengoperasian. Biasanya ketika fitur ini menyala, Anda harus menunggu munculnya garis hijau di sekeliling pilihan aplikasi untuk bisa menggunakannya. 

Tidak hanya garis bingkai hijau, biasanya ketika Anda mengetuk aplikasi, akan muncul keterangan berupa suara. Baru setelah itu, Anda bisa membuka aplikasi sepenuhnya dengan mengetuk ganda aplikasi yang dibalut garis hijau tersebut. Hal ini cukup menyulitkan dan membuat lama pengoperasiannya.

Ciri fitur talkback aktif selanjutnya adalah Anda tidak bisa menggulirkan layar ke atas atau ke bawah, bahkan ke samping dengan cara biasanya. Anda tidak bisa hanya menggunakan satu jari untuk menggerakkan layar, melainkan menggunakan dua jari secara bersamaan. 

Yang perlu diperhatikan, Anda harus menggunakan HP dengan baik dan wajar. Pasalnya, fitur talkback vivo sering aktif karena ketidaksengajaan penggunaan. Walaupun mengganggu bagi pengguna biasa, nyatanya fitur talkback ini sangat membantu bagi pengguna khusus dengan penglihatan yang terbatas.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mematikan fitur talkback yang tidak sengaja aktif. Anda juga bisa mengenali ciri-ciri ketika fitur tersebut aktif secara tidak sengaja. Selamat mencoba!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram