Mari Perhatikan Kelebihan dan Kekurangan vivo X60 Pro Ini!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Genderang persaingan smartphone kian memanas sejak produsen-produsen meluncurkan ponsel andalannya pada semester pertama 2021. vivo, sebagai penguasa pangsa pasar Indonesia, pun tak melewatkan momentum ini dengan percuma. Sebab, mereka turut meluncurkan kreasi baru bernama vivo X60 Pro.

Penerus dari vivo X50 Pro ini diperkenalkan secara resmi di Indonesia pada 8 April 2021. Berbeda dari pendahulunya yang memakai Snapdragon 765G, vivo X60 Pro datang dengan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon seri 8, tepatnya Snapdragon 870. Hal ini menunjukkan bahwa vivo X60 Pro memang ponsel flagship sejati.

Sorotan selanjutnya dari ponsel 5G ini tentu saja soal kamera utamanya. Ya, kamera utama vivo X60 Pro merupakan salah satu yang tercanggih karena mendukung teknologi pixel shift, stabilisasi optik berbasis gimbal, serta lensa yang dirancang bersama Zeiss.

Hal yang mungkin membuat Anda penasaran dari ponsel ini adalah, apa saja kelebihan yang bisa diberikan dengan keberadaan SoC Snapdragon 870 dan kamera canggihnya? Selain itu, adakah kelebihan lain yang dipunyainya? Dua pertanyaan itu akan segera Anda temukan jawabannya dalam artikel ini.

Namun, Carisinyal juga akan menyertakan poin-poin kekurangan sebagai penyeimbang agar Anda dapat memberikan penilaian secara komprehensif. Sebelum ke pembahasan, Anda dapat menyimak spesifikasi umum dari vivo X60 Pro sebagai berikut:

Spesifikasi vivo X60 Pro

  • Rilis: Maret, 2021
  • Layar: AMOLED, 6,56 inci Full HD+ (1080 x 2376 piksel)
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 870 5G (7 nm)
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 12 GB
  • Memori Internal: 256 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: 40 MP + 13 MP + 13 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Li-Po 4200 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan vivo X60 Pro

Poin kelebihan adalah sektor mencolok yang menjadi daya tarik dari sebuah ponsel. Berikut ini adalah beberapa kelebihan vivo X60 Pro yang bisa jadi bakal menarik perhatian Anda sebagai konsumen.

1. Desain Ergonomis

Bahasa desain yang dianut vivo X60 Pro serupa dengan yang dipakai pendahulunya: minimalis dan elegan. Karena itu, sekilas, Anda mungkin menyangka bahwa tampang ponsel ini sama saja dengan vivo X50 Pro. Namun demikian, ponsel ini tetaplah barang yang berbeda.

Perbedaan pertama yang bisa disadari adalah perpindahan letak kamera depan. Jika X50 Pro dulu punya kamera depan punch-hole di samping kiri, kali ini X60 Pro memiliki lensa kamera depan di tengah.

Sekedar informasi, diameter kamera punch-hole X60 Pro berukuran 3,96 mm (cukup kecil). Selanjutnya di bagian buritan ponsel, lampu flash sudah bergabung dengan modul kamera belakang untuk vivo X60 Pro.

Secara dimensi pun tak serupa. Dengan ukuran 158,6 x 73,2 x 7,59 mm, vivo X60 Pro lebih panjang, lebih lebar, dan lebih tipis ketimbang kakaknya (158,5 x 72,8 x 8 mm). Dengan ketebalan yang hanya 7,59 mm (varian Midnight Black), ponsel ini menjadi salah satu smartphone flagship paling tipis di dunia. Ketipisannya mengalahkan Xiaomi MI 11 (8,1 mm) dan Samsung Galaxy S21 5G (7,9 mm).

Bentuk yang tipis ini diperoleh dari pemakaian kaca lengkung di bagian depan dan belakang, serta frame aluminium yang minimalis. Pada bagian frame Anda akan menemukan tombol power dan volume di sisi kanan; satu speaker, slot dua nanoSIM, port USB tipe C, dan satu lubang mikrofon di sisi bawah; serta satu lubang mikrofon di sisi atas. Tidak ada apa-apa di sisi kiri.

Selain tipis, vivo X60 Pro juga ringan karena bobotnya hanya 177 g (varian Midnight Black), lebih enteng 2,5 g ketimbang X50 Pro. Lantas, bagaimana dengan sensasi yang ditimbulkan ketika ponsel ini digenggam?

Mengenai hal ini, Khumail Thakur dari Stuff Tv, Subhrojit Mallick dari My Smart Price, dan Saurabh Singh dari Financial Express, sepakat mengatakan bahwa vivo X60 Pro sangat nyaman digenggam. Ada dua alasan mengapa ponsel ini bisa begitu nyaman digenggam. Pertama adalah, ponsel ini tidak memiliki banyak lekukan bersudut.

Kedua, kover belakang ponsel ini dipoles dengan lapisan matte ala kain satin yang lembut. Kover belakang X60 Pro terbuat dari bahan kaca buram antigores (anti-glare frosted). Perpaduan antara bentuk yang tipis, bobot ringan, dan nyaman digenggam membuat vivo X60 Pro disebut Subhrojit Mallick sebagai ponsel paling ergonomis yang pernah dia pakai sepanjang 2021.

Di sisi lain, meski vivo X60 Pro punya bentuk yang tipis, built quality-nya tergolong jempolan menurut Kshitij Pujari dari 91 Mobiles. Pendek kata, ponsel ini enak dilihat dan enak digenggam. Adapun vivo X60 Pro tersedia dalam dua pilihan warna: Midnight Black dan Shimmer Blue. Varian yang disebut terakhir punya ketebalan 7,69 mm dengan bobot 179 g.

2. Tampilan Menawan

vivo menggarap sektor tampilan pada X60 Pro dengan serius. Mereka melibatkan Qualcomm untuk menciptakan teknologi LTM pada layar AMOLED 6,56 inci di ponsel ini. Teknologi LTM sederhananya adalah pemetaan warna secara parsial untuk menyesuaikan kontras layar secara cerdas.

Penyesuaian kontras akan memungkinkan layar mampu menampilkan konten dengan lebih jelas baik di bawah terik matahari maupun di lingkungan minim cahaya. Di atas kertas, layar Full HD+ (1080 x 2376 piksel) yang dipasang di muka X60 Pro lebih bagus ketimbang X50 Pro.

Sebab sang penerus sudah mengadopsi laju penyegaran 120 Hz dengan touch sampling rate 240 Hz. Bandingkan dengan X50 Pro yang refresh rate-nya baru menyentuh angka 90 Hz dengan laju pengambilan sampel sentuh 180 Hz. Alhasil, layar X60 Pro mampu menampilkan animasi yang lebih smooth dan responsif dalam mengeksekusi sentuhan.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram