carisinyal web banner retina

Yuk! Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y53s 5G

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 23 September 2021

Kelahiran produk Y53s 5G telah meramaikan seri Y pada ponsel vivo. Ponsel yang baru rilis pada Juni 2021 ini mempunyai bobot 189 gram dengan dimensi 164 x 75.3 x 8.5 mm. Tampilan depannya mengimplementasikan desain Water Drop, adanya bulatan yang tampak seperti tetesan embun sebagai tempat bersembunyi lensa pada kamera depan.

Terdapat beberapa sensor yang dihadirkan pada ponsel pintar ini mulai dari sidik jari samping, kompas, gyro, accelerometer, dan proximity. Seperti biasa vivo menyuguhkan warna yang menawan pada produk-produknya tanpa terkecuali di vivo Y53s 5G. Perangkat ini mempunyai pilihan warna meliputi Black, Blue, dan Silver.

Satu unit dari vivo Y53s 5G melenggang di pasaran sekitar Rp 4,2 jutaan untuk tipe 8/128 GB. Supaya kamu lebih akrab dengan vivo Y53s, Carisinyal sarankan untuk membaca spesifikasi singkatnya berikut ini:

Spesifikasi vivo Y53s 5G

vivo Y53s
  • Rilis: Juni 2021
  • Layar: IPS LCD, 6,58 inci
  • Chipset: Snapdragon 480 5G
  • GPU: Adreno 619
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 64 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5.000

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan vivo Y53s 5G

Untuk mengenal ponsel pintar tentunya bisa diawali dengan menelisik kelebihan yang dibawanya. Lalu, apa saja kelebihan dari vivo Y53s 5G? Jika, kamu teliti saat membaca spesifikasi di atas sudah pasti kamu akan menemukan kelebihannya. Namun, jangan khawatir Carisinyal dengan senang hati akan menjelaskan kelebihannya di bawah ini:

1. Sudah Berjaringan 5G

Jaringan-5G

Seperti yang kita ketahui bersama kalau Indonesia sudah resmi merealisasikan jaringan 5G walau belum menyeluruh hingga pelosok negeri. Lalu, bagi kamu yang ingin merasakan kecanggihan dari jaringan 5G bisa banget mencobanya lewat vivo Y53s 5G. Dikarenakan perangkat ini sudah ditanamkan jaringan berteknologi 5G.

Kecanggihan dari jaringan 5G antara lain memungkinkan untuk mengatur perangkat dari jarak jauh secara waktu nyata, koneksi internet akan lebih cepat hingga 10Gbps, bermain game berbasis AR, kecepatan transmisi menjadi jauh lebih bagus, terhubung dengan banyak perangkat, bahkan mampu mengendalikan drone alias pesawat tanpa nirawak.

2. Layar dengan Laju Penyegaran Tinggi

sumber: Gizchina.com

Berpanelkan IPS LCD yang diklaim memproduksi warna lebih natural dan memiliki color gamut lebih baik, layar dari vivo Y53s 5G berjalan dengan laju penyegaran 90Hz yang memungkinkan saat menjalankan berbagai aplikasi tidak ada istilah ngelag atau lemot.

Layar dari perangkat ini juga terbilang besar untuk sebuah ponsel masa kini yakni 6.58 inci. Sedangkan, rasio layar banding bodinya mencapai 84.5% yang berarti tidak sempit dan pengguna akan lebih asyik menatap layarnya yang luas.

Terkait resolusi dari perangkat ini sebesar 1080 x 2408 piksel dengan rasio 20:9, komposisi yang pantas untuk sebuah ponsel kelas menengah. Guna menyuguhkan ketajaman layar yang optimal dan jelas pada pemakainya, vivo Y53s 5G membawa kerapatan gambar yang menyentuh 401 ppi.

3. Dapur Pacu Sudah Mumpuni

Yuk! Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y53s 5G 3

Performa dari vivo Y53s 5G mampu bekerjasama dalam berbagai urusan mobile penggunanya mulai dari bermain game hingga berselancar di media sosial. Hal ini tidak lepas dari sokongan chipset Qualcomm SM4350 Snapdragon 480 5G yang ber-fabrikasi 8 nanometer. Selain itu, fitur dan menu dari perangkat ini semakin segar dan mutakhir berkat sistem operasi Android 11 dan OriginOS 1.0.

Dalam prosesor CPU, ponsel pintar garapan vivo Y53s 5G ini mendapatkan bantuan dari Octa-core yang racikannya terbuat oleh dua buah Kryo 460 sanggup melaju hingga 2.0 GHz dan enam buah Kryo 460 yang kecepatannya 1.8 GHz. Sementara, untuk prosesor pengolahan grafisnya memakai Adreno 619 dipercaya memberikan tampilan visual yang optimal sesuai harapan pengguna.

Kamu tidak perlu khawatir saat akan menyimpan data berkapasitas besar atau memasang aplikasi yang berbobot karena ruang penyimpanan dari vivo Y53s 5G sangat besar. Perangkat ini menawarkan RAM berkapasitas 8 GB dengan dua pilihan memori internal yakni 128 GB dan 256 GB. Proses penyimpanan datanya juga kencang karena sudah mengundang teknologi UFS 2.1.

4. Dual-camera dengan gyro-EIS

vivo Y53s camera carisinyal

Jangan salah duga, meski vivo Y53s 5G hanya memiliki dua biji lensa untuk kamera utama dan satu buah lensa untuk kamera selfie namun soal kualitas tidak perlu diragukan. Pada kamera depannya beresolusi 8 MP dengan besar bukaan f/2.0 disertai fitur HDR, hasil bidikannya terbilang memuaskan dengan suguhan warna yang banyak.

Sedangkan, pada dua lensa kamera belakangnya berada di sebuah kotak persegi panjang dan tidak ketinggalan ada LED flash di dalamnya. Lensa wide milik vivo Y53s 5G mempunyai resolusi 64 MP berdiafragma f/1.8 dengan sensor 1/1.97" disertai piksel 0.7µm dan teknologi PDAF. Untuk bidikannya sudah pasti akan memuaskan mata para penggunanya.

Selanjutnya, terdapat lensa makro yang beresolusi 2 MP dengan aperture f/2.4 mampu mengambil gambar objek kecil dengan produksi yang detail dan tajam. Perangkat yang mendapatkan fitur HDR dan panorama ini mempunyai resolusi video [email protected]/60fps dengan dukungan teknologi gyro-EIS supaya saat proses perekaman tetap stabil.

5. Kemunculan Bluetooth 5.1

Bluetooth

Sudah sepantasnya bagi vivo Y53s 5G, sebagai sebuah ponsel kelas menengah dibenamkan oleh teknologi Bluetooth yang lebih canggih. Pada perangkat ini fitur Bluetooth yang digunakan adalah edisi 5.1, membawa sejumlah keunggulan dibandingkan pendahulunya.

Beberapa fitur terbaru dan tersegar dari versi 5.1 antara lain memungkinkan pengguna dapat memutuskan dari arah mana sinyal akan dikirim, kecepatan transfer lebih kencang hingga 2Mbps, memiliki jangkauan transmisi lebih luas sampai 240 meter, mengkonsumsi daya lebih hemat, dan terintegrasi dengan IoT (Internet of Things).

6. Banjirnya Pasokan Daya

baterai 5000 mah carisinyal

Kamu sekarang sudah tidak perlu lagi hilir mudik untuk mengisi daya sebab vivo Y53s 5G sudah mendapatkan subsidi baterai Li-Po yang berkapasitas besar yakni 5.000 mAh. Dengan pasokan daya yang melimpah ruah tersebut memungkinkan pengguna mampu menonton film dan bermain aplikasi game hingga 10 jam lamanya.

Pada sistem baterai milik vivo Y53s 5G juga tidak lupa diselipkan teknologi pengisian cepat atau fast charging yang bertenaga 18W. Dengan teknologi membuat pengguna tidak lagi harus menunggu berjam-jam untuk mendapatkan baterai penuh dari kosong.

Kekurangan vivo Y53s 5G

Sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli vivo Y53s 5G kamu dapat membaca tentang kekurangan dari perangkat ini dalam beberapa aspek. Seperti biasa Carisinyal sudah merangkumnya secara lengkap mengenai kekurangan vivo Y53s 5G berikut ini:

1. Tidak Ada Memori Eksternal

Yuk! Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y53s 5G 8

Rerata kini ponsel pintar sudah tidak membangun slot untuk menaruh memori eksternal. Mungkin untuk sebagian orang keputusan produsen ponsel pintar menghilangkan fitur ini menjadi sebuah minus. Hal ini karena beberapa alasan salah satunya sudah terbiasa menyelipkan memori eksternal seperti microSDXC pada ponselnya.

Ketika kamu membeli vivo Y53s 5G maka harus siap kehilangan fitur tersebut dan segera beradaptasi dengan kekurangan yang dimiliki perangkat ini. Kamu sudah tidak bisa lagi menambah kapasitas ruang penyimpanan melalui microSDXC atau sejenisnya. Alasan yang paling kuat kenapa vivo Y53s 5G menghilangkan fitur ini karena telah menawarkan kapasitas ruang penyimpanan yang besar.

2. Menghilangkan Fitur Radio

Yuk! Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y53s 5G 10

Senang menyimak berita atau mendengarkan lagu-lagu di radio? Sayangnya saat memutuskan untuk meminang vivo Y53s 5G, maka kamu tidak dapat menjalankan ke fitur radio bawaan yang ada di perangkat ini. Bukan tanpa perkara, pihak vivo sudah mengubur fitur radio untuk vivo Y53s 5G.

Mungkin sebagai alternatifnya kamu bisa membuka dan mengunduh aplikasi radio di Google Play Store yang pastinya akan memakan kapasitas ruang penyimpanan pada ponsel pintar, vivo Y53s 5G milikmu.

3. Belum Mendukung Teknologi NFC

NFC Buka Aplikasi

Sebagai produk di kelas menengah sangat disayangkan kalau vivo Y53s 5G tidak menyematkan teknologi NFC (Near-field Communication). Lewat fitur ini pengguna akan disuguhkan dengan berbagai faedah seperti melakukan transaksi secara digital atau non-tunai.

Tidak hanya itu, kamu dapat melakukan transfer data seperti gambar, dokumen, lagu, dan lain sebagainya. Juga dengan NFC kamu bisa melihat informasi mengenai status atau saldo di Smart Card, menandai lokasi, dan menghubungkan perangkat ke perangkat lain yang juga sudah dibekali fitur NFC.

4. Layar Tidak Melampirkan Proteksi

Gorilla Glass

Sebagaimana yang dijelaskan di atas kalau ponsel pintar dari vivo ini diberkati oleh teknologi layar yang berkualitas. Namun, akan jauh keren lagi jika layar dari vivo Y53s 5G mendapatkan lapisan dari screen protector seperti yang biasa ponsel pintar di kelas menengah ke atas kenakan yakni Corning Gorilla Glass.

Dengan Corning Gorilla Glass memungkinkan layar dari sebuah ponsel pintar akan terhindar dari goresan yang disengaja maupun tidak disengaja karena benda tajam atau keras seperti batu, paku, lantai atau sejenisnya. Sebagai solusi mungkin pengguna vivo Y53s 5G dapat membeli anti-gores secara terpisah supaya permukaan layarnya tetap terlindungi.

Simpulan

Dari pembahasan di atas dapat ditarik benang merah kalau vivo Y53s 5G sebagai ponsel keluaran terbarunya ternyata masih memiliki kekurangan. Seperti belum mendapatkan lapisan pelindung untuk layarnya, menghilangkan fitur radio, tidak membangun slot untuk memori eksternal, hingga tidak ada teknologi NFC.

Namun, hal tersebut bisa ditutupi oleh kelebihan yang dibawa oleh vivo Y53s 5G mulai dari berjaringan 5G, teknologi Bluetooth yang lebih mutakhir, konfigurasi kamera yang cukup memuaskan hasilnya, layar yang berkualitas, sumber daya baterai yang banyak, dan System-on-chips yang berkinerja baik.

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan dari vivo Y53s 5G. Menurutmu apakah ada kelebihan dan kekurangan lainnya dari ponsel pintar terbaru dari vivo ini? Jangan sungkan untuk menceritakannya di kolom komentar, yah! Juga jangan sampai lupa untuk terus kunjungi Carisinyal supaya kamu tetap update seputar perkembangan ponsel pintar dan teknologi!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram