carisinyal web banner retina

10 HP vivo yang Paling Tipis di Dunia (Februari 2024)

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

vivo menjadi salah satu produsen ponsel yang fokus menghadirkan desain nyaman untuk penggunanya. Hal ini nampak dari dimensi yang ditawarkan tampak pas untuk penggunaan harian. Bahkan, beberapa tahun kebelakang, vivo mulai menghadirkan smartphone dengan dimensi yang tipis agar ponsel lebih enak digenggam.

Meskipun dimensinya tipis, vivo mengklaim produk smartphonenya tetap kokoh dan ringkih. Pasalnya, rangka dan material yang digunakan tetap berkualitas sehingga tidak mudah rusak.

Nah, berikut ini Carisinyal hadirkan daftar HP vivo yang paling tipis pada tabel di bawah ini. Untuk penjelasan detail, bisa simak setelah info tabel.

*Daftar ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya
Smartphone
Harga
Varian
Kelebihan & Kekurangan

1. vivo X Fold2

vivo X Fold2
Layar Foldable LTPO4 AMOLED 8.03 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 12 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 4799 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

vivo X Fold2 menjadi penerus dari generasi pertama di HP lipat milik vivo yaitu vivo X Fold. Sebelumnya, vivo juga sempat meluncurkan vivo X Fold+ yang memiliki chipset berbeda. Sebagai penerus, tentu vivo X Fold2 memiliki beberapa peningkatan di beberapa sektornya. Mulai dari kemampuan layar, chipset yang digunakan, baterai, hingga mekanisme engsel yang lebih kokoh.

vivo X Fold2 memiliki sistem lipat layaknya sebuah buku. Kemampuan engselnya juga sudah lebih kokoh untuk buka tutupnya. Selain itu, HP ini juga memiliki ketebalan yang lebih tipis dibandingkan pendahulunya. vivo X Fold2 memiliki ketebalan sekitar 6 mm ketika dibuka, sedangkan ketika ditutup ketebalannya bertambah menjadi 12,9 mm.

vivo X Fold2 dibekali dua layar dengan kemampuan yang tidak jauh berbeda. Layar bagian dalamnya berukuran lebih luas yaitu 8,03 inci menggunakan panel Foldable LTPO4 AMOLED. Sedangkan layar bagian luarnya memiliki ukuran lebih kecil yaitu 6,53 inci menggunakan panel AMOLED. Meski begitu, kemampuan keduanya cukup mirip karena didukung oleh Dolby Vision, HDR10+, dan refresh rate sampai 120 Hz.

2. vivo X Fold+

vivo X Fold plus
Layar Foldable LTPO AMOLED 8.03 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (periscope telephoto) 12 MP (telephoto) 48 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4730 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Mencoba masuk ke pasar smartphone lipat, vivo memiliki vivo X Fold+ yang merupakan ponsel lipat kedua vivo yang hadir di pasaran. 

Berbeda dengan kebanyakan ponsel lipat lainnya, ponsel vivo ini hadir dengan dimensi yang cukup tipis yakni 162 x 144,9 x 6,3 mm ketika dibuka dan 162 x 74,5 x 14,6 mm ketika ditutup. 

Desainnya cukup rapi dan elegan dibanding ponsel lipat lainnya. 

Untuk sistem pelipatan sendiri vivo mengklaim layar ini dapat dilipat dengan sudut 60 derajat hingga 120 derajat seperti laptop. Layar utama ponsel pun juga dapat dilipat ke dalam layaknya buku. 

Untuk layar utama, ponsel ini memakai layar 8 inci AMOLED E5 dan layar kedua di cover bodi memiliki ukuran 6,53 inci AMOLED. Kedua layar ini sudah mendukung refresh rate 120 Hz dan HDR10+.

Menariknya, dalam kedua layar, vivo sudah menambahkan kamera selfie 16 MP dengan model punch hole. Selain itu, di bawah kedua layar juga sudah tertanam modul sidik jari dengan teknologi ultrasonik.

Dibagian kamera belakang, vivo menggunakan 4 buah kamera yang tertanam di modul berbentuk lingkaran. Kamera belakang ini dibekali teknologi Zeiss mirip vivo X80 series.

Terakhir untuk performanya, vivo X Fold+ menggunakan chipset Snapdragon 8 plus Gen 1 dengan RAM 12 GB. Untuk baterai, terpasang baterai 4730 mAh dengan pengisian cepat 80 watt. 

3. vivo X Fold

vivo x fold
Layar Foldable LTPO AMOLED 8.03 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (periscope telephoto) 12 MP (telephoto) 48 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Ini merupakan ponsel lipat generasi pertama dari vivo. Bicara dimensi dan desain, smartphone ini tidak berbeda jauh dengan varian X Fold+. 

Dimensinya masih bongsor dengan desain mengkotak yang elegan. Dengan tebal 6,3 mm ketika layar dibuka, membuat ponsel ini menjadi salah satu ponsel tipis yang ada di dunia.

Dalam mekanisme buka tutup layar, vivo menggunakan hinge yang lebih tahan lama dan lebih presisi. Oleh karena itu, ketika dilipat, kedua layar bagian dalam tampak rapat. 

Untuk ukuran layar bagian dalam atau layar utamanya berukuran 8 inci dan layar bagian luarnya 6,53 inci. Kedua layar ini menggunakan ultra thin glass yang kuat. 

Dibagian performa, smartphone vivo ini tidak berbeda jauh dengan ponsel premium lainnya yakni menggunakan chipset Snapdragon 8 gen 1 dan RAM 12 GB. Sedangkan, di bagian baterai, ponsel lipat ini dilengkapi baterai 4600 mAh dengan teknologi pengisian 66W.

4. vivo V21 5G

vivo V21 5G
Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset MediaTek Dimensity 800U
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

vivo V21 5G menjadi salah satu ponsel pilihan untuk Anda yang butuh perangkat 5G harian yang nyaman dan mumpuni. Bahkan smartphone ini menjadi salah satu ponsel 5G yang cukup tipis di pasar indonesia yakni dengan tebal hanya 7,3 mm dan berat 176 gram saja.

Desain bodinya cukup mewah termasuk adanya bodi belakang berlapis kaca dengan baterai tanam 4000 mAh. Bodi belakang ini  akan menampilkan warna gradasi yang cantik jika terpapar cahaya. Sayangnya, bodi belakang ini agak licin di tangan. Untunglah ponsel ini cukup tipis sehingga nyaman digenggam.

Di area depan, ponsel Android ini menghadirkan layar AMOLED 6,4 inci. Dibawah layar juga sudah terpasang sensor sidik jari tipe optical yang cukup responsif. 

Sedangkan di bagian mesin, vivo mengandalkan chipset Mediatek 800U dengan RAM 8 GB. performanya cukup lancar kala bermain game atau dibawa bekerja membuka banyak aplikasi.

Terakhir, vivo menghadirkan sistem kamera yang cukup apik. Ponsel 5G ini dilengkapi dengan kamera utama 64 MP, kamera super wide 8 MP dan kamera super makro 2 MP. 

5. vivo X60 

vivo X60 
Layar AMOLED 6.56 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 48 MP (wide) 13 MP (telephoto) 13 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Ponsel vivo paling tipis berikutnya jatuh pada mantan flagship vivo X60. Meski produk lama, smartphone ini memiliki desain elegan dan premium. Kesan premium ini muncul dari ketebalan bodinya yang hanya 7,4 mm lebih tepatnya dengan dimensi 159,6 x 75 x 7,4 mm dengan berat 176 gram. 

Untuk bagian bodi depan dan belakang, vivo menggunakan lapisan kaca Gorilla Glass. Sayangnya, hal ini membuat bodi cukup licin. Walaupun demikian, karena bentuknya yang tipis, tentu ponsel ini sangat nyaman digenggam dalam waktu lama.

Membahas sisi layar, vivo X60 dilengkapi layar AMOLED 6,56 inci yang tidak berbeda jauh dengan ponsel premium di zamannya. Di bagian kamera, ponsel ini dilengkapi kamera utama 48 MP OIS, kamera telephoto 13 MP 2x optical zoom dan 13 MP ultrawide. Sedangkan untuk kamera depan, tersaji kamera 32 MP dengan model punch hole. 

Sebagai ponsel kamera, hasil foto dan video HP ini masih sangat bersaing hingga saat ini. Hasilnya jelas dan tidak berlebihan warna. Tentu dimensinya yang tipis membuat ponsel mudah disimpan dan digunakan saat berburu momen menarik yang hendak diabadikan.

6. vivo V27 Pro

vivo v27 pro
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8200
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Dengan hanya setebal 7,4 mm, smartphone vivo V27 Pro ini bisa dibawa ke mana-mana dengan praktis dan mudah. Nyaman juga ketika digenggam oleh satu tangan. Tak hanya ergonomis, bodi belakang ponsel ini juga dapat berganti warna lantaran gunakan teknologi UV Color Changing.

Tampilan bodi belakang kian dipercantik dengan lampu flash ring LED yang dinamakan sebagai Aura Light. Selain untuk dijadikan aksen visual belaka, lampu ini bisa meningkatkan exposure cahaya pada subjek lebih baik daripada LED biasa. Memotret pada kondisi malam hari pun jadi aktivitas yang menyenangkan.

Layar smartphone dirancang agar memberikan tingkat kecerahan tinggi untuk digunakan di luar ruangan. Menggunakan panel AMOLED, smartphone dengan laju penyegaran 120 Hz ini benar-benar memaksimalkan pengalaman visual baik saat produktivitas maupun hiburan.

vivo V27 Pro juga membawakan pengalaman fotografi dan videografi yang menyenangkan, hadir dengan fitur perekaman yang mendukung hingga 4K di 60 FPS. Kamera utamanya yang berukuran 50 MP juga sanggup hasilkan foto cerah dan detail yang baik, yakni dengan menggunakan teknologi filter pixel binning.

Ponsel ini cocok untuk pengguna yang mendambakan alat fotografi yang layak, sekaligus punya desain bodi ciamik yang bisa dibanggakan.

7. vivo V27

vivo V27
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 7200
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Memiliki desain yang dapat berubah-rubah warna, vivo V27 5G sanggup memberikan kesan yang mewah dan chic pada siapa saja yang menggunakannya. Bodinya terpantai tidak melebihi dari 7,4 mm, dengan dimensi panjang sebesar 164,1 mm dan lebar 74,8 mm.

Berkat bodinya yang tipis, vivo V27 5G terbilang layak digunakan oleh anak-anak yang umumnya memiliki tangan berukuran kecil. Perihal bobot bodinya, smartphone hadir dengan berat 180 gram yang cukup ringan, walau bukan yang teringan di dunia.

Anda juga bisa mengandalkan kekuatan dapur pacu vivo V27 5G yang mengambil power-nya dari Dimensity 7200. Chipset ini begitu bertenaga di kelas harga mid-range, bahkan tidak kalah juga dengan beberapa SoC flagship. Cocok untuk push rank tanpa kenal lelah.

Seperti pada varian Pro, vivo V27 5G juga disertai dengan fitur aura light yang dapat meningkatkan kualitas foto pada malam hari. Fitur berbentuk cincin tersebut juga menjadi penambah daya estetika pada desain bodi keseluruhan.

Memiliki bentuk desain yang melengkung, frame pada vivo V27 5G menjadi lebih tipis lagi hingga menjadi 2,3 mm saja. Konsep desain yang dinamakan 3D Curved Screen ini akan memberikan pengalaman grip yang lebih nyaman.

Namun sayangnya, ponsel ini hanya dibekali dengan mono speaker dan tidak dihadirkan juga dengan sertifikasi IP Rating. Ponsel seharga Rp4 jutaan ini akan terasa cocok untuk penyuka fotografi dan gaming, serta menyukai ponsel berbadan tipis.

8. vivo V23 5G

desain vivo v23 5g
Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset MediaTek Dimensity 920
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4200 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Tidak hanya mengandalkan sektor performa saja berkat chipset Mediatek Dimensity 920 dan RAM 8 GB, vivo V23 5G ternyata memiliki desain yang cantik dan kamera yang ciamik. Ini terlihat kala Anda menengok bagian bodi belakang, dimana terpasang bodi berlapis kaca dan modul kamera berisi 3 buah kamera. 

Desain cantik ini didukung pula oleh tebal bodi yang hanya 7,4 mm dan berat hanya 179 gram. Hal ini membuat ukuran HP ini cukup ramping dan ringan sehingga mudah disimpan di saku celana. 

Memang bodi belakangnya terasa licin, namun vivo menjamin ponselnya terasa solid digenggam karena menggunakan rangka metal flat yang mirip iPhone. Bodi belakangnya menggunakan lapisan kaca Flourite AG Glass yang cukup halus di jemari tapi tidak meninggalkan bekas sidik jari.

Keunikan ponsel tipis ini berlanjut dengan adanya dual kamera depan yakni 50 MP dan ultrawide 8 MP. Sementara di bagian belakang, vivo memasang kamera utama 64 MP AI, 8 MP superwide dan 2 MP makro. Hasil foto yang dihasilkan pun cukup detail dan natural,

9. vivo V23e 

vivo v23e cover
Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4050 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Beberapa tahun ini, vivo berusaha mengubah kekuatan produknya dengan menghadirkan desain ponsel yang nyaman digunakan dalam waktu lama. Seperti yang tampak pada V23e. Ponsel ini menjadi salah satu ponsel vivo  tertipis yang ada di pasar indonesia.

Smartphone ini menggunakan desain simple tapi bergaya untuk menyasar pengguna anak muda atau para pekerja kantoran. Mengusung dimensi 160,87 x74,28 x 7,4 mm dengan berat 172 gram, ponsel ini juga pas digenggam maupun dibawa beraktivitas. Apalagi warna bodi yang dihadirkan menambah kesan mewah dalam ponsel ini.

Untuk pengoperasian, vivo memasang layar berukuran 6,4 inci AMOLED. Layar ini mampu menampilkan konten dengan jelas tanpa menghabiskan baterai. Bicara baterai, ponsel Android ini sudah ditanami baterai berkapasitas 4050 mAh dengan pengisian cepat 44W. 

Menengok performanya, smartphone vivo ini hanya dibekali chipset Mediatek Helio G96 dengan RAM 8 GB. Walaupun demikian, performa ponsel ini cukup baik kala multitasking maupun main game online.

10. vivo V21 4G

V21 4G
Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Ini merupakan salah satu HP vivo yang memiliki desain unik di kelasnya. Bila sejumlah smartphone menghadirkan desain bodi belakang gradasi warna, maka vivo V21 4G menghadirkan desain bodi belakang pola kotak-kotak yang mirip berlian.

Guna memudahkan pengguna dalam mengoperasikan ponsel, vivo menghadirkan dimensi 159,7 x 73,9 x 7,4 mm dengan berat 176 gram. Anda pun bisa membalas pesan, mengecek sosial media hingga bermain game tanpa merasa tangan pegal. Apalagi, dimensinya cukup tipis sehingga ponsel mudah disimpan.

Keunggulan HP vivo ini berlanjut ke sektor kamera. vivo memasang kamera selfie berukuran besar yakni 44 MP. Sedangkan di kamera belakang terpasang kamera utama 64 MP, kamera ultrawide 8 MP dan kamera makro 2 MP. Baik kamera belakang maupun kamera depan juga sudah dibekali fitur OIS.

Membahas performa, vivo memasang chipset Snapdragon 720G dengan RAM 8 MP. ini membuat ponsel bisa digunakan untuk bermain game dan bekerja, tidak melulu untuk fotografi.

Demikian 10 HP vivo yang paling tipis di dunia yang bisa menjadi referensi Anda dalam berburu HP yang ringkas dan punya desain tipis. Tertarik memilih salah satunya?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram