10 HP vivo dengan Kamera Terbaik di Dunia (Februari 2023)

Ditulis oleh Dikdik Saparudin

Merek ponsel vivo dikenal sebagai brand asal Tiongkok yang menjelma menjadi salah satu satu pemain besar di industri smartphone. Pemasarannya yang besar-besaran membuat brand ini cukup populer di tanah air. Bahkan vivo sering menggaet artis-artis terkenal di setiap peluncuran smartphone terbarunya.

HP vivo yang beredar sendiri tergolong banyak. Beberapa hp vivo malah memiliki spesifikasi kamera yang mumpuni yang dapat menghasilkan foto dan rekaman video berkualitas tinggi. Malah, banyak HP vivo yang masuk kategori HP dengan kamera terbaik.

Lantas, apa sajakah HP vivo yang punya keunggulan di kamera? Berikut ini kami akan membahas 10 hp vivo dengan kamera terbaik yang dapat Anda pilih.

1. vivo X70 Pro+

vivo X70 Pro Plus_
Layar LTPO AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888+
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (periscope telephoto) 12 MP (telephoto) 48 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

vivo X70 Pro+ merupakan penghuni kasta teratas dalam keluarga vivo X70 Series. Karena itu, SoC yang dipakai paling garang, yakni Snapdragon 888+. Begitu juga dengan setup kamera belakangnya. Tak tanggung-tanggung, seluruh kamera di HP ini dibekali kemampuan autofokus dan OIS, kecuali kamera ultrawide yang memakai gimbal OIS.

Seluruh kamera belakangnya juga Zeiss T* lens coating yang terkenal ampuh dalam mencegah flare dan ghosting. Keberadaan kamera telefoto dan telefoto periskop membuat HP ini dapat mengambil gambar dengan total 7x perbesaran optik. Angka perbesaran ini menjadi salah satu yang terbesar di dunia fotografi ponsel.

Banyak reviewer terkesima soal hasil kerja kamera vivo X70 Pro+, entah itu foto atau videonya. Dalam keadaan pencahayaan cukup, kamera si ponsel tentu saja dapat menghasilkan gambar yang warnanya cemerlang. Nah, untuk di kondisi malam hari (low light), hasilnya masih cukup bagus.

Rentang dinamis yang tercipta keren menurut GSM Arena, begitu juga dengan detailnya. Nah, untuk perekaman video, kamera utama si ponsel bisa menghasilkan klip dengan resolusi maksimal 8K 30 fps. Warna dan rentang dinamis yang dihasilkan pada resolusi tersebut bagus. Namun, jika ingin mendapat frame rate tinggi (60 fps), pengguna mesti menrunkan ke resolusi 4K.

2. vivo X80 Pro

vivo X80 Pro
Layar LTPO3 AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (periscope telephoto) 12 MP (telephoto) 48 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

vivo X80 Pro punya nilai jual di sektor kamera. Kamera di HP ini merupakan hasil "racikan" vivo yang berkolaborasi dengan perusahaan lensa legendaris Zeiss Optics. Di belakang bodinya, tersemat lensa utama 50 MP dengan OIS, kamera 8 MP periskop telefoto yang mendukung optik zoom 5x dan disertai dengan OIS.

Adapun dua kamera lainnya adalah sensor telefoto 12 MP dengan gimbal OIS dan dukungan zoom optik hingga 2x, serta sensor ultrawide 48 dengan FOV 114 derajat. Kamera belakang ini sanggup merekam hingga resolusi 8K.

Tentu kehadiran gimbal OIS pada lensa foto menjadi nilai lebih dari HP ini. Terlebih, jarang sekali atau hampir tidak, HP di kelas harganya yang menawarkan fitur seperti ini. Satu hal yang tentunya patut diapresiasi.

Keunggulan kamera tidak hanya di bagian belakang, tetapi juga depan. Kamera depan HP ini hadir dengan kamera selfie 32 MP yang dirancang dalam desain punch hole, menghadirkan dukungan perekaman video hingga resolusi 4K di kecepatan 30 FPS.

Berkat kerjasamanya dengan Zeiss, vivo X80 Pro juga dimodali dengan teknologi Zeiss T* Lens Coating yang dapat mengurangi refleksi mengganggu ketika background pemotretan mencakup sumber cahaya.

Melihat dari beragam teknologi yang dibawakannya, vivo X80 Pro jelas akan cocok untuk fotografer yang tidak puas dengan fitur kamera biasa. HP ini juga akan sangat membantu reporter berita untuk liputan di lapangan, karena memiliki kamera dengan gimbal OIS yang dapat membuat pemotretan dan perekaman video begitu mulus dan stabil.

Sebagai info tambahan, vivo X80 Pro tersedia dalam dua varian chipset berbeda yaitu Snapdragon 8 Gen 1 dan Dimensity 9000. Hanya saja versi resmi yang masuk resmi ke Indonesia adalah varian Snapdragon 8 Gen 1. Varian Dimensity 9000 tampaknya hanya dijual untuk pasar Tiongkok saja.

3. vivo X80

vivo X80
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 9000
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Soal spesifikasi, fitur, dan kamera, vivo X80 cukup bersaing dengan varian Pro-nya. Meski ada penyesuaian spesifikasi di beberapa aspek, vivo X80 tetap jadi ponsel menarik bukan sebagai product decoy semata.

Di kamera contohnya. HP ini sudah tawarkan tiga kamera yang memadai. Kamera utama ada kamera 50 MP dengan OIS, diiringi dengan dua kamera pendamping yaitu sensor 12 MP telefoto (mendukung zoom optik hingga 2x), serta kamera ultrawide 12 MP.

Serupa dengan saudaranya, vivo X80 Pro, versi reguler ini masih mengandalkan lensa besutan Zeiss Optics beserta teknologi Zeiss T* Lens Coating. Perekaman videonya mendukung stabilisasi gyro-EIS sehingga Anda masih dapat merekam dengan baik tanpa terlihat seperti videografer amatiran.

Kombinasi kamera belakang mungkin berbeda dengan saudaranya. Hanya saja, untuk kamera depan serupa. Di bagian depan, ada kamera selfie 32 MP yang dirancang dalam desain punch hole, menghadirkan dukungan perekaman video hingga resolusi 4K di kecepatan 30 FPS.

4. vivo X70 Pro (MediaTek)

vivo X70 Pro
Layar AMOLED 6.56 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1200-vivo
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (periscope telephoto) 12 MP (ultrawide) 12 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 4450 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Selain menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon Exynos 1080, vivo X70 Pro juga hadir dengan varian MediaTek Dimensity 1200 5G. Diketahui, varian Exynos merupakan versi yang dihadirkan pada pasar China sedangkan varian MediaTek adalah versi globalnya.

Ia menghadirkan desain bodi layar AMOLED melengkung pada resolusi Full HD+ (dengan ukuran 6,56 inci). Untuk semakin memanjakan mata penggunanya, ponsel hadirkan laju penyegaran 120 Hz. Selain itu, konektivitas ponsel ini mendatangkan WiFi 6, Bluetooth 5.2, serta sensor fingerprint optikal di dalam layar yang cepat dan akurat unutk membuka kunci layar dengan satu sentuhan jari.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram