carisinyal web banner retina

10 HP dengan Kamera Selfie Terbaik di Dunia (Mei 2024)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Smartphone saat ini sudah memiliki kelebihan tersendiri di sektor kamera. Bahkan, di masa depan, kamera pada smartphone bakalan lebih canggih dari perangkat kamera itu sendiri (DSLR, dsb). Wajar jika kemudian banyak vendor berlomba-lomba menghadirkan smartphone dengan kamera terbaik dan berkualitas.

Sektor kamera terbaik tidak hanya di kamera utama atau kamera belakang, kehadiran kamera depan alias kamera selfie juga jadi perhatian para vendor. Hal ini mengingat banyak orang juga mencari ponsel dengan kualitas kamera depan yang baik. Tujuannya tentu agar bisa menghasilkan foto selfie yang bagus.

Nah, jika kebetulan Anda salah satu yang mencari HP selfie terbaik, maka Anda datang pada artikel yang tepat. Kenapa?

Karena pada kesempatan kali ini, akan dipaparkan daftar HP dengan kamera selfie terbaik yang didasarkan pada tes DxOMark. Apa sajakah daftar tersebut? Penjelasan detailnya bakal dibahas setelah sneak-peak daftar HP-nya pada tabel di bawah ini.

*Daftar ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya

1. iPhone 15 Pro Max

iPhone 15 Pro Max
Layar LTPO Super Retina XDR OLED 6.7 inci
Chipset Apple A17 Pro
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 48 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 12 MP (telephoto)
Baterai Li-Ion 4441 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kamera depan iPhone 15 Pro Max menggunakan resolusi 12 MP dengan bukaan f/1.9. Kamera ini sudah dibekali autofokus untuk menghasilkan gambar detail dan anti-blur dengan cara yang effortless. Lalu, fitur perekaman videonya mendukung resolusi 4K di frame rate 60 FPS.

iPhone 15 Pro Max meraih skor DxOMark Selfie di angka 149 poin, terbagi menjadi 145 poin pada foto dan 156 poin pada video. Untuk mode foto, ponsel ini sangat unggul dari segi menghasilkan efek bokeh yang creamy, autofokus yang sangat cepat dan akurat, serta exposure pencahayaan.

Pun ketika melakukan perekaman video selfie (vlogging), iPhone 15 Pro Max mampu berikan stabilisasi yang luar biasa, sama sekali tidak terlihat adanya efek goyang dan gempa saat melakukan perekaman.

Lalu, rendering warna pada hasil video juga tampak nyata dan memukau, serta mampu berikan exposure pencahayaan tinggi saat malam hari. Menariknya lagi, smartphone ini dibekali fitur Cinematic Mode yang dapat merekam video dengan efek blur otomatis ala-ala Hollywood.

2. iPhone 15 Pro

iphone 15 Pro
Layar LTPO Super Retina XDR OLED 6.1 inci
Chipset Apple A17 Pro
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 48 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 12 MP (telephoto)
Baterai Li-Ion 3274 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Meski tidak sebagus varian Pro Max, Anda tetap bisa harapkan hasil foto dan video selfie yang sama memukaunya pada varian Pro biasa. HP ini dibekali dengan konfigurasi kamera depan yang sama, yakni sensor 12 MP dengan bukaan f/1.9 serta fitur autofokus.

Seperti pada mayoritas flagship di kelas harganya, iPhone 15 Pro juga sanggup merekam video pada resolusi tinggi dan frame rate mulus sekaligus, lebih tepatnya adalah 4K di 60 FPS.

Beberapa aspek yang paling dikuasainya adalah mampu mengisolasi subjek dengan rapi untuk hasilkan efek bokeh yang memukau. Lalu, efek stabilisasi perekaman videonya pun sungguh terasa, baik itu saat HP merekam saat kondisi diam atau ketika bergerak.

Karena ini adalah HP iPhone, tentu saja autofokusnya dapat diandalkan untuk hasilkan foto detail tinggi. Fokus terkunci begitu cepat dengan kedalaman ruang yang luas.

Namun yang jadi kendala, ponsel ini masih memiliki sejumlah noise pada semua kondisi perekaman video. Kadang juga muncul tingkat ketajaman yang kurang konsisten saat merekam video sembari berjalan.

3. iPhone 14 Pro Max

apple iphone 14 pro max G
Layar LTPO Super Retina XDR OLED 6.7 inci
Chipset Apple A16 Bionic
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 48 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide) MP (ToF Lidar)
Baterai Li-Ion 4323 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

iPhone memang terkenal dengan kualitas kameranya yang tinggi. Tidak hanya kamera belakang, kamera depan yang dimiliki HP iPhone juga tidak kalah tinggi. Terlebih lagi pada seri iPhone 14 kali ini, iPhone menyematkan berbagai peningkatan yang cukup menarik di dalamnya. Sebagai model paling tinggi, iPhone 14 Pro Max tentu memiliki spesifikasi yang paling unggul.

Berbicara soal kamera, di bagian depannya, iPhone 14 Pro Max ini dibekali kamera selfie yang disimpan di dalam notch yang diberi nama Dynamic Island. Kamera selfie tersebut memiliki resolusi 12 MP dengan ukuran sensor 1/1.6" dengan apertur f/1.9 dan focal length 23mm. Kamera selfie ini juga sudah didukung oleh fitur PDAF dan OIS.

Tidak hanya itu, kamera selfie dari iPhone 14 Pro Max ini juga memiliki TrueDepth baru yang memiliki fokus otomatis dan bukaan yang lebih besar. Bahkan, meski dalam keadaan gelap sekali pun, Anda akan mendapatkan hasil dua kali lebih baik dari generasi sebelumnya.

Sama seperti kamera belakangnya, kamera selfie dari HP ini juga sudah mampu menghasilkan video di kualitas 4K dengan 60 fps. Anda juga bisa menikmati video tanpa goyangan berkat gyro-EIS di dalamnya.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan oleh DxOMark, iPhone 14 Pro Max ini memiliki skor keseluruhan 145 untuk kamera selfie-nya. Skor ini membuat iPhone 14 Pro Max menduduki posisi pertama sebagai HP dengan kamera selfie terbaik. Jika dirinci, kamera selfie ini memiliki kemampuan foto dengan skor 139 dan video 154.

4. iPhone 14 Pro

apple iphone 14 pro G
Layar LTPO Super Retina XDR OLED 6.1 inci
Chipset Apple A16 Bionic
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 48 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide) MP (ToF Lidar)
Baterai Li-Ion 3200 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Sebagai model yang berada satu tingkat di bawah versi "Pro Max", iPhone 14 Pro ini memiliki kualitas kamera yang tidak jauh berbeda. Bahkan, bisa dibilang kemampuan kedua HP ini setara. Hal itu sudah terlihat dari spesifikasi yang ditawarkannya cukup mirip mulai dari kamera belakang hingga kamera depan.

Untuk kamera depan atau selfie, iPhone 14 Pro dibekali kamera dengan resolusi sama yaitu 12 MP. Kamera ini memiliki ukuran sensor 1/1.6" dengan bukaan f/1.9 dan focal length 23mm. Bahkan, kamera depan milik HP ini juga sudah dibekali fitur PDAF dan OIS agar pengambilan gambarnya bisa menjadi lebih stabil.

Untuk kemampuan perekaman videonya, tentu HP ini sudah sangat baik. Kualitas atau resolusi yang dicapainya sudah berada di 4K dengan 60 fps. Pergerakan dari kamera dijamin akan lebih mulus sehingga hasilnya menjadi lebih baik. Bahkan, videonya sudah dibekali gyro-EIS yang mampu meredam goyangan saat merekam.

Nah, jika melihat ulasan yang dilakukan oleh DxOMark, skor yang dihasilkan iPhone 14 Pro untuk kamera selfie-nya yaitu 145. Skor keseluruhan tersebut sama dengan versi "Pro Max"-nya karena spesifikasi dan kemampuannya juga sama. Jika lebih diperinci, kemampuan untuk fotografinya berada di angka 139, sedangkan videonya berada di puncak dengan 154.

5. Google Pixel 8 Pro

Google Pixel 8 Pro
Layar LTPO OLED 6.7 inci
Chipset Google Tensor G3
RAM 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 48 MP (ultrawide) 48 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 5050 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Google Pixel 8 Pro tidak hanya unggul pada sektor kecerdasan buatan, melainkan juga dapat memberikan hasil selfie yang memuaskan di kelas flagship. Besaran resolusi kamera depannya adalah 10,5 MP, dengan bukaan f/2.2 serta ukuran piksel individu sebesar 1,22 mikron.

Untuk fitur lainnya, kamera depan ponsel ini punya fitur autofokus untuk mengunci subjek dengan akurat serta perekaman video 4K di frame rate 60 FPS. Ada dua hal utama yang paling disorot dari kualitas kamera selfie-nya. Yang pertama adalah rendering warna yang baik pada mode foto serta stabilisasi menakjubkan pada hasil rekaman video.

Ya, stabilisasi video saat vlogging benar-benar mulus ketika panning atau digeser. Lalu, detail yang dihasilkan juga secara umum sangat baik pada kondisi cahaya terang, baik itu pemotretan selfie atau perekaman video.

Akurasinya saat mengambil fokus pada wajah juga sangat pas. Ini berarti, Anda benar-benar tinggal perlu buka aplikasi kamera, beralih ke mode selfie, dan langsung "jepret-jepret" saja karena autofokus-nya memang sebegitu bisa diandalkan.

Dilansir dari DxOMark, smartphone ini mendapatkan skor keseluruhan 145 poin dengan skor 143 poin pada fotografi dan 149 pada videografi. Pada sisi foto, skor terbaik yang ia dapatkan adalah pada rendering warna pada poin 106 poin, sementara skor videografinya mengunggulkan stabilisasi yang berada di 82 poin.

6. Huawei Mate 50 Pro

Huawei Mate 50 Pro
Layar OLED 6.74 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 64 MP (periscope telephoto) 13 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Jika menilik hasil pengujian yang dilakukan oleh DxOMark, Huawei Mate 50 Pro menjadi HP lain yang memiliki skor kamera selfie 145 poin. Dengan begitu, urutan satu sampai tiga memiliki skor sama. Hanya saja, Huawei Mate 50 Pro ini memiliki perincian yang berbeda. Pasalnya, skor tersebut didapatkan berdasarkan nilai fotografi paling tinggi yaitu 147 dan video 143.

Dengan begitu, meski skor keseluruhannya sama, sisi fotografi dari Huawei Mate 50 Pro ini memiliki nilai paling tinggi. Hal tersebut tidak mengherankan karena konfigurasi kamera yang dimiliki HP ini memang terbaik. Di bagian depannya, terdapat dua kamera selfie dengan notch berbentuk poni panjang seperti iPhone Series.

Di dalam poni tersebut terdapat kamera ultrawide 13 MP dengan bukaan f/2.4 dan focal length 18mm. Karena kamera yang digunakan adalah lensa kamera, maka akan lebih banyak subjek yang tertangkap dalam satu frame. Selain itu, terdapat sensor ToF 3D yang membantu pemindaian wajah lebih cepat dan akurat.

Tidak hanya sisi fotografi saja, Huawei Mate 50 Pro juga mampu menghasilkan video dengan kualitas tinggi. Resolusi yang sudah dicapainya yaitu 4K dengan 60 fps. Sayangnya, dalam video ini tidak ada fitur lain yang mendukung seperti gyro-EIS dan sebagainya.

7. iPhone 14 Plus

apple iphone 14 plus G
Layar Super Retina XDR OLED 6.7 inci
Chipset Apple A15 Bionic
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 4323 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

iPhone 14 Plus adalah opsi smartphone yang cocok untuk yang merasa iPhone 14 reguler kekecilan. Punya ukuran layar 6,7 inci, aktivitas di ponsel bisa terasa lebih lancar dan menyenangkan. Tentu sebuah peningkatan drastis dibanding iPhone 14 yang punya ukuran 6,1 inci.

Ponsel ini masih menyajikan desain poni yang khas seperti iPhone 13 series dan iPhone 12 series, berbeda dengan iPhone 14 Pro dan Pro Max yang sudah hadirkan fitur Dynamic Island.

Selain itu, iPhone ini juga memiliki chipset Apple A15 Bionic dengan fabrikasi 5 nm, yakni SoC yang turut digunakan iPhone 13 series. Inilah yang jadi salah satu alasan mengapa hasil fotonya tidak sebaik iPhone 14 Pro dan Pro Max, karena menggunakan ISP dengan kemampuan berbeda.

Pada kemampuan fotografinya, kamera ponsel terdiri dari sensor 12 MP wide-angle dan kamera 12 MP ultrawide pada FOV 120 derajat. Adapun pada bagian depan, tersemat kamera 12 MP (f/1.9) dengan ukuran sensor 1/3.6 inci beserta sensor SD 3D.

Baik kamera depan maupun belakang sanggup merekam video hingga resolusi 4K di frame rate 60 FPS. Pengguna bahkan bisa hasilkan video bak film Hollywood menggunakan fitur Cinematic Mode. Fitur ini akan membuat latar belakang menjadi blur saat fokus terkunci di subjek, dan akan otomatis memindahkan blur ke wajah saat subjek memalingkan muka.

Kemampuan kamera depan iPhone 14 Plus membuatnya dapat skor 144 poin berdasarkan pengujian DxOMark. Pengujian mengungkapkan ponsel meraih skor 138 poin pada fotografi dan 153 poin pada videografi.

iPhone 14 Plus dinilai mampu hasilkan detail pada tingkatan tinggi, serta memiliki autofokus akurat dan tingkat kedalaman yang luas pada mode portrait. Untuk pengujian vlogging, kamera depan sanggup berikan exposure yang akurat pada subjek.

8. iPhone 14

apple iphone 14
Layar Super Retina XDR OLED 6.1 inci
Chipset Apple A15 Bionic
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 3279 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Bagi yang menginginkan iPhone 14 berukuran mungil, bisa memilih varian reguler dengan ukuran layar 6,1 inci. Hal ini lantas membuat bodinya sungguh terasa ringan, bobotnya tidak lebih dari 172 gram saja. Namun ini juga berimbas pada ketahanan baterainya yang paling kecil di antara varian-varian di atasnya.

Tidak berbeda dengan versi iPhone 14 Plus, Anda juga dapat menemukan kamera utama 12 MP (f/1.5) berukuran 1/1.7 inci serta kamera ultrawide 12 MP di HP ini. Pun pada bagian kamera depannya pun tak berubah, masih sama-sama tawarkan sensor 12 MP dan kamera SL 3D.

Karena menggunakan konfigurasi kamera dan chipset yang sama persis dengan iPhone 14 Plus, skor DxOMark-nya pun sama-sama meraih 144 poin. Baik iPhone 14 reguler maupun iPhone 14 Plus sama-sama menduduki peringkat ke-4 sebagai HP dengan kamera selfie terbaik, per akhir Maret 2023.

iPhone 14 dikatakan memiliki kemampuan yang baik dalam hadirkan white balance natural serta warna kulit yang memukau pada kondisi dalam ruangan dan pencahayaan tinggi. Tidak hanya unggul dari penangkapan detail, pengguna akan merasakan pengalaman mode portrait dengan efek bokeh yang indah.

9. Huawei P50 Pro

Huawei P50 Pro
Layar OLED 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 64 MP (periscope telephoto) 13 MP (ultrawide) 40 MP (monochrome)
Baterai Li-Po 4360 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

DxOMark tidak hanya memuji kemampuan kamera belakang Huawei P50 Pro yang punya nilai 143. Namun, mereka juga mengapresiasi kualitas kamera depan si ponsel. Skor keseluruhan yang diberikan pun tinggi, yakni 144.

Sensornya menggunakan Sony IMX688 12 MP dengan lensa ber-apperture f/2.4 dan focal length 18 mm. Sensor ini sama seperti Huawei P40 Pro. Hanya saja, Huawei memasang sistem PDAF (phase detection autofocus). HP ini pun jadi ponsel Huawei pertama dengan kamera depan yang ada PDAF-nya.

Secara garis besar, DxOMark menilai bahwa kamera depan HP ini dapat menghasilkan foto dengan eksposur yang bagus, khususnya ketika membidik wajah sebagai objeknya. Rentang dinamis, white balance, fokus pada sudut pandang yang luas juga sip. Detail yang dihasilkan pun mantap, dengan tingkat noise yang minim.

Sementara itu, hasil perekaman video juga menciptakan eksposur yang bagus saat membidik wajah. Penguncian fokus dengan beberapa objek bidikan dinilai bagus baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan ketika siang hari. Sistem penstabilan kamera depan HP ini berfungsi efektif untuk mengurangi dampak getaran.

10. Google Pixel 7 Pro

Google Pixel 7 Pro
Layar LTPO AMOLED 6.7 inci
Chipset Google Tensor G2
RAM 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 48 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Selain memiliki kamera belakang terbaik, Google Pixel 7 Pro juga memiliki kualitas kamera depan yang tidak kalah tinggi. Di dalam sebuah punch hole, Google Pixel 7 Pro menyimpan sebuah kamera selfie yang cukup menarik.

Google Pixel 7 Pro mengandalkan kamera selfie dengan lensa ultrawide 10,8 MP yang memiliki ukuran sensor 1/3.1" dengan apertur f/2.2 dan focal length 21mm. Meski resolusi yang dimilikinya tidak terlalu besar, gambar yang dihasilkan oleh HP ini sudah sangat baik.

Keistimewaan fotografi yang dimiliki oleh Google Pixel 7 Pro ini juga dipengaruhi oleh chipset yang digunakan. HP ini diotaki oleh chipset Google Tensor G2 yang memiliki fabrikasi 5 nm. Chipset ini memiliki ISP dan kemampuan machine learning yang mampu bersaing di HP kelas atau flagship.

Sementara untuk videonya, Google Pixel 7 Pro ini mampu mencapai kualitas 4K dengan 60 fps. Sayangnya, tidak ada fitur pendukung lain seperti gyro-EIS, dan OIS untuk stabilkan foto atau video. Hanya saja, karena sudah mencapai frame rate 60 fps, pergerakan yang dihasilkan tentu sudah lebih mulus.

Meski memiliki skor yang tidak lebih tinggi dari Huawei P50 Pro, Huawei Mate 50 Pro, atau bahkan iPhone 14 Pro Series, HP ini memiliki skor yang cukup seimbang. Untuk sisi fotografinya mampu mencapai skor 140, sedangkan videonya 146. Dengan kedua skor tersebut, DxOMark memberikan skor keseluruhan untuk Google Pixel 7 Pro 142.

Di antara deretan HP dengan kamera selfie terbaik tersebut, manakah yang layak Anda pilih? Apa pun yang dipilih, perlu diingat, kesepuluh ponsel tersebut umumnya adalah ponsel kelas atas dan bukan ponsel kelas menengah. Karena itu, selain mengincar kualitas foto selfie, pastikan juga dana Anda mencukupi untuk membeli salah satu HP dengan kamera selfie terbaik tersebut.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram