15 HP dengan Kamera Selfie Terbaik di Dunia (November 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Smartphone saat ini sudah memiliki kelebihan tersendiri di sektor kamera. Bahkan, di masa depan, kamera pada smartphone bakalan lebih canggih dari perangkat kamera itu sendiri (DSLR, dsb). Wajar jika kemudian banyak vendor berlomba-lomba menghadirkan smartphone dengan kamera terbaik dan berkualitas.

Sektor kamera terbaik tidak hanya di kamera utama atau kamera belakang, kehadiran kamera depan alias kamera selfie juga jadi perhatian para vendor. Hal ini mengingat banyak orang juga mencari ponsel dengan kualitas kamera depan yang baik. Tujuannya tentu agar bisa menghasilkan foto selfie yang bagus.

Nah, jika kebetulan Anda salah satu yang mencari HP selfie terbaik, maka Anda datang pada artikel yang tepat. Kenapa? Karena pada kesempatan kali ini, akan dipaparkan daftar HP dengan kamera selfie terbaik yang didasarkan pada tes DxOMark. Apa sajakah daftar tersebut? Berikut detailnya.

1. Huawei P50 Pro

Huawei P50 Pro
Layar OLED 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 64 MP (periscope telephoto) 13 MP (ultrawide) 40 MP (monochrome)
Baterai Li-Po 4360 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

DxOMark tidak hanya memuji kemampuan kamera belakang Huawei P50 Pro yang punya nilai 143. Namun, mereka juga mengapresiasi kualitas kamera depan si ponsel. Skor keseluruhan yang diberikan pun tinggi, yakni 144.

Sensornya menggunakan Sony IMX688 12 MP dengan lensa ber-apperture f/2.4 dan focal length 18 mm. Sensor ini sama seperti Huawei P40 Pro. Hanya saja, Huawei memasang sistem PDAF (phase detection autofocus). HP ini pun jadi ponsel Huawei pertama dengan kamera depan yang ada PDAF-nya.

Secara garis besar, DxOMark menilai bahwa kamera depan HP ini dapat menghasilkan foto dengan eksposur yang bagus, khususnya ketika membidik wajah sebagai objeknya. Rentang dinamis, white balance, fokus pada sudut pandang yang luas juga sip. Detail yang dihasilkan pun mantap, dengan tingkat noise yang minim.

Sementara itu, hasil perekaman video juga menciptakan eksposur yang bagus saat membidik wajah. Penguncian fokus dengan beberapa objek bidikan dinilai bagus baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan ketika siang hari. Sistem penstabilan kamera depan HP ini berfungsi efektif untuk mengurangi dampak getaran.

2. Huawei Mate 40 Pro

Huawei Mate 40 Pro
Layar OLED 6.76 inci
Chipset Kirin 9000
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (periscope telephoto) 20 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4400 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi HP ini sudah dapat dilihat di situs resmi Huawei Indonesia. Ini artinya Anda bisa membeli Huawei Mate 40 Pro secara resmi untuk satu varian memori dan warna saja, yaitu RAM 8 GB dan ROM 256 GB dengan warna Mystic Silver. Harganya sendiri kemungkinan ada di angka Rp 20 jutaan atau kurang.

HP ini dibekali dengan pengaturan tiga kamera belakang, salah satunya berupa lensa periskop telefoto dengan zoom optik 5x. Sejauh ini, kemampuan kamera belakang Huawei Mate 40 Pro adalah yang terhebat dalam daftar uji DxOMark. Skor yang diraihnya adalah 135 poin.

Untuk swafoto, Huawei menawarkan lensa ganda di bagian depan berupa lensa sudut ultra lebar kamera TOF. Hasil uji DxOMark menunjukkan skor yang tinggi mecapai 142 poin, menjadikannya sebagai salah satu ponsel dengan kamera selfie terbaik.

Salah satu kelebihan kamera depannya seperti disebutkan DxOMark adalah memberikan eksposur wajah yang baik hingga tingkat cahaya rendah dan juga menawarkan rentang dinamis yang luas.

3. Huawei P40 Pro

Huawei P40 Pro
Layar OLED 6.58 inci
Chipset Kirin 990
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (periscope telephoto) 40 MP (ultrawide) MP (ToF)
Baterai Li-Po 4200 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Sejauh ini, DxOMark menobatkan Huawei P40 Pro sebagai ponsel dengan kamera terbaik di dunia untuk selfie dengan skor 141. Hasil yang mengesankan juga dibukukan oleh kamera belakangnya, yaitu 129 poin (130 untuk foto, 124 untuk zoom, dan 127 untuk video).

Huawei membekali produknya ini dengan dua kamera depan. Satu di antaranya adalah sensor sudut lebar 32 MP dengan bukaan f/2.2. Satunya lagi adalah sensor 3D IR untuk estimasi kedalaman dan fokus otomatis. Dengan pengaturan yang canggih, kamera depan HP ini mampu merekam video Full HD dan 4K!

Menurut penuturan DxOMark, hasil swafotonya memiliki detail yang bagus di dalam maupun luar ruangan dan keseimbangan putih yang umumnya akurat serta render warna kulit yang menyenangkan untuk dilihat. Sejumlah ulasan positif juga datang dari kualitas videonya. Jadi, selain keren untuk selfie, kamera depannya juga bisa diandalkan bagi yang suka ngevlog.

4. Google Pixel 6 Pro 

google pixel 6 pro_
Layar LTPO AMOLED 6.71 inci
Chipset Google Tensor
RAM 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 48 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 5003 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Google memiliki seri ponsel flagship yang tak hanya tawarkan kemampuan kamera belakang yang terbaik, melainkan juga sangat layak untuk dijadikan sarana selfie menggunakan kamera depan. Google Pixel 6 Pro merupakan satu dari segelintir HP flagship yang ditopang dengan chipset besutan Google sendiri yaitu Tensor yang berada pada fabrikasi 5 nm.

Chipset tersebut menggunakan arsitektur yang terdiri atas dua inti prima Cortex X1 dengan clock speed 2.8 GHz dan dua inti high performance Cortex A76 berkekuatan 2.25 GHz. Hal ini lantas menjadikannya sarana powerful untuk menunjang aktivitas gaming berat. Untuk sekadar menunjang aktivitas biasa, menggunakan empat inti hemat daya Cortex A55 dengan frekuensi 1.8 GHz.

Ponsel ini juga hadirkan sisi konektivitas yang sangat unggul, didukung dengan WiFi 6 dan Bluetooth 5.2, dan memiliki port pengisian USB Type-C 3.1. Itu mengapa, bertukar data menggunakan Bluetooth ataupun transfer data antara PC dan ponsel kini bisa dilakukan dengan kilat. Anda pun akan merasakan peningkatan kecepatan unduhan ang berlipat-lipat dibandingkan WiFi 5 biasa.

Penasaran dengan kamera belakang apa saja yang dimiliki ponsel ini? Google Pixel 6 Pro dibekali dengan sensor Samsung ISOCELL GN1 berukuran 1/1.31 inci pada resolusi 50 MP, turut disertai dengan Dual Pixel PDAF dan juga OIS. Kamera ini gunakan teknologi pixel binning yang hasilkan output gambar dengan resolusi 12.5 MP.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram