carisinyal web banner retina

Yuk, Intip 10 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 14 Plus

Ditulis oleh Aris Wibowo

Apple akhirnya memperkenalkan iPhone 14 series pada September 2022. Menariknya, dalam seri iPhone ini, Apple kembali menghadirkan varian Plus, yakni iPhone 14 Plus. Sekadar informasi, seri Plus ini muncul pertama dari seri iPhone 6 Plus dan sempat menghilang beberapa tahun. 

Kehadiran iPhone 14 Plus ini tentu menjadi daya tarik para konsumen Apple. Pasalnya seri Plus biasanya hadir dengan desain layar dan bodi yang lebih besar, sehingga lebih nyaman digunakan. Padahal, sudah ada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Sayangnya, meski mengusung layar yang sama dengan seri Pro dan Pro Max, iPhone 14 Plus tidak mendapat fitur yang sama. Beberapa fitur pada iPhone 14 Plus, serupa dengan iPhone versi standar, iPhone 14.

Nah, pertanyaannya, apa saja keunggulan yang dipunyai iPhone 14 Plus ini? Apa saja beberapa catatan yang mesti Anda perhatikan pada si ponsel? Untuk menjawabnya, silakan simak tabel berikut ini.

KelebihanKekurangan
Desain Tergolong Menarik
Layar yang Luas untuk iPhone Series Standar
Daya Tahan Baterai Panjang
Chipset Sedikit Lebih Baik
Kamera Sangat Berkelas
Emergency SOS via Satelit
Masih Ada Notch
Hanya Ada Dua Kamera Belakang
Tidak Memakai Chipset Apple A16 Bionic
Tidak Ada Refresh Rate 120 Hz

Jika ingin lebih dalam soal kelebihan dan kekurangan iPhone 14 Plus ini, silakan simak artikelnya lebih detail di bawah ini.

Spesifikasi iPhone 14 Plus

apple iphone 14 plus
Layar Super Retina XDR OLED 6.7 inci
Chipset Apple A15 Bionic
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 4323 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan iPhone 14 Plus

Ada enam poin kelebihan yang kami temukan pada iPhone 14 Plus. Enam poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel flagship ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain Tergolong Menarik

iphone 14 plus g (1)_

Dalam 10 tahun terakhir, Apple telah menghadirkan iPhone dengan desain yang terus berkembang dan terus menarik. Hal yang sama juga tampak dalam seri iPhone 14 Plus. Desain HP ini sama mewahnya dengan desain iPhone 14. Hanya saja, HP ini memiliki dimensi dan layar yang lebih besar.

Sekilas kalau Anda perhatikan lebih seksama, iPhone 14 Plus memang mirip dengan iPhone 13 Pro Max. Pembedanya hanya jumlah kamera belakangnya saja yang kini hanya berjumlah dua di seri Plus.

Selain itu, meski HP ini versi murah dari seri iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, Apple tetap menghadirkan bahan premium kaca Gorilla Glass dan pelindung ceramic shield di area depan. Di area kamera depan, Apple masih menggunakan desain poni yang mirip dengan seri iPhone 14 biasa.

iphone 14 plus purple

Untuk area belakang, Apple juga menggunakan lapisan kaca yang diklaim kuat diduga dari Corning Gorilla Glass. Di bagian bodi belakang ini juga terdapat modul kamera berbentuk persegi yang sedikit menonjol. 

Desain bodi HP ini kian menarik dengan rangka aluminium tepian datar khas iPhone. Selain itu, dalam seri ini Apple menghadirkan pilihan warna bodi baru, yakni purple.

Bicara dimensi, iPhone 14 Plus memang tampak besar, yakni 160,8mm x 78,1 mm x 7,8 mm. Menariknya, meski mirip iPhone 13 Pro Max, HP ini terasa lebih ringan karena hanya seberat 203 gram.

Terakhir, Apple masih menghadirkan logo yang khas di area tengah bodi belakang. Untuk perlindungan kala digunakan di berbagai kondisi, iPhone layar lebar ini dilengkapi sertifikasi IP68 untuk anti air dan anti debu.

2. Layar yang Luas untuk iPhone Series Standar

iphone 14 plus layar_

Layar menjadi pembeda serius antara iPhone seri standar dan iPhone seri plus. Untuk seri iPhone 14 Plus, Anda akan menemukan layar berukuran 6,7 inci dengan teknologi Super Retina XDR OLED Display. Layar ini cukup lebar, namun masih ideal untuk penggunaan harian.

Layar ini hadir dengan resolusi cukup tinggi yakni 2778 x 1284 piksel. Adanya perbedaan ukuran layar membuat, kepadatan piksel juga mengalami perubahan menjadi 458 ppi, dimana dalam iPhone 14 layar 6,1 inci senilai 460 ppi. Layar ini juga memiliki kecerahan layar hingga 1200 nits dan diklaim nyaman digunakan di terik matahari.

ceramic shield iphone 14_

Untuk melindungi layar dari goresan, Apple menggunakan scratch-resistant ceramic glass dan teknologi oleophobic coating.

Di bagian atas layar, terdapat poni yang khas mirip dengan seri iPhone 14 maupun seri iPhone 13. Dalam poni ini terdapat komponen TrueDepth untuk Face ID dan kamera selfie.

Sebagai informasi tambahan, layar iPhone 14 Plus sudah mengantongi teknologi Dolby Vision, sehingga Anda bisa memutar film di Netflix, HBO Go, dan sejenisnya, dengan tampilan jelas dan detail di HP ini. Layar HP ini juga mendukung pemutaran konten HDR10.

3. Daya Tahan Baterai Panjang

iphone 14 plus battery_

iPhone 14 Plus dibekali baterai dengan kapasitas 4323 mAh. Kapasitas tersebut memang biasa saja untuk standar ponsel masa kini. Namun, Apple mengklaim bahwa seri Plus ini memiliki baterai dengan daya tahan terbaik di seri iPhone.

Dalam pengujian pemutaran video lokal yang dilakukan Mark Spoonauer dari tomsguide, iPhone 14 Plus dapat bertahan selama 26 jam. Kala pemutaran video online bertahan 20 jam dan untuk mendengarkan musik bertahan 100 jam.

Adapun Apple menyematkan iPhone 14 Pro dengan teknologi pengisian cepat 20W, teknologi pengisian cepat Magsafe nirkabel 15W, dan pengisian cepat Qi Wireless 7,5W. Menariknya kala diuji, iPhone 14 Plus dapat terisi 50% dalam waktu 30 menit saja.

4. Chipset Sedikit Lebih Baik

iphone 14 plus chipset_

Tidak seperti dua saudaranya seri iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, iPhone 14 Plus datang dengan chipset yang berbeda, yakni Apple A15 Bionic. Meski chipset ini bukanlah yang paling baru, chipset Apple ini nyatanya masih cukup powerful. Apalagi agar performa HP ini kencang dan lancar, chipset ini sudah dipadukan RAM 6 GB.

Apple A15 Bionic merupakan chipset buatan Apple yang memiliki 15 miliar transistor. Jumlah transistor tersebut lebih banyak dari A14 Bionic yang hanya berjumlah sekitar 11 miliar transistor. Selain jumlah transistor yang lebih banyak, chipset ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dan teknologi pengolah grafis yang lebih baru.

Dari sisi teknologi, A15 Bionic masih mengandalkan dua inti prosesor berkinerja tinggi Avalanche 3,2 Ghz dan empat inti untuk hemat daya Blizzard 1,8 Ghz. Konfigurasi ini masih sama dengan seri A14 Bionic. Performa core-nya cukup tinggi untuk multitasking maupun main game.

Dari hasil GeekBench, iPhone 14 Plus punya skor 1788 untuk single core dan 4830 untuk multi-core-nya. Untuk nilai AnTuTu, menurut Nanoreview mencapai skor 790.155. 

Sekilas, dapur pacu iPhone 14 Plus ini merupakan produk daur ulang dari iPhone 13 series. Namun, kalau diperhatikan, jumlah core GPU pada iPhone 14 Plus berbeda. Bila core GPU pada iPhone 13 series berjumlah 4 buah, maka dalam iPhone 14 Plus berjumlah 5 buah. 

Tidak lupa,  untuk penyimpanan internal, Apple menghadirkan pilihan memori internal sebesar 128 GB, 256 GB dan 512 GB dengan jenis memori NVme. Jenis memori ini sama dengan yang terpasang di iPhone 13 series.

5. Kamera Sangat Berkelas

iphone 14 plus kmere_

iPhone 14 plus mengusung sektor kamera yang sama dengan iPhone 14. Dalam bodi belakangnya hanya terpasang dual kamera dan satu lampu flash. Kamera ini tampak kokoh karena lensanya dilapisi Sapphire Crystal Cover.

Selanjutnya, mari kita bahas secara rinci spesifikasi satu per satu kamera HP ini. Untuk kamera utama, Apple memasang sensor 12 MP dengan ukuran 1/1,7 inci. Kamera tersebut memiliki bukaan f/1.57, dilengkapi sensor shift OIS, dan tentu saja auto fokus dual pixel PDAF.

Lalu kamera ultra-wide-nya memiliki resolusi 12 MP. Kamera ini punya bukaan f/2.4, sudut pandang 120° Sedangkan kamera depan memiliki resolusi 12 MP bukaan f/1.9 PDAF, serta sensor SL 3D untuk sensor kedalaman dan sensor biometrik.

Perihal perekaman video, resolusi 4K 24/25/30/60 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama maupun kamera depan. Selain itu, kamera video Apple ini bisa menghasilkan video dengan standar warna 10-bit HDR dan Dolby Vision HDR 60 fps.

Video iPhone 14 Plus_

Menariknya, dalam seri iPhone 14 ini, Apple menghadirkan sejumlah update teknologi kamera. Salah satunya yakni prosesor foto terbaru bernama Photonic Engine. Dengan fitur ini kamera iPhone 14 dan 14 Plus mampu menangkap foto lebih detail dan tajam meski dalam kondisi minim cahaya.

Untuk Anda yang gemar membuat video pendek atau film dengan iPhone, Apple menghadirkan mode video terbaru bernama action mode

Dengan mode ini, Anda bisa membuat video dengan objek yang bergerak dengan lebih stabil. Ataupun sebaliknya, ketika Anda tengah berjalan atau berlari dalam membuat video, video pun akan tetap stabil.

Selain itu, iPhone 14 Plus juga memiliki kemampuan 2x Optical Zoom dan 5x Digital Zoom. Anda pun bisa membidik subjek jarak jauh dengan jelas.

6. Emergency SOS via Satelit

emergency sos_

Salah satu keunggulan terbaru iPhone ialah bisa terhubung ke satelit. Fitur ini bernama Emergency SOS. Dengan fitur ini, Anda bisa berkirim pesan menggunakan satelit. Ini tentu berguna ketika Anda tersesat di suatu wilayah yang tanpa jaringan seluler sama sekali.

Sayangnya, fitur ini baru bisa digunakan untuk wilayah Amerika dan Kanada terlebih dahulu. Namun, Apple berjanji akan segera memperluas wilayah jangkauan satelit.

Selain fitur tersebut, Apple juga menyediakan fitur Crash Detection. Fitur ini membuat iPhone 14 Plus mampu mendeteksi adanya kecelakaan dan langsung menghubungi ke pihak yang berwajib seperti polisi dan rumah sakit terdekat. Sayangnya, sama seperti fitur satelit, fitur ini baru bisa dirasakan di beberapa negara saja.

Kekurangan iPhone 14 Plus

Di samping enam kelebihan di atas, ada empat hal lain yang mesti Anda perhatikan terhadap iPhone 14 Plus. Empat hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi Anda dalam melihat ponsel ini.

1. Masih Ada Notch

iphone 14 plus_

Pertama kali munculnya kabar akan dirilisnya iPhone 14 series, banyak pihak yang antusias bahwa Apple akan menghadirkan desain yang baru dan segar agar bisa bersaing dengan desain smartphone Android yang lebih beraneka ragam.

Kenyataannya ketika dirilis, iPhone 14 dan iPhone 14 Plus ternyata masih mengusung desain yang mirip dengan seri iPhone 13. Hal ini tentu mengecewakan. Apalagi, kala mengetahui desain kamera depan HP ini masih memiliki notch.

Padahal dalam beberapa bocoran, iPhone 14 series dirumorkan akan menggunakan model kamera depan yang berbeda, yakni model Dynamic Island. Sayangnya, model ini hanya dihadirkan Apple pada seri iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Model notch pada seri iPhone 14 Plus ini dianggap sudah tidak populer. Apalagi, desain iPhone 14 Plus ini mirip dengan iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, sehingga akan susah membedakan dari sisi layar.

2. Hanya Ada Dua Kamera Belakang

iphone 14 plus__1

Apple tampaknya mulai melakukan pembenahan pada produknya agar sesuai dengan kebutuhan pasar dan target konsumen mereka. Maka, dalam seri iPhone 14 Plus ini, Apple masih menggunakan dua kamera belakang bukan tiga kamera belakang seperti seri iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Apple sendiri berdalih penggunaan dual kamera saja di iPhone 14 maupun iPhone 14 plus dikarenakan kedua HP ini merupakan varian dengan harga murah. Selain itu, Apple juga menganggap pengguna iPhone saat ini sudah cukup dengan kamera utama dan kamera ultra-wide saja.

Menurut saya, Apple seharusnya tetap menghadirkan kamera telephoto. Pasalnya, saat ini sudah banyak HP Android yang menghadirkan fitur kamera yang lebih lengkap dan lebih baik. 

3. Tidak Memakai Chipset Apple A16 Bionic

apple a16 bionic_

Bagian dapur pacu iPhone 14 Plus memang tidak menghadirkan sesuatu yang baru. Apple bahkan tidak menggunakan chipset generasi baru, namun memakai chipset lama yang sudah dipakai di iPhone 13 series.

Ini memang sedikit mengecewakan karena Apple tampak membedakan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus.  Namun, karena kali ini Apple ingin menyasar berbagai pengguna. Maka pilihan penggunaan chipset lama agar harga lebih terjangkau, dirasa masih masuk akal.

Untung saja, Apple melakukan sedikit ubahan pada GPU, sehingga performa HP dengan iOS 16 ini lebih baik.

4. Tidak Ada Refresh Rate 120 Hz

iphone 14 plus b_

Apple memang menghadirkan beberapa ubahan penting di bagian layar agar iPhone 14 series bisa bersaing dengan HP Android. Sayangnya, meski iPhone 14 Plus ini sudah menggunakan ukuran yang cukup lebar, Apple tidak menghadirkan fitur refresh rate 120 Hz. Alhasil iPhone 14 Plus masih menggunakan refresh rate standar 60 hz.

Penggunaan refresh rate standar ini tentu mengecewakan banyak pengguna. Apple seharusnya menghadirkan refresh rate 90 Hz agar tampilan di layar iPhone 14 Plus lebih halus.

4. Upgrade Minim

iphone 14 plus g (1)__1

Dari penjabaran di atas, tampak jelas bahwa Apple iPhone 14 Plus sebenarnya minim upgrade. Ponsel ini tampak hanya berbeda dari segi ukuran layar dan kamera saja dibanding seri iPhone 14 maupun iPhone 13 series

Tidak ada ubahan yang mengejutkan dalam iPhone 14 Plus, sehingga praktis, ponsel ini hanya menjual desain lama dan nama besar Apple saja.

Simpulan

Ketika melihat pertama kali iPhone 14 Plus, Anda mungkin akan mengira bahwa ini adalah iPhone 13 Pro Max karena sekilas desainnya mirip. Namun, ternyata dalam seri terbaru ini, Apple hanya menghadirkan dual kamera belakang saja.

Meski mengusung dua kamera saja, Apple menghadirkan peningkatan teknologi kamera yang cukup baik. Dalam iPhone 14 Plus, kameranya mampu menangkap foto lebih jelas dalam kondisi minim cahaya. Selain itu, Apple juga menghadirkan mode baru untuk membuat video yang lebih keren.

Meski tidak dibekali fitur-fitur mewah yang ada di seri 14 Pro dan 14 Pro Max, seri Plus ini masih mendapat fitur Emergency SOS via satelit. 

Dengan sejumlah penjabaran diatas, hadirnya iPhone 14 Plus memang dimaksudkan agar mampu menjangkau pengguna Apple yang ingin perangkat lebar namun harga yang lebih terjangkau. Bagaimana menurut Anda, apakah ponsel ini cukup menarik?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram