carisinyal web banner retina

11 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 14 yang Perlu Kamu Tahu

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Rilis pada September 2022, iPhone 14 Series resmi meluncur melalui acara tahunannya yaitu Apple Event dengan tema kali ini adalah “Far Out”. Pada seri ini, iPhone merilis empat model HP sekaligus yaitu iPhone 14 “reguler”, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

iPhone 14 Series ini menjadi penerus dari seri sebelumnya yaitu iPhone 13 Series yang dirilis September 2021. Sebagai penerus dari seri sebelumnya, iPhone 14 Series tentunya memiliki perubahan dan peningkatan pada beberapa spesifikasi yang dibawanya. Hal itu terlihat dari banyaknya perbincangan mengenai seri ini pada saat perilisannya.

Salah satu perubahan yang dimiliki seri ini adalah tidak adanya model “mini” yang mengisi lininya, tetapi diganti dengan model “Plus”. Sehingga iPhone 14 “reguler” menjadi model paling basic di antara ketiga model lainnya.

Sebagai model “basic” dari seri ini, iPhone 14 pastinya memiliki harga yang paling rendah di antara yang lain. Meskipun begitu, kemampuannya tetap tidak jauh berbeda dengan model lainnya terutama dengan iPhone 14 Plus yang bisa dibilang cukup mirip.

Nah, jika Anda sangat ingin memiliki salah satu model iPhone 14 Series ini, iPhone 14 bisa menjadi alternatif yang bisa Anda pilih. Namun, sebelum itu, Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki HP ini sebagai bahan pertimbangan. Kabar baiknya, artikel ini akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari iPhone 14.

Sebelum membahasnya lebih jauh, Anda bisa melihat kelebihan dan kekurangan iPhone 14 di dalam tabel berikut ini.

KelebihanKekurangan
Desain dan kualitas bodi yang khas
Layar dengan kecerahan 1200 nit
Konfigurasi kamera bagus
Performa Soc Apple A15 Bionic lebih kencang
Daya baterai tahan lama
Fitur keamanan darurat
Berjalan di iOS 16
Tidak ada slot microSD dan lubang jack 3,5mm
Belum USB C
Masih ada notch

Jika Anda masih merasa penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone 14, maka sila simak artikel ini sampai habis. Anda juga bisa melihat terlebih dahulu spesifikasi yang dimiliki oleh iPhone 14 berikut ini.

Spesifikasi iPhone 14

apple iphone 14
Layar Super Retina XDR OLED 6.1 inci
Chipset Apple A15 Bionic
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 3729 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan iPhone 14

Dalam artikel ini terdapat delapan kelebihan utama yang dimiliki oleh iPhone 14. Kelebihan-kelebihan inilah yang menjadi alasan mengapa HP ini masih sangat cocok untuk menjadi pilihan. Berikut adalah penjelasannya.

1. Desain dan Kualitas Bodi yang Khas

iPhone 14 iPhone 14 Plus

Desain yang dimiliki iPhone 14 ini memang tidak terlalu memiliki perubahan yang banyak. Karena pada dasarnya desain yang dimiliki iPhone 14 adalah salinan dari pendahulunya yaitu iPhone 13, lengkap dengan modul kamera dan tampilan notch-nya.

Meskipun begitu, kualitas bodi yang dimiliki HP ini cukup menarik, yaitu dilengkapi dengan bodi alumunium dan kaca yang kokoh pada bagian depan dan belakang. Kaca tersebut juga bisa dilepas (removable) ketika terjadi insiden pecah dan memasangnya sendiri. Namun, jika Anda merasa ragu sebaiknya serahkan masalah itu kepada ahlinya di service center Apple.

Namun, bukan berarti kaca iPhone 14 ini mudah pecah, karena didukung oleh Gorilla Glass untuk bagian depan dan belakang. Tidak hanya itu, HP ini juga telah memiliki sertifikasi IP68. Dengan sertifikasi tersebut maka iPhone 14 sudah tahan debu dan air, bahkan berada di dalam air hingga kedalaman 6 meter dalam waktu 30 menit.

iPhone 14 ini tersedia dalam lima warna yang menarik, yaitu Starlight, Midnight, Blue, Red, dan Purple. Meskipun begitu, mungkin saja Anda akan merasa cemburu dengan Dynamic Island yang dimiliki oleh iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang lebih kecil dan lebih interaktif untuk notifikasi dan aktivitas secara langsung.

Demi memiliki desain yang lebih maksimal, iPhone 14 sampai mengambil langkah yang agak kontroversial, yaitu dengan menghapus slot kartu SIM dan hanya mengandalkan eSIM saja. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena di luar pasar Amerika, termasuk Indonesia, iPhone 14 kabarnya akan tetap memiliki slot SIM.

Selain itu, iPhone 14 ini masih memiliki dimensi dan bobot yang cukup ringan yaitu hanya memiliki bobot 172 g. Sedangkan dimensinya adalah 146,7 x 71,5 x 7,8 mm. Dengan ukuran dan berat tersebut maka iPhone 14 sedikit lebih ringan dan tipis dibandingkan pendahulunya iPhone 13.

2. Layar dengan Kecerahan 1200 Nit

iphone 14

Layar iPhone 14 ini memiliki kemampuan yang tinggi diperkuat oleh layar berpanel Super Retina XDR OLED berukuran 6,1 inci. Meskipun tidak ada peningkatan dari pendahulunya, panel tersebut masih menjadi panel terbaik untuk kelas harganya dalam hal kualitas.

Sayangnya, layar iPhone 14 ini memiliki refresh rate yang tidak terlalu tinggi yaitu hanya 60Hz. Meskipun tidak memiliki pengguliran dan animasi super mulus seperti model “Pro”, layar ini mampu menghasilkan resolusi tinggi yaitu 1170 x 2532 piksel dengan kerapatan piksel mencapai angka 460 ppi.

Selain itu, tingkat kecerahan yang mampu dicapai iPhone 14 berada di angka 1200 nit untuk kecerahan puncak dan 800 nit untuk kecerahan khasnya. Dengan dukungan teknologi Dolby Vision yang dimilikinya, layar ini juga mampu menampilkan visual HDR10 dan Wide color gamut yang tinggi.

Merujuk pada pengujian yang dilakukan oleh Mark Spoonauer dan tim Tom’s Guide, iPhone 14 mampu mencatat 117,4% sRGB color gamut dan 83,1% untuk ruang warna DCI-P3 yang lebih tajam. Selain itu, skor akurasi Delta-E dari iPhone 14 ini cukup baik yaitu 0,25 (dalam konteks 0 adalah sempurna).

Dengan hasil pengujian tersebut, iPhone 14 akan sangat cocok untuk digunakan berbagai kegiatan, misalnya menonton film, bermain game, mengedit, atau sekadar bermain sosial media. Ditambah keamanannya yang sudah terjamin karena menggunakan kaca keramik anti gores dan lapisan anti minyak.

3. Konfigurasi Kamera Bagus

iphone 14

Kamera utama yang dimiliki iPhone 14 ini memang tidak memiliki resolusi tinggi mencapai 48 MP seperti model iPhone 14 Pro. Namun, iPhone 14 ini memiliki fitur kamera yang disempurnakan dengan caranya sendiri.

iPhone 14 ini memiliki kamera utama dengan resolusi 12 MP dengan bukaan f/1.5. Kamera utama ini memiliki sensor yang lebih besar daripada pendahulunya yaitu lensa 26mm dengan sensor berukuran 1/1.7inci dan mampu menghasilkan piksel individual sebesar 1.9µm (mikrometer).

Sebagai pelengkap, iPhone 14 ini memiliki kamera ultrawide 12 MP yang dinilai mampu menangkap 4x lebih banyak pemandangan dan memberikan kinerja cahaya rendah 2x lebih baik. Kamera ini memiliki bukaan f/2.4 dan lensa berukuran 13mm.

Kamera utama iPhone 14 ini tentu telah didukung oleh fitur autofocus PDAF dan diperkuat oleh komponen penstabil sensor-shift OIS. Keduanya memiliki fitur mencapai resolusi HDR untuk foto dan panorama.

Beralih ke bagian depan, iPhone 14 memiliki kamera selfie 12 MP dengan bukaan f/1.9. Kamera selfie ini memiliki sensor dengan lensa 23mm dan sensor berukuran 1/3.6 inci, dilengkapi dengan fitur autofocus PDAF dan SL 3D.

Adapun teknologi terdahulu yang masih dipakai karena sudah memiliki kualitas yang baik, misalnya kemampuan perekaman video yang telah mencapai 4K dengan 60 fps, HDR, Dolby Vision mencapai 60fps, dan speaker yang sudah stereo.

Sementara itu, peningkatan yang paling terlihat dari iPhone 14 ini ada pada Cinematic mode dan mode action yang dirancang untuk menghadirkan video lebih halus dan stabil ala profesional. Untuk menyalakannya, Anda hanya perlu mengaktifkan tombol di aplikasi kamera dan akan berfungsi secara keseluruhan.

4. Performa SoC Apple A15 Bionic Lebih Kencang

iphone 14

Meskipun menggunakan chipset yang sama seperti pendahulunya yaitu iPhone 13 dengan menggunakan chipset atau SoC yang dinamai Apple A15 Bionic, performa yang dipakai oleh iPhone 14 ini memiliki performa yang lebih kencang. Peningkatan performa yang dimilikinya terletak pada kinerja grafisnya dengan GPU 5 Core-nya.

Apple A15 Bionic ini memiliki enam inti CPU yang terdiri dari dua inti performa yang bernama Avalanche dengan frekuensi 3.24 GHz dan empat inti efisiensi bernama Blizzard yang berada di frekuensi 2.0 GHz.

SoC milik iPhone 14 ini dirancang dengan proses manufaktur 5 nm, sama seperti pendahulunya. Namun, Apple mengeklaim bahwa GPU SoC ini memiliki kemampuan lebih kencang daripada pendahulunya karena memiliki 5 inti GPU.

Apple A15 Bionic ini kemudian dipadukan dengan RAM sebesar 6 GB dan penyimpanan internal dengan beberapa pilihan, yaitu 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Lantas seperti apa kira-kira performa dan kemampuan yang dihasilkan oleh SoC ini?

Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan oleh Mark Spoonauer dan tim Tom’s Guide, dirinya merasa sangat terkesan dengan visual mirip konsol yang ditampilkan oleh Oceanhorn 2 semacam judul petualangan seperti Zelda. Tampilan air di dekat dermaga dan cahaya yang bergelombang terlihat memantul mengagumkan di atas riak-riaknya.

Ia juga mencoba bermain NBA 2K yang ternyata menghadirkan grafik yang memukau dan terlihat realistis. Selain itu, iPhone 14 juga ini memiliki kelebihan dalam menstabilkan suhunya dengan tidak menghasilkan suhu terlalu panas ketika diputar selama 30 menit.

Sebagai gambaran, berikut hasil pengujian GeekBanch 5 dan 3DMark Wild Life Unlimited yang dilakukan oleh Mark Spoonauer. iPhone 14 dengan SoC A15 Bionic-nya mampu mengungguli iPhone 13 Pro yang menggunakan SoC yang sama, serta terpaut jauh di atas Galaxy S22 Ultra, Galaxy Z Fold 4, Pixel 6 Pro, dan ROG Phone 6 Pro.

Meskipun begitu, tidak ada peningkatan ketika melakukan pengujian untuk mengedit video yang melibatkan klip video berkualitas 4K ke 1080p menggunakan aplikasi Adobe Premiere Rush. Namun, waktu yang dibutuhkan iPhone 14 tidak terpaut terlalu jauh karena iPhone 13 hanya sedikit lebih cepat saja.

5. Daya Baterai Tahan Lama

iphone 14

Sudah jadi kebiasaan bahwa Apple tidak pernah menyebutkan secara terang-terangan mengenai jumlah kapasitas baterai yang dimiliki HP-nya. Apple hanya mencantumkan bahwa iPhone 14 ini mampu bertahan selama seharian yang mampu bertahan selama 20 jam untuk pemutaran video lokal.

Meskipun begitu, iPhone 14 ini ternyata memiliki kapasitas baterai yang tidak terlalu besar, yaitu hanya 3279 mAh, berbeda sedikit dengan pendahulunya iPhone 13 yang hanya memiliki 3240 kapasitas baterai.

Baterai pada iPhone 14 juga telah didukung oleh fitur pengisian cepat 20W yang katanya mampu mengisi daya hingga 50% dalam waktu hanya 30 menit saja. Selain itu, HP ini juga mendukung metode pengisian daya lain yaitu pengisian nirkabel MagSafe 15W dan pengisian daya nirkabel Qi 7.5W.

Dalam pengujian yang dilakukan oleh Mark Spoonauer, iPhone 14 ini mampu bertahan seharian dengan penggunaan biasa dimulai pada pukul 8 pagi seperti mengambil foto, video, dan mengunduh aplikasi atau game. Hingga pukul 8 malam, iPhone 14 ini masih menyisakan 28% baterai.

Sedangkan untuk pengujian pada pengisian dayanya, iPhone 14 ini mampu menghasilkan hasil yang lebih baik daripada klaim dari Apple sendiri yaitu mencapai daya 54% dalam waktu hanya 30 menit. Namun, hal itu terbilang wajar karena kecepatan pengisian yang dimilikinya adalah 20W.

6. Fitur Keamanan Darurat

iphone 14

Pada iPhone 14 Series, Apple memperkenalkan beberapa fitur terbarunya yang memiliki fungsi untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi para penggunanya. Fitur yang juga turut hadir di iPhone 14 adalah panggilan darurat SOS dan sensor untuk mendeteksi kecelakaan.

Fitur panggilan darurat SOS ini akan sangat membantu Anda terutama ketika Anda sedang berada di tempat terpencil yang tidak menjangkau jaringan seluler atau Wi-Fi. Hal itu karena fitur ini bisa digunakan tanpa menggunakan jaringan atau Wi-Fi, tetapi menggunakan satelit di ruangan terbuka.

Sebagai catatan, pihak Apple menyarankan untuk melakukan panggilan darurat (911) terlebih dahulu sebelum menggunakan fitur tersebut. Fitur panggilan darurat SOS ini kabarnya akan tersedia untuk iPhone 14 pada November 2022. Selain itu, fitur ini juga baru tersedia untuk wilayah Amerika Serikat dan Kanada saja.

Fitur keamanan selanjutnya adalah pendeteksi kecelakaan atau Crash detection, fitur ini memanfaatkan akselerometor dan giroskop yang dimiliki iPhone 14 yang telah ditingkatkan. Jika sensor tersebut menyala, fitur ini akan secara otomatis menghubungi layanan darurat dan memberi tahu kontak darurat yang telah Anda pilih sebelumnya.

Ketika hal itu terjadi, layar iPhone 14 akan menanyakan kepada pengguna apakah sedang mengalami kecelakaan atau tidak. Sistem akan secara otomatis melakukan panggilan darurat untuk meminta bantuan jika tidak ada respon dari penggunanya.

7. Berjalan di iOS 16

iphone 14

iPhone 14 Series termasuk iPhone 14 telah beroperasi dalam sistem operasi iPhone atau iOS terbaru yaitu iOS 16. iOS 16 ini memiliki beberapa pembaruan dan peningkatan dalam perangkat lunaknya, misalnya Anda bisa menyesuaikan layar kunci dengan widget, foto, menentukan font yang ingin dipakai, dan sebagainya.

Pembaruan lainnya yang dibawa iOS 16 ini adalah fitur untuk membatalkan pengiriman teks dan mengeditnya, penggantian kata sandi atau Passkeys, aplikasi fitnes, dan indikator persentase baterai yang kembali dihadirkan di dalam iOS terbaru ini.

iOS terbaru ini juga akan memiliki peran penting dalam membantu menyempurnakan fitur keamanan terbaru yang telah dijelaskan. Pasalnya, dengan dukungan iOS terbaru maka fitur crash detection tidak hanya akan mengirim panggilan darurat saja, tetapi juga akan secara otomatis mengirimkan perkiraan koordinat tempat insiden itu terjadi.

Kekurangan iPhone 14

iPhone 14 ini menawarkan banyak peningkatan dan pembaruan yang terlihat sangat menarik. Meskipun begitu, HP ini bukan hadir tanpa kekurangan, terdapat beberapa kekurangan yang masih dimiliki oleh iPhone 14 yang bisa dijadikan pertimbangan jika Anda ingin membelinya.

1. Tidak Ada Slot MicroSD dan Lubang Jack 3,5mm

iphone 14 and 14 Plus cover

Dalam upaya menghadirkan iPhone tanpa port atau portless. Apple tidak hanya menghilangkan slot kartu SIM pada HP ini, tetapi juga dengan menghilangkan slot memori tambahan yaitu microSD dan lubang jack berukuran 3,5mm.

Dengan tidak hadirnya slot untuk microSD, maka penyimpanan memori iPhone 14 ini hanya bergantung pada RAM dan penyimpanan internal yang dibawanya saja. Dengan begitu, penyimpanan memori akan semakin terbatas sehingga Anda perlu memikirkan bagaimana caranya agar penyimpanan memori tersebut bisa hemat dan tidak cepat penuh.

Selain itu, lubang jack 3,5mm juga tidak turut hadir mengingat lubangnya yang memang berukuran cukup besar. Sepertinya Apple enggan menghadirkan lubang besar tersebut yang malah bisa merusak desain dari iPhone 14 itu sendiri.

2. Belum USB Tipe C

iphone 14 pro iphone 14 pro max

Sebenarnya, terdapat kebijakan yang disampaikan oleh Uni Eropa yang meminta agar produsen HP melakukan penyeragaman port untuk pengisian dayanya. Dalam kebijakan tersebut yang telah disahkan per Juni 2022 oleh Komisi Uni Eropa tersebut mewajibkan semua produsen memakai port USB tipe C.

Alasan kebijakan ini diberlakukan jelas untuk mengurangi limbah elektronik dan memberi kemudahan bagi konsumen. Dengan hal ini, konsumen tidak perlu memiliki jenis alat pengisian daya yang bermacam-macam untuk setiap alat elektronik yang dimilikinya.

Hanya saja, iPhone 14 Series ini termasuk iPhone 14 masih belum beralih ke port tipe C dan masih menggunakan port Lightning. Padahal, Macbook dan iPad Pro terbaru telah menggunakan port tipe C seperti yang umum digunakan.

3. Masih Ada Notch

Tidak seperti model "Pro" yang ada di dalam iPhone 14 Series, iPhone 14 ini masih memiliki notch berbentuk poni di bagian layar depan. Desain tersebut merupakan desain bawaan dari pendahulunya yaitu iPhone 13 dan tidak ada peningkatan di dalam hal tersebut.

Padahal, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro terlihat serius dalam melakukan peningkatan di bagian layar depan terutama notch dengan menggantinya menjadi sebuah teknologi canggih dan baru bernama Dynamic Island. Teknologi tersebut tidak hanya sebagai tempat untuk menyimpan kamera depan, tetapi memiliki fungsi yang lebih interaktif dan sangat menarik.

4. Upgrade Minim

Upgrade atau peningkatan yang dimiliki iPhone 14 ini tidak terlalu signifikan setelah Anda benar-benar menggalinya. Meskipun beberapa memang terlihat jelas peningkatannya, misalnya bagi pengguna iPhone 13 yang benar-benar membutuhkan fitur kamera yang lebih lengkap seperti autofocus pada kamera selfie atau Anda pengguna iPhone lebih lama dan ingin memutakhirkannya.

Namun, jika Anda memiliki jiwa petualang, sebenarnya ada iPhone 13 yang bisa menjadi pilihan yang berpotensi mengandalkan beberapa dukungan perangkat lunak yang telah diperluas karena A15 Bionic telah mendapatkan kesempatan untuk bertahan di iPhone 14. Meskipun begitu, Anda akan tetap mendapatkan HP dengan kualitas baik untuk beberapa tahun yang akan datang.

Simpulan

Dalam seri terbarunya yaitu iPhone 14 Series, Apple tidak terlalu memberikan tampilan desain yang berbeda dari seri sebelumnya. Bahkan, jika dilihat secara sekilas, iPhone 14 ini sangat identik dengan iPhone 13. Peningkatan dan perubahan baru terlihat ketika Anda menggunakan HP tersebut.

Salah satunya adalah kemampuan performa SoC yang semakin kencang, layar lebih cerah, dan fitur kamera yang lebih pintar untuk mengambil gambar dalam berbagai situasi. Bodi yang melapisi HP ini juga cukup berbeda sehingga berpengaruh pada bobot dan dimensi yang dibawanya.

Fitur unggulan lainnya yang dimiliki iPhone 14 terletak pada sistem kenyamanan dan keamanannya yaitu panggilan darurat SOS yang menggunakan satelit atau tanpa menggunakan jaringan seluler dan alat pendeteksi kecelakaan atau crash detection. Fitur-fitur tersebut didukung oleh iOS terbaru yaitu iOS 16. Sayangnya, fitur tersebut hanya bisa digunakan di wilayah Amerika Serikat dan Kanada saja.

iPhone 14 memang menawarkan beberapa peningkatan, tetapi jika dilihat lebih dalam lagi, peningkatan tersebut masih bisa dibilang kurang terlebih untuk pengguna di luar Amerika karena fitur yang ternyata belum bisa berfungsi di wilayah lain. Bisa dikatakan bahwa iPhone 14 ini tidak jauh berbeda dengan iPhone 13.

Bahkan, pengguna iPhone 12 dan iPhone 13 lebih baik jangan terlalu tergoda untuk beralih ke iPhone 14 dan bisa menunda peningkatan setidaknya setahun lagi. Selain itu, harga dari iPhone 12 dan iPhone 13 tentu akan mengalami penurunan, sehingga hal tersebut harus Anda perhatikan dan pertimbangkan kembali.

Nah, bagaimana menurut Anda soal iPhone 14 ini? Apakah Anda masih tertarik untuk menggunakan salah satu model dari seri iPhone terbaru ini?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram