carisinyal web banner retina

3 Cara Screenshot di iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, Anti Ribet!

Ditulis oleh Aris Wibowo

Apple memperkenalkan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus pada September 2022. Keduanya hadir dengan sejumlah fitur baru. Meski keduanya memakai cip yang sama dengan iPhone 13 series.

Anda pun dapat lebih nyaman mencari atau menemukan informasi baru melalui HP ini karena iOS merupakan sistem operasi yang kaya fitur.

Nah, jika Anda baru pertama kali menggunakan iPhone atau baru saja membeli ponsel iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengambil screenshot di HP iOS ini. Karena itu, Carisinyal bakal bahas cara screenshot di iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. Berikut ini cara yang bisa Anda coba. 

Cara Umum Screenshot di iPhone 14 dan iPhone 14 Plus

Cara mengambil screenshot di iPhone 14 dan iPhone 14 Plus sebenarnya mudah dan gampang. Apple sudah menghadirkan tiga cara umum screenshot di iPhone. Cara ini tidak hanya bisa dilakukan di iPhone 14 tetapi di beberapa seri iPhone lama. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengambil screenshot yang mudah dan cepat di HP iPhone 14 dan iPhone 14 Plus.

1. Dengan Tombol Fisik 

apple iphone 14

Cara screenshot yang pertama ini memang mirip dengan cara screenshot di HP Android. Anda cukup cari hal yang hendak Anda simpan. Tampilkan pada layar iPhone Anda. Kemudian, Anda hanya perlu menekan tombol power dan volume naik di sebelah bodi secara bersamaan.

Tekan dan tahan kedua tombol fisik selama 2 detik sampai layar tampak berkedip atau muncul suara rana kamera, yang menandakan bahwa screenshot sudah dilakukan. Jangan lepas kedua tombol hingga layar berkedip. Kalau layar tidak berkedip berarti screenshot gagal atau penekanan tombol HP Anda kurang pas. 

Jika berhasil, Anda akan menemukan gambar mini hasil screenshot di pojok kiri bawah layar. Nantinya gambar mini ini akan hilang secara otomatis.

2. Mengetuk Bagian Belakang iPhone

iphone 14 plus g (1)_

Jika cara di atas terasa sulit, Anda bisa menggunakan cara screenshot iPhone berikutnya, yakni dengan mengetuk bagian belakang iPhone. 

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda harus masuk ke setting iPhone, kemudian buka Accessibility > Touch > Back Tap.

Pada bagian back tap, akan muncul pilihan dua ketukan atau tiga ketukan. Pilih sesuai yang Anda mau ketika mengambil screenshot.

Nah cara menggunakannya, Anda cukup mengetuk dua atau tiga kali di bagian bodi belakang iPhone 14 atau iPhone 14 Plus. Secara otomatis, iPhone akan menyimpan tampilan yang ada di layar saat itu dan menyimpannya ke aplikasi foto. 

Terakhir, Anda dapat mengecek hasil screenshot dengan masuk ke Album. Untuk HP iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, hasil screenshot akan masuk ke album screenshot di aplikasi foto. 

Cara Khusus Screenshot di iPhone 14 dan iPhone 14 Plus

Untuk memudahkan pengguna, Apple juga menghadirkan sejumlah cara khusus screenshot. Cara khusus ini berguna bila HP mengalami error pada tombol fisik dan Anda butuh untuk melakukan screenshot.

Cara Screenshot dengan AssistiveTouch

assistive touch iphone

Cara khusus ini memang hadir di beberapa smartphone dengan sistem iOS versi yang agak baru seperti dalam iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. Cara ini menjadi salah satu cara favorit karena dianggap lebih mudah dilakukan dan tidak harus menekan tombol fisik. 

Namun, sebelum Anda melakukan screenshot, Anda harus mengaktifkan dulu fitur ini di pengaturan telepon.

  • Langkah pertama ialah mengaktifkan fitur Assistive Touch.
  • Masuk ke settings iPhone kemudian buka Accessibility > Touch > Assistive touch.
  • Pilih dan aktifkan bagian Assistive Touch.
  • Nah, jika fitur ini aktif akan muncul titik putih besar di layar. Anda bisa memindahkan titik tersebut sesuai keinginan.
  • Untuk melakukan screenshot, Anda cukup ketuk titik putih tersebut hingga muncul menu. Dalam menu pilih Device > More > Screenshot. Klik screenshot untuk memulai mengambil tampilan layar.
  • Jika, screenshot berhasil, HP akan terasa bergetar atau terdengar suara rana kamera.
  • Hasil screenshot dapat langsung tersimpan di aplikasi foto di album screenshot.

Cara Screenshot Panjang

long screenshot iphone_Sumber: 9to5mac.com

Selain beberapa cara screenshot di atas, ada juga cara screenshot panjang di iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. Screenshot panjang sendiri bertujuan untuk mengambil tampilan gambar dalam satu halaman penuh dari atas ke bawah. Sayangnya, hasil screenshot panjang tidak berbentuk foto melainkan file PDF.

Untuk caranya, Anda bisa melakukan cara screenshot seperti biasa. Nah, setelah screenshot berhasil dan muncul gambar mini hasil screenshot di pojok layar, klik preview gambar tersebut dan pilih menu halaman penuh

Setelah itu, Anda bisa mengklik tombol bagikan dan tombol simpan. Anda bisa menyimpan hasil screenshot panjang di folder yang diinginkan. Nah, untuk membukanya Anda harus masuk ke file manager.

Rekomendasi Aplikasi Screenshot

Terkadang Anda butuh hasil screenshot yang lebih baik atau yang dapat disunting sedemikian rupa. Maka tidak ada salahnya menggunakan aplikasi pihak ketiga yang ada di Apple Store. Meski gratis, beberapa aplikasi hadir dengan fitur yang lengkap, termasuk fitur editing. Nah, Berikut ini rekomendasi aplikasi screenshot gratis yang bisa Anda gunakan pada iPhone 14.

1. Picsew

picsew_

Picsew merupakan salah satu aplikasi screenshot terbaik untuk iPhone dan iPad. Dalam aplikasi ini, Anda akan mendapatkan sejumlah fitur untuk memudahkan Anda mengambil gambar layar dengan lebih baik.

Salah satu fitur andalan aplikasi ini ialah adanya fitur untuk menggabungkan hasil screenshot menjadi satu gambar yang utuh. Anda dapat memilih untuk menyatukan gambar secara vertikal maupun horizontal. 

Aplikasi ini juga menghadirkan fitur edit yang lengkap termasuk fitur untuk merapikan hasil screenshot sehingga tidak tampak seperti hasil screenshot. Pengembang aplikasi ini juga menyediakan sejumlah bingkai untuk mempercantik hasil screenshot.

2. Tailor

tailor_

Tailor menjadi salah satu aplikasi rekomendasi untuk melakukan screenshot di iPhone. Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk mengambil gambar nota belanja, percakapan di media sosial, artikel hingga hal menarik lainnya. Setelah itu, Anda juga dapat meng-edit tanpa harus masuk ke aplikasi edit foto.

Sama seperti aplikasi lainnya, Anda juga bisa menggabungkan hasil screenshot menjadi gambar yang utuh. Apalagi, aplikasi ini memiliki sistem algoritma khusus yang akan menggabungkan hasil screenshot dengan lebih rapi. Menariknya, aplikasi ini cukup ringan, sehingga tidak akan membebani RAM.

Sampai di sini pembahasan dari Carisinyal. Untuk mengambil tangkapan layar, Anda bisa menggunakan cara dengan tombol atau cara cepat menggunakan menu. Semoga Anda bisa mengambil manfaat dari mengambil cara screenshot di iPhone 14 dan iPhone 14 Plus ini.

Kategori:
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram