carisinyal web banner retina

Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y27 5G

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

vivo Indonesia memperkenalkan vivo Y27 5G pada Juli 2023. Kedatangan HP ini bersamaan dengan vivo Y27 versi 4G. Konektivitas 5G jelas menjadi keunggulan tersendiri bagi sang ponsel, terlebih ia dirilis dengan harga di bawah Rp3 juta.

Namun, sebelum memantapkan hati dengan HP ini, ada baiknya Anda membaca artikel ini terlebih dahulu. Pasalnya, saya bersama tim Carisinyal telah merangkum apa saja hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan vivo Y27 5G. Cuplikan pembahasan ada di tabel berikut.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain elegan, punya IP54
Pengisian daya kurang gesit
Tampilan layar oke
Tidak ada kamera ultrawide
Performa mumpuni
Perekaman 2K dan sensor giroskop absen
Masih punya audio jack
Slot microSD tidak ada
Kamera utama oke, ada mikrofon ganda
Baterai yang cukup awet
Ada NFC multifungsi
Paket penjualan lengkap

Masih ragu dengan HP ini? Jangan buru-buru. Simak dulu artikel ini sampai kelar agar Anda menilai vivo Y27 5G secara menyeluruh. Pembahasan diawali dengan sajian spesifikasi utama sang ponsel yang ada di bawah ini.

Spesifikasi vivo Y27 5G

vivo Y27 5G
Layar IPS LCD 6.64 inci
Chipset MediaTek Dimensity 6020
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan vivo Y27 5G

Rumus dasar memilih HP entri adalah harganya murah dan enak dipakai buat sehari-hari. vivo Y27 5G memenuhi dua hal itu. Namun, vivo mampu meramu HP ini sedemikian rupa sehingga memiliki banyak kelebihan yang patut diapresiasi.

1. Desain Elegan, Punya IP54

vivo y27 5g

vivo Indonesia memamerkan vivo Y27 5G dengan kampanye "Gaya sultan, performa jagoan". Yang vivo maksud dengan "gaya sultan" adalah desain elegan dari si ponsel. Terlihat simpel, tapi menawan.

Kalau dari sisi depan sih sisi "sultan"-nya memang tidak terlihat. Sebab vivo Y27 5G masih memakai layar yang model lubang kameranya ala tetesan air (water drop notch). Sebagian orang bilang model ini ketinggalan jika dibandingkan dengan punch hole alias lubangnya bulat dan tak menempel bezel.

Sisi "sultan" baru kelihatan di area belakang. Bahan penutup belakangnya memang polikarbonat. Namun, vivo memolesnya dengan bagus, sehingga terlihat mewah serta tahan terhadap goresan dan noda sidik jari. Polesan itu disebut dengan Crystalline Matte.

Varian warna Satin Purple cukup menawan. Terlihat adanya perpaduan antara biru dan ungu. Varian ini cocok buat Anda yang ingin jadi pusat perhatian. Sementara itu, jika Anda ingin yang tampilannya kalem, pilih saja varian Mystic Black.

Satu hal yang patut disinggung dari desain bodi vivo Y27 5G adalah sertifikasi IP54 yang dimilikinya. Sertifikasi ini merupakan jaminan bahwa ia tahan terhadap debu, serta tahan terhadap percikan air dari seluruh arah.

Anda pun tidak perlu khawatir ketika HP ini terkena rintik air hujan ataupun ketumpahan air minuman. Terakhir, soal handling, vivo Y27 5G masih cukup enak digenggam. Bodinya cukup tipis di 8,07 mm, serta tidak terlalu berat dengan bobot 190 gram.

2. Tampilan Layar Oke

vivo y27 5g

Spesifikasi layar vivo Y27 5G memang biasa saja. Panel yang dipakai adalah IPS LCD dengan diagonal 6,64 inci. Ia juga belum mendukung refresh rate tinggi, sehingga mentok di 60 Hz saja.

Tidak diketahui pula kaca proteksi yang melindunginya. Namun, setidaknya layar ini dapat menyajikan visual yang tajam berkat resolusi Full HD+ alias 1080 x 2388 piksel.

Layar vivo Y27 5G juga sudah mendukung gamut warna DCI-P3. Dukungan itu membuat tampilannya cukup nyaman ketika dipakai buat menonton film, menurut kanal YouTube Sobat Hape.

Adapun tingkat kecerahan puncak yang bisa diraih layar HP ini adalah 600 nit. Angka itu sudah mencukupi untuk pemakaian di luar ruangan. Batas paling bawah agar tampilan layar ponsel bisa terlihat di situasi outdoor adalah 500 nit.

3. Performa Mumpuni

vivo y27 5g

Sektor dapur pacu vivo Y27 5G diperkuat oleh SoC atau chipset MediaTek Dimensity 6020. SoC rilisan kuartal ketiga 2023 ini sebenarnya adalah Dimensity 700 yang dinamai ulang.

SoC dengan fabrikasi 7 nm ini punya delapan inti CPU dan dua inti GPU. CPU-nya berisikan dua Cortex A76 (2,2 GHz) dan enam Cortex A55 (2,0 GHz). Sementara itu, GPU-nya adalah ARM Mali G57 dengan clockspeed 950 MHz.

Dalam dapur pacu vivo Y27 5G, Dimensity 6020 dipadukan dengan RAM 6 GB LPDDR4X dan penyimpanan 128 GB UFS 2.2. Bekal dapur pacu tersebut membuat HP ini dapat menghasilkan performa yang mumpuni.

Cepat dan responsif saat membuka aplikasi. Sudah mencukupi untuk bermain sosial media, multi-tasking beberapa aplikasi, hingga membuka banyak tab di browser.

Pada pengujian AnTuTu 9 yang dilakukan kanal YouTube Legawa Gadget, vivo Y27 5G menghasilkan skor 373.834 poin. Dengan skor setinggi itu, Anda bisa mengekspektasikan HP ini untuk memainkan beberapa game populer.

Misalnya, Mobile Legends, PUBG Mobile, eFootball 2023, dan Asphalt 9. Game berat macam Genshin Impact bisa-bisa saja. Namun, Anda mesti menurunkan setelan grafisnya ke lowest 30 fps supaya lebih lancar.

4. Masih Punya Audio Jack

vivo y27 5g

Kebanyakan HP kelas menengah atas dan kelas atas masa kini sudah meninggalkan satu fitur penting. Adalah audio jack 3,5 mm vivo Y27 5G - yang statusnya merupakan HP kelas entri - punya fitur tersebut.

Karena punya audio jack, HP ini bisa disambungkan ke earphone atau headset kabel yang merupakan solusi ekonomis untuk memperoleh kualitas audio mantap. Dengan menghubungkan salah satu dari dua benda itu, Anda juga dapat menikmati siaran radio FM dari vivo Y27 5G.

5. Kamera Utama Oke, Ada Mikrofon Ganda

vivo y27 5g

vivo Y27 5G dilengkapi dua kamera belakang dan satu kamera depan. Kamera belakangnya terdiri atas kamera utama 50 MP (f/1.8) dan sensor kedalaman 2 MP (f/2.4), serta dilengkapi lampu flash. Kamera depannya beresolusi 8 MP dengan bukaan f/2.0.

Dari sampel foto yang diperlihatkan kanal YouTube Sobat Hape dan BJ Cell, saya melihat bahwa kamera utama dan kamera depan vivo Y27 5G dapat menjalankan tugasnya dengan cukup baik.

Foto yang dihasilkan cukup detail dengan warna natural cenderung warm. Foto yang seperti itu berlaku jika dijepret dengan kondisi pencahayaan cukup. Jika dijepret pada kondisi kurang cahaya, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengaktifkan mode malam supaya detailnya meningkat.

Tangkapan foto bokeh dengan background yang ngeblur hasilnya lumayan. Perpotongan antara objek utama dengan latar belakang sudah cukup rapi untuk kelas harganya.

Terkait perekaman video, baik kamera belakang dan kamera depan bisa menghasilkan video dengan resolusi maksimal 1080p (Full HD). Namun, yang jadi pembeda, kamera utama vivo Y27 5G ternyata bisa merekam dengan frame rate 60 fps, sedangkan kamera depannya cuma 30 fps.

Perekaman video 60 fps merupakan fitur yang langka buat HP 2 jutaan. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan video dengan gerak yang lebih mulus untuk diunggah di platform seperti Instagram.

Yang menarik lagi, vivo Y27 5G punya mikrofon ganda. Satu di sisi bawah dekat port USB C dan satu lagi di atas dekat slot kartu SIM. Keuntungan punya mikrofon ganda adalah ketika salah satu mikrofon tak sengaja tertutup tangan, masih ada mikrofon lain yang menangkap suara. Video yang direkam pun tetap jelas suaranya.

6. Baterai yang Cukup Awet

vivo y27 5g

Kapasitas baterai yang dikandung vivo Y27 5G cukup standar yakni 5000 mAh. Sudah banyak HP di berbagai kelas yang punya baterai sebesar itu. Kini yang membedakannya hanyalah manajemen konsumsi daya untuk menentukan seberapa lama ponsel dapat bertahan.

Menurut klaim vivo, HP ini bisa bertahan sampai 16 jam lebih untuk nonton video secara streaming. Daya tahan selama itu tentu sudah bagus. Namun, klaim tersebut bisa saja berbeda dengan pengalaman Anda saat memakai si ponsel.

Kekuatan sinyal dan kecepatan internet jelas akan berpengaruh. Yang pasti, baterai HP ini dapat bertahan sehari penuh untuk penggunaan normal. Dalam uji yang dilakukan Sobat Hape, baterai vivo Y27 5G tersisa sekitar 20 persen setelah dipakai seharian.

7. Ada NFC Multifungsi

vivo y27 5g

vivo Y27 5G menjadi solusi buat Anda yang tinggal di daerah ibu kota serta Anda yang sering lewat jalan tol. Apa alasannya? Soalnya HP ini punya NFC multifungsi.

Kegunaan utama NFC jenis ini sudah jelas untuk mengecek dan mengisi saldo kartu e-money. Anda bisa mengecek dan mengisi saldo kapan saja dan di mana saja, selama HP ini telah terhubung ke dompet digital atau rekening bank serta punya koneksi internet.

Kegunaan lain dari NFC multifungsi adalah untuk menduplikasi kartu akses apartemen. Anda pun bisa membuka pintu dan memakai lift apartemen dengan menempelkan bodi HP ini ke area pemindaian. Cara ini tentu lebih simpel, serta sebagai sarana buat jaga-jaga jika kartu akses hilang.

8. Paket Penjualan Lengkap

vivo y27 5g

vivo masih jadi salah satu produsen yang konsisten dengan paket penjualan produknya. Pasalnya, mereka belum menghilangkan kepala charger dalam boks ponsel yang dijual.

Ya, ada kepala charger dengan daya maksimal 44 Watt. Hanya saja, daya maksimal yang bisa diterima vivo Y27 5G cuma 15 Watt. Charger 44 Watt pada paket penjualan HP ini ternyata sama dengan vivo Y27 versi 4G yang memang mendukung fast charging 44 Watt.

Selain charger, pengguna juga masih mendapatkan beberapa aksesori di dalam boks ponsel. Mulai dari kabel USB C, SIM ejector, softcase transparan, dan antigores yang sudah terpasang di layar. Untuk urusan paket penjualan, vivo memang masih jempolan.

Kekurangan vivo Y27 5G

Bagi pengguna level lanjut, sudah semestinya Anda tak boleh berharap lebih dengan HP kelas entri. vivo Y27 5G dan seluruh HP di kelas ini pasti mengalami penyesuaian sebagai kompensasi dari harganya yang terjangkau. Apakah penyesuaian itu artinya adalah kekurangan? Cek saja seperti berikut.

1. Pengisian Daya Kurang Gesit

vivo y27 5g

Charger bawaan vivo Y27 5G sebenarnya sudah kencang karena daya yang bisa dipancarkan sampai 44 Watt. Sayangnya, vivo membatasi penerimaan daya HP ini jadi 15 Watt saja.

Akibatnya adalah durasi pengisian daya yang lebih lama. Secara teori, mengisi dengan daya 15 Watt untuk baterai 5000 mAh memakan waktu lebih dari 2 jam. Durasi selama itu terbilang lama untuk standar zaman sekarang yang serba instan.

2. Tidak Ada Kamera Ultrawide

vivo y27 5g

Kemampuan kamera utama vivo Y27 5G sebenarnya cukup oke. Namun, kamera itu adalah satu-satunya kamera fungsional di area belakang. Kamera fungsional artinya bisa dipakai buat menjepret foto atau merekam video.

Alih-alih memasang kamera ultrawide yang lebih berguna, vivo malah menyematkan sensor kedalaman yang fungsinya tak penting-penting amat. HP zaman sekarang sudah dibekali SoC canggih. Tanpa sensor kedalaman pun, kamera utama bisa hasilkan foto bokeh dengan bantuan pemrosesan SoC.

3. Perekaman 2K dan Sensor Giroskop Absen

vivo y27 5g

vivo perlu diapresiasi dengan memberikan fitur perekaman video 1080p 60 fps pada kamera utama vivo Y27 5G. Keberadaan fitur ini menjadi tanda bahwa vivo dapat memaksimalkan satu potensi yang dimiliki SoC MediaTek Dimensity 6020.

Hanya saja, potensi lain yakni perekaman video di resolusi 2K 30 fps tidak turut dibawa. Padahal fitur ini sama pentingnya dengan perekaman 60 fps. Dengan merekam di resolusi yang lebih tinggi, content creator bisa lebih bebas melakukan zooming dengan metode crop, tanpa khawatir kualitas akhir video jadi turun.

Selain perekaman di resolusi 2K yang tidak ada, sensor giroskop juga absen. Absennya sensor ini membuat kemampuan penstabilan saat merekam video kurang baik.

4. Slot microSD Tidak Ada

vivo y27 5g

vivo Y27 5G hadir dengan satu varian memori yaitu 6 GB RAM dengan memori internal 128 GB. Tidak ada varian lain yang tersedia. Untuk RAM, 6 GB itu sudah mencukupi. Namun, penyimpanan 128 GB bagi sebagian orang agak mepet.

Terutama buat mereka yang doyan mendokumentasikan momen serta pasang macam-macam aplikasi. Hal yang disayangkan dari HP ini adalah tidak adanya slot microSD untuk ekspansi penyimpanan.

Kalau saja ada microSD, file media seperti foto dan video bisa dialihkan dari memori internal. Dengan begitu, memori internal bisa lebih leluasa untuk menyimpan aplikasi dan game. Poin ini mesti benar-benar Anda perhatikan karena memori adalah aspek yang krusial.

Simpulan

Saya melihat bahwa vivo Y27 5G adalah smartphone yang cukup menarik. Dengan banderol di bawah Rp3 juta, HP ini menawarkan hal-hal esensial yang diperlukan pengguna.

Misalnya sertifikasi IP54, layar yang cukup cerah di kondisi luar ruangan, performa harian yang gesit, serta NFC multifungsi untuk keperluan transaksi non-tunai. Namun, vivo Y27 5G juga tidak meninggalkan sisi non-esensial seperti estetika bodinya.

Di sisi lain, saya memperkirakan bahwa HP ini hadir sebagai alternatif dari vivo Y36 5G yang selisih harganya sekitar Rp1 juta. Dengan harga yang lebih murah, vivo Y27 5G mengalami beberapa pemangkasan fitur.

Mulai dari tidak mendukung refresh rate tinggi, penyimpanan yang "cuma" 128 GB alih-alih 256 GB, pengisian daya hanya 15 Watt, serta absennya sensor giroskop. Jika Anda adalah pengguna ringan yang tak terlalu memperhatikan faktor-faktor itu, silakan beli vivo Y27 5G.

Memilih HP ini sama dengan menghemat pengeluaran Rp1 juta. Namun, jika Anda ingin fitur yang lebih sip, menambahkan dana 1 juta untuk membeli vivo Y36 5G rasanya cukup masuk akal. Bagaimana, tertarik dengan vivo Y27 5G?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram