carisinyal web banner retina

Inilah 7 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone vivo Y36 5G

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Setelah sukses dengan vivo Y36 Series, vivo Indonesia kini resmi merilis vivo Y36 5G terbarunya. HP ini juga sudah bisa dipesan melalui sistem pre-order secara eksklusif untuk mendapatkan berbagai benefit mulai 16-23 Juni 2023. Nah, kira-kira apa saja kelebihan dari HP yang punya julukan “Gaya sultan, performa jagoan” ini.

Sebagai gambaran utama, vivo Y36 ini hadir sebagai HP mid-range dengan harga Rp3.999.000. Di harganya tersebut, HP ini membawa sejumlah spesifikasi dan kemampuan yang cukup unggul. Misalnya tampilan desain kelas atas, jaringan 5G, penyimpanan luas, hingga Flash Charge 44W.

Beberapa keunggulan yang dibawanya ini memang terlihat menarik, apalagi itu belum semua. Nah, jika Anda ingin melihat kelebihan dan kekurangan vivo Y36 5G secara lengkap, Anda bisa melihatnya sekilas di dalam tabel berikut ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain kelas atas, tahan percikan air
Kemampuan kamera biasa saja
Layar tajam dengan refresh rate 90 Hz
Tidak ada kamera ultrawide
Chipset tangguh dengan jaringan 5G
Speaker mono
Kapasitas memori luas
Baterai awet dengan Flash charge 44W
Sensor lengkap, ada NFC
Paket penjualan lengkap

Setelah melihat beberapa kelebihan dari vivo Y36 5G di tabel tersebut, Anda mungkin akan lupa bahwa harga HP ini hanya Rp3,9 jutaan saja. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mengulas lebih lengkap HP ini, Anda bisa simak penjelasan kelebihan dan kekurangannya setelah informasi spesifikasi berikut ini.

Spesifikasi vivo Y36 5G

vivo Y36 5G
Layar IPS LCD 6.64 inci
Chipset MediaTek Dimensity 6020
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan vivo Y36 5G

vivo Y36 5G ini hadir untuk meramaikan kelas HP mid-range di Indonesia. Dilihat dari julukannya saja yaitu “Gaya sultan, performa jagoan”, HP ini cukup menjanjikan di kelas harganya. Nah, apa saja kira-kira kelebihan vivo Y36 5G ini, simak beberapa daftarnya berikut ini.

1. Desain Kelas Atas, Tahan Percikan Air

vivo Y36 5G

Salah satu keunggulan yang cukup menarik perhatian dari vivo Y36 5G ini adalah desainnya. Sektor ini bahkan dijadikan julukan utamanya yaitu “Gaya sultan”. Hal ini menandakan bahwa vivo Y36 5G ini memiliki tampilan desain ala sultan atau HP kelas atas.

Julukan tersebut sebenarnya tidak terlalu berlebihan, karena vivo Y36 5G dibekali desain berteknologi Dynamic Glass Design. Teknologi tersebut biasanya hadir di HP kelas atas yang harganya lebih mahal. Tidak heran jika vivo sangat bangga dengan keunggulannya tersebut.

Bodi bagian belakangnya ini terlihat berkilau dan mengkilap seperti sebuah cermin. Terdapat dua varian warna yang ditawarkan yaitu Matte Black dan Crystal Green atau Semporna Green. Penamaan Semporna Green tersebut terinspirasi dari kepulauan Semporna dengan keindahan laut berwarna hijau yang khas.

Kedua variannya mengusung teknologi Glossy Effect yang terlihat berkilau seperti sebuah kristal. Namun, jika Anda menyentuhnya, bodi bagian belakangnya ini akan terasa halus. Ketahanannya juga sudah cukup baik karena jarang menimbulkan bekas sidik jari ataupun goresan.

Tidak hanya itu, yang membuatnya makin menarik adalah adanya sertifikasi IP untuk bodinya. Sertifikasi tersebut adalah IP54 yang membuatnya tahan terhadap debu dan percikan air. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir ketika harus menggunakan HP ini dalam kondisi gerimis kecil.

Bagian modul kameranya juga tidak kalah menarik. Komposisinya memang cukup sederhana yaitu modul berbentuk persegi yang diisi dua kamera berukuran besar serta LED Flash. Namun, jika Anda perhatikan lebih baik, modulnya ini memiliki tampilan warna yang unik.

vivo Y36 5G memberi nama modulnya ini dengan sebutan Fantasy Frame. Terdapat efek kilauan yang menarik dengan menampilkan warna pelangi ketika terkena cahaya yang pas. Selain itu, dua lensanya juga memiliki Dynamic Dual Ring yang terinspirasi dari “Twin-Lens Reflex” ala fotografi profesional.

vivo Y36 juga memiliki bentuk bodi kotak yang nyaman ketika digenggam. Ukuran dimensinya juga cukup pas di tangan yaitu 164,06 x 76,17 x 8,07 mm. Sedangkan beratnya tidak lebih dari 200 gram yaitu hanya 190 gram saja.

2. Layar Tajam dengan Refresh Rate 90 Hz

vivo Y36 5G

Beralih ke bagian depan, vivo Y36 juga menghadirkan tampilan layar yang cukup menarik. Mulai dari ukurannya yang terlihat lebih luas karena memiliki bezel tipis, hingga penggunaan desain punch hole untuk kamera bagian depannya.

Tidak hanya itu, vivo Y36 5G juga dibekali ukuran layar yang cukup luas yaitu 6,64 inci menggunakan panel IPS LCD. Meski begitu, Lim Reviews dalam YouTube-nya menyebutkan bahwa HP ini terlihat seperti bukan menggunakan panel IPS LCD. Hal itu dikatakan karena layar vivio Y36 5G ini memiliki kontras yang cukup baik untuk panelnya.

Selain itu, ketajamannya dalam menampilkan warna juga sudah cukup baik. Resolusi yang berhasil dicapainya adalah Full HD Plus atau 1080 x 2388 piksel dengan kerapatan piksel 395 ppi.

Jika Anda sering berada di luar ruangan, Anda tidak perlu khawatir akan sulit melihat layar HP. Pasalnya, layar vivo Y36 5G ini memiliki tingkat kecerahan hingga 650 nit. Jadi, Anda masih bisa melihat layarnya dengan cukup jelas meski berada di luar ruangan dengan cuaca terik.

Agar penggunaan vivo Y36 5G ini makin nyaman, terdapat refresh rate yang cukup tinggi di harganya yaitu 90 Hz. Meski bukan angka refresh rate terbaik, pergerakan animasi yang ditampilkan sudah cukup mulus.

Apalagi refresh rate yang dimilikinya ini sudah didukung oleh fitur adaptif atau Smart Switch. Fitur tersebut mampu menyesuaikan refresh rate sesuai dengan apa yang sedang dilakukan atau aplikasi yang sedang digunakan. Misalnya ketika melakukan scrolling di menu home screen atau beberapa aplikasi lain, browsing, refresh rate akan berada di angka 90 Hz.

Sedangkan ketika layar dalam keadaan diam, refresh rate akan secara otomatis turun ke angka 60 Hz. Hal ini cukup menarik, sebab efeknya akan baik untuk pemakaian baterai. Dengan kata lain, HP ini akan jadi lebih hemat dibandingkan menggunakan refresh rate 90 Hz terus menerus.

3. Chipset Tangguh dengan Jaringan 5G

Dimensity 6020

Salah satu sektor yang tidak kalah menarik lainnya adalah sektor dapur pacunya. Berbeda dengan vivo Y36 versi 4G yang hanya dibekali Snapdragon 680, vivo Y36 5G dibekali chipset yang lebih bertenaga. Chipset tersebut adalah MediaTek Dimensity 6020.

Keberadaan chipset tersebut di kelas harganya ini terlihat cukup menarik. Belum lagi vivo Y36 5G ini sudah didukung oleh jaringan 5G yang membuat performanya makin kencang. Tidak heran jika vivo Y36 5G ini lebih bisa diandalkan untuk memainkan game dibanding versi 4G-nya.

Dimensity 6020 ini dirancang dengan proses manufaktur 7 nm. Sedangkan untuk tenaganya mengandalkan prosesor octa-core. Prosesor tersebut terdiri dari core Cortex A76 (2,2 GHz) untuk performa dan enam core Cortex A55 (2 GHz) untuk efisiensi daya. Sedangkan kartu grafis yang digunakannya adalah Mali G57 MC2 dengan frekuensi 950 MHz.

Lalu, seperti apa kira-kira kemampuan atau performa dari vivo Y36 5G ini? Jika merujuk pada video YouTube dari FUZZ CHANNEL, meski vivo Y36 5G ini tidak dirancang khusus untuk penggunaan gaming, kemampuannya sudah cukup baik di kelasnya.

Ia juga melakukan pengujian benchmark terhadap vivo 36 5G yang menggunakan Dimensity 6020 ini. Skor Benchmark AnTuTu v10 yang berhasil diraihnya yaitu 412.804. Skor tersebut juga sekaligus membuktikan bahwa vivo Y36 5G ini cukup oke untuk digunakan bermain game favorit Anda.

Sementara itu, jika melihat data dari Nanoreview, Dimensityu 6020 sendiri memiliki hasil pengujian yang oke. Skor AnTuTu v9 yang berhasil diraihnya adalah 373.156. Skor yang diraihnya memang sedikit berbeda dengan FUZZ CHANNEL, sebab performa yang dihasilkan tidak hanya berasal dari chipset yang digunakan saja.

4. Kapasitas Memori Luas

vivo Y36 5G

Salah satu sektor yang juga ikut andil dalam meningkatkan performa sebuah HP adalah kapasitas memori yang dimiliki. Menariknya, vivo Y36 5G ini memiliki kapasitas memori yang cukup luas di kelas harganya.

RAM yang digunakan vivo Y36 5G ini berjenis LPDDR4X dengan kapasitas 8 GB. Kapasitas yang luasnya ini cocok untuk menunjang berbagai aktivitas secara bersamaan. Apalagi terdapat fitur menarik yaitu Memory Booster yang bisa memperluas kapasitas RAM hingga 8 GB.

Fitur Extended RAM tersebut sangat bermanfaat bagi Anda yang mengharuskan multitasking menggunakan HP. Sebab dengan mengaktifkan fitur tersebut, Anda bisa menjalankan 25 aplikasi sekaligus tanpa ada lag. Selain itu, fitur RAM Saver juga berfungsi untuk membuat ruang lebih banyak pada memori agar tidak terjadi kepadatan.

Selain RAM, vivo Y36 5G juga dibekali memori internal yang cukup luas yaitu 256 GB. Menariknya, memori berjenis UFS ini juga mendukung perluasan menggunakan slot microSD yang tersedia. Anda bisa memperluas kapasitas memori internalnya hingga 1 TB.

5. Baterai Awet dengan Flash Charge 44W

vivo Y36 5G

vivo Y36 5G masih dibekali kemampuan baterai dan pengisian daya yang sama dengan vivo Y36 versi 4G. Namun, hal tersebut bukan hal yang buruk, sebab kemampuannya memang sudah lebih dari cukup untuk HP di kelas harganya.

Sama seperti versi 4G, vivo Y36 5G ini memiliki kemampuan baterai yang cukup awet. Kapasitas baterai yang dimilikinya cukup standar dengan 5000 mAh.

Ketahanan baterainya dipengaruhi oleh beberapa sektor lainnya. Misalnya sektor layar dengan panel IPS LCD yang lebih hemat baterai hingga adanya fitur Smart Switch untuk refresh rate. Selain itu, chipset yang digunakannya yaitu Dimensity 6020 juga tidak mengonsumsi daya baterai yang cukup banyak.

Selain unggul soal ketahanannya, HP ini juga makin menarik karena ada fitur flash charging hingga 44 W. Menurut klaimnya, vivo Y36 5G ini bisa mengisi daya hingga 30 persen dalam waktu hanya 15 menit saja. Jadi, Anda tidak perlu menunggu waktu terlalu lama untuk bisa memainkan HP Anda kembali.

6. Sensor Lengkap, Ada NFC

vivo Y36 5G

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh vivo Y36 5G ini adalah punya sensor yang lengkap. Mulai dari sensor sidik jari atau finger print yang disimpan di samping (terintegrasi dengan tombol power), akselerometer, cahaya, proksimitas, kompas, dan giroskop.

Keberadaan sensor giroskop di vivo Y36 5G ini cukup menarik, terutama bagi para player game seperti PUBG Mobile atau balapan. Pasalnya, sensor ini menjadi salah satu sensor yang cukup penting agar bermain game jadi lebih seru.

Yang paling menarik dari kelengkapannya adalah adanya fitur NFC Multifunctions. Seperti yang kita tahu bahwa keberadaan fitur NFC ini makin banyak dibutuhkan dan dicari untuk sebagian orang. Sebab dengan adanya fitur ini, aktivitas dalam bertransaksi atau mengecek dan mengisi saldo kartu jadi lebih mudah.

Kemudahan inilah yang sering dicari oleh banyak orang. Sehingga tidak heran jika keberadaan fitur NFC kian penting untuk sebuah HP, baik itu HP entry atau flagship.

7. Paket Penjualan Lengkap

Siapa yang tidak ingin melihat kelengkapan dari isi kotak sebuah HP? Sebab, beberapa merek HP masih ada saja yang sering menghilangkan atau tidak memasukkan beberapa perlengkapannya, terutama charger.

Nah, vivo Y36 5G ini menjadi salah satu HP yang memiliki isi kotak cukup lengkap. Selain HP atau unit dari vivo Y36 5G, di dalamnya juga terdapat kelengkapan lain. Misalnya kepala charger dengan flash charge sampai 44 W lengkap dengan kabel USB Type-C. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan hardcase yang bisa digunakan untuk melindungi bodi HP.

Terakhir ada SIM Tray ejector yang tentu saja memiliki fungsi untuk membuka slot kartu SIM dan microSD di bodi HP. Sisanya adalah dokumen-dokumen yang berisi panduan hingga garansi yang juga cukup penting keberadaanya.

Untuk HP dengan harga Rp3,9 jutaan, kelengkapan isi paket atau kotak dari vivo Y36 5G ini sudah sangat baik. Bagaimana, menarik bukan?

Kekurangan vivo Y36 5G

Sebagai HP di kelas mid-range, vivo Y36 5G tentu masih memiliki beberapa catatan yang harus diperhatikan. Catatan ini bisa menjadi kekurangan yang mesti dipertimbangkan sebelum Anda membeli HP ini. Berikut beberapa kekurangan dari vivo Y36 5G.

1. Kemampuan Kamera Biasa Saja

vivo Y36 5G

Salah satu sektor yang harus diperhatikan dari vivo Y36 5G ini adalah kameranya. Sektor ini tidak terlalu memuaskan dan terasa kurang maksimal. Memang, vivo Y36 ini memiliki kamera utama hingga 50 MP (f/1.8). Kamera ini sudah didukung autofocus agar gambar yang dihasilkan memiliki detail oke.

Selain itu, di bagian belakangnya juga terdapat satu kamera bonus yaitu depth 2 MP (f/2.4). Kamera ini biasanya digunakan untuk mendapatkan bokeh dalam sebuah foto. Selain karena spesifikasinya, konfigurasi kameranya ini masih sama seperti vivo Y36 versi 4G. Jadi, bisa dibilang tidak ada yang spesial soal kamera yang dimiliki vivo Y36 5G ini.

Beralih ke bagian depannya terdapat kamera selfie 16 MP (f/2.45) yang terlihat biasa saja. Hasil yang ditampilkan juga cukup standar untuk HP dengan harga Rp3,9 jutaan. Namun, jika Anda menyukai selfie yang penuh dengan efek, Anda bisa memanfaatkan berbagai efek yang disediakan vivo untuk kamera depannya ini.

Hal lain yang juga disayangkan dari sektor kamera ini adalah kualitas perekaman videonya yang terbatas. Baik kamera depan atau belakang, perekaman videonya hanya mampu mencapai 1080p dengan 30 fps saja. Sedangkan untuk 720p mampu mencapai 60 fps untuk kamera belakang.

Meski begitu, vivo Y36 menawarkan fitur kamera yang cukup lengkap. Mulai dari slow motion dengan 720p 120 fps, portrait bokeh, Super Night Mode, 50 MP Photo, hingga Double exposure.

Meski vivo Y36 tidak dibekali sektor kamera terbaik. Setidaknya Anda bisa menjajal fitur-fitur kamera yang ada untuk menghasilkan gambar yang lebih berkualitas.

2. Tidak Ada Kamera Ultrawide

vivo Y36 5G

Masih soal kamera, terdapat kekurangan lain yang perlu ditekankan agar tidak terlewat yaitu fakta bahwa vivo Y36 5G ini tidak dibekali kamera ultrawide. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa konfigurasi yang dibawa di sektor kamera ini masih sama dengan vivo Y36 versi 4G.

Padahal, kamera ultrawide ini memiliki fungsi yang cukup menarik dan banyak dicari. Apalagi jika Anda suka memotret alam atau pemandangan yang luas. Dengan adanya kamera ultrawide, Anda bisa lebih banyak menangkap objek sekaligus dalam satu frame.

Kombinasi yang bisa Anda gunakan oleh kamera ultrawide juga masih banyak. Misalnya jika ingin selfie di malam hari. Jika kemampuan kamera depan tidak terlalu baik, Anda bisa gunakan kamera ultrawide dengan membalikkan kamera dan menyalakan lampu LED flash. Trik memotret ini biasa sering digunakan agar hasil yang didapat terlihat lebih baik dan menarik.

3. Speaker Mono

vivo Y36 5G

Kekurangan ini sepertinya masih sulit untuk diatasi oleh vivo itu sendiri. Sebab, tidak sedikit HP vivo yang masih memiliki speaker mono atau tunggal, salah satunya vivo Y36 5G ini. Tentu saja ini menjadi salah satu kekurangan terutama bagi Anda yang suka menonton dan bermain game tanpa earphone.

Salah satu kekurangan dari speaker mono adalah ketika speaker tersebut tertutup, maka suara yang dihasilkan akan menghilang. Selain itu, suara speaker juga biasanya tidak lebih kencang ketimbang speaker stereo atau dual speaker.

Nah, alih-alih menambahkan speaker di bagian atas agar menjadi stereo, vivo malah menambahkan fitur Audio Booster. Fitur ini memungkinkan penggunanya menaikkan volume melebihi 100 persen. Benar, Anda bisa menaikkan volume hingga 200 persen, dua kali lipat dari volume baisa.

Hasilnya adalah suara yang dihasilkan memang menjadi lebih lantang dibanding speaker mono biasa. Namun, ketika speaker tersebut tertutup maka suara akan tetap hilang. Selain itu, kencang saja tidak cukup untuk menandingi pengalaman menonton dengan speaker stereo.

Simpulan

vivo Y36 5G ini menjadi salah satu HP vivo kelas menengah yang cukup menarik. Dibalik harganya yang masih terjangkau yaitu Rp3,9 jutaan, HP ini memiliki beberapa kelebihan di beberapa sektornya.

Misalnya tampilan desain yang menggunakan panel Dynamic Glass Design yang biasanya hadir di HP kelas atas. Kemudian layar tajam dengan 90 Hz, memori luas, adanya flash charge 44 W, dan chipset Dimensity 6020 yang cukup tangguh di kelasnya.

Sayangnya, vivo Y36 5G ini masih memiliki beberapa kekurangan yang mesti dipertimbangkan. Kekurangan-kekurangan ini juga sebenarnya tidak jauh berbeda dari vivo Y36 versi 4G. Misalnya kemampuan kamera yang biasa saja, tidak adanya kamera ultrawide, dan masih menggunakan speaker mono.

Sederhananya, jika Anda merasa kurang puas soal performa dari vivo Y36 versi 4G, Anda bisa beralih ke vivo Y36 5G yang punya performa lebih baik. Kombinasi antara Dimensity 6020 dengan jaringan 5G, kemudian kapasitas memori luas membuatnya lebih andal bahkan jika digunakan untuk bermain game.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari vivo Y36 5G yang harus Anda ketahui. Anda juga bisa melihat kelebihan dan kekurangan vivo Y36 versi 4G untuk sekadar membandingkannya. Sampai sini dulu pembahasan kali ini dan semoga memabntu.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram