carisinyal web banner retina

Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 dan vivo X Flip

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

vivo X Flip resmi dirilis di Tiongkok pada 20 April 2023. HP ini bisa menjadi penantang baru bagi Samsung Galaxy Z Flip4 atau mungkin nanti saat Galaxy Z Flip5 hadir. Embel-embel "Flip" menegaskan kalau HP tersebut merupakan HP lipat yang dirancang dengan portabilitas yang baik. Bodi ponsel HP lipat ini benar-benar compact agar mudah dimasukkan ke dalam tas.

Selain itu, HP lipat era sekarang sama-sama menawarkan layar kedua di cover. Ini untuk memberikan fungsionalitas pada smartphone dalam kondisi masih terlipat. Itu kesan yang terlihat dari Samsung Galaxy Z Flip4 maupun vivo X Flip.

Kendati mirip, kedua HP menawarkan sejumlah parameter yang berbeda, seperti pada sisi baterai, ukuran layar cover, hingga kamera.

Ada dua hal yang membuat kedua HP ini sebanding, yakni ukuran layar utama yang tidak beda jauh (sama-sama 6,7 inci) dan keduanya gunakan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1. Lantas, apa saja yang mesti dipertimbangkan saat memilih salah satu antara dua HP lipat ini? Simak perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 dan vivo X Flip sebagai berikut.

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip4

galaxy z flip4 5g_
Layar Foldable Dynamic AMOLED X2 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 3700 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi vivo X Flip

vivo X Flip
Layar Foldable LTPO AMOLED 6.74 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4400 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 dan vivo X Flip

Kendati sama-sama HP lipat dengan kualitas prima, keduanya menawarkan keunggulan di area yang berbeda. Mana yang lebih cocok untuk Anda? Simak perbandingan di bawah ini.

1. Ukuran Cover Display

Samsung Galaxy Z Flip4 dan vivo X Flip merupakan dua HP clamshell yang dapat dilipat. Keunikan dari dua HP ini adalah keberadaan layar sekunder di belakang bodi smartphone.

Namun, layar sekunder ini tidak seluas layar utamanya. Fitur ini tidak bertujuan untuk menampilkan konten secara full, melainkan untuk menampilkan informasi secara sekilas seperti notifikasi pesan, panggilan telepon, hingga sejumlah widget seperti ramalan cuaca dan kalkulator.

Di antara keduanya, layar cover pada Samsung Galaxy Z Flip4 punya ukuran lebih kecil yaitu 1,9 inci, pada resolusi 260 x 512 piksel. Sementara itu, vivo X Flip terlihat lebih unggul dengan ukuran layar cover 3 inci pada resolusi 422 x 682 piksel.

Posisi layar sekunder di vivo X Flip membuatnya sanggup hadirkan ukuran lega, karena berada di bawah kamera. Ini jelas berbeda dengan Samsung Galaxy Z Flip4 yang posisi layarnya ada di atas, sehingga tidak punya area luas lantaran sebagiannya terpakai untuk kamera belakang.

Pemenang: vivo X Flip

Alasan: Ukuran layar cover lebih luas, terletak di bawah bodi sehingga tidak terganggu dengan keberadaan kamera belakang.

2. Versi Android saat Rilis

Sebagai ponsel yang lebih dulu meluncur di tahun 2022, Samsung Galaxy z Flip4 hanya menawarkan versi Android 12 saat pertama rilis. OS tersebut dipoles dengan antarmuka One UI 5.1. Pihak perusahaan sudah menyiapkan update OTA ke Android 13 untuk Flip4.

Di sisi lain, vivo X Flip yang merupakan seri pertama di lini HP lipat vivo menghadirkan Android 13 berantarmuka OriginOS 3. Keberadaan versi Android terbaru saat rilis biasanya menandakan bahwa ponsel akan punya masa pemakaian yang lebih langgeng.

Samsung Galaxy Z Flip4 memiliki masa dukungan update versi OS hingga empat tahun dengan pembaruan patch keamanan hingga lima tahun. Namun ada satu hal yang mesti diperhatikan. Meski dirilis dengan versi Android lebih baru, masa dukungan update OS di vivo X Flip hanya berlaku hingga tiga tahun.

Pemenang: seri.

Alasan: Kedua smartphone lipat ini sama-sama punya dukungan update major versi Android hingga tahun 2026, yakni Android 16.

3. Ketahanan Bodi

galaxy z flip4_

Sebagian masyarakat masih belum yakin dengan ketahanan bodi HP lipat dibandingkan ponsel biasa. Wajar, mengingat HP lipat mencakup komponen dan struktur yang lebih kompleks. Itu mengapa Samsung Galaxy Z Flip4 dikemas dengan bodi yang kokoh.

HP lipat Samsung tersebut hadirkan sertifikasi tahan air IPX8, mampu mengurangi risiko kerusakan saat terjatuh di air pada kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Bingkainya terbuat dari bahan material armour aluminium frame yang diklaim cukup tahan terhadap benturan dan goresan.

Bodi belakangnya terbuat dari bahan material kaca alih-alih plastik atau aluminium. Meski kaca umumnya lebih rentan dari bahan material lain, namun Samsung melapisinya dengan pelindung Gorilla Glass Victus+, termasuk pada layar cover-nya.

Di sisi lain, vivo X Flip tidak mengantongi lapisan pelindung Gorilla Glass seperti pesaingnya. Smartphone ini juga gunakan bahan material aluminium seperti Samsung. Tidak ada sertifikasi IP rating di HP ini, menandakan ponsel lebih condong rusak saat terkena air. Apalagi sampai tenggelam.

Pemenang: Samsung Galaxy Z Flip

Alasan: Punya armour aluminium frame, sertifikasi tahan air IPX8, bagian belakang dan layar cover dilapisi Gorilla Glass Victus+

4. Kapasitas Baterai dan Fitur Charging

galaxy z flip4 5g

Tidak seperti HP biasa, HP lipat cenderung punya kapasitas baterai yang terbatas. Ini karena form factor-nya yang kecil. Samsung Galaxy Z Flip4 memiliki kapasitas 3.700 mAh, sementara vivo X Flip hadir dengan baterai 4.400 mAh.

Dilihat dari skor ketahanan dari GSM Arena, Samsung Galaxy Z Flip4 mencatatkan nilai 92 jam — kalah unggul dengan vivo X Flip dengan skor 110 jam.

Dari sisi fitur charging, vivo X Flip lebih unggul dari segi kecepatan pengecasan karena mendukung fast charging 44 W. Di atas kertas, ini lebih unggul dari Samsung Galaxy Z Flip4 dengan daya fast charging 25 W.

Namun siapa sangka, Samsung Galaxy Z Flip4 hanya butuh waktu lebih sedikit untuk dicas dari nol hingga penuh, yaitu 1 jam 15 menit. vivo X Flip dengan daya 44 W justru perlu waktu 1 jam 27 menit.

Samsung Galaxy Z Flip4 juga menawarkan fitur charging lebih lengkap, yakni wireless charging 15 W dan reverse wireless charging 4.5 W. Ini artinya perangkat bisa dicas secara nirkabel, juga dapat dijadikan sebagai power bank untuk mengisi daya ponsel lain. Fitur wireless charging sama sekali tidak tersedia pada vivo X Flip.

Pemenang: Samsung Galaxy Z Flip

Alasan: Ketahanan baterainya memang tidak sebaik vivo X Flip. Namun, Samsung Galaxy Z Flip mendukung durasi charging lebih cepat meski hanya gunakan daya 25 W. Terdapat juga fitur wireless charging.

5. Speaker

vivo X Flip hanya disuguhkan dengan kualitas speaker di kelas mid-range. Tidak seperti mayoritas HP lipat lain (termasuk Samsung Galaxy Z Flip4) yang punya stereo speaker, HP ini hanya menawarkan mono speaker saja.

Ya, earpiece di bagian atas tidak berfungsi sebagai speaker kedua seperti pada Samsung Galaxy Z Flip4. Dalam menawarkan pengalaman multimedia, ponsel dengan stereo speaker punya advantage berlebih.

Ponsel dengan stereo speaker bisa hasilkan suara dengan reproduksi yang akurat. Sejumlah produser musik merancang musik dalam format stereo, dan ini hanya bisa terdengar pada stereo speaker yang memisahkan suara antara kiri dan kanan.

Samsung Galaxy Z Flip4 mendapatkan skor kelantangan -27.5 LUFS dan memiliki predikat Good oleh GSM Arena. Sedangkan, vivo X Flip mendapatkan skor -29.2 LUFS pada predikat Average.

Pemenang: Samsung Galaxy Z Flip4

Alasan: Memiliki kualitas suara yang lebih bagus. Hadir dengan stereo speaker.

6. Kamera

galaxy z flip4 5g

Samsung Galaxy Z Flip4 menawarkan dua kamera Samsung S5K2LD dengan resolusi 12 MP di belakang bodi. Kamera pertamanya mengusung fungsi wide-angle dengan bukaan f/1.8, focal length 24 mm, serta ukuran sensor 1/1.76 inci. Terdapat Dual Pixel PDAF dan OIS di kamera tersebut.

Kamera keduanya merupakan ultrawide dengan sudut keluasan 123 derajat, mengusung ukuran piksel individu sebesar  1.12µm serta bukaan f/2.2. Untuk kamera depannya, HP ini mengusung sensor 10 MP dengan bukaan f/2.4, focal length 26 mm, serta ukuran piksel 1.12 µm.

vivo X Flip memiliki kamera utama Sony IMX 866 dengan resolusi lebih besar yaitu 50 MP. Focal length-nya berada di angka 23 mm dengan ukuran sensor 1.1.49 inci serta bukaan f/1.8. Kamera ini turut dibekali dengan Dual Pixel PDAF, Laser AF, dan tentunya OIS untuk membuat hasil foto lebih stabil.

Sebagai kamera keduanya, vivo X Flip mengandalkan sensor ultrawide 12 MP dengan FOV 106 derajat. Kamera ultrawide ini sudah disertai dengan dual pixel PDAF alih-alih fokus tetap seperti pesaingnya.

Seperti pada beberapa seri vivo X sebelumnya, vivo X Flip kembali melakukan kerja sama dengan Zeiss Optics untuk memberikan tuning-an pada kamera. vivo X Flip dibekali dengan kemampuan T* Lens Coating yang bisa mengurangi efek glaring pada foto.

Di bagian layar tersemat kamera selfie berkekuatan 32 MP yang lebih besar dari kamera 10 MP milik Samsung. Perihal kemampuan video recording, kamera belakang Samsung Galaxy Z Flip4 support terhadap resolusi 4K hingga 60 FPS.

Sementara vivo X Flip hanya mendukung 4K di 30 FPS. Jika ingin frame rate 60 FPS, perlu merekam pada resolusi 1080p. Pada bagian depan, kamera vivo X Flip hanya sanggup merekam hingga resolusi 1080p di 30 FPS.

Pemenang: seri

Alasan: Kamera utama vivo X Flip punya resolusi lebih besar, kamera ultrawide-nya punya autofokus alih-alih fixed focus ketimbang Samsung Galaxy Z Flip4. Tapi, kamera belakang Samsung Galaxy Z Flip4 bisa rekam 4K di 60 FPS. Kamera depan HP lipat Samsung juga bisa rekam hingga resolusi 4K ketimbang vivo yang hanya dukung 1080p.

Simpulan

Dilihat dari banyaknya aspek yang dimenangkan Samsung Galaxy Z Flip, ia tetap menjadi opsi yang lebih baik untuk dipilih. HP Samsung tersebut memang punya ketahanan baterai yang sedikit lebih buruk, tapi ia lebih cepat dicas dan memiliki wireless charging.

Sisi ketahanan bodi HP Samsung ini juga layak diacungi jempol ketimbang vivo X Flip. Pasalnya hingga saat artikel ini ditulis, belum ada clamshell lain yang mendatangkan sertifikasi anti air sebaik Galaxy Z Flip4, yakni IPX8.

Keberadaan stereo speaker juga membuat Samsung Galaxy Z Flip4 lebih cocok untuk penggunaan multimedia seperti konsumsi konten dan menonton film. Satu hal yang cukup membuat HP Samsung lipat ini kalah saing adalah layar cover-nya yang terlampau kecil.

Pilih Samsung Galaxy Z Flip4 kalau:

  • Memerlukan kamera yang lebih unggul dari segi perekaman video
  • Membutuhkan fast charging yang lebih ngebut serta wireless charging
  • Perlu HP lipat dengan ketahanan bodi yang baik
  • Sering mendengarkan lagu atau bermain gim tanpa headset, stereo speaker HP ini punya kualitas suara yang bagus

Pilih vivo X Flip kalau:

  • Butuh HP lipat dengan ketahanan baterai yang sedikit lebih oke
  • Memerlukan layar sekunder dengan ukuran lebih besar agar bisa selfie pakai kamera belakang
  • Lebih menyukai hasil foto dari tuning-an Zeiss Optics
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram