3 Cara Screenshot di Samsung Galaxy Z Flip4, Termasuk Flex Mode

Ditulis oleh Aris Wibowo

Samsung Galaxy Z Flip4 menjadi salah satu HP dengan desain layar lipat yang unik. Walaupun demikian, performa HP ini tidak bisa diremehkan. Karena itulah banyak pengguna memakai HP ini untuk multitasking dalam berbagai kegiatan. 

Untungnya, meski mengusung konsep layar lipat, HP Samsung Galaxy Z Flip4 masih memiliki dimensi yang mirip smartphone. Hal ini tentu memudahkan Anda dalam melakukan screenshot kala menemukan informasi penting.

Nah, kali ini tim Carisinyal akan menjelaskan sejumlah cara melakukan screenshot pada ponsel flagship Samsung ini. Karena bentuk HP ini yang masih mirip HP pada umumnya, cara screenshot pun tidak akan jauh berbeda. Berikut ini cara screenshot di Samsung Galaxy Z Flip4 yang bisa Anda coba. 

Cara Umum Screenshot di Samsung Galaxy Z Flip4

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk melakukan screenshot di Samsung Galaxy Z Flip4. Meski layar dapat dilipat menjadi dua, HP ini tetaplah ponsel Android. 

Nah, Berikut adalah langkah-langkah untuk mengambil screenshot yang mudah dan cepat di Samsung Galaxy Z Flip4.

1. Pilih Tampilan Layar yang Hendak Diambil Screenshot

galaxy z flip4 5g

Terkadang Anda sering browsing dan menemukan hal menarik dan penting. Nah, untuk menyimpan hal menarik tersebut, Anda cukup screenshot saja tampilan layar HP-nya. 

Pilih tampilan layar berisi informasi yang ingin disimpan. Tampilan layar yang bisa di screenshot dapat berupa artikel dan gambar. 

2. Menekan Tombol Secara Bersamaan

galaxy z flip4 5g

Untuk bisa melakukan screenshot, Anda hanya perlu menekan tombol power dan volume bawah di sebelah kanan bodi secara bersamaan.

Tekan dan tahan kedua tombol hingga layar berkedip. Layar berkedip menandakan screenshot sudah sukses dilakukan. Biasanya dibagian bawah layar akan muncul bar notifikasi yang berisi peralatan untuk meng-edit screenshot.

Jika tiba-tiba muncul menu untuk mematikan ponsel, artinya, Anda menekan HP terlalu lama, atau bisa jadi Anda menekan kedua tombol yang kurang pas saat ditekan bersamaan.

Jika fitur ini tidak bekerja, Anda tidak perlu panik. Pasalnya masih ada banyak cara untuk melakukan screenshot di Samsung Galaxy Z Flip4.

3. Cek Hasil Screenshot

galaxy z flip4 5g

Jika kedua langkah di atas sudah Anda coba, akan muncul notifikasi. Anda dapat mengecek hasil screenshot dengan masuk ke Galeri. Di beberapa HP Samsung, hasil screenshot akan masuk ke album screenshot.

Selain dengan cara menekan tombol fisik seperti di atas, Anda bisa mencoba cara umum yang lebih mudah yakni menekan ikon screenshot yang ada di notification bar. 

Simak caranya berikut ini:

  • Tentukan hal yang ingin Anda screenshot di layar HP.
  • Buka notification bar dengan cara menarik layar dari atas ke bawah. Kemudian, cari ikon screenshot yang ada. Beberapa HP Android menampilkan ikon berupa gunting, ada juga yang berupa lembaran kertas.
  • Ketika ikon disentuh, maka otomatis screenshot akan berlangsung. Hasil screenshot pun akan tersimpan ke Galeri.  

Menurut saya cara umum yang terakhir ini merupakan cara yang paling mudah. Pasalnya, Anda cukup menekan ikon di layar. Cara ini tentu tidak akan membuat tombol fisik di HP cepat rusak karena sering ditekan ketika hendak melakukan screenshot.

Cara Khusus Screenshot di Samsung Galaxy Z Flip4

Selain cara umum di atas, untuk melakukan screenshot di Samsung Galaxy Z Flip4, Anda bisa memakai cara khusus yang lebih praktis dan lebih mudah. Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Screenshot dengan Gesture

samsung galaxy A13 cara scenshot gesture tech2rise.com_

Anda juga bisa melakukan screenshot tanpa harus menekan tombol dengan fitur gesture. Namun, untuk bisa melakukan cara ini, Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu fiturnya di menu Pengaturan. Ini langkah-langkahnya.

1. Aktifkan Fitur Gesture

Untuk bisa mengaktifkan fitur ini, Anda bisa masuk ke Pengaturan > Pengaturan lanjutan > Gerakan dan gestur. Dalam tampilan ini, Anda cukup mengaktifkan pilihan usapkan telapak tangan (palm swipe to capture) untuk mengambil.

Untuk memastikan fitur ini sudah menyala, pastikan toggle-nya ada di sisi kanan dengan warna latar biru.

 2. Cara Screenshot

Setelah semua langkah di atas sesuai, Anda tinggal mencari hal yang hendak di screenshot. Setelah itu Anda hanya perlu melambaikan tangan di atas layar. Pastikan tangan kanan berada di posisi terbuka seperti hendak bersalaman atau menampar.

Posisikan tangan di ujung kanan ponsel, lalu lambaikan tangan ke arah kiri. Anda juga bisa melakukan cara ini memakai tangan kiri tentu dengan arah yang berlawanan. Jika cara ini berhasil, layar akan menjadi putih dan hasil screenshot akan langsung tersimpan ke Galeri.

Cara Screenshot dengan Menu Asisten

Galaxy a33 MENU ASISTEN 1-side_

Selain beberapa cara screenshot di atas, ada juga cara screenshot di HP Samsung yang lebih mudah dan cepat, yakni memakai Menu Asisten. Cara ini dianggap lebih simple karena tanpa tombol dan Anda tidak harus repot menggerakkan tangan. Berikut langkah-langkahnya.

1. Mengaktifkan Menu Asisten

Langkah pertama, Anda harus mengaktifkan Menu Asisten di Pengaturan. Caranya masuk ke pengaturan ponsel Samsung Galaxy Z Flip4. Lalu, pilih menu Aksesibilitas > Interaksi dan Kecekatan. Selanjutnya, Anda tinggal mengaktifkan Menu Asisten

Jika fitur Menu Asisten sudah aktif maka akan muncul tombol melayang berupa ikon 4 kotak. Nah, jika tombol ini ditekan akan muncul beberapa tombol pintasan, yang salah satunya berguna untuk screenshot tampilan layar dengan cepat. 

2. Cara Screenshot

Setelah Menu Asisten aktif, Anda bisa menempatkan ikonnya sesuai kebutuhan di area layar. Tombol pintasan screenshot dalam Menu Asisten biasanya berupa gambar layar. Namun, jika ternyata tidak ada ikon untuk screenshot, Anda bisa menambahkan atau mengurangi tombol pintasan Menu Asisten dengan mudah.

Untuk memulai screenshot menggunakan Menu Asisten, Anda harus masuk ke tampilan layar yang diinginkan. Setelah itu, Anda hanya perlu mengetuk ikon kotak Menu Asisten, kemudian diikuti dengan memilih ikon gambar layar. Screenshot pun dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram